Connect with us

Advertorial

Lantik Tiga Plt Kades, Bupati Gorut Himbau Kades Kedepankan Musyawarah

Published

on

GORUT-Kekosongan kursi Kepala Desa (Kades) di dua kecamatan Kabupetan Gorontalo Utara (Gorut) kini telah terisi. Hal ini menyusul dilantiknya tiga Plt. Kades oleh Bupati Gorut Indra Yasin, Rabu (8/1/2020).

Ke tiga Penjabat Kades yang dilantik di antaranya Plt Kades Gentuma, Kecamatan Gentuma Raya, Hais Pakaya, S.Pd., M.Si, Plt Kades Monggolota, Kecamatan Gentuma, Raya Hapsa Saleh Adjilahu, SE, serta Plt Kades Titidu, Kecamatan Kwandang Asrin Jan Maino, SE.

Pelantikan berlangsung di Aula Gerbang Emas Gorut, yang dihadiri Wakil Bupati Gorut Thariq Modanggu, Ketua TP PKK, Asisten 3 Gorut, para Kadis, serta camat.

Usai dilantik para kades ini diharapkan dapat segera melaksanakan tugas utamanya antara lain mempersiapkan pemilihan kepala desa definitive. Mereka bahkan diberi tenggat waktu oleh Pemda Gorut selama dua bulan untuk mempersiapkan rencana pemilihan kades.

“Supaya mereka bisa segera kembali ke kecamatan untuk melanjutkan tugas-tugas mereka di kecamatan,” ujar Indra Yasin saat memberikan sambutan di sela acara pelantikan.

Meski hanya sebagai penjabat sementara, para Plt kades ini diharapkapkan juga dapat melanjutkan program pembanguan yang sudah jalan di desa, serta selalu melaksanakan musyawarah, baik bersama BPD maupun masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar keputusan yang diambil benar-benar berangkat dari hasil keputusan bersama.

Dijelaskan Indra Yasin, desa merupakan pioner kabupaten. Oleh karena itu dalam proses pembangunan daerah, andil desa sangat diperlukan utamanya dalam memberikan kontribusi disetiap proses pembangunan.

Indra optimis, para Plt kades yang ditugasi ini rata-rata punya kemampuan dalam memimpin desa. Sehingga dalam jangka waktu sesuai dengan jabatan yang ditentukan, desa yang mereka pimpin masing-masing telah mengalami perubahan ke arah yang lebih maju.

Indra juga menghimbau menyongsong datangnya kompetisi adipura yang tak lama lagi akan digelar, seluruh kepala-kepala desa getol melakukan penataan lingkungan yang bersih dan asri. Sehingga penghargaan sebagai kabupaten sehat yang diraih tahun 2019 lalu bisa diraih kembali di tahun 2020 ini.

“Ini harus kita pertahankan,” katanya.

Advertorial

Pemda Pohuwato Gelar Safari Ramadan Di Kecamatan Marisa

Published

on

POHUWATO – Hari kesembilan bulan Suci Ramadan, Bupati Pohuwato Saipul Mbungina melakukan safari di Kecamatan Marisa, turut pula dalam kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan bantuan dana hibah ke Takmirul masjid Ah-Daniah Desa Marisa Selatan, (21/4/2021).

Bupati Saipul A. Mbuinga mengungkapkan bantuan yang diberikan kiranya bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pengembangan masjid, mengingat saat ini masih sementara dalam proses pengerjaan.

Dirinya juga mengajak kepada para jamaah yang hadir untuk banyak bersyukur kepada Allah SWT karena masih dipertemukan dengan bulan suci ramadhan tahun ini.

“Di bulan yang penuh berkah ini agar dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memperbanyak amalia,” Ungkapnya.

Tak hanya itu, Saipul mengingatkan kepada masyarakat agar turut aktif dalam menyukseskan pelaksanaan vaksinasi yang di gaungkan pemerintah bisa maksimal. “kami sudah melakukan vaksinasi, sehingga diharapkan masyarakat bisa bersama-sama ikut vaksin untuk kedepannya,” Tutur Saipul.

Continue Reading

Advertorial

Indra Yasin Imbau Pegawainya Tak Lakukan Mudik

Published

on

GORUT – Menindak lanjuti surat edaran dari menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy tentang larangan mudik lebaran di tanggapi Pemerintah Daerah kabupaten Gorontalo Utara.

Bupati Indra Yasin mengungkapkan, Gorontalo Utara sebagai wilayah yang berbatasan langsung dengan beberapa provinsi tentu saja menjadi akses jalur masuk para warga yang ingin bepergian, sehingga melalui kesempatan tersebut tiap-tiap perbatasan akan diperketat jalur masuk maupun keluarnya.

Menurut Indra yang dapat melalui perbatasan hanya memiliki keperluan mendesak seperti mobil pengangkut barang-barang kebutuhan, Ambulan. Sementara untuk beberapa pelaku perjalanan yang ingin mengunjungi keluarga sakit, meninggal harus mengantongi surat swab anti gen dan sertifikat vaksinasi.

“Yang dapat dibenarkan lewat saat mudik itu antara lain logistik, yang kedua ambulans, yang ketika dibenarkan juga karena mendesak yaitu karena dia ada kedukaan, tapi harus persyaratannya dia sudah di vaksin dan swab anti gen, dan kalau tidak ada dia diminta balik” Jelasnya.

Dirinya juga menegaskan kepada para pegawai yang bertugas di pemerintahan Gorontalo Utara dan berasal berasal daeu luar daerah tidak perbolehkan untuk melakukan mudik.

“Bahwa tidak ada pegawai-pegawai dari luar daerah untuk kembali ke daerahnya, tetap hanya di dalam daerah tugasnya. Tidak di benarkan yang akan melakukan perjalanan untuk mudik pada lebaran,” Jelas Indra.

Continue Reading

Advertorial

Indra Yasin Ikuti Rakor Larangan Mudik Lebaran

Published

on

Bupati Gorut saat mengikuti Rapat Lintas Sektoral Polres Gorut dan Polres Gorontalo

GORUT – Himbauan Pemerintah Pusat yang memberlakukan larangan mudik mulai 6-17 Mei 2021 di respon positif oleh stakeholder dan masyarakat, hal ini dinilai sangat tepat dalam menekan angka penyebaran virus covid 19.

Bupati Indra Yasin yang turut hadir dalam pertemuan secara virtual lintas sektoral antara Kepolisian resort Gorontalo Utara dan Gorontalo yang di pimpin Kepala Kepolisian Republik Indonesia Listyo Sigit Prabowo, di Aula Titimenga, (21/4/2021).

Menurut Bupati Indra Yasin, Rapat koordinasi yang dilaksanakan tersebut guna menindaklanjuti surat edaran yang dikeluarkan kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan tentang larangan mudik.

“Rapat koordinasi yang dilakukan itu hanya satu intinya, yaitu persiapan menghadapi mudik lebaran. Dari surat edaran kementerian, sudah ada larangan mudik, bagi PNS dan juga termasuk masyarakat,” Jelas Indra.

Kata Indra, meskipun sudah terjadi penurunan kasus Covid 19, tetap langkah antisipasi pemerintah dalam melakukan larangan dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menekan lajunya penyebaran virus pasca lebaran.

“Memang sekarang sudah terjadi penurunan akan tetapi Kita waspadai, seperti yang terjadi di India, yang mengalami lonjakan drastis, dan itu dikhawatirkan oleh pemerintah” Jelas Indra.

“Maka hari ini, Panglima TNI, Kapolri, bersama seluruh Forkopimda Indonesia, Gubernur, kepala daerah, Bupati, Walikota se Indonesia untuk melakukan rapat, mencegah jangan sampai terjadi peristiwa yang sama yang terjadi di India terjadi di Indonesia,” Tutur Indra.

Continue Reading

Terpopuler