Connect with us

Advertorial

Bupati Pohuwato Serahkan Dokumen LKPJ Tahun 2023 dalam Rapat Paripurna DPRD

Published

on

POHUWATO – Dalam Rapat Paripurna ke-57 penyampaian nota pengantar Ranperda Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Kabupaten Pohuwato tahun 2023 di ruang sidang DPRD Pohuwato pada Senin (01/04/2024), Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, mengungkapkan pentingnya dokumen ini sebagai bagian dari konsistensi dalam mengawal program dan periodisasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 Kabupaten Pohuwato. Dokumen tersebut menjadi perwujudan visi misi mereka, yaitu mewujudkan Pohuwato yang sehat, maju, dan sejahtera.

“Kami telah melaporkan LKPJ Tahun 2023 ke Lembaga DPRD sebagai bentuk pelaksanaan visi dan misi kami, dan ini merupakan pelaporan terakhir kami dalam rangka pemilukada serentak se-Indonesia,” ungkap Bupati Saipul.

Bupati Saipul juga menjelaskan bahwa selama tiga tahun menjalankan pemerintahan, mereka tetap mengacu pada Peraturan Daerah Nomor 4 tahun 2021 tentang RPJMD tahun 2021-2026. RPJMD tersebut menetapkan arah kebijakan pembangunan daerah selama lima tahun dengan visi terwujudnya Pohuwato yang sehat, maju, dan sejahtera, yang terdiri dari empat misi utama.

Salah satu misi yang menjadi fokus adalah misi kedua, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur dan lingkungan. Untuk mencapai tujuan tersebut, Bupati Saipul menjelaskan bahwa mereka mengukur indeks kepuasan layanan infrastruktur dan indeks pembangunan berkelanjutan.

“Dalam RPJMD, kami menargetkan indeks kepuasan layanan infrastruktur sebesar 65,77 persen, namun kami berhasil mencapai 87,23 persen, atau terealisasi sebesar 133,49 persen,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati Saipul menjelaskan bahwa nilai indeks pembangunan berkelanjutan dihitung berdasarkan indikator strategis pada Sustainable Development Goals (SDGs) yang diterapkan dalam program dan kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Meskipun targetnya 70,11 persen, mereka telah mencapai 64,80 persen, dengan capaian kinerja sebesar 91,39 persen.

Bupati Saipul juga menyoroti beberapa proyek strategis nasional yang telah mereka wujudkan, seperti Bandara Panua Pohuwato dan Bendungan Randangan. Bandara Panua telah memberikan manfaat kepada masyarakat pengguna transportasi udara, sementara Bendungan Randangan telah membuka lahan sawah baru dan meningkatkan produksi pertanian.

“Dengan kolaborasi semua pihak, kami optimis bahwa Pohuwato akan terus maju sebagai lumbung pangan Provinsi Gorontalo dan kawasan regional Teluk Tomini,” tambahnya.

Keseluruhan, dokumen LKPJ Tahun 2023 merupakan cerminan komitmen pemerintah kabupaten dalam menjalankan program pembangunan sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan.

Advertorial

Pesan Wali Kota Marten Taha di Hari Lebaran 1445 Hijriah

Published

on

KOTA GORONTALO – Dalam rangka memperingati momen Lebaran 1445 Hijriah, Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, menyampaikan pesan penting tentang menjaga dan mempererat silaturahim di antara masyarakat. Acara ini berlangsung dalam format open house di rumah pribadinya pada Jumat (12/4/2024), yang dihadiri oleh sejumlah pimpinan OPD, perwakilan organisasi kemasyarakatan, pemangku adat, serta warga sekitar.

Dalam sambutannya, Marten Taha menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1445 Hijriah. Bagi Marten, Lebaran merupakan momen yang sangat membahagiakan bagi dirinya, keluarga, dan masyarakat. Ia menekankan bahwa dalam momen ini, semua orang saling bersilaturahmi, saling memaafkan, dan saling mengikhlaskan kesalahan yang pernah terjadi.

“Momen ini bagi saya merupakan momen yang sangat membahagiakan, dan tentunya bagi seluruh masyarakat juga. Karena dalam momen yang penuh rahmat ini, kita semua di sini bersatu dalam silaturahmi dan memaafkan satu sama lain,” ujar Marten.

Marten berharap bahwa setelah momen Idulfitri berlalu, semua lapisan masyarakat dapat kembali bersatu dan hidup berdampingan dengan baik, serta merajut kembali kebersamaan yang telah terjalin. Pesannya mencerminkan pentingnya persatuan dan harmoni di tengah-tengah masyarakat, serta nilai-nilai saling pengertian dan toleransi yang harus terus dijaga.

Continue Reading

Advertorial

Silaturahmi Bupati Pohuwato dengan Forkopimda Provinsi: Menguatkan Sinergi dan Dukungan Pembangunan

Published

on

POHUWATO – Masih dalam suasana yang penuh makna hari raya Idul fitri, Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, bersama dengan Kapolres Pohuwato, AKBP Winarno, S.H., S.I.K., dan pimpinan OPD, menjalankan rangkaian silaturahmi dengan jajaran Forkopimda Provinsi.

Kunjungan dimulai dengan kehadiran di Polda Gorontalo, diterima oleh Kapolda Gorontalo, Irjen Pol. Drs. Pudji Prasetijanto Hadi, M.H, bersama Wakapolda, Brigjen Pol. Drs. Simson Zet Ringu, S.I.K., M.Si.

Dari sana, Bupati Saipul dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju rumah jabatan Gubernur Gorontalo. Mereka disambut oleh Pelaksana Tugas (Pj.) Gubernur, Ir. Ismail Pakaya, M.E. Kunjungan bersilaturahmi juga berakhir di rumah jabatan Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, diterima oleh Ketua DPRD, Dr. Drs. Paris R.A. Jusuf, S.Sos., I.M.Si, pada hari Kamis, tanggal 11 April 2024.

Selama kunjungan ini, Bupati Saipul, didampingi oleh Ketua TP.PKK Pohuwato, Selvi Mbuinga Monoarfa, mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Gorontalo atas pengamanan yang dilakukan selama bulan Ramadan dan Idulfitri. Mereka mengapresiasi pendirian posko Ramadan oleh Polres Pohuwato di beberapa titik, yang telah membantu menjaga keamanan dan ketertiban di Pohuwato.

Tak lupa, kepada Gubernur dan Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Bupati Saipul Mbuinga juga mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan dalam berbagai program pembangunan di Pohuwato yang didanai oleh APBD Provinsi. Dia berharap agar program-program pembangunan ini terus mendapat perhatian dari pemerintah provinsi, karena masih banyak program lain yang perlu diperhatikan untuk kemajuan Pohuwato di masa depan.

Continue Reading

Advertorial

Perayaan Idul Fitri di Kota Gorontalo: Pesan Kebangsaan dari Wali Kota Marten Taha

Published

on

KOTA GORONTALO – Momentum keagamaan yang penuh makna, seperti perayaan Idul Fitri, seringkali menjadi momen yang tepat bagi pemimpin untuk menyampaikan pesan-pesan kebangsaan dan nilai-nilai yang bersifat mendalam kepada masyarakat. Tak terkecuali di Kota Gorontalo, di mana Wali Kota Marten Taha mengambil kesempatan sebagai khatib pada salat Ied 1 Syawal 1445 H di Masjid Agung Baiturrahim.

Dalam khutbahnya, Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, dengan penuh kebijaksanaan, menyoroti pentingnya kepemimpinan yang diilhami oleh sifat-sifat mulia Rasulullah SAW. Siddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah diangkat sebagai pedoman yang harus diteladani oleh setiap pemimpin dalam menjalankan tugasnya. Marten menegaskan bahwa kepemimpinan yang kokoh dan berintegritas merupakan pondasi utama dalam membangun sebuah masyarakat yang maju dan sejahtera.

Namun, lebih dari sekadar pembahasan tentang kepemimpinan, Marten Taha juga mengajak jemaah untuk merenungi pentingnya kesatuan dalam perbedaan. Menurutnya, perbedaan adalah bagian dari sunatullah yang harus dikelola dengan bijaksana. Dalam suasana yang dipenuhi oleh perbedaan, Marten Taha mendorong agar masyarakat bersatu dan bekerja sama untuk membangun daerah, terlepas dari latar belakang dan perbedaan yang ada.

Selain itu, Wali Kota Gorontalo juga menyampaikan rasa syukur atas situasi kondusif yang terjaga di Kota Gorontalo selama bulan Ramadan hingga Idul Fitri. Marten Taha mengapresiasi partisipasi aktif masyarakat dalam merayakan nilai-nilai kemanusiaan dan kebaikan, serta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta dalam menciptakan suasana yang nyaman dan aman selama perayaan Idul Fitri.

Pesan-pesan kebangsaan dan semangat kebersamaan yang disampaikan oleh Wali Kota Gorontalo ini menjadi refleksi penting bagi seluruh masyarakat, tidak hanya di Kota Gorontalo, tetapi juga di seluruh Indonesia. Semangat untuk bersatu dalam perbedaan dan bekerja sama dalam membangun negeri merupakan kunci keberhasilan bagi kemajuan dan kemakmuran bersama.

Perayaan Idul Fitri di Kota Gorontalo bukan hanya merupakan momen keagamaan semata, tetapi juga menjadi momentum untuk merajut kembali tali persaudaraan, meningkatkan toleransi, dan memperkuat rasa persatuan di tengah-tengah masyarakat yang heterogen. Semoga pesan-pesan kebijaksanaan dari Wali Kota Marten Taha dapat menginspirasi dan membawa berkah bagi semua.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler