Connect with us

DPRD PROVINSI

Deprov Gorontalo Gelar Paripurna Pembentukan Perda Provinsi Gorontalo Tahun 2024

Published

on

Foto Istimewa

DEPROV – DPRD Provinsi Gorontalo memacu agenda kegiatannya di tahun ini. Hal itu dibuktikan dengan pelaksanaan empat paripurna yang dilaksanakan sekaligus dalam sehari. Empat paripurna itu masing-masing membahas topik yang berbeda.

Paripurna pertama membahas dan menetapkan program pembentukan Perda Provinsi Gorontalo tahun 2024, paripurna kedua membahas penetapan perda APBD tahun 2024, paripurna ketiga digelar dalam rangka penyampaian rencana kerja DPRD Provinsi Gorontalo tahun sidang 2023–2024, serta paripurna keempat untuk penyampaian laporan kinerja pimpinan dewan masa sidang tahun 2023–2024.

“Alhamdulillah, tadi kami telah melaksanakan empat paripurna pada hari ini. Kenapa? Karena target kita semua agenda telah selesai tahun ini, kita ketahui tahun depan sudah masuk tahun politik, agenda pasti akan semakin padat,” ungkap Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Sofyan Puhi, (11/9/2023).

Sofyan menjelaskan, terkait paripurna penetapan program pembentukan daerah tahun 2024 pun telah diusulkan, di antaranya ada 10 perda yang terdiri dari 3 perda inisiatif DPRD, 3 perda usulan Pemerintah Provinsi Gorontalo, serta 4 lainnya merupakan ranperda APBD.

“Pembentukan peraturan daerah ini artinya apa? Dalam tahun sidang ke depan DPRD itu sudah menyusun peraturan daerah, apa saja yang akan kami buat. Tadi ada 10, 3 usul inisiatif DPRD kemudian 3 dari usul pemerintah daerah dan sisanya peraturan daerah terhadap APBD,” jelasnya.

Selain itu, paripurna tentang penyusunan Ranperda APBD Provinsi Gorontalo tahun anggaran 2024 juga telah disampaikan oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, yang kemudian akan dibahas oleh Badan Anggaran (Banggar) bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Karena target kita Oktober sudah bisa dibahas APBD untuk 2024. Kenapa Oktober? Karena mengingat kita butuh percepatan karena tahun 2024 itu tahun pemilu, kita sibuk dengan pemilu maka dipercepat lagi agar kepentingan rakyat dan pembangunan di Provinsi Gorontalo itu tidak terhambat,” paparnya.

Terkait rapat parpurna penyampaian rencana kerja DPRD juga telah dilaksanakan, di mana seluruh fraksi melakukan penyampaian agenda tahunannya dan disepakati untuk dilaksanakan tahun 2024 mendatang.

“Itu agendanya dimulai September ini sampai dengan September tahun depan, karena tahun sidang itu dihitung dari saat pelantikan kami itu dilantik September 2019, jadi setiap tahun setiap bulan September kita buat rencana kerja,” tuturnya.

Advertorial

Silaturahmi Bersama DPRD: Penjagub Ismail Titip Beberapa Hal

Published

on

DEPROV – Penjagub Ismail Pakaya, didampingi Sekdaprov Gorontalo Sofian Ibrahim, mengadakan pertemuan silaturahmi dan rapat konsultasi dengan jajaran ketua dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo pada Minggu (28/04/2024) di RM Meranti, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango. Dalam kesempatan tersebut, Ismail menggunakan waktu untuk menitipkan beberapa hal kepada DPRD.

Pertama, Ismail membahas tentang sistem kesehatan yang sedang dibahas dalam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) oleh DPRD. Dia menginginkan agar penempatan tenaga kerja dokter spesialis di Provinsi Gorontalo dapat diatur dalam Perda tersebut.

Ismail memaparkan bahwa Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Gorontalo berharap agar tenaga kerja dokter spesialis dapat tersebar merata di setiap kabupaten. Saat ini, mayoritas dari 28 dokter spesialis yang ada hanya berpraktek di Kota Gorontalo, sementara daerah lain kekurangan tenaga tersebut.

Selain masalah sistem kesehatan, alokasi dana APBD 2025 juga menjadi perhatian Ismail. Dia mengusulkan agar di APBD 2025, terdapat anggaran untuk pengadaan gedung bagi OPD/dinas yang belum memiliki kantor sendiri.

Ismail menjelaskan bahwa pada tahun 2025, tidak ada alokasi anggaran untuk pembiayaan pemilihan kepala daerah (pilkada), sehingga alokasi dana lebih fleksibel. Permintaannya adalah agar fokus pada memenuhi kebutuhan kantor bagi OPD yang belum memiliki kantor, seperti Dinas Perhubungan, Dinas Pemberdayaan Perempuan, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Untuk lokasi kantor-kantor tersebut, Ismail menyarankan agar dibangun di area perkantoran pemerintah provinsi yang terletak di Tinelo Ayula, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango.

Continue Reading

Advertorial

Paris Jusuf Hadiri Legislatif & UMKM SULUTGO Expo XII di Minahasa

Published

on

DEPROV – Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Paris R.A Jusuf, menghadiri kegiatan Legislatif & UMKM SULUTGO Expo XII di God Bless Park, Tondano, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 24 April 2023. Dalam acara pembukaan, Paris diberi kesempatan untuk memberikan sambutan.

“Acara ini menjadi forum yang penting bagi para wakil rakyat untuk bersilaturahmi, sekaligus kesempatan bagi Anggota DPRD untuk menyampaikan program-program kerja mereka kepada masyarakat,” ucap Paris.

Bagi Paris, Legislatif Expo 2024 adalah ajang penting untuk menyosialisasikan tugas dan fungsi anggota dewan, serta memperluas pengetahuan wakil rakyat. Selama empat hari kegiatan tersebut, berbagai acara menarik diadakan, termasuk pentas seni budaya, kunjungan mahasiswa dan siswa SMA/SMK, workshop tugas fungsi dewan, lomba debat APBD antar universitas, dan lainnya.

Di antara rangkaian acara yang diselenggarakan adalah studi banding peserta di tempat wisata, lomba pidato politik, lomba catur, dan bimbingan teknis pertanggungjawaban pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 53 tahun 2023, tentang Perubahan Peraturan Presiden Nomor 33 tahun 2020 tentang Standar Harga Satuan Regional.

“Acara ini juga menjadi momentum bagi UMKM SulutGo XII untuk memamerkan produk-produk unggulan mereka dan meningkatkan kerjasama dengan pemerintah daerah serta masyarakat umum,” ujar Paris, menambahkan.

Kehadiran Paris Jusuf memberikan semangat tersendiri bagi acara ini, serta semakin memperkuat hubungan antara Gorontalo dan Sulawesi Utara, baik dalam bidang legislatif maupun perekonomian.

Continue Reading

Advertorial

Paris Jusuf Mengapresiasi Kedatangan Presiden Jokowi ke Gorontalo, Sorot Perhatian Pemerintah Pusat pada Pembangunan Strategis

Published

on

DEPROV – Paris R.A. Jusuf, Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, mengapresiasi kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Gorontalo pada hari Senin (22/04/2024). Dia menyatakan bahwa kedatangan Presiden selama dua hari ini merupakan penghargaan bagi pemerintah daerah.

Paris mengatakan bahwa kedatangan Presiden Jokowi ke Gorontalo bukanlah hal yang baru, bahkan ini sudah lebih dari sekali selama masa jabatannya sebagai Presiden. “Kami berterima kasih karena ini penghargaan luar biasa dari pemerintah pusat, khususnya Pak Jokowi selaku Presiden yang berkunjung ke Gorontalo. Kalau tidak keliru sudah tiga kali, ini penghargaan luar biasa,” ungkap Paris.

Menurut Paris, pemerintah pusat memberikan perhatian yang besar terhadap Gorontalo, meskipun kunjungan ini terjadi di akhir masa jabatan Presiden. Salah satu bentuk perhatian tersebut adalah dengan meninjau Waduk Bulango Ulu dan meresmikan Bandara Panua Pohuwato.

“Kedua proyek ini sangat strategis, dan ini atas kebijakan Pak Presiden. Makannya kita support, kita senang dan bangga, kita berharap pembangunan ini hasilnya bisa maksimal untuk kemajuan Gorontalo,” jelas Politisi Partai Golkar itu.

Paris juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten dan kota serta jajaran forkopimda yang telah mendukung semua pelaksanaan kegiatan kunjungan Presiden Joko Widodo selama di Gorontalo. “Terima kasih juga kepada pemerintah daerah bupati, wali kota, dan forkopimda yang telah mensupport semua kegiatan-kegiatan, titik-titik yang menjadi kunjungan Pak Presiden,” tandasnya.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler