Connect with us

Daerah

Dosen Perikanan UNG Amati Laut Pelabuhan Gorontalo Pasca Naiknya Ikan Oci ke Permukaan

Published

on

GORONTALO-Dosen Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Munirah Tuli, S.Pi, M.Si, mengungkapkan munculnya kawanan ikan kembung (oci) di kawasan perairan pantai Pelabuhan Kota Gorontalo merupakan fenomena biasa.

Dari hasil pengamatan yang ia lakukan di perairan pantai pelabuhan pada Rabu (8/1/2020), Alumni S2 Pengelolaan Sumber Daya Perairan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini menyimpulkan beberapa faktor penyebab munculnya ikan dengan nama latin Rastreliger tersebut.

Menurutnya ada beberapa penyebab, salah satu diantaranya kondisi salinitas air laut disekitaran pantai pelabuhan yang cenderung rendah. Dari hasil pengukuran salinitas air menunjukan angka 24o/oo-30o/oo. Kondisi ini kata dia mempengaruhi pula gerak plankton diperairan itu. Sebab, untuk pantai yang bersalinitas rendah akan lebih digandrungi komunitas plankton.

“Sehingga tak heran jika kawanan oci menyerobot kepantai karena disitu terdapat banyak plankton yang merupakan makanan mereka,” kata Munirah Tuli.

Terjadinya salinitas perairan diuraikan Munirah dipengaruhi oleh pengadukan massa air dari bawah ke permukaan dan penyusupan massa air yang bersalinitas tinggi yang bergerak dari arah laut menuju pantai.

“Diperairan pantai yang bersalinitas rendah komunitas plankton lebih tinggi dari pada perairan yang letaknya jauh dari pantai yang bersalinitas tinggi,” jelas Munira.

Selain itu, fenomena loncatnya ikan kembung ini dapat dipengaruhi pula tingginya suhu diperairan sekitar pelabuhan. Suhu perairan pelabuhan yang mencapai 30oC berpengaruh pada proses metabolisme ikan, seperti pertumbuhan dan pengambilan makanan, aktivitas tubuh seperti kecepatan renang, serta rangsangan syaraf sehingga ikan akan sangat peka.

“Untuk suhu maksimum untuk penyebaran ikan kembung di daerah tropis yaitu 20-30oC.

Dijelaskannya lagi, selain kondisi perairan, munculnya ikan oci kedaratan ini bisa jadi dipengaruhi adanya predator pemangsa yang mengancam ikan-ikan tersebut.

“Sehingga ikan-ikan ini lari dari kejaran,” ujar Munirah.

Fenomena munculnya ikan ke atas permukaan air kata Munirah bukanlah hal yang baru. Dibeberapa tempat seperti di Pantai Alar Sulawesi Utara, bahkan kejadian serupa pun pernah terjadi di Gorontalo yakni di Kecamatan Bone Pantai, Kabupaten Bone Bolango beberapa tahun lalu. Hal ini biasanya terjadi pada saat iklim disekitar kurang bersahabat, seperti cuaca kurang cerah atau sedang mendung.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertorial

Ridwan Yasin Dampingi Kunker Rachmat Gobel di Pelabuhan Anggrek

Published

on

GORUT-Kunjungan kerja (Kunker) Wakil ketua DPR-RI, Rachmat Gobel ke Pelabuhan Anggrek, Gorontalo Utara Senin (03/08/2020) kemarin didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Ridwan Yasin.

Ridwan mengatakan kunjungan Rachmat Gobel tersebut dalam rangka penyerahan bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) dan melihat langsung pelabuhan Anggrek terkait perencanaan pengembangan serta penataannya sebagai pelabuhan penyanggah.

“Dan beliau (Rachmat Gobel) melihat rencana kegiatan itu segera akan dilaksanakan di 2021. Sehingganya sebagai wakil rakyat duduk di DPR-RI khususnya Wakil ketua yang juga membidangi ke PU-an kemudian termasuk perhubungan, maka beliau melihat persiapan-persiapan” ucap Ridwan saat ditemui wartawan di ruang kerjanya usai dampingi kunker Rachmat Gobel bersama rombongan.

Mejurutnya, Rachmat Gobel juga menitip harapan agar pemerintah daerah memberikan dukungan sepenuhnya atas pengembangan pelabuhan Anggrek tersebut, serta dapat berkomitmen dalam penataan pembangunan.

“Beliau juga tadi meminta komitmen pemerintah daerah terkait pemetaan pembangunan, kawasan. Jadi misalnya, jangan membuat pemetaan pembangunan itu tidak komprehensif. Jadi harus benar-benar kalau disini ada perumahan, maka perumahan semuanya. Jadi Terpusat atau tertata” Tutur Sekda milenial itu.

Pada kunker juga kata Ridwan, Wakil Ketua DPR-RI tersebut menyinggung terkait pulau-pulau yang ada di Gorontalo Utara, dimana pulau tersebut diminta untuk dikelola sebaik mungkin dan tidak diperjual belikan.

“Tadi disana (pelabuhan Anggrek) ditekankan juga kepada saya, beliau juga sebagai tim yang bertugas dan bertanggungjawab atas pengelolaan pulau-pulau. Makanya dia bilang tadi itu untuk hati-hati, jangan sampai pulau di Gorut ini diperjual belikan, dikelola tidak sesuai ketentuan. Tadi beliau sampaikan itu, karena saya masuk dalam penanggungjawab untuk itu” tukasnya.

Continue Reading

Kabupaten Gorontalo

Banjir 2 Meter Rendam 5 Desa di Kabgor

Published

on

KABGOR-Sedikitnya ada Lima desa di Kabupaten Gorontalo terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur dua hari berturut-turut sejak Minggu (2/8) lalu. Debet air yang terus bertambah, mengakibatkan ketinggian banjir mencapai hingga 2 meter. l

Lima desa yang terdampak banjir tersebut tersebar di 3 kecamatan meliputi desa Tolite Kecamatan Boliyohuto, Desa Mohiyolo dan Desa Bihe, Kecamatan Tolangohula, serta Desa Juria dan Desa Totopo Kecamatan Bilato, Kabgor

Dikonfirmasi via telepon, Senin (3/8) malam, Kepala BNPB Kabupaten Gorontalo Sumanti Maku mengatakan, dirinya telah mengirim anggota sejak mendapat laporan mengenai musibah banjir di sejumlah wilayah.
“Sejak 2 hari yang lalu hujan deras itu tim kita sudah di sana, membantu mengevakuasi korban dan wilayah sekitar,” ujar Santi.

Dengan kondisi debet air yang terus naik, kata Sumanyi, TNI-POLRI juga membantu mengevakuasi korban ke tempat pengungsian.
Sampai saat ini, tim BNPB, TNI-POLRI terus bergerak mengangani proses pendistribusian makanan siap saji.
“sekarang kita melakukan langkah awal dengan mendsitribusi makanan siap saji. Jikalau memungkinkan, kita mendirikan dapur umum, sambil melakukan pendataan terhadap dampak yang lebih berat,” jelas Sumanti Maku.

Continue Reading

Advertorial

Pemkab Gorut Terima Kunker Rahmat Gobel, Serahkan 500 Unit Rumah Swadaya kepada Warga

Published

on

GORUT-Usulan bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk warga oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara kepada DPR, Senin (03/08/2020) telah direalisasikan. Ada sebanyak 500 unit rumah swadaya diserahkan langsung Wakil Ketua DPR-RI, Rahmat Gobel kepada masyarakat yang membutuhkan.

Penyerahan dilakukan di Aula Tinepo Kantor Bupati Gorut.

Bupati Gorut Indra Yasin yang menerima kunjungan kerja Rahmat Gobel menyampaikan, bantuan yang diterima merupakan salah satu permohonan yang diusulkan pemkab Gorut melalui Wakil Ketua DPR-RI untuk diperjuangkan ke pemerintah pusat.

“Hari ini beliau menyerahkan rumah swadaya untuk masyarakat Gorontalo Utara yang kurang lebih ada 500 unit dari 715 yang diusulkan, dan 500 tentu adalah bentuk perjuangan beliau untuk Gorontalo Utara” Ungkap Bupati Indra usai kegiatan kunker di hadapan wartawan.

“Dan oleh sebab itu, Gorontalo Utara menyampaikan permohonan lagi selain BSPS itu kita juga perlu ada rumah susun untuk para medis, baik itu dokter, bidan, maupun perawat” Sambungnya.

Lanjut kata Indra Yasin, termasuk juga yang diminta untuk diperjuangkan adalah usulan rumah untuk nelayan dan juga petani. “Termasuk juga kita minta untuk perumahan untuk para nelayan dan juga petani dan itu kita sudah serahkan permohonannya” tandasnya.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler