Connect with us

kabupaten pohuwato

Pembangunan Rumah Swadaya Prasejahtera di Pohuwato Mulai Dikerjakan

Published

on

Peletakan Batu Pertama pembangunan rumah Swadaya prasejahtera

POHUWATO – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah swadaya prasejahtera secara mengelompok di Desa Taluduyunu dan Desa Buntulia Utara Kecamatan Buntulia, Selasa, (8/2/2022).

Menurut Saipul, pembangunan rumah swadaya ini awalnya dalam bentuk usulan pembangunan rumah komunitas sejak dua tahun kemarin, namun seiring waktu berjalan dan akibat pandemi covid-19 program itu belum terlaksana dan diusulkan kembali ke Departemen PUPR melalui dana DAK.

“Alhamdulillah terterima di dana DAK namun dengan keterbatasan anggaran dilakukan sharing anggaran dengan APBD Pohuwato,” Ungkap Bupati Saipul Mbuinga.

Pada 2022 ini, pembangunan rumah swadaya akan dimulai di 4 desa, dari desa memulai penyiapan lahan secara bersama-sama oleh calon penerima, kemudian sertifikat dari rumah ini sudah di fasilitasi oleh Dinas Perkim atas nama masing-masing penerima.

”Pemilihan lokasi ini sangat strategis, semoga pembangunannya bisa berjalan aman. Kepada para bas atau tuka kiranya kualitas pekerjaan sangat penting, karena ini akan dimanfaatkan oleh masyarakat prasejahtera,” Jelas Bupati Saipul.

Kepada dinas perkim, Bupati Saipul juga mengingatkan untuk mengawal pekerjaan tersebut, karena anggaran dari pemerintah untuk pembangunan rumah swadaya prasejahtera di 4 desa ini sekitar Rp. 8,4 Milyar.

Sementara itu Kabid Perumahan, Syarif Sutrisno Idrus menambahkan, pembangunan rumah swadaya prasejahtera yang berada di 4 desa yakni Desa Taluduyunu, Desa Buntulia Utara Kecamatan Buntulia serta Desa Marisa Utara dan Desa Botubilotahu Kecamatan Marisa dengan anggaran kurang lebih Rp. 8,4 Milyar.

“Untuk Desa Taluduyunu ada 69 unit, Desa Buntulia Utara 56 unit, sementara Desa Botubilotahu 66 unit dan Desa Marisa Utara 50 unit,” Jelas Sutrisno.

Advertorial

Peresmian Danau Burungi Moputio: Langkah Menuju Kesejahteraan Wisata di Kabupaten Pohuwato

Published

on

POHUWATO – Sebuah babak baru dalam industri pariwisata Kabupaten Pohuwato dimulai dengan meriahnya peresmian destinasi wisata Danau Burungi Moputio, yang terletak di Desa Telaga Biru, Kecamatan Popayato. Acara peresmian ini, yang berlangsung pada Kamis, (18/04/2024), menjadi momen yang bersejarah sekaligus penuh harapan bagi masyarakat setempat.

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, yang didampingi oleh Wakil Bupati Suharsi Igirisa, menghadiri acara peresmian ini dengan penuh semangat dan harapan. Dalam sambutannya, Bupati Saipul Mbuinga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah Desa Telaga Biru atas upaya mereka dalam mengembangkan destinasi wisata alam yang memukau ini.

“Ini harus dijaga, dan insya Allah, wisata alam ini akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Popayato,” kata Bupati Saipul dengan penuh keyakinan.

Lebih lanjut, Bupati Saipul menyatakan bahwa peresmian destinasi wisata Danau Burungi Moputio ini menandai komitmen serius pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan pariwisata. Tujuan dari peresmian ini tidak hanya untuk memotivasi pemerintah desa dalam menjaga kelestarian wisata alam, tetapi juga untuk meningkatkan pendapatan desa Telaga di masa mendatang.

“Dengan dijaganya dan dikelolanya dengan baik, wisata ini akan memberikan nilai tambah bagi pariwisata dan ekonomi masyarakat setempat secara efektif,” tegasnya.

Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, juga memberikan apresiasi yang sama terhadap inovasi dan upaya pemerintah desa dalam menghadirkan destinasi wisata yang menarik. “Saya sangat mengapresiasi upaya ini, dan insya Allah, wisata ini akan menjadi pendorong utama dalam mengembangkan ekonomi masyarakat Desa Telaga Biru,” ujarnya

Dengan peresmian Danau Burungi Moputio ini, diharapkan Kabupaten Pohuwato dapat terus maju sebagai destinasi wisata unggulan di Gorontalo. Hal ini menjadi tonggak awal dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan pariwisata yang berkelanjutan.

Continue Reading

Advertorial

Bupati Pohuwato Meresmikan Lapangan Mini Soccer Bumi Bahari Spoort

Published

on

POHUWATO – Suatu momen bersejarah terjadi pada Rabu, (17/04/2024), ketika Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, meresmikan Grand Opening Lapangan Mini Soccer Bumi Bahari. Acara yang sarat makna ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, dan Ketua TP.PKK Pohuwato, Selvi Mbuinga Monoarfa.

Proses peresmian ditandai dengan pengguntingan pita merah dan peninjauan lapangan mini soccer yang terletak di Desa Bumi Bahari, Kecamatan Popayato. Bupati Saipul Mbuinga tidak menyembunyikan rasa bangganya dan mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada Kepala Desa Bumi Bahari beserta jajarannya atas gagasan brilian mereka untuk menciptakan lapangan mini soccer ini.

“Ide dan gagasan untuk menciptakan lapangan mini soccer yang satu-satunya di Kabupaten Pohuwato ini sangat luar biasa. Saya berharap Bumi Bahari bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa lain, dan dapat menjadi contoh desa yang maju dan mandiri,” ujar Bupati Saipul

Selain menjadi sarana olahraga yang memadai, lapangan mini soccer ini juga diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan desa yang signifikan. Bupati Saipul sangat menekankan pentingnya memiliki sarana olahraga yang baik untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan peresmian lapangan mini soccer ini, kita tidak hanya menciptakan generasi muda yang lebih sehat dan aktif dalam berolahraga, tetapi juga membentuk karakter yang kuat dan memupuk semangat kebersamaan di antara mereka,” tambahnya

Acara peresmian ini tidak hanya menjadi momen pembukaan lapangan mini soccer, tetapi juga menjadi tonggak baru dalam perjalanan menuju kesejahteraan desa. Harapan besar terletak pada lapangan ini, bahwa akan menjadi lahan subur bagi perkembangan generasi muda yang tangguh dan penuh prestasi, khususnya dalam bidang olahraga, terutama sepak bola.

Continue Reading

Gorontalo

Pasar Malam Marisa Ditutup dengan Meriahnya Konser Spesial Bersama Artis Ibukota

Published

on

POHUWATO – Masyarakat Kabupaten Pohuwato dan para penggemar pasar malam menyambut momen penutupan pasar malam Marisa dengan antusias dan kegembiraan yang tiada tara. Dipanggil dengan sebutan lokal “hoya-hoya”, pasar malam ini telah menjadi pusat hiburan dan kegiatan sosial selama beberapa waktu, menarik pengunjung dari berbagai penjuru untuk menikmati keberagaman kuliner, barang unik, dan berbagai wahana hiburan.

Terletak di Desa Marisa Teratai, Kecamatan Marisa, pasar malam ini tidak hanya menjadi daya tarik lokal, tetapi juga menjadi magnet bagi wisatawan yang mengunjungi Kabupaten Pohuwato setiap tahunnya. Dengan tema akhir “Ganteng-Ganteng Ceria (GGC)”, panitia penyelenggara merencanakan penutupan yang megah dan tak terlupakan.

Para pengunjung akan disuguhi konser spesial dari beberapa artis ibukota yang diundang khusus untuk meramaikan penutupan pasar malam ini. Di antaranya, Imel, Mira, Ica, Mutia, dan DJ Rahmat Tahalu. DJ Rahmat Tahalu, dengan reputasi energi panggungnya yang memukau dan campuran musik yang beragam, diharapkan dapat memberikan penampilan yang mengguncang panggung utama pasar malam Marisa.

Acara konser spesial ini dijadwalkan berlangsung pada Sabtu malam, (13/04/2024), di panggung utama pasar malam Marisa. Pengunjung yang hadir sangat bersemangat dan menantikan penampilan para artis serta DJ yang akan menghibur mereka hingga larut malam.

Salah satu pengunjung, Iswan, menyatakan kegembiraannya atas keberadaan pasar malam tersebut. “Saya cukup senang dengan pasar malam ini. Dengan adanya wahana-wahana dan beragam kegiatan, kami bisa melepas penat dengan santai di tempat ini. Semoga ini bukanlah penutupan terakhirnya, dan kita semua berharap ada lagi pasar malam yang gemilang dan meriah seperti ini di tahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler