Connect with us

UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Rektor UNG : Idul Fitri Jadi Momentum Hilangkan Dendam Dan Kebencian

Published

on

Foto Istimewa ll Rektor Eduart Wolok

UNG – Ramadhan dan Idul Fitri tahun 1442 Hijriah ini kembali kita lalui di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang belum kunjung selesai.

Gorontalo saat ini berada pada titik nadir baik ekonomi maupun sosial-politik pada pandemi saat ini. Tantangan Gorontalo untuk bertahan di tengah pandemi perlu kolaborasi semua elit ungkap Rektor Universitas Negeri Gorontalo Dr. Eduart Wolok, ST., MT.

“Tanpa rahmat dan hidayahNya kita bukanlah apa-apa dan mungkin tidak bisa bertahan. Momentum Idul Fitri menjadi wadah dan kesempatan yang harus dipergunakan sebaik-baiknya. Momentum ini adalah momentum untuk bersatu dan berkolaborasi”, ungkapnya.

Eduart menambahkan bahwa Idul Fitri adalah momentum yang tepat untuk menghapus dendam dan kebencian antara sesama insan Gorontalo, khususnya para elit.

“Potensi kita luar biasa, di Jakarta kita punya 3 Mentri, ada Wakil Ketua DPR dan MPR. Di daerah kita punya Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Walikota serta banyak anggota legislatif serta elit-elit yang potensial, jarang kesempatan dan potensi ini datang dua kali”, ujarnya.

Eduart kembali mengingatkan bahwa momen Idul Fitri sangat penting untuk saling bermaaf-maafan, bergandengan tangan untuk memikirkan masa depan Gorontalo, baik jangka pendek bagaimana bertahan di tengah pandemi, dan jangka panjang bagaimana recovery dan bersiap untuk bangkit.

“Kita semua harus menjadikan momentum ini untuk melakukan refleksi secara massal. Jangan sampai momentum Ramadan dan Idul Fitri lewat begitu saja, tanpa kesan mendalam di nurani kita”, jelas Eduart yang juga Wakil Ketua Umum Pengurus Besar PBSI.

Advertorial

FSB UNG Gelar Workshop untuk Tingkatkan Kapasitas Penelitian, Pengabdian, dan Publikasi Ilmiah

Published

on

UNG -Fakultas Sastra dan Budaya (FSB) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menyelenggarakan Workshop Penelitian, Pengabdian, dan Publikasi Ilmiah pada 16 Mei 2024 di Gedung FSB UNG. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dosen FSB UNG dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, khususnya dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya.

Dekan FSB, Prof. Dra. Nonny Basalama, M.A., Ph.D., menjelaskan bahwa tujuan utama workshop ini adalah untuk mendorong dosen dalam menghasilkan penelitian dan pengabdian yang dapat dipublikasikan di tingkat internasional. “Publikasi ini merupakan bentuk pertanggungjawaban ilmiah dosen sebagai ilmuwan serta sarana untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan,” jelasnya.

Prof. Nonny juga menekankan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat pencapaian visi UNG yang unggul dan berdaya saing. “Dengan publikasi ilmiah yang berkualitas, kita dapat berkontribusi dalam perbincangan ilmu pengetahuan global dan menunjukkan keunggulan UNG di kancah internasional,” ujarnya.

Workshop ini menghadirkan dua narasumber berpengalaman: Dr. Hasan Panigoro, Sekretaris LP2M UNG, yang membahas roadmap penelitian, pengabdian masyarakat, dan publikasi ilmiah UNG, serta Prof. Irwan Abdullah, Guru Besar UGM dan pendiri IAS Foundation, yang memberikan wawasan tentang publikasi ilmiah di jurnal bereputasi internasional.

Dengan workshop ini, FSB UNG berharap dapat meningkatkan kompetensi dosen dalam menghasilkan penelitian dan publikasi berkualitas, serta memperkuat kontribusi UNG dalam bidang ilmu pengetahuan dan pengabdian masyarakat di tingkat global.

Continue Reading

Advertorial

Fakultas Ilmu Sosial Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Scopus Bagi Dosen

Published

on

UNG – Dalam upaya meningkatkan kualitas publikasi dosen, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) menggelar pelatihan penulisan artikel pada Kamis (16/5). Pelatihan tersebut dilakukan melalui kegiatan bootcamp penulisan artikel Scopus, dengan menghadirkan pemateri utama, Direktur IA Scholar (IAS) Foundation, Prof. Dr. Irwan Abdullah.

Dekan FIS, Dr. Drs. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M.Si, mengungkapkan bahwa pelaksanaan pelatihan yang bekerja sama dengan IAS Foundation ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi artikel Scopus dosen. “Melalui peningkatan publikasi tersebut, diharapkan dapat mengakomodir para dosen FIS dalam mengakselerasi percepatan kenaikan pangkat menuju Lektor Kepala hingga Guru Besar,” ungkap Zuchri.

Wakil Dekan Bidang Akademik FIS, Dr. Yowan Tamu, M.A., menuturkan bahwa pelatihan semacam ini merupakan bagian dari program unggulan akademik fakultas. Program ini menjadi upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui penulisan artikel, yang diharapkan dapat mempercepat peningkatan jabatan fungsional dosen. “Besar harapan kami dosen dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh. Melalui pelatihan semacam ini, diharapkan menghasilkan output berupa 10 artikel yang terpublikasi di Scopus untuk tahun 2024,” harapnya.

Sementara itu, Direktur IAS Foundation, Prof. Dr. Irwan Abdullah, mengatakan bahwa pelatihan melalui bootcamp penulisan artikel ini menjadi momentum bagi dosen untuk berkembang dalam menulis artikel Scopus yang merupakan sebuah perbincangan akademik, bukan hanya laporan penelitian.

Continue Reading

Advertorial

UNG Gelar Doa Pemberangkatan Jamaah Calon Haji untuk Dosen dan Tendik

Published

on

UNG – Jelang pemberangkatan jemaah calon haji tahun 1445 H/2024, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar doa bersama untuk dosen dan tenaga kependidikan (tendik) yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini. Acara tersebut berlangsung pada Rabu (15/5) di Masjid Sabilurrasyad UNG. Prosesi doa pemberangkatan dihadiri oleh Rektor UNG, Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T., M.T., dan diisi dengan tausiah serta doa oleh Ustad Syaifudin Mateka.

Rektor UNG, Prof. Eduart Wolok, mengungkapkan bahwa pelaksanaan doa bersama ini memiliki makna penting, yakni mendoakan kesehatan, keselamatan, serta keberhasilan dosen dan tendik dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji di tanah suci. “Dengan doa yang kita panjatkan bersama ini, semoga jemaah haji dapat senantiasa diberikan kemudahan oleh Allah SWT untuk fokus menjalankan ibadah nanti. Dengan sempurnanya seluruh pelaksanaan ibadah, semoga dapat kembali ke tanah air dengan sehat serta menjadi haji yang mabrur,” harap rektor.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor juga mengingatkan dosen dan tendik yang akan pergi beribadah untuk senantiasa menjaga kesehatan sebelum dan saat berada di tanah suci. Dengan menjaga kesehatan, jemaah diharapkan dapat fokus dalam menjalankan seluruh rangkaian ibadah. “Selain itu, saya juga berpesan untuk senantiasa mendoakan kemajuan serta perkembangan UNG. Upaya yang selama ini kita lakukan dalam mendukung kemajuan kampus akan semakin dipermudah oleh Allah SWT dengan adanya doa dari dosen maupun tendik,” pungkasnya.

Acara ini menunjukkan komitmen UNG dalam memberikan dukungan spiritual kepada anggota komunitas akademik yang akan menunaikan salah satu ibadah terbesar dalam Islam, sekaligus mempererat kebersamaan dan solidaritas di antara sivitas akademika.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler