Connect with us

Advertorial

Kembangkan TTG, Bupati Gorut Himbau Masyarakat Bisa Produksi Sendiri

Published

on

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin dalam kegiatan sosialisasi Teknologi Tepat Guna Masyarakat Lokal Indonesia yang digelar Diskoperindag Jumat (27/12/2019)

GORUT-Hadirnya Teknologi Tepat Guna (TTG) memberi kemudahan kepada para pelaku di desa untuk mengembangkan seluruh potensinya. Misalnya di bidang industri pangan, upaya membuka lapangan pekerjaan, serta peningkatan pendapatan asli desa (PAD).

Uapaya pengembangan TTG bagi masyarakat desa ini juga genjot dilakukan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut). Dengan menggandeng instansi yang membidangi program pengembangan TTG, Pemkab Gorontalo Utara mendorong agar pengembangan TTG dapat di terapkan ke seluruh desa dan pelosok di Gorut.

Bupati Gorut Dr. H. Indra Yasin, S.H,.M.H mengakui hal itu. Dalam kegiatan sosialisasi pengembangan TTG Masyarakat Lokal Indonesia yang diselenggarakan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Gorut, Jumat (27/12/2019), orang nomor satu di Gorut itu menyampaikan apreasiasi serta dukungan yang setinggi-tingginya.

Ia berharap dengan adanya program maupun sosialisasi tentang TTG, masyarakat desa bisa membangun kreativitas dan inovasinya sendiri.

“Sosialisasi itu tidak lagi berbicara tentang teori tetapi sudah langsung praktek dan itu menggunakan bahan-bahan lokal, dan itu mendapat respon yang begitu positif dari peserta” kata Indra Yasin.

Sosialisasi digelar di Aula Gerbang Emas Gorontalo Utara yang dihadiri pula Wakil Bupati Gorut Thariq Modanggu, Ketua TP PKK Gorut, Wakil Ketua TP-PKK, Kadis Koperindag, serta dipandu pemateri dari LPTTG MALINDO Dr. H. Sakarudin, M.Si.

Diakhir penyampaian, Bupati Indra Yasin berharap agar masyarakat mampu mengaplikasikan seluruh teori yang disampaika pemateri. Masyarakat harus bisa memproduksi secara mandiri produk, entah itu kue, keripik dan lain-lain yang berbahan dasar lokal.

“Masyarakat bisa memproduksi sendiri sebetulnya, dan nanti mereka akan berusaha dengan modal yang tidak perlu banyak. Kalau saya dengar tadi dengan modal yg tidak terlalu banyak tapi hasilnya cukup bisa memberikan pendapatan yang melegakan dan besar bagi masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Indra kemungkinan besar, tahun 2020 Pemkab Gorut akan mengirim tenaga-tenaga dari desa untuk berlatih di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Advertorial

Gorut Ikuti Penilaian Kabupaten Layak Anak

Published

on

Sekretaris Daerah Gorontalo Utara Saat Memimpin Rapat Didampingi Oleh Kepala Dinas PP & PA, dan Kepala BAPPEDA Gorontalo Utara || Foto HUMAS

GORUT – Pemerintahan Kabupaten Gorontalo Utara terus mematangkan persiapan untuk menyambut penilaian Kabupaten Layak Anak yang akan digelar beberapa hari lagi. Kabupaten Gorontalo Utara menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Gorontalo yang mengikuti lomba tersebut.

Sekretaris Daerah Ridwan Yasin mengatakan, terpilihnya Kabupaten Gorontalo Utara untuk mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh kementerian menjadi satu kebanggaan tersendiri, pasalnya Pemda terus berupaya agar menjadikan Gorontalo Utara Sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA).

“Gorut ini salah satu kabupaten satu – satunya yang ada di Provinsi Gorontalo yang mendapatkan penghargaaan dari kementerian untuk dinilai,” Ungkap Ridwan usai membuka Rapat Koordinasi gugus tugas Kabupaten Layak Anak tingkat Kabupaten Gorut, (18/6/2021).

Diakuinya, saat ini Pemda melakukan persiapan menyambut penilaian yang akan dilakukan. Lantas Ridwan menegaskan ke semua pihak untuk memaksimalkan waktu yang ada dengan melakukan kroscek kembali data yang diperlukan pada penilaian sesuai dengan kebenaran.

“Jika belum lengkap maka segera di perbaiki. Contoh, misalnya menginput surat keputusan Bupati, tapi setelah dicek dalam dokumen yang disiapkan tidak ada, maka itu yang kita cek baik – baik,..”

“Dan kepada OPD untuk segera mempersiapkan diri memenuhi data – data yang sudah diinput. Kalau kita tidak dukung dengan data secara fakta sama saja kita sia-sia dalam memperjuangkan ini,” Tutup Sekda.

Continue Reading

Advertorial

Pemda Gorut Bersama BNN Perangi Penyalahgunaan Narkotika

Published

on

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin saat diwawancarai || Foto HUMAS

GORUT – Bupati Indra Yasin membuka kegiatan rapat kerja program pemberdayaan masyarakat anti narkoba di Instansi Pendidikan yang di gelar oleh Badan Narkotika Nasional BNN Gorontalo Utara yang di ikuti oleh sejumlah Kepala Sekolah, di Hotel Maqna Kota Gorontalo, (17/6/2021).

Menurut Indra Yasin, penyalahgunaan narkoba saat ini sangat memprihatinkan dimana telah masuk ke generasi muda usia sekolah menengah pertama maupun menengah atas.

“Kebanyakan yang hari ini presentasi penyalahgunaan narkotika itu ada pada generasi muda dan terutama yang ada di sekolah-sekolah,” Ungkapnya.

Pemda bersama BNN telah bersepakat memerangi penyalahgunaan narkotika, dengan melibatkan seluruh stakeholder, orang tua, turut pula memberikan edukasi akan bahayanya barang haram tersebut.

“Kita juga harus lakukan penyuluhan hukum, dari seluruh komponen yang terkait termasuk aparat penegak hukum, kepolisian, kejaksaan, dan pengadilan. Supaya anak-anak kita ini tau, kalau mereka salah menggunakannya, maka dia akan berhadapan dengan aparat penegak hukum dalam hal penjara,..”

“Sebab itu pekerjaan ini tidak ringan, dan tidak hanya di sekolah tetapi harus ada campur tangan juga orang tua di rumah,” Ujar Indra.

Continue Reading

Advertorial

Jika Terbukti Bersalah, Oknum Kades Pilobuhuta Diminta di Pecat

Published

on

Syafrudin Bano || Foto istimewa

DPRD KABGOR – Ketua Komisi l Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gorontalo Syafrudin Bano angkat bicara terkait dengan beredarnya informasi oknum Kepala Desa yang di duga sedang bermain judi, menurutnya jika hal tersebut benar-benar dilakukan dan terbukti maka pemerintah daerah harus mengambil langkah untuk memecat yang bersangkutan.

Menyikapi hal tersebut Komisi l DPRD akan mengundang Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Camat Batudaa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan oknum Kades tersebut untuk dimintai klarifikasi saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) kedepan.

“Kami akan undang Kades, BPD, Camat dan Dinas terkait untuk dimintai klarifikasi terhadap Kades main judi bersama warga setempat. Jika terbukti main judi, maka kami meminta pemerintah daerah untuk memecat yang bersangkutan tanpa menunggu rekomendasi,” Ungkap Syafrudin, (15/6/2021).

Ia mengatakan, sebagai Kepala Desa seharusnya memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, karena Kepala Desa adalah panutan masyarakat. Bukannya melanggar aturan ataupun norma yang berlaku.

“Apa yang dilakukan oleh Kades merupakan kejadian yang luar biasa dan tidak mencerminkan sebagai seorang pemimpin. Oleh sebab itu saya minta dipecat,” Tegas Syafrudin Bano.

Di ketahui oknum yang diduga merupakan Kepala Desa Pilobuhuta Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo.

Continue Reading

Terpopuler