Connect with us

Kota Gorontalo

Sekda Ismail Madjid Serahkan Bantuan Ke Korban Kebakaran

Published

on

KOTA GORONTALO – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo Ismail Madjid mengingatkan pentingnya melakukan upaya untuk mengantisipasi terjadi kebakaran dengan memperhatikan penyebab atau pemicunya.

Sekda meminta warga Kota Gorontalo dapat mengambil pengalaman atas sejumlah kebakaran yang diakibatkan karena kelalaian atau kurangnya kewaspadaan.

“Warga harus selalu waspada terhadap penggunaan listrik maupun gas elpiji saat beraktivitas. Begitu pula dengan anak-anak saat bermain, awasi mereka jangan sampai bermain api di dalam rumah,” ujar Ismail usai meninjau lokasi kebakaran di Kelurahan Molosipat U, Kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo, (24/7/2023).

Sebelumnya, kebakaran terjadi pada Sabtu (22/7/2023) pukul 15.30 WITA. Akibat kejadian tersebut satu unit rumah hangus terbakar, 4 kepala keluarga terdiri dari 19 jiwa yang mendiami rumah itu terpaksa harus kehilangan tempat tinggalnya. Penyebab kebakaran diketahui bersumber dari percikan lilin saat anak-anak bermain di rumah.

Ismail Madjid menyampaikan duka atas musibah yang terjadi. Ia berharap warga yang tertimpa kebakaran dapat mengambil hikmah atas kejadian yang melanda.

“Mari kita hadapi musibah ini dengan hati yang tegar dan tabah. Insya Allah disetiap musibah pasti ada hikmah yang diberikan Allah SWT,” ucapnya.

Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Gorontalo, Ismail turut menyerahkan bantuan berupa sembako, alat dapur, dan perlengkapan sekolah.

“Bantuan yang kami serahkan merupakan bentuk perhatian dari Pemerintah Kota Gorontalo, di bawah pimpinan Bapak Wali Kota Marten Taha dan Wakil Wali Kota Ryan Kono. Semoga bantuan yang di berikan ini bisa meringankan duka para korban kebakaran,” kata Ismail.

Advertorial

Pj Wali Kota Gorontalo, Ismail Madjid, Pantau Lokasi Banjir di Kelurahan Bugis

Published

on

KOTA GORONTALO – Pj Wali Kota Gorontalo, Ismail Madjid, turun langsung memantau lokasi banjir di Kelurahan Bugis setelah luapan air Sungai Bone dengan cepat menggenangi wilayah tersebut. Luapan air ini juga mempengaruhi beberapa kelurahan lainnya, termasuk Kelurahan Botu, Kelurahan Talumolo, dan sebagian Kelurahan Ipilo.

Ismail Madjid menyatakan bahwa derasnya curah hujan yang tinggi telah menyebabkan volume air sungai meningkat pesat, sehingga air masuk ke pemukiman warga. “Derasnya curah hujan membuat volume air yang besar naik dengan cepat, mengakibatkan banjir yang sudah masuk ke pemukiman warga,” ujar Ismail, Kamis (20/06/2024).

Untuk menanggulangi dampak banjir, Ismail menjelaskan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk segera menyiapkan makanan siap saji serta alat-alat yang diperlukan untuk membersihkan sisa lumpur pasca banjir. “Langkah-langkah yang dilakukan sekarang adalah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk secepat mungkin menyiapkan makanan siap saji serta alat untuk membersihkan sisa lumpur pasca banjir,” tambahnya.

Ismail juga menyampaikan bahwa evakuasi dilakukan dengan sangat hati-hati untuk memastikan keselamatan warga dan petugas. “Dalam evakuasi ini, karena derasnya air, kita melakukan tindakan-tindakan yang aman bagi warga dan juga aman bagi para petugas,” kata Ismail.

Untuk mendukung penanganan darurat, telah disiapkan posko siaga yang dipusatkan di SDN 38 Kota Gorontalo. “Kami telah menyiapkan posko siaga di SDN 38 Kota Gorontalo untuk membantu masyarakat yang terdampak,” jelasnya.

Ismail Madjid juga mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur yang telah turun langsung meninjau kondisi masyarakat Kota Gorontalo yang terdampak banjir. “Kami berterima kasih kepada Pj Gubernur yang sudah turun langsung meninjau masyarakat Kota Gorontalo yang terdampak banjir,” pungkas Ismail.

Continue Reading

Advertorial

Pj Wali Kota Gorontalo Hadiri Semarak Idul Adha 1445 H yang Diselenggarakan IKA HPMIG Manado

Published

on

KOTA GORONTALO – Penjabat Wali Kota Gorontalo, Ismail Madjid, menghadiri acara Semarak Idul Adha 1445 H yang diadakan oleh Ikatan Keluarga Alumni Himpunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Gorontalo (IKA HPMIG) Manado. Acara tersebut berlangsung di Kabupaten Gorontalo pada hari Selasa.

Ismail Madjid menyatakan bahwa IKA HPMIG Manado bukan sekadar organisasi, tetapi juga merupakan wadah dan rumah bagi pembentukan karakter pejuang dan pemimpin. “Kegiatan yang dilaksanakan IKA HPMIG Manado ini sangat baik dan positif. Selain menjadi agenda rutin tahunan dalam organisasi, kegiatan ini menjadi wadah bagi kita semua, baik junior maupun senior, untuk mempererat silaturahmi,” kata Ismail.

Dalam acara tersebut, Ismail, yang juga merupakan anggota dan pengurus IKA HPMIG Manado, berbagi sedikit cerita tentang perjalanan karirnya hingga menduduki jabatan sebagai pemimpin daerah. “Di IKA HPMIG Manado ini banyak mentor dan senior saya. Kami bisa menjadi seperti sekarang ini berkat didikan di organisasi seperti HPMIG Manado, HMI, dan KAHMI, yang mengajarkan kami untuk memiliki mental yang kuat dan pantang menyerah. Saya sangat bahagia bisa bersilaturahmi dengan seluruh keluarga besar IKA HPMIG Manado,” jelas Ismail.

Ismail juga menekankan bahwa banyak kader dari HPMIG Manado, HMI, dan KAHMI yang sukses dalam karir mereka. “Banyak dari kami yang sekarang menjadi pimpinan daerah, pejabat pemerintahan, pejabat vertikal, pimpinan legislatif, dan pejabat di lembaga hukum. Kami sangat berterima kasih kepada semua senior yang telah mendidik kami saat masih kuliah dulu,” terangnya.

Terkait dengan pelaksanaan Semarak Idul Adha oleh IKA HPMIG Manado, Ismail berharap ada kaderisasi dalam internal organisasi. “Saya melihat, senior-senior begitu antusias menggelar berbagai kegiatan IKA HPMIG Manado. Semua program kegiatan di IKA HPMIG Manado ini sangat baik dan positif, sehingga perlu ada kaderisasi untuk keberlangsungan program kegiatan organisasi,” pungkas Ismail.

Acara ini menunjukkan pentingnya silaturahmi dan kebersamaan dalam organisasi, serta upaya terus-menerus untuk mendidik dan mengembangkan kader-kader yang akan melanjutkan perjuangan di masa depan.

Continue Reading

Advertorial

Perayaan Idul Adha 1445 H di Kota Gorontalo: 1.160 Hewan Kurban Disembelih

Published

on

KOTA GORONTALO – Seluruh warga Kota Gorontalo merayakan momen 10 Dzulhijjah 1445 Hijriah dengan melaksanakan Salat Idul Adha dan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban yang tersebar di seluruh kelurahan dan kecamatan. Penyembelihan hewan kurban ini dilakukan baik secara individu maupun kelompok.

Menurut data dari Bagian Kesra Setda Kota Gorontalo, jumlah hewan kurban yang disembelih di Kota Gorontalo pada Idul Adha tahun ini mencapai 1.160 ekor, yang terdiri dari sapi dan kambing.

“Syukur Alhamdulillah, penyembelihan hewan kurban di momen Idul Adha tahun ini di Kota Gorontalo berlangsung sukses. Dari data yang kami terima, tercatat ada sebanyak 1.160 ekor hewan kurban yang disembelih, diantaranya, 1.126 ekor sapi dan 34 ekor kambing,” ujar Plh Kabag Kesra Setda Kota Gorontalo, Sukamto Mooduto, Senin (17/6/2024).

Secara rinci, Sukamto menjelaskan bahwa 1.160 ekor hewan kurban tersebut berasal dari berbagai lembaga, termasuk pemerintah daerah, lembaga hukum, legislatif, perbankan, swasta, tokoh masyarakat, dan lainnya.

“Dari data yang kami terima, 1.160 hewan kurban tersebut berasal dari wilayah kecamatan dan kelurahan sebanyak 1.075 ekor sapi dan 34 ekor kambing. Penjabat Wali Kota Gorontalo menyumbangkan 10 ekor sapi, lintas OPD Kota Gorontalo 40 ekor sapi, dan Bank SulutGo Cabang Gorontalo sebanyak 1 ekor sapi,” terang Sukamto.

Namun, jumlah hewan kurban pada Idul Adha tahun ini menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 1.218 ekor. “Penurunan ini mungkin disebabkan oleh kenaikan harga hewan kurban tahun ini,” tambah Sukamto.

Penjabat Wali Kota Gorontalo, Ismail Madjid, menyampaikan bahwa menyembelih hewan kurban pada momen Idul Adha merupakan ibadah sunnah yang memiliki pahala besar bagi setiap umat Muslim yang melakukannya.

“Saya secara pribadi dan mewakili Pemerintah Kota Gorontalo, mengucapkan minal aidin walfaizin mohon maaf lahir batin, untuk masyarakat Kota Gorontalo di momen Idul Adha tahun ini. Menyembelih hewan kurban adalah ibadah sunnah, tetapi memiliki banyak pahala dan manfaat. Misalnya, meraih berkah di dunia, penghapusan dosa, sebagai wujud syukur berbagi rezeki dengan sesama, ibadah yang sangat dicintai Allah SWT, dan sebagai penenang jiwa,” ujar Ismail.

Perayaan Idul Adha ini diharapkan dapat semakin mempererat hubungan sosial dan kebersamaan di tengah masyarakat Kota Gorontalo, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya berbagi dan bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler