Connect with us

DPRD POHUWATO

Dua Buah Usulan Ranperda Diserahkan Ke DPRD Pohuwato

Published

on

DPRD POHUWATO – Dua buah rancangan peraturan daerah (Ranperda) usulan Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato diserahkan Bupati Saipul A. Mbuinga kepada Ketua DPRD Pohuwato Nasir Giasi pada rapat paripurna ke-19, penyampaian nota pengantar 4 buah Ranperda usul inisiatif DPRD dan Pemda Pohuwato, di gedung DPRD Pohuwato, (24/9/2021).

Saipul Mbuinga menjelaskan, dua buah ranperda uang yang diserahkan diantaranya tentang pendirian perusahaan umum daerah air minum dan pengelolaan limbah domestik yang bertujuan untuk memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah.

Selanjutnya untuk menyelenggarakan kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan atau jasa untuk pemenuhan hajat hidup masyarakat sesuai kondisi, karakteristik dan potensi daerah serta memperoleh laba dan atau keuntungan.

“Untuk ranperda pengelolaan air limbah domestik, dimana dengan adanya perkembangan penduduk yang semakin meningkat, pencemaran lingkungan menjadi salah satu permasalahan yang banyak ditemui pada daerah dengan kepadatan penduduk yang tinggi,” Kata Saipul.

“Salah satunya dampak dari kepadatan penduduk khususnya di wilayah Kabupaten Pohuwato ialah meningkatnya pemakaian air minum atau air bersih yang berdampak pada peningkatan jumlah pembuangan air limbah domestik,” Sambungnya.

Terakhir, semua ranperda yang dibacakan adalah usul inisiatif pemda yang diprakarsai oleh dinas Perkim, dinas PUPR, dinas Satpol PP serta Baperlitbang.

“Seluruh rancangan peraturan tersebut telah melalui koordinasi dan pembahasan bersama sebelum diajukan ke DPRD Pohuwato untuk dituangkan dalam program legislasi daerah yang secara bersama-sama akan ditetapkan melalui keputusan DPRD tentang program legislasi daerah tahun 2021,” Pungkasnya.

DPRD POHUWATO

Nasir Giasi Apresiasi Mahasiswa KKN Pohuwato Timur

Published

on

DPRD POHUWATO – Ketua DPR Pohuwato, Nasir Giasi memberikan apresiasi atas pertunjukan seni tari pada gelaran kegiatan yang diselenggarakan mahasiswa kuliah kerja nyata Universitas Negeri Gorontalo, di Desa Pohuwato Timur, Minggu (6/11/2022).

Lebih jelasnya, menurut Nasir Giasi, Identitas Desa Pohuwato Timur khususnya dalam budaya-budaya kesenian, telah lama menghilang sejak akhir-akhir ini.

“Olehnya, sebagai bagian dari Pemerintah Daerah, saya memberikan ucapan terima kasih kepada anak-anak KKN yang telah merintis kembali budaya tarian di Desa Pohuwato Timur,” ucapnya.

Oleh hal itu, Nasir Giasi berharap kepada seluruh masyarakat Desa Pohuwato Timur agar dapat mendukung serta menyemarakan setiap program dan kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Daerah dan juga Desa.

Continue Reading

DPRD POHUWATO

Tegas! Wakil Ketua II DPRD Tolak Alfamart Dan Alfamidi di Pohuwato

Published

on

Rapat Kerja pembahasan pajak daerah dan penerimaan tenaga kerja di Kabupaten Pohuwato

POHUWATO – Wakil Ketua II DPRD kabupaten Pohuwato, Nirwan Due menegaskan bahwa pihaknya menolak masuknya ritel Alfamart dan Alfamidi di Kabupaten Pohuwato. Hal ini disampaikan saat digelarnya rapat kerja pembahasan pajak daerah dan penerimaan tenaga kerja di Kabupaten Pohuwato, (31/10/2022).

“Sekarang sudah ada informasi tentang kepengurusan izin Alfamart namun saat di undang kehadiran mereka ke rapat ini mereka tak hadir, seolah di anggap remeh. olehnya, kami dari DPRD berkomitmen, secara tegas menolak kehadiran mereka (PT Alfamart dan Alfamidi) di sini,” tegasnya.

Menurutnya, Kehadiran Alfamart dan Alfamidi di Pohuwato tak akan memberikan dampak untuk mendorong keuntungan bagi pendapatan asli daerah, sebab NPWP yang digunakan oleh Perusahaan langsung dari pusat.

“Jika mereka menggunakan NPWP pusat, pajak bagi hasil tidak langsung masuk ke daerah melainkan masuk dulu ke Pusat, lalu ke Provinsi, kemudian terakhir ke Daerah,” terangnya.

Berdasarkan hal itu, dirinya meminta kepada Pemerintah Kabupaten agar mengkaji kembali PAD yang didapat dari masuknya investor-investor ke Pohuwato.

“Cukup ritel Indomaret yang meneruskan pembangunannya, Alfamart & Afamidi jangan di terima dulu,” pungkasnya.

Continue Reading

DPRD POHUWATO

Nasir Giasi Minta Pengurus Desa dan Kecamatan Randangan-Taluditi Dipertahankan

Published

on

DPRD POHUWATO – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golongan Karya (Golkar) Pohuwato Nasir Giasi, meminta kepada Pengurus Desa, Kecamatan, yang berada di Daerah Pemilihan (Dapil) Randangan dan Taluditi untuk di pertahankan guna menghadapi perhelatan politik pemilihan serentak di tahun 2024 mendatang.

Sebelumnya, Nasir menjelaskan, Kecamatan Randangan dan Taluditi merupakan basis partai Golakar yang cukup memumpuni. Dimana kata Nasir, di perhelatan politik tingkat Kabupaten dari jatah 4 kursi di DPRD, Dapil Randangan-Taluditi berhasil meraih 3 kursi.

“DPP itu Kaget, ini Dapil terbaik se-Indonesia karna tidak ada Dapil lain yang berhasil menyapu bersih 3 dari 4 kursi yang tersedia, seihingganya itu ini harus dipertahankan,” Ungkapnya saat melakukan buka puasa bersama PD dan PK Randangan-Taluditi, (20/4/2022).

Meski mempertahankan prestasi tersebut merupakan pekerjaan yang berat terlelebih pada saat ini di pemerintahan tingkat eksekutif Golkar hanya berada di posisi Wakil Bupati, di akui Nasir hal itu tidak menurunkan semangat untuk berjuang bersama partai dengan simbol pohon beringin yang telah banyak melanglang buana di berbagai perhelatan politik.

Selanjutnya Nasir menembahkan, menghadapi perhelatan di tahun 2024 mendatang, banyak tantangan yang akan dihadapi, meski demikian baginya tantangan merupakan motivasi untuk bekerja mempertahankan prestasi yang ada.

“Kita tidak ada niat mengganggu partai lain, niat kita hanyalah mempertahankan 3 kursi yang ada,” Imbuhnya.

Sehingganya, politisi yang akrab disapa Naga itu pun berpesan kepada PD dan PK se Randangan-Taluditi, untuk meraih kemenangan hal yang paling penting adalah menguatkan solidaritas.

“Kita harus tetap solid, menjaga keberadaan nama partai Golkar di masing masing desa khususnya untuk Randangan dan Taluditi,” Tandasnya.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler