Connect with us

Bone Bolango

175 Guru Ikuti Bimtek Guru Pembimbing Khusus Pendidikan Inklusif

Published

on

BONE BOLANGO – Sebanyak 175 guru dari 175 satuan pendidikan di Kabupaten Bone Bolango tengah mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) guru pembimbing khusus penyelenggara pendidikan inklusif. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

Plt. Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, secara resmi membuka acara ini di Gedung BPMP Provinsi Gorontalo pada Kamis (16/11/2023). Dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapannya agar Bimtek ini dapat melahirkan guru-guru yang siap mendampingi peserta didik berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas di wilayah tersebut.

Merlan S. Uloli juga mengajak seluruh peserta Bimtek untuk mengikuti kegiatan dengan baik dan sungguh-sungguh. Beliau menekankan bahwa para peserta akan menjadi pemandu dan pelopor pendidikan inklusif di satuan pendidikan masing-masing.

“Teruslah berkarya dan berinovasi dalam pembelajaran yang berorientasi kepada peserta didik,” harap Plt. Bupati.

Kepala BPMP Provinsi Gorontalo, Rudi Saifullah, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, khususnya Plt. Bupati Merlan S. Uloli dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Andrean Andjar, yang telah menginisiasi kegiatan Bimtek ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan komitmen untuk memajukan pendidikan dan melakukan transformasi pembelajaran, terutama dalam hal pendidikan inklusif.

Rudi Saifullah juga mencatat bahwa Bimtek ini merupakan langkah baru di Provinsi Gorontalo, yang menunjukkan komitmen serius dari pemerintah daerah.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bone Bolango, Andrean Andjar, menjelaskan bahwa pelaksanaan Bimtek ini merupakan momentum penting dalam upaya meningkatkan inklusivitas dan memajukan pendidikan inklusif di wilayah tersebut.

Andres Akaseh, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, menambahkan bahwa Bimtek ini bertujuan untuk memahami lebih dalam peran guru pembimbing khusus dalam mendukung peserta didik berkebutuhan khusus di satuan pendidikan. Harapannya, para peserta dapat memperoleh wawasan luas, strategi terbaru, dan praktik terbaik dalam mendampingi peserta didik tersebut.

“Kami berharap terjalin kolaborasi erat antara guru pembimbing khusus, tenaga pendidik lainnya, serta pihak terkait guna menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan ramah bagi semua,” ungkap Andres.

Dengan adanya kegiatan Bimtek ini, diharapkan pendidikan inklusif di Kabupaten Bone Bolango semakin berkembang, melibatkan semua pihak untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

Bone Bolango

Dr. Merlan Uloli, SE.MM Resmi Menjadi Bupati Bone Bolango dengan Gelar Adat Molo’opu

Published

on

BONE BOLANGO – Dr. Merlan Uloli, SE.MM secara resmi menjadi Bupati Bonebolango setelah menjalani upacara adat Molo’opu. Upacara Molo’opu adalah upacara penjemputan secara adat dari rumah kediaman pribadi menuju rumah dinas bupati.

Ini merupakan suatu keharusan dan juga menandakan pengakuan masyarakat terhadap kepemimpinan seorang bupati. Upacara adat Molo’opu ini digelar di rumah dinas bupati Bonebolango di Desa Ulantha, Kecamatan Suwawa, pada hari Selasa, (16/01/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Bonebolango menyampaikan rasa syukurnya karena menjadi bupati perempuan pertama di daerah yang dijuluki serambi madinah. Ia memberikan motivasi kepada seluruh perempuan yang hadir, menegaskan bahwa semua perempuan memiliki potensi untuk memimpin.

“Hari ini saya, Merlan, telah membuka jalan. Ini perjuangan kaum perempuan, mungkin hari ini saya yang memimpin, besok, 10 tahun ke depan, bahkan di masa-masa mendatang akan ada perempuan-perempuan hebat lainnya yang akan mengikuti jejak sejarah ini,” ujar Merlan Uloli.

Dengan berakhirnya sambutan Bupati Bonebolango yang baru, prosesi upacara adat Molo’opu pun berakhir, dan Merlan Uloli resmi menjabat sebagai bupati Bonebolango untuk periode satu tahun ke depan.

Continue Reading

Bone Bolango

HUT ke-24 DWP Kabupaten Bonebol: Perempuan Berperan Strategis dalam Pembangunan Berkelanjutan

Published

on

BONE BOLANGO – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bone Bolango merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 tahun 2023 dengan megah di Gedung BPMP Provinsi Gorontalo, Kecamatan Tilongkabila. Acara tersebut dihadiri oleh Plt. Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, Ketua DPRD Halid Tangahu, Sekda Ishak Ntoma, dan berbagai tokoh dan pejabat penting.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Merlan S. Uloli menyampaikan ucapan selamat HUT ke-24 kepada anggota DWP Kabupaten Bone Bolango. Dia berharap DWP semakin mandiri dan menjadi organisasi istri Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional. Dengan visi tersebut, DWP diharapkan dapat memainkan peran aktif dan strategis dalam pembangunan bangsa.

“Saya berharap DWP menjadi pilar pemersatu bangsa dan negara Indonesia, serta sebagai agen perekat kebhinekaan. Semoga DWP dapat mengaktualisasikan diri dalam setiap kegiatan di lingkungan keluarga, masyarakat, berbangsa dan bernegara, serta menjadi perempuan berkualitas dalam pembangunan nasional,” ungkap Merlan.

Dia menekankan bahwa DWP, sebagai salah satu organisasi masyarakat perempuan terbesar di Indonesia, memiliki standing position dan peran strategis dalam pembangunan nasional. Merlan mengapresiasi DWP sebagai wadah yang menghadirkan program-program kreatif dan inovatif bagi anggotanya, serta memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam berkeluarga maupun berwirausaha.

Mengenai tema HUT ke-24 DWP tahun 2023, “Peran Strategis Perempuan Dalam Pembangunan Berkelanjutan,” Ketua GOW Bone Bolango menambahkan bahwa DWP harus terus meningkatkan kapasitas dan kualitas diri, memperkuat rasa kebersamaan, dan mendukung pemerintah sebagai mitra.

“Saya berharap DWP bisa berperan meningkatkan kegiatan usaha bagi anggota DWP untuk memperkuat ekonomi keluarga. Mari tingkatkan kesadaran tentang peran strategis yang dimiliki perempuan, khususnya anggota DWP, untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan,” harap Merlan.

Sebagai bupati perempuan pertama di Bone Bolango, Merlan juga mengingatkan bahwa DWP tidak harus berdiri sendiri dalam berkegiatan, melainkan selalu bermitra dengan OPD terkait, organisasi wanita, dan lembaga masyarakat lainnya. Dia mengajak untuk menciptakan dan mengembangkan sinergi yang baik demi saling menguatkan.

“Kepada seluruh anggota DWP Bone Bolango, mari kita sama-sama berupaya meningkatkan dukungan kepada suami agar suami dapat bekerja secara profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai ASN,” pungkas Merlan, menekankan pentingnya kolaborasi dalam mencapai tujuan bersama.

Continue Reading

Bone Bolango

80 Pelaku UMKM di Bone Bolango Dapat Bantuan Kios Pangan

Published

on

BONE BOLANGO – Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango memberikan bantuan kios pangan kepada 80 pelaku UMKM di wilayah tersebut. Bantuan tersebut terdiri dari beras seberat 100 kilogram, minyak goreng 12 liter, gula pasir 25 kilogram, dan telur sebanyak 5 bak.

Pelaku UMKM dan kios tersebar di 5 Kecamatan, yaitu Kabila (48 kios), Tilongkabila (2 kios), Suwawa (6 kios), Suwawa Tengah (12 kios), dan Bulango Selatan (12 kios).

Plt Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, menyatakan bahwa bantuan tersebut merupakan bagian dari program Pemerintah Daerah dan DPRD Bone Bolango untuk mendukung masyarakat.

“Tidak semua pelaku UMKM yang memiliki kios mendapatkan bantuan ini. Bantuan ini diharapkan dapat menambah modal usaha dan tidak dijual mahal. Setiap kios menerima bantuan senilai total 2,5 juta rupiah,” kata Merlan S. Uloli saat menyerahkan bantuan di Kecamatan Suwawa Tengah.

Merlan, yang merupakan pemimpin perempuan pertama di Bone Bolango, menegaskan bahwa bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah dalam menghadapi kenaikan harga pangan. Ia berharap penerima bantuan benar-benar memiliki kios dan dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan kesejahteraan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bone Bolango, Yusbar Ismail, menambahkan bahwa penyerahan bantuan ini bertujuan untuk mengatasi rawan pangan di Kabupaten Bone Bolango.

Meskipun nilai bantuan relatif kecil, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan evaluasi terhadap pemanfaatan, dengan harapan dapat meringankan beban usaha masyarakat.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler