Connect with us

Advertorial

Perumda Muara Tirta Berikan Bantuan Dana Dukung Tim PKM Fatek UNG

Published

on

Pemberdayaan karang taruna kelurahan Tanjung Kramat dalam mengolah air laut menjadi air bersih layak konsumsi || Foto Istimewa

KOTA GORONTALO – Sebagai upaya mendukung Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Jurusan Teknik Elektro dan Arsitektur, Pemerintah Kota Gorontalo melalui Perumda Air Minum Muara Tirta Kota Gorontalo, telah memberikan bantuan Uang sejumlah lima juta rupiah untuk mendukung program penyulingan air laut menjadi air layak konsumsi.

Direktur Perumda Muara Tirta, Lucky Paudi, mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat buat masyarakat dikelurahan Tanjung Kramat dimana kelurahan ini adalah bagian otonomi dari Pemerintah Kota Gorontalo untuk menambah suplai air bersih layak konsumsi.

“Kami terpanggil untuk membantu mahasiswa untuk menyukseskan kegiatan dan ide kreatif mereka. memang bantuan ini tidak seberapa banyak, namun kami berharap bahwa bantuan ini digunakan sepenuhnya untuk menunjang kegiatan dari mahasiswa..,”

“Karena sepengatahuan kami bahwa pembinaan kreatifitas anak muda/ mahasiswa perlu intervensi secara kelembagaan dari pemerintah baik pusat maupun daerah,” Tukasnya.

Dekan Fakultas Teknik Sardi Salim, menyampaikan atas nama pimpinan dan seluruh sivitas akademika Fakultas Teknik mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Pemerintah Kota Gorontalo dalam hal ini Perumda Air Minum Muara Tirta atas bantuan dana untuk menyukseskan kegiatan Mahasiswa.

“Bantuan ini akan kami kawal penggunaannya dan pertanggung jawabannya sehingga pemanfaatan uang tersebut tepat sasaran,” Ungkap Dekan Sardi.

Sementara, ketua Tim PKM Andika Linggile, mahasiswa Jurusan Teknik Arsitektur mengatakan, kegiatan yang diberi judul, pemberdayaan karang taruna kelurahan Tanjung Kramat dalam mengolah air laut menjadi air bersih layak konsumsi untuk skala rumah tangga.

Merupakan kegiatan pemberdayaan dalam mengolah air laut yang sangat melimpah di kelurahan tersebut untuk di jadikan air bersih yang layak konsumsi dengan menggunakan alat filter dan destilasi.

“Dimana alat filter berfungsi sebagai penyaring air laut yang kotor menjadi air bersih akan tetapi belum menghilangkan kadar asinnya kemudian berlanjut ke alat destilasi, alat destilasi berfungsi untuk menguapkan air laut dan akan menghasilkan air bersih yang layak konsumsi,” Jelas Andika.

Advertorial

BWSS II Gelar Audiensi Dengan Bupati Pohuwato

Published

on

POHUWATO – Pihak Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) II dalam hal ini Kepala Seksi Operasi dan Pemeliharaan (OP), Haris Djafar melakukan audensi dengan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, (23/9/2022). Pertemuan yang berlangsung di rumah jabatan bupati itu membahas kelanjutan pembangunan dari bendung Randangan.

Bupati Saipul menyambut baik niat dari BWSS II untuk irigasi Randangan. Karena dengan berbadan hukum kelompok P3A tersebut sebagaimana disampaikan pihak BWSS bisa memudahkan atau bisa menerima program dari dinas terutama dinas PU dan dinas pertanian.

Olehnya apa yang menjadi kendala dalam pengurusan badan usaha tersebut kiranya bisa dipercepat, sehingga apa yang diharapkan bersama cepat tercapai.

Diakui pula bahwa irigasi randangan terutama untuk saluran primer memang masih belum bisa dimanfaatkan karena masih adanya kendala di lapangan. Untuk itu bagaimana hal ini bisa dipercepat.

“Insyaallah kendala tersebut bisa selesai dan saluran irigasi randangan bisa segera termanfaatkan,” Harap Bupati Saipul Mbuinga.

Sebelumnya, Kepala Seksi OP, BWSS II, Haris Djafar menjelaskan bahwa maksud menemui pemerintah daerah selain silaturahmi juga menyampaikan kelembagaan daerah irigiasi randangan. Karena menurutnya ada beberapa kelompok P3A yang ada di bendung randangan.

Dikatakannya, P3A dan kelompok-kelompok yang ada di irigasi randangan itu nantinya akan berbadan hukum, sehingga program-program apa saja yang diturunkan di irigasi randangan itu bisa diterima baik dari dinas PU dan dinas pertanian.

“Terima kasih banyak kami sudah diterima oleh pak bupati, semoga apa yang diharapkan cepat terlaksana,” Ucapnya.

Continue Reading

Advertorial

Rektor UNG : Pj Gubernur Mampu Menjaga Stabilitas Provinsi Gorontalo

Published

on

UNG – 100 hari kerja pemerintahan Penjabat Gubernur Provinsi Gorontalo, Hamka Hendra Noer dinilai telah menjalankan transisi pemerintahan dengan baik. Hal ini diungkapkan Rektor Universitas Negeri Gorontalo, Eduart Wolok, (23/9/2022).

“Memang banyak harapan dan tuntutan terhadap kinerja Bapak Penjabat Gubernur selama 100 hari. Bagi kami, untuk menilai kinerjanya memang tentu terlalu dini, terlebih beliau harus bekerja dengan tim yang berada dalam organisasi yang bukan pilihannya,” Ungkap Rektor.

Eduart mengatakan, bahwa dengan kondisi tersebut Pj Gubernur Gorontalo mampu menjaga stabilitas Provinsi Gorontalo dan roda organisasi provinsi untuk terus memberikan layanan kepada masyarakat.

“Memang masih jauh dari sempurna, tetapi untuk kondisi dalam keterbatasan harus kita berikan apresiasi bahwasanya beliau sudah berusaha untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya untuk memberikan layanan kepada masyarakat,” Terang Eduart.

Eduart berharap dengan tim yang lebih solid dan dengan semakin mengenal dan mengetahui kondisi, kinerja Pj Gubernur akan semakin meningkat.

“Mari kita sama-sama support beliau untuk terus menjaga, memajukan, dan terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Gorontalo,” ujarnya.

Continue Reading

Advertorial

UNG Duduki Peringkat 8 Kampus Terbaik di Indonesia Timur

Published

on

UNG – Universitas Negeri Gorontalo menjadi perguruan tinggi terbaik ke 8 untuk wilayah Indonesia Timur. Peringkat tersebut berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh 4icu unirank untuk tahun 2022.

UNG sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di wilayah Indonesia Timur berada di bawah Universitas Hasanuddin, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Mataram, Universitas Negeri Makassar, dan Universitas Islam Alauddin Makassar.

Rektor Universitas Negeri Gorontalo Dr. Ir.Eduart Wolok, ST., MT. mengatakan bahwa peringkat tersebut adalah pencapaian luar biasa bagi Universitas Negeri Gorontalo yang baru pada tahun 2004 berstatus menjadi universitas.

“Dengan dukungan seluruh civitas akademika UNG serta seluruh masyarakat Gorontalo kami akan terus berupaya menjadi salah satu Kampus terbaik di Indonesia,” harapnya.

UniRank sendiri merupakan lembaga pembuat ranking perguruan tinggi internasional yang berpusat di Sydney, Australia. Sebagai lembaga pemeringkatan perguruan tinggi ternama, uniRank telah merilis daftar perguruan tinggi di dunia periode September 2022 termasuk di kawasan Indonesia.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler