Connect with us

UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Mahasiswa KKN MBKM UNG Sukses Promosi Potensi Desa Inogaluma Berbasis IT

Published

on

Memaparkan pembuatan website openSID dan video profil desa sebagai bentuk mempromosikan potensi Desa Inogaluma || Foto istimewa

UNG – Sebanyak 10 mahasiswa program studi sistem informasi Universitas Negeri Gorontalo (UNG), telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Desa Inogaluma, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango.

KKN MBKM ini dilaksanakan dalam jangka waktu kurang lebih 4 bulan, sejak tanggal 3 Oktober 2022 – 13 Januari 2023.

Koordinator Desa Inogaluma, Fikri Walahe menyampaikan ada dua program prioritas yang telah dilaksanakan dalam program KKN diantaranya pembuatan website openSID dan video profil desa sebagai bentuk mempromosikan potensi Desa Inogaluma.

“Melalui pembuatan website dan video profil ini diharapkan dapat dioperasikan dengan baik dan membantu pemerintah maupun masyarakat untuk keperluan mempromosikan potensi desa,” Ujar Fikri.

Masyarakat, maupun siapa saja, Website OpenSID Desa Inogaluma dapat diakses melalui tautan (https://inogaluma.andimohamad.tech/) sedangkan Video Profil Desa Inogaluma dapat diakses melalui ( https://www.youtube.com/watch?v=VRfo3Ji5Yis&t=80s ).

Selain dua program prioritas tersebut, Mahasiswa KKN MBKM juga juga telah melaksanakan beberapa program tambahan yang mendapat respon baik dari aparat desa maupun masyarakat.

“Kami juga telah melaksanakan beberapa program tambahan berupa pelatihan penggunaan komputer dan pengoperasian Ms. Office (Word & Excel) kepada aparat desa serta kompetisi olahraga dan festival seni atau yang kami sebut KONFES Inogaluma untuk memeriahkan desa,” tambahnya.

Kepala Desa Inogaluma, Hamid Moisi, S.Pd, mengaku program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa mampu memberikan manfaat besar bagi desa khususnya dalam meningkatkan promosi potensi desa.

“Tentunya masyarakat maupun aparat desa sangat puas dengan seluruh hasil program kerja yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa UNG,” terangnya.

Sementara itu Tajuddin Abdilah, S.Kom, M.Cs dan Roviana Dai, S.Kom, MT, selaku dosen pembimbing lapangan mengatakan, melalui program KKN MBKM ini diharapkan dapat membantu dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Inogaluma.

Advertorial

FSB UNG Gelar Workshop untuk Tingkatkan Kapasitas Penelitian, Pengabdian, dan Publikasi Ilmiah

Published

on

UNG -Fakultas Sastra dan Budaya (FSB) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menyelenggarakan Workshop Penelitian, Pengabdian, dan Publikasi Ilmiah pada 16 Mei 2024 di Gedung FSB UNG. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dosen FSB UNG dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, khususnya dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya.

Dekan FSB, Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D., menjelaskan bahwa tujuan utama workshop ini adalah untuk mendorong dosen dalam menghasilkan penelitian dan pengabdian yang dapat dipublikasikan di tingkat internasional. “Publikasi ini merupakan bentuk pertanggungjawaban ilmiah dosen sebagai ilmuwan serta sarana untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan,” jelasnya.

Prof. Nonny juga menekankan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat pencapaian visi UNG yang unggul dan berdaya saing. “Dengan publikasi ilmiah yang berkualitas, kita dapat berkontribusi dalam perbincangan ilmu pengetahuan global dan menunjukkan keunggulan UNG di kancah internasional,” ujarnya.

Workshop ini menghadirkan dua narasumber berpengalaman: Dr. Hasan Panigoro, Sekretaris LP2M UNG, yang membahas roadmap penelitian, pengabdian masyarakat, dan publikasi ilmiah UNG, serta Prof. Irwan Abdullah, Guru Besar UGM dan pendiri IAS Foundation, yang memberikan wawasan tentang publikasi ilmiah di jurnal bereputasi internasional.

Dengan workshop ini, FSB UNG berharap dapat meningkatkan kompetensi dosen dalam menghasilkan penelitian dan publikasi berkualitas, serta memperkuat kontribusi UNG dalam bidang ilmu pengetahuan dan pengabdian masyarakat di tingkat global.

Continue Reading

Advertorial

Fakultas Ilmu Sosial Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Scopus Bagi Dosen

Published

on

UNG – Dalam upaya meningkatkan kualitas publikasi dosen, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) menggelar pelatihan penulisan artikel pada Kamis (16/5). Pelatihan tersebut dilakukan melalui kegiatan bootcamp penulisan artikel Scopus, dengan menghadirkan pemateri utama, Direktur IA Scholar (IAS) Foundation, Prof. Dr. Irwan Abdullah.

Dekan FIS, Dr. Drs. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M.Si, mengungkapkan bahwa pelaksanaan pelatihan yang bekerja sama dengan IAS Foundation ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi artikel Scopus dosen. “Melalui peningkatan publikasi tersebut, diharapkan dapat mengakomodir para dosen FIS dalam mengakselerasi percepatan kenaikan pangkat menuju Lektor Kepala hingga Guru Besar,” ungkap Zuchri.

Wakil Dekan Bidang Akademik FIS, Dr. Yowan Tamu, M.A., menuturkan bahwa pelatihan semacam ini merupakan bagian dari program unggulan akademik fakultas. Program ini menjadi upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui penulisan artikel, yang diharapkan dapat mempercepat peningkatan jabatan fungsional dosen. “Besar harapan kami dosen dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh. Melalui pelatihan semacam ini, diharapkan menghasilkan output berupa 10 artikel yang terpublikasi di Scopus untuk tahun 2024,” harapnya.

Sementara itu, Direktur IAS Foundation, Prof. Dr. Irwan Abdullah, mengatakan bahwa pelatihan melalui bootcamp penulisan artikel ini menjadi momentum bagi dosen untuk berkembang dalam menulis artikel Scopus yang merupakan sebuah perbincangan akademik, bukan hanya laporan penelitian.

Continue Reading

Advertorial

UNG Gelar Doa Pemberangkatan Jamaah Calon Haji untuk Dosen dan Tendik

Published

on

UNG – Jelang pemberangkatan jemaah calon haji tahun 1445 H/2024, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar doa bersama untuk dosen dan tenaga kependidikan (tendik) yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini. Acara tersebut berlangsung pada Rabu (15/5) di Masjid Sabilurrasyad UNG. Prosesi doa pemberangkatan dihadiri oleh Rektor UNG, Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T., M.T., dan diisi dengan tausiah serta doa oleh Ustad Syaifudin Mateka.

Rektor UNG, Prof. Eduart Wolok, mengungkapkan bahwa pelaksanaan doa bersama ini memiliki makna penting, yakni mendoakan kesehatan, keselamatan, serta keberhasilan dosen dan tendik dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji di tanah suci. “Dengan doa yang kita panjatkan bersama ini, semoga jemaah haji dapat senantiasa diberikan kemudahan oleh Allah SWT untuk fokus menjalankan ibadah nanti. Dengan sempurnanya seluruh pelaksanaan ibadah, semoga dapat kembali ke tanah air dengan sehat serta menjadi haji yang mabrur,” harap rektor.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor juga mengingatkan dosen dan tendik yang akan pergi beribadah untuk senantiasa menjaga kesehatan sebelum dan saat berada di tanah suci. Dengan menjaga kesehatan, jemaah diharapkan dapat fokus dalam menjalankan seluruh rangkaian ibadah. “Selain itu, saya juga berpesan untuk senantiasa mendoakan kemajuan serta perkembangan UNG. Upaya yang selama ini kita lakukan dalam mendukung kemajuan kampus akan semakin dipermudah oleh Allah SWT dengan adanya doa dari dosen maupun tendik,” pungkasnya.

Acara ini menunjukkan komitmen UNG dalam memberikan dukungan spiritual kepada anggota komunitas akademik yang akan menunaikan salah satu ibadah terbesar dalam Islam, sekaligus mempererat kebersamaan dan solidaritas di antara sivitas akademika.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler