Connect with us

UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Bertemu Presiden, Berikut Aspirasi Forum Rektor Indonesia

Published

on

JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kedatangan enam pimpinan perguruan tinggi yang mewakili Forum Rektor Indonesia (FRI) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (19/10) pada pukul 14.15 WIB. Kehadiran para rektor diterima kepala negara didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dalam pertemuan tersebut, Forum Rektor Indonesia diwakili Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Arif Satria sebagai Ketua Umum, Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Ir. Panut Mulyono, Rektor Universitas Diponegoro (UNDIP) Prof Akhmaloka, Rektor Universitas Tanjung Pura Prof. Dr. Garuda Wiko, Rektor Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) Dr. H.M Nasrullah Yusuf dan Rektor UNG Dr. Eduart Wolok., ST., MT.

Keenam Rektor yang mewakili Forum Rektor Indonesia (FRI) ini dipimpin langsung oleh Ketua Umum FRI Prof. Arif Satria. Sebelum menghadap Presiden di Istana Negara, keenam Rektor ini terlebih dahulu diwajibkan untuk melakukan tes Swab PCR, yang semuanya terkonfirmasi negatif Covid-19.

Arif Satria yang juga Ketua Umum Forum Rektor Indonesia menyampaikan bahwa pertemuan berlangsung sangat lancar, Presiden dalam pertemuan tersebut mendengarkan secara serius apa yang menjadi aspirasi Forum Rektor Indonesia.

“Bagi kami di perguruan tinggi, dinamika sosial politik bangsa ini harus dihadapi dengan kepala dingin, tidak bisa semuanya harus disampaikan dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Forum Rektor Indonesia menegaskan hal itu dalam audiensi dengan Presiden jika dalam menyalurkan aspirasi mengenai kondisi bangsa adalah hak setiap warga negara yang dilindungi Undang-undang, namun harus mematuhi ketentuan yang berlaku,” kata Arif yang dikutip dari pernyataan pers Forum Rektor Indonesia usai pertemuan dengan Presiden sore itu.

Selain itu, Forum Rektor Indonesia juga memandang bahwa perbedaan pendapat dalam era demokrasi adalah hal yang biasa, selanjutnya dalam merespon UU Cipta Kerja diharapkan dapat diselesaikan melalui saluran-saluran yang konstitusional. FRI juga menghimbau agar semua pihak bisa menahan diri dan mengedepankan dialog secara jernih untuk mendapatkan solusi. FRI juga mengharapkan pemerintah dan DPR RI selalu membuka diri untuk menampung aspirasi dan masukan-masukan kritis dari berbagai pihak yang sama-sama bergerak atas dasar rasa cinta kepada bangsa Indonesia.

“Kami di FRI akan memberikan masukan kepada Pemerintah dan DPR RI setelah mencermati dan menyisir UU Cipta Kerja versi final, khususnya hal-hal krusial yang menjadi perhatian masyarakat, sehingga pemerintah dapat mengambil langkah-langkah solusi alternatif yang dimungkinkan secara hukum. Kami juga berharap bahwa proses pengesahan RUU Cipta Kerja yang telah menimbulkan gejolak ini menjadi bahan pelajaran untuk kita semua bahwa kita harus terus memperkuat modal sosial berupa rasa saling percaya seluruh komponen bangsa,” jelas Arif Satria yang didampingi Rektor UGM, Rektor UNG, Rektor UTI, Rektor Undip dan Rektor Universitas Tanjung Pura.

Dalam kaitan dengan gejolak pasca pengesahan RUU Cipta Kerja, FRI mengajak para akademisi dan seluruh mahasiswa untuk selalu peduli dengan persoalan bangsa dengan senantiasa mengedepankan gerakan intelektual berdasarkan akal sehat, pemahaman yang utuh, dan kajian kritis-obyektif.

FRI juga menghimbau kepada seluruh pimpinan perguruan tinggi dan sivitas akademika untuk selalu menjaga kondusifitas kampus agar kegiatan akademik dan pembelajaran dapat berjalan dengan baik, khususnya di masa pandemic Covid-19.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertorial

Optimalkan Pelayanan Informasi UPT TIK UNG Gelar Pelatihan

Published

on

UNG-Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Universitas Negeri Gorontalo terus mengoptimalkan pelayanan website secara mandiri dan profesional. Hal itu dilakukan seiring pentingnya peran media teknologi dalam penyebaran informasi kepada halayak. Olehnya itu guna memaksimalkan peran tersebut UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi melaksanakan pelatihan pengelolaan Website Unit Kerja melalui CMS Webmaster (2/11/2020).

Kepala UPT. TIK Salahudin Olii, M.T, sebagai Unit yang bertanggung jawab dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, UPT. TIK berupaya mengambil peran dalam penguatan rangking Perguruan Tinggi melalui optimalisasi pengelolaan Website secara Mandiri dan profesional.

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Harto Malik, M.Hum, mengapresiasi upaya UPT. TIK dalam penguatan pengelolaan Website di lingkungan Kampus. Menurutnya, pengelola website yang profesional dibutuhkan sebagai media berbagi informasi terkait perkembangan dan kemajuan Kampus untuk Masyarakat.

“Diera teknologi saat ini, sebagian besar masyarakat memanfaatkan media internet dan Website dalam memperoleh informasi. Sehingga sudah seharusnya Website institusi harus diperkuat melalui kontent yang bisa mempromosikan Institusi,” ujarnya

Continue Reading

Advertorial

Universitas Negeri Gorontalo Buat Tim Investigasi Untuk Kasus Dugaan Penganiayaan

Published

on

UNG-Ungkap fakta dugaan penganiayaan terhadap dosen Universitas Negeri Gorontalo buat tim investigasi, hal itu dilakukan sebagai upaya tindak lanjut dari permasalahan yang terjadi beberapa hari yang lalu (30/11/2020).

Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Karmila Machmud mengungkapkan bahwa persoalan penganiayaan telah di ambil alih oleh lembaga kampus, dimana respon daru pihak kampus dengan membentuk tim investigasi. Dimana tugas dari tim akan mencari fakta penyebab terjadinya insiden pemukulan terhadap salah satu dosen dari Fakultas Hukum.

“Nantinya hasil investigasi ini akan menentukan sanksi apa yang akan dikeluarkan oleh kampus” Kata Karmila.

Dirinya juga menegaskan nantinya juga seluruh aktivitas malam di kampus ditiadakan hal itu terkait dengan Surat Edaran pelaksanaan kuliah secara daring yang masih berlaku.

Sementara itu, kondisi kampus UNG sendiri hingga kini terlihat masih kondusif. Karmila juga berharap, seluruh civitas akademika UNG untuk tetap tenang dan tidak terjebak oleh isu-isu liar, yang berkembang dari luar.

“Kami akan memaksimalkan seluruh energi untuk menyelesaikan persoalan ini,” ungkapnya.

Rapat tersebut dihadiri Warek 1, Warek 2, Warek 3, Kepala Biro Kemahasiswaan, Dekan Fakultas Teknik, Dekan Fakultas Hukum dan para wakil dekan dari kedua Fakultas.

Continue Reading

Advertorial

Electrical Competition (Elco) Jilid 2 oleh Teknik Elektro berlangsung 6 hari

Published

on

UNG-Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik elektro mengelar acara Electrical Competitions (Elco) Jilid 2 yang berlangsung mulai tanggal 30 november 2020 sampai 5 desember 2020. Rangkaian kegiatan tersebut berlangsung 6 hari.

Wakil rektor 3 UNG Prof Kamila Mahmud, Ph.D. dalam sambutannya mengungkapkan akan menagih output yang akan dihasilkan dalam kegiatan elco jilid 2 ini yaitu berupa keikut sertaan mahasiswa teknik elektro UNG dalam ajang ajang kompetisi nasional (30/11/2020).

salah satu yang ditekankan oleh warek 3 adalah lolosnya PKM tingkat nasional dan kompetisi robot tingkat nasional. Jurusan teknik elektro adalah salah satu jurusan yang siap menghadapi era revolusi 4.0.

Hal ini sejalan dengan apa yang di targetkan oleh fakultas teknik melalui sambutan Dekan FT DR Sardi Salim,M.Pd menyatakan bahwa FT UNG tahun 2021 akan dinobatkan sebagai tahun prestasi fakultas teknik dengan 100 prestasi.

“Hal ini tentu sejalan dengan visi rektor menjadikan UNG Ungul dan Berdaya Saing” ujar sardi.

Sementara itu ketua jurusan teknik elektro Yasin Mohamad,ST.,MT dalam sambutannya membeberkan bahwa selama tahun 2020 mahasiswa elektro sudah memiliki beberapa prestasi tingkat nasional antara lain lolos PKM sebagai anggota dalam Tim bersama Fakultas lain, lolos KBMI tingkat nasional yaitu salah satu kegiatan kewirausahan program merdeka belajar dan yang paling fenomenal adalah keterlibatan mahasiswa KKS Teknik Elektro dalam program merdeka belajar yaitu proyek desa dalam membangun pembangkit pikohidro di dusun tumba desa tamaila utara yang sudah di launching dalam acara hari inovasi nasional oleh Presiden Indonesia.

Kegitan elco jilid 2 ini mengambil tema Iptek Maju SDM Unggul. Hadir sebagai pemateri Nasional adalah Kepala bagian rencana dan laporan Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian ESDM yang mambawakan materi tentang Kebijakan Peraturan Umum Instalasi Listrik (PUIL) yang di pandu moderator Jumiaty Ilham ST.MT.

Ketua panitia Mahmud Manoe dalam laporannya mengatakan bahwa Workshop nasional ini diikuti oleh beberapa perguruan tinggi dari dalam dan luar daerah. Sementara itu ketua himpunan jurusan elektro Rezky Setiawan latif menambahkan kegiatan ini di sponsori oleh Boneva, Bank BRI serta AKLI Propinsi Gorontalo.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler