Connect with us

Advertorial

Lewat Momentum Hardiknas, Wali Kota Gorontalo Sampaikan Ini

Published

on

KOTA GORONTALO – Melalui momentum hari pendidikan nasional, Wali Kota Gorontalo Marten Taha mengajak kepada seluruh warga pendidikan di Kota Gorontalo untuk tetap membangun solidaritas demi mewujudkan apa yang menjadi harapan bersama seluruh warga Kota Gorontalo.

“Menjadi masyarakat yang sejahtera, maju, aktif, religius dan mandiri (SMART),” Ungkap Wali Kota saat momentum hari pendidikan nasional 2022.

Marten mengatakan, di tahun 2022, hari pendidikan nasional mengusung tema, pimpin pemulihan bergerak untuk merdeka belajar. Hal ini berangkat dari kondisi realitas bahwa selama masa pandemi covid 19 dari awal tahun 2020, kondisi penyelenggaraan pendidikan di seluruh Indonesia dinilai kurang maksimal.

“Oleh karena itu melalui momentum peringatan hari pendidikan nasional tahun ini, kita rajut kembali semangat untuk memulihkan kondisi penyelenggaraan pendidikan yang lebih maksimal untuk mencapai hasil pembangunan pendidikan yang berkualitas,” Jelas Marten.

Namun, patut disyukuri dengan kebijakan merdeka belajar yang kini sedang bergulir, sistem pendidikan mulai mendapat penyegaran, menurutnya perlahan-lahan arah pendidikan mulai berubah dan semakin dekat dengan tujuan serta cita-cita utama bangsa.

“Sebagaimana termuat dalam pembukaan undang-undang 1945, mencerdaskan kehidupan bangsa,” Kata Marten.

Pada momentum hardiknas, Pemkot akan kembali melaunching salah satu inovasi yang dikembangkan oleh dinas pendidikan Kota Gorontalo yaitu, pendaftaran peserta didik baru secara online yang dikenal dengan PPDB online.

“Ini merupakan salah satu solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh seluruh pustaka holder pendidikan setiap tahunnya ini penerimaan peserta didik baru semoga dengan PPDB online ini akan meminimalisir permasalahan yang terjadi,” Jelas Walikota.

Advertorial

Siapkan Tim NUDC Universitas, UNG Lakukan Seleksi Perwakilan 11 Fakultas

Published

on

UNG – Universitas Negeri Gorontalo melalui bidang kemahasiswaan dan alumni melakukan persiapan, menyambut agenda nasional National University Debating Championship (NUDC) tingkat Nasional. Bentuk persiapan tersebut dengan melakukan seleksi untuk mahasiswa yang akan mewakili UNG pada kompetisi tersebut.

Ketua Pelaksana Djafar Lantoa, S.Pd, M.Pd, menjelaskan NUDC tingkat Universitas mempertemukan tim dari seluruh fakultas dengan total peserta 32 mahasiswa. Nantinya tahap seleksi akan memilih 2 mahasiswa, yang menjadi pembicara terbaik I dan II pada NUDC tingkat Universitas.

Dalam kompetisi tingkat Universitas dilakukan untuk menjaring mahasiswa terbaik yang memiliki jiwa kompetisi debat, yang dengan kemampuan berbahasa asing sebagai wakil UNG pada tingkat wilayah maupun Nasional.

“Selain kemampuan bahasa inggris, penilaian dilakukan meliputi pemikiran kritis mahasiswa dalam menyikapi sebuah isu serta metode yang digunakan saat berdebat,” terangnya.

Continue Reading

Advertorial

Tim 2 Safari Ramadan Pemda Pohuwato Datangi Siduan Dan Sipayo

Published

on

POHUWATO – Hari kedelapan ramadan 1444 Hijriah, Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa bersama tim 2 safari ramadan Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato, melaksanakan safari di Kecamatan Paguat, (30/3/2023).

Sebelumnya, wakil Bupati Suharsi melaksanakan buka puasa di masjid Baiturrahman Kelurahan Siduan, Kecamatan Paguat dan menyerahkan paket ramadan secara simbolis dan dilanjutkan salat tarawih berjemaah di Masjid An-Nida Desa Sipayo.

Pada kesempatan itu, Wabup Suharsi juga menambahkan menyerahkan bantuan yang diterima langsung oleh Ketua Takmirul Masjid An-Nida.

Suharsi Igirisa mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian safari ramadan yang dilaksanakan selama bulan suci ramadan yang telah dimulai dari wilayah barat.

“Di masjid ini kami membawa ole-ole sedikit untuk jemaah yang ada di Masjid An Nida berupa bantuan hibah dari pemerintah daerah sejumlah Rp 25 juta,” ujar Wabup Suharsi.

Tentunya dana hibah ini, kata Wabup Suharsi, diharapkan bisa dimanfaatkan untuk dapat melengkapi ataupun memenuhi apa yang menjadi kebutuhan masjid.

Disisi lain, Suharsi mengatakan, saat ini pemerintahan SMS sudah masuk tahun ketiga, masih tetap solid penuh kebersamaan dalam membangun daerah kabupaten Pohuwato.

“Olehnya itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada kita semua yang selama ini telah bersama-sama dengan pemerintah daerah dalam membangun daerah yang kita cintai ini. Untuk itu, di bulan yang suci ini,” Ungkap Wabup Suharsi.

Continue Reading

Advertorial

Lemhannas RI Lakukan Studi Strategis Dalam Negeri di UNG

Published

on

UNG – Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia melakukan lawatan ke Universitas Negeri Gorontalo. Kunjungan kali ini dalam rangka Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) PPRA LXV Tahun 2023 Lemhannas RI di kampus kerakyatan.

Kedatangan rombongan Lemhannas RI disambut langsung Rektor UNG Dr. Ir. Eduart Wolok, ST., MT., didampingi jajaran pimpinan di lingkungan UNG.

Rektor UNG Dr. Ir. Eduart Wolok, ST., MT., dalam sambutannya menyambut baik kedatangan rombongan Lemhannas RI. Terpilihnya UNG sebagai tempat studi strategis menjadi sebuah kehormatan tersendiri bagi civitas akademika UNG.

“Terima kasih atas kunjungannya. Melalui pertemuan ini kami ingin menginformasikan kepada peserta SSDN terkait keberadaan UNG saat ini, serta kaitannya dalam mengetahui potensi yang dimiliki Indonesia khususnya di Provinsi Gorontalo,” ungkap Eduart.

Menurut Eduart UNG saat ini tengah fokus dalam pengembangan kawasan teluk tomini. Pengembangan kawasan tersebut diwujudkan dengan menginisiasi pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) teluk tomini yang berbasis pedesaan.

Gubernur Lemhannas RI melalui Pimpinan Rombongan SSDN PPRA LXV Marsda TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M.Tr.(Han) mengatakan, SSDN merupakan salah satu program utama pendidikan calon pimpinan masa depan.

“Tujuannya untuk mempelajari, memahami, dan mengkaji potensi dan berbagai permasalahan yang dihadapi daerah, ditinjau dari aspek geografi, demografi, sumber kekayaan alam, ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya serta pertahanan dan keamanan dalam sudut ketahanan nasional,” jelasnya.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler