Connect with us

Gorontalo

Ruslan Latif, Nelayan Yang Terpilih Jadi Kades

Published

on

Ruslan Latif Bersama Istri || Foto Istimewa

GORONTALO – Sebanyak 86 Kepala Desa terpilih dilantik Bupati Gorontalo di Aula Gedung Kasmat Lahay Desa Kayubulan, Limboto. Salah satunya Ruslan Latif Warga Desa Luluo Kecamatan Biluhu yang mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk memimpin enam tahun ke depan.

Sebelumnya, Ruslan yang kesehariannya sebagai nelayan tak pernah berfikir untuk mencalonkan diri untuk menjadi kepala Desa, hal itu diakuinya dengan keterbatasan biaya dan latar belakang hanya seorang nelayan, mungkin di anggap sebagian orang tak patut untuk jadi pimpin. Terlebih dirinya berada di wilayah Sulawesi Utara tepatnya di Kota Bitung untuk mencari Nafkah.

Dirinya pernah ditawarkan beberapa pemuda Desa dan beberapa tokoh masyarakat untuk mencalonkan diri pada perhelatan Pilkades karena dinilai pantas, terlebih Paman Taki sapaan akrabnya di mata masyarakat adalah sosok yang santun dan murah senyum.

Namun usulan dari orang-orang tersebut sempat ditolak karena ia merasa tak akan mampu melawan petahana dan rekanya yang notabene telah memiliki banyak masa pendukung, ditambah lagi semasa kepemimpinan tak pernah membuat luka di masyarakat.

Lagi dan lagi tawaran dari pendukungnya terus mengalir, memaksa dirinya harus ikut berkompetisi pada Pilkades tahun ini. Mau apalagi akibat dorongan dan merasa terpanggil untuk melakukan pengabdian dan membangun Desa maka Ia memberanikan untuk masuk dalam bursa pencalonan.

Akhirnya pada tanggal 24 Maret 2021 Ruslan Latif berhasil mengalahkan para lawannya dengan perolehan suara terbanyak dan keluar sebagai pemenang setelah diputuskan oleh komisi pemilihan kepala Desa.

Gorontalo

Bumdesa Bintang Utara Terima Bantuan Dari Menteri Desa PDTT

Published

on

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar didampingi Rektor Universitas Negeri Gorontalo Eduart Wolok saat tiba di Desa Deme II, Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo. Sabtu (12/7/21) || Foto : Barakati.id

Gorontalo Utara – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar menyerahkan bantuan dana untuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) Bintang Utara di Desa Deme II, Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara, sabtu 12 Juni 2021.

Bantuan dana senilai 75 juta rupiah itu diserahkan langsung Menteri Desa PDTT kepada kepala Desa Deme II Fiki Bumulo dan direktur Bumdesa Syamsudin Karim Ngou.

Mendes Abdul Halim Iskandar mengatakan, Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) merupakan titik tumpu dalam pengembangan dan peningkatan ekonomi masyarakat desa, terutama pemulihan di masa pandemi covid-19 saat ini.

“Jika di pusat punya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola aset dan usaha pemerintah, di Provinsi dan Kabupaten ada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) maka desa hari ini punya Bumdesa yang punya kekuatan hukum yang sama dalam mengelola dan memanfaatkan potensi dan sumberdaya alam yang ada di desa masing-masing dan ini membuat Bumbdesa setara dengan BUMN dan BUMD” ujar Menteri Halim Iskandar.

Menteri Desa juga menambahkan, dengan support langsung dari kementrian, Bumdesa diharapkan mampu melahirkan berbagai inovasi dalam menunjang upaya peningkatan kualitas usaha Bumdesa.

Kabupaten Gorontalo Utara sebagai pemilik garis pantai terpanjang di Provinsi Gorontalo, tentu memiliki sumberdaya alam dibidang pariwisata yang bisa dimaksimalkan pengelolaannya. Bumdesa diharapkan bisa menjadi motor penggerak pengelolaan tempat-tempat wisata yang bisa menaikan pendapatan desa. Pemanfaatan dana desa untuk pengelolaan pariwisata juga diharapkan bisa memperbaiki perekonomian masyarakat . Pungkas Menteri Halim Iskandar.

Direktur Bumdesa Bintang Utara, Syamsudin Karim Ngou mengucakan terima kasih kepada Menteri Desa PDTT yang telah datang langsung ke Desa Deme II untuk menyerahkan bantuan dana untuk bumdesa, bantuan ini dinilai sangat membantu Bumdesa untuk berkembang, terutama dalam pengelolaan pariwisata yang menjadi andalan di Desa Deme II.

“kami berterima kasih kepada Pak Menteri atas kunjungannya. Kehadiran menteri di desa ini menambah semangat kami untuk terus mengembangkan bumdesa terutama dalam pengelolaan pariwisata di pulau Dionumo” ujar Syamsudin.

Kunjungan Menteri Desa PDTT ke Desa Deme II didampingi Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Eduart Wolok dan disambut Bupati serta Forkopimda Kabupaten Gorontalo Utara. Desa Deme II merupakan salah satu desa binaan Universitas Negeri Gorontalo dalam pendampingan tata kelola desa.

Continue Reading

Gorontalo

Gempa Berkekuatan 5.7 SR Guncang Bolaang Uki Bolsel

Published

on

Sumber BMKG

Gempa bumi berkekuatan 5.7 Skala Richter terjadi di kawasan Bolaang Uki, Bolaang Mongondow Selatan, Sulut (11/6/2021).

Gempa dirasakan hingga di Gorontalo. Informasi yang disebar Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Gorontalo menyebutkan, pusat gempa berada di 0.06 LS , 124.40 BT, atau 66 Km Tenggara Bolaang Uki, Sulut.

Gempa yang terjadi pada pukul 10:23 Wita membuat sejumlah warga Kota Gorontalo berhamburan keluar rumah dan memastikan berada ditempat aman.

Berdasarkan informasi yang disampaikan BMKG, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Continue Reading

Gorontalo

Korban Tenggelam Di Sungai Bolango Belum Ditemukan

Published

on

Foto HUMAS Basarnas

GORONTALO – Satu warga Kecamatan Dungingi dikabarkan hilang saat memancing di sungai Bulango Desa Ilotidea Kabupaten Gorontalo.

Sebelumnya korban atas nama Ramli Lihawa (47) diketahui memiliki kebiasaan memancing di pagi hari dan akan kembali menjelang petang, namun hingga pukul 22.00 wita korban tak kunjung tiba dirumahnya.

Anaknya yang tersadar hal itu, langsung melakukan pencarian terhadap korban bersama keluarga yang dibantu oleh warga setempat. Proses pencarian yang dilakukan pun tak membuahkan hasil.

Hingga pagi tadi pihak keluarga korban masih melakukan pencarian, dan akhirnya pada pukul 09.00 pagi ditemukan beberapa barang yang dicurigai milik Ramli.

Selang beberapa saat sang anak melaporkan kejadian tersebut ke pihak Basarnas, dengan sigap pihak SAR segera bergegas ke lokasi korban hilang.

Menindak lanjuti laporan tersebut I Made Junetra selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo (BASARNAS GORONTALO) menurunkan 1 tim untuk menuju Lokasi kejadian dengan membawa Peralatan SAR air.

Hingga saat ini, Korban belum ditemukan dan Tim Masih melakukan pencarian bersama warga.

Continue Reading

Terpopuler