Connect with us

kabupaten pohuwato

Diduga Tak Ada Ganti Rugi Selama 10 Tahun, Warga Popayato Blokir Akses Jalan PT. IGL

Published

on

Warga Popayato Blokir Akses Jalan

POHUWATO – Masyarakat Popayato Kabupaten Pohuwato mengeluhkan sikap perusahaan PT. Inti Global Laksana (IGL) yang sampai dengan saat ini diduga belum menyelesaikan kesepakatan untuk melunasi hutang, pasalnya akses jalan yang digunakan merupakan tanah milik warga.

10 tahun berlalu sejak perusahaan yang bergerak di bidang pertanian ini berjalan warga belum mendapatkan kepastian dan titik terang untuk ganti rugi lahan yang digunakan oleh perusahaan.

Burhan Mantulangi salah satu warga pemilik lahan mengaku dirinya sangat merasa kecewa dengan pihak perusahaan dan pemerintah sebab ia menilai belum bisa menyelesaikan permasalahan yang berlarut-larut ini.

“Saya sangat kecewa, sebab permasalahan lahan yang di ambil oleh perusahaan dari masyarakat ini belum juga ada hasilnya,” Ungkap Burhan.

Dirinya juga menjelaskan sebelumnya sempat melakukan aksi pemblokiran jalan, namun hal itu di cabut paksa oleh pihak perusahaan yang melibatkan polsek, koramil, Kepala Desa dan pihak kecamatan.

“Kami sempat memagari jalan itu karna kami punya bukti kuat dengan sertifikat yang kami miliki dari tahun 80an, namun anehnya itu di cabut oleh mereka perusahaan yang menggunakan polisi, tentara dan Kepala desa serta pihak kecamatan,” Tegasnya.

Burhan tak terima dengan keputusan sepihak ini, baginya ini sangatlah janggal sebab apa hubungannya pihak Camat, Kepala Desa, Polsek, Koramil, dan perusahan sudah berani mengambil sikap tanpa memperhatikan nasib mereka.

“Saya heran kenapa mereka ikut terlibat di dalam, sedangkan ini sudah jelas perusahaan itu belum melunasi hutangnya kepada kami masyarakat, yang katanya ganti rugi lahan itu, atau ini sudah ada apa- apanya sehingga menggugurkan kepedulian terhadap masyarakat,” Tukasnya.

Sementara itu saat dikonfirmasi, Camat Popayato Zulkifli R. Buludawa, mengatakan akan mengundang Kepala desa, pihak perusahaan dan masyarakat yang terlibat untuk nantinya akan dilakukan mediasi.

“Saya sudah mendengar aduan ataupun informasi ini, sehingga saya sebentar akan mempertemukan mereka dan akan menyelesaikanya secara kekeluargaan, dan pegawai saya sudah membagikan surat undangan secara tertulis hari ini juga,” Ungkap Zulkifly saat di Datangi di ruang kerjanya Rabu, 16 November 2022.

Selain itu, awak media mencoba mengklarifikasi hal ini kepada perusahaan PT. Inti Global Laksana (IGL) menolak untuk bertemu, dengan alasan masih ada rapat yang harus dilakukan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gorontalo

Kejari Pohuwato dan BNK Bersinergi dalam Tes Urine Pegawai: Semua Hasil Negatif

Published

on

POHUWATO – Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Pohuwato bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Pohuwato melakukan tes urine kepada seluruh pegawai Kejari Pohuwato. Tes urine dilaksanakan di Kantor Kejari Pohuwato dan disaksikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Pohuwato, Endi Sulistiyo, SH.,MH, dan Kepala BNK Pohuwato, Yusuf Potale, pada Senin, 13 Mei 2024.

Kajari Pohuwato, Endi Sulistiyo, SH., MH, menjelaskan bahwa Kejari Pohuwato bersama BNK Pohuwato mengadakan tes urine terhadap seluruh pegawai Kejari Pohuwato, termasuk pegawai negeri dan pegawai honor, termasuk cleaning service (CS) yang berjumlah sekitar 58 orang. Hasilnya, semua pegawai tersebut dinyatakan negatif terhadap narkoba.

“Kami melaksanakan tes urine ini mengingat semakin banyaknya peredaran narkoba di Pohuwato, dan Alhamdulillah dari hasil tes urine, semuanya negatif,” ungkap Kajari.

Terkait tes urine tersebut, Kajari Pohuwato menyampaikan terima kasih kepada Kepala BNK beserta jajarannya atas kegiatan ini. “Tes urine ini dilaksanakan secara transparan, di mana hasilnya bisa dilihat langsung setelah tes urine dilakukan,” jelasnya.

Kepala BNK, Yusuf Potale, menyatakan bahwa hasil tes urine terhadap pegawai Kejari Pohuwato semuanya negatif dari jumlah 58 ASN, termasuk pejabat utama, ASN lainnya, serta pegawai honor dan CS. Hasilnya dipastikan dilihat langsung tanpa adanya yang ditutupi.

“Kami dari BNK mengucapkan terima kasih atas inisiatif dari Kepala Kejaksaan Negeri Pohuwato untuk meminta kami melaksanakan tes urine di lingkungan Kejari Pohuwato,” tambahnya. Dengan demikian, langkah ini merupakan upaya bersama dalam memastikan lingkungan kerja yang bebas dari pengaruh narkoba.

Continue Reading

Advertorial

Upaya Meningkatkan Ketahanan Pangan: Bupati Pohuwato Hadiri Gerakan Tanam Padi Gogo dan Panen Padi Sawah

Published

on

POHUWATO – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, bersama dengan sejumlah pejabat dan elemen masyarakat, menghadiri acara gerakan tanam padi gogo dan panen padi sawah di Desa Balayo, Kecamatan Patilanggio, pada Jumat, 10 Mei 2024. Kehadiran Kepala Pusat Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), Dandim 1313 Pohuwato, Kadis Pertanian Pohuwato, dan unsur Pemerintah Kecamatan Patilanggio turut memeriahkan acara tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Saipul menekankan pentingnya keterlibatan semua pihak dalam menjaga ketersediaan pangan di daerah. Dia menyoroti perlunya memperkuat sektor pertanian sebagai fondasi utama dalam menjaga ketahanan pangan daerah. Dengan melibatkan petani, petani pemula, TNI, dan masyarakat secara keseluruhan, diharapkan terciptanya sistem pertanian yang lebih tangguh dan mandiri.

Gerakan tanam padi gogo dan panen padi sawah merupakan bagian dari program Pemerintah Kabupaten Pohuwato untuk menghadapi tantangan ketahanan pangan dan inflasi. Melalui kegiatan ini, diharapkan produksi padi lokal dapat ditingkatkan, sehingga mengurangi ketergantungan pada impor bahan pangan.

Bupati Saipul juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran unsur kementerian pertanian dalam rangka pengembangan padi gogo dan panen padi sawah untuk meningkatkan ketahanan pangan dan mengendalikan inflasi di Pohuwato. Ia juga mengapresiasi upaya kadis dan jajaran yang terus melakukan terobosan dan inovasi.

Terpisah, Bupati Saipul Mbuinga juga menyinggung tentang pembangunan bendungan Randangan yang dimulai sejak 2016. Hingga kini, baru 400 Ha dari total luas 9 ribu hektar lahan padi sawah yang dapat diari. Namun, masih ada satu saluran pembuang yang perlu dibangun agar seluruh lahan bisa dimanfaatkan.

Kadis Pertanian, Kamri Alwi, menambahkan bahwa target tanam di lokasi tersebut khusus untuk padi ladang atau padi gogo sekitar 120 Ha. Target tanam padi sawah dan padi gogo pada bulan Mei 2024 adalah sebesar 1002 Ha, dan ia optimis bahwa target tersebut dapat tercapai bahkan melampaui ekspektasi.

Continue Reading

Gorontalo

Salahudin Pakaya dan Tim Siapkan Langkah Menuju Pilkada: Koordinasi Verifikasi Berkas Pendukung di KPU Pohuwato

Published

on

POHUWATO – Salahudin Pakaya melakukan koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato terkait verifikasi berkas pendukung pendaftaran sebagai bakal calon independen Bupati dan Wakil Bupati. Pada Jumat (09/05/2024), ia bersama timnya mengunjungi kantor KPU Kabupaten Pohuwato.

Dalam pertemuan tersebut, Salahudin Pakaya menyatakan kesiapannya untuk mendaftarkan diri sebagai calon Bupati Pohuwato dan berpasangan dengan Viky Prasetyo.

“Saya, sebagai putra Lemito, siap untuk membangun daerah ini dengan mencalonkan diri sebagai Bupati Pohuwato dan Wakil Bupati Pohuwato, dengan harapan mendapatkan dukungan dari masyarakat Kabupaten Pohuwato,” ungkapnya.

Salahudin Pakaya juga menyampaikan bahwa mereka sudah memiliki dukungan dari 20 ribu pendukung untuk pasangan calon independen Salahudin Pakaya dan Viky Prasetyo.

“Tim kami sudah melakukan proses pendaftaran dukungan secara bertahap di setiap kecamatan di Kabupaten Pohuwato,” lanjutnya.

Ketua KPU Pohuwato, Firman Ikhwan, mengkonfirmasi kedatangan Salahudin Pakaya untuk berkoordinasi terkait mekanisme pendaftaran pendukung.

“Ya, hari ini salah satu bakal calon independen Bupati, yaitu Salahudin Pakaya, datang ke kantor KPU untuk berkoordinasi mengenai mekanisme pendaftaran KTP pendukung Silon dan beberapa jadwal tahapan lainnya. Kami telah menjelaskan prosedur sesuai dengan aturan yang berlaku berdasarkan Undang-Undang,” tutup Firman.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler