Connect with us

Gorontalo

AMSI, Klik, dan Jurusan Komunikasi UNG Beri Penguatan Sekolah Literasi Pemberitaan Pemilu

Published

on

GORONTALO – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Gorontalo menggelar “Penguatan Sekolah Literasi Pemberitaan Pemilu”. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Komunitas Literasi Kampung (Klik) dan Jurusan Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta terdiri dari penyelenggara pemilu, Panwas (Panitia Pengawas) kecamatan dan desa, PPS (Panitia Pemungutan Suara), KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), Mahasiswa Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) Pemilu UNG dan wartawan.

Kegiatan Sekolah Literasi dilaksanakan di aula Kantor Desa Botubulowe, Kecamatan Dungaliyo, Minggu (28/1/2024).

Dalam Sambutannya Ketua Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan AMSI Gorontalo, Anang Susanto, meminta kegiatan yang digelar ini dapat meningkatkan mutu informasi pemilu yang akan beredar di masyarakat.

“Nantinya kita akan berkewajiban memberikan informasi yang akurat, bukan Hoaks,” kata Anang.

Sekretaris Klik, Abdul Fikri Katili, menekankan pentingnya jurnalisme dalam penyelenggaran Pemilu karena merupakan pilar ke-4 demokrasi.

Abdul juga menerangkan bahwa saat ini masyarakat tidak lagi kekurangan informasi, tetapi telah kelebihan informasi. Sehingga dengan banyaknya informasi yang beredar perlu adanya filter untuk menyaring informasi yang diterima.

“Kita perlu menyaring informasi karena banyaknya informasi, terlebih dengan informasi pemilu, yang mulai dekat,” ujarnya.

Dosen Komunikasi FIS UNG, Muhammad Akram Mursalim S,Sos., M.I. Kom, meminta untuk berhati-hati dengan informasi yang ada, karena di era saat ini kebohongan dapat menyamar menjadi sebuah kebenaran.

“Proses pembuatan berita itu dimulai dari kebenaran, bukan kebaikan,” tegasnya.

Kebenaran tersebut diartikannya secara fungsional, yang dimulai dengan mengambil berita di lapangan kemudian membawa ke meja redaksi, sehingga melahirkan berita yang berkualitas dan menjaga kualitas berita.

Akram berharap nantinya kolaborasi dalam kegiatan ini dapat berangkat dengan kebenaran, ada buku dari Bill Kovach tentang 9 elemen jurnalisme dengan prinsip pertama adalah kebenaran dan yang terakhir adalah hati nurani.

Pemateri Penguatan Sekolah Literasi Pemberitaan Pemilu masing-masing Ketua AMSI Gorontalo Verrianto Madjowa dan Ketua Komunitas Literasi Kampung Irfan Yasin.

Gorontalo

LSM Laskar Macan Asia Pohuwato dan Tokoh Agama Serukan PSU yang Damai dan Kondusif

Published

on

POHUWATO – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Laskar Macan Asia Pohuwato, yang diwakili oleh Dumais Doda, mengajak masyarakat Gorontalo, khususnya di Kabupaten Pohuwato, untuk mewujudkan Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang damai dan kondusif. Ajakan ini disampaikan pada Jumat, 12 Juli 2024, menjelang PSU yang akan diselenggarakan besok.

Dumais Doda menghimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih mereka dengan baik dan benar. “Sebagai masyarakat Gorontalo, mari sama-sama kita gunakan hak pilih kita dengan baik dan benar. Jangan sampai golput,” ujar Dumais.

Ia berharap PSU Pemilihan Legislatif DPRD Provinsi Gorontalo, Dapil Gorontalo 6 (Pohuwato-Boalemo), dapat berjalan lancar tanpa hambatan. “Semoga PSU besok dapat berjalan lancar dan tidak ada hambatan,” tambahnya.

Pimpinan Darul Aswaja Pohuwato, Ustadz Wisnu, mewakili tokoh agama Islam, juga mengajak masyarakat dan stakeholder terkait untuk menciptakan PSU yang jujur dan adil, tanpa kecurangan yang dapat mencederai pesta demokrasi.

“Mari kita ciptakan PSU yang jujur dan adil tanpa kecurangan yang dapat mencederai pesta demokrasi kita,” tegas Ustadz Wisnu.

Beliau juga mengajak seluruh masyarakat untuk memberikan dukungan penuh kepada seluruh instansi yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama prosesi PSU. “Mari kita berikan dukungan penuh terhadap TNI dan Polri dalam menjaga KAMTIBMAS agar pesta demokrasi di daerah kita berjalan aman,” pungkasnya.

Seruan dari LSM Laskar Macan Asia Pohuwato dan tokoh agama setempat menekankan pentingnya partisipasi aktif dan positif dari masyarakat dalam PSU. Dengan kerjasama yang baik antara masyarakat dan instansi terkait, diharapkan PSU dapat berlangsung dengan damai, jujur, dan adil, serta mencerminkan semangat demokrasi yang sebenarnya.

Continue Reading

Gorontalo

Polres Pohuwato Bagikan Paket Sembako Kepada Masyarakat Terdampak Banjir di Kecamatan Marisa

Published

on

POHUWATO – Cuaca ekstrem yang ditandai dengan curah hujan tinggi dalam beberapa hari terakhir melanda Kabupaten Pohuwato, mengakibatkan beberapa pemukiman warga digenangi air. Merespons situasi ini, Polres Pohuwato mengambil langkah cepat dengan membagikan paket sembako kepada masyarakat terdampak banjir di Desa Botubilotahu, Kecamatan Marisa.

Kapolres Pohuwato, AKBP Winarno, SH., S.IK., bersama jajaran, didampingi oleh Kadis Perindagkop Ibrahim Kiraman, Kades Botubilotahu One Mbuinga, Kasat Narkoba Polres Pohuwato Iptu Renly Turangan, SH, Waka Polsek Marisa Ipda Adam Ahmad, SH, dan Bhabinkamtibmas Desa Botubilotahu Bripka Heryanto Laebo, menyerahkan bantuan sembako pada Kamis (11/07/2024) pukul 11.30 WITA.

Kapolres Pohuwato, melalui Kasie Humas Polres Gorontalo, mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap curah hujan yang tinggi dan potensi banjir susulan.

“Bantuan sosial ini merupakan bentuk kepedulian dan komitmen Polri kepada warga terdampak banjir. Kami di Polres Pohuwato akan semaksimal mungkin memberikan bantuan, baik tenaga maupun materiil berupa sembako, sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat yang terkena dampak banjir,” kata Kapolres Winarno.

Beliau juga menyampaikan harapannya agar bantuan yang diberikan dapat mengurangi beban masyarakat yang menjadi korban banjir. “Kita berdoa agar bencana ini segera berlalu dan semoga masyarakat yang terkena musibah banjir tetap sehat dan kuat dalam menghadapi cobaan ini,” tambahnya.

Seorang warga yang terdampak banjir mengucapkan banyak terima kasih kepada Kapolres Pohuwato dan jajarannya yang telah berkunjung serta memberikan sembako kepada warga yang terdampak. “Terima kasih kepada Kapolres Pohuwato yang telah peduli dengan kondisi kami. Bantuan ini sangat berarti bagi kami yang sedang menghadapi kesulitan akibat banjir,” ujar salah satu warga yang menerima bantuan.

Dalam menghadapi cuaca ekstrem dan potensi bencana alam, Polres Pohuwato terus berkomitmen untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada masyarakat. Selain bantuan sembako, Polres Pohuwato juga siap memberikan bantuan tenaga untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana alam.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan beban masyarakat yang terdampak banjir dapat berkurang dan mereka dapat kembali menjalani aktivitas sehari-hari dengan normal. Polres Pohuwato bersama seluruh jajaran akan terus memantau situasi dan memberikan bantuan yang diperlukan kepada masyarakat.

Continue Reading

Gorontalo

Kebakaran di Perumahan Griya Sari’ah Permai: Kerugian Materil Diderita Pemilik Rumah

Published

on

POHUWATO – Sebuah rumah di Perumahan Griya Sari’ah Permai, Dusun Teladan 04, Desa Buntulia Selatan, Kecamatan Duhiadaa, terbakar pada Kamis pagi (11/07/2024) sekitar pukul 08.45 WITA. Rumah tersebut milik Porwo Widodo, seorang warga setempat.

Kronologi Kejadian

Berdasarkan keterangan seorang tetangga, pada pukul 08.40 WITA, terlihat asap keluar dari rumah milik Porwo Widodo. Sang tetangga segera melaporkan kejadian ini kepada pemilik rumah yang sedang berada di tempat kerjanya. Porwo Widodo kemudian meminta temannya untuk melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Pemadam Kebakaran (Damkar).

Tindakan Pemadam Kebakaran

Menindaklanjuti laporan tersebut, tim Pemadam Kebakaran yang dipimpin oleh Provost Damkar, Abdurahman Anunu, dan Komandan Regu 2, Raflin Saleh, segera bergegas ke lokasi. Setibanya di lokasi pada pukul 08.52 WITA, api di rumah tersebut telah berhasil dipadamkan oleh warga sekitar menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Personel Damkar langsung melakukan pengecekan untuk memastikan api benar-benar padam.

Penyebab Kebakaran dan Kerugian

Dari hasil pengamatan di Tempat Kejadian Kebakaran (TKK) dan wawancara dengan pemilik rumah, kebakaran tersebut diduga disebabkan oleh korsleting arus listrik. Akibat peristiwa ini, Porwo Widodo mengalami kerugian materil berupa 1 unit TV, 1 dispenser, dan sebuah rak TV.

Peristiwa ini menjadi pengingat akan pentingnya pengecekan rutin instalasi listrik di rumah untuk mencegah terjadinya korsleting yang dapat berujung pada kebakaran.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler