Connect with us

News

Semangat Karang Taruna Desa Paisumosoni Menyambut Hari Sumpah Pemuda

Published

on

BALUT-Dialog publik mengawali rangkaian kegiatan peringatan hari Sumpah Pemuda tahun 2020 di Desa Paisumosoni, Kecamatan Banggai Utara, Kabupaten Banggai Laut, Kamis (29/10/2020) kemarin. Kegiatan yang diselenggarakan bersama antara KNPI Banggai Laut, Komunitas Pecita Alam, serta Karang Taruna Desa Paisumosoni difokuskan di Lapangan Desa Paisumosoni.

Hadir sebagai pemateri Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Balut, Ramlan H. Sudding, dan Wakil Ketua KNPI Balut, Hamadin Nurung.

Pantauan awak media ini, para peserta dialog cukup antusias mengikuti kegiatan hingga pukul 23.30 Wita.

Selain dialog publik, peringatan sumpah pemuda kali ini akan diisi sejumlah kegiatan sosial lainnya, seperti bakti sosial dan pemeriksaan golongan darah bagi warga setempat.

Ketua Karang Taruna Air Mas Desa Paisumosoni Supriyadi K. Hunda saat menyampaikan sambutan mengatakan, pihaknya siap bersinergi bersama semua lembaga kepemudaan yang ada di Balut dalam rangka menciptakan kreativitas dan gerakan-gerakan nyata. Pihaknya juga berterima kasih kepada pihak KNPI yang telah memilih Paisumosoni sebagai lokasi kegiatan.

“Kegiatan ini akan dilanjutkan besok (hari ini, Jumat) yaitu bakti sosial dan pemeriksaan golongan darah,” ucap pria yang akrab disapa Supri ini.

News

Genap Empat Tahun, AMSI Konsisten Mewujudkan Ekosistem Digital yang Sehat

Published

on

Jakarta – Asosiasi Media Siber Indonesia merayakan hari jadi ke-4 pada 18 April kemarin. Tahun keempat ini merupakan tonggak bagi akselerasi pencapaian tujuan-tujuan utama dari organisasi perusahaan media siber pertama di Indonesia ini. “Tiga tahun pertama merupakan era konsolidasi internal organisasi. Tahun keempat AMSI mengokohkan diri sebagai organisasi yang membawa visi menciptakan ekosistem digital yang sehat di Indonesia,” ujar Wenseslaus Manggut, Ketua Umum AMSI di Jakarta, Senin (19/4).

Pendirian AMSI disokong 26 media online dalam sebuah deklarasi yang berlangsung di Dewan Pers pada 18 April 2017. Media pendiri tidak hanya media arus utama yang berkantor pusat di Jakarta, seperti Kompas.com, Tempo.co, Detik.com, Republika.co.id, Liputan6.com, Merdeka.com, Kapanlagi.com, Viva.co.id, Okezone.com, Tirto.id, Suara.com, Cnnindonesia.com, Kumparan.com, Dream.co.id, Tribunnews.com, Bisnis.com, Thejakartapost.com, Metrotvnews.com, Arah.com, Rimanews.com, Beritasatu.com, Otonomi.co.id. Beberapa di antaranya juga media lokal arus utama seperti Beritajatim.com, Kabarmakassar.com, Jatengpos.co.id dan Riauonline.co.id.

Pembentukan organisasi ini didasari oleh tiga misi utama, yakni (1) memperjuangkan peraturan perundang-undangan yang menjamin dan melindungi kemerdekaan pers; (2) meningkatkan profesionalisme media siber yang berpedoman pada UU Pers, kode etik jurnalistik, pedoman pemberitaan media siber dan standar perusahaan pers yang ditetapkan Dewan Pers, serta (3) membangun ekosistem bisnis media digital yang mengedepankan jurnalisme berkualitas di tingkat wilayah maupun nasional.

Sekretaris Jenderal AMSI Wahyu Dhyatmika menambahkan masa empat tahun ini tentu masih sangat pendek untuk menunjukkan secara tuntas hasil kerja-kerja AMSI memajukan ekosistem media digital yang sehat secara bisnis dan berkualitas kontennya. “Namun, setidaknya, lewat berbagai program kerja AMSI, kami sudah mempersiapkan dasar-dasarnya untuk berlari kencang ke depan,” katanya.

Sejumlah program yang sudah dilakukan AMSI pada empat tahun pertamanya adalah meluncurkan program cek fakta untuk seluruh media anggota AMSI yang berperan dalam melawan hoaks selama Pemilihan Presiden 2019 dan Pilkada 2020 lalu. Juga memetakan lansekap bisnis media digital pada awal 2021 ini melalui survei  atas 100 media online di Indonesia. Pemetaan itu penting untuk merancang program AMSI empat tahun ke depan.

Saat ini AMSI beranggotakan 338 media siber yang tersebar di 21 provinsi di Indonesia. AMSI juga telah tercatat sebagai konstituen Dewan Pers sejak awal 2020 lalu. Pasca kongres II Agustus 2020 lalu, AMSI mulai bergerak lebih progresif dan aktif melakukan penguatan media anggota, dengan berbagai program pelatihan dan kolaborasi.

Ketua Badan Pertimbangan dan Pengawas AMSI, Sapto Anggoro (CEO Tirto.id) mengatakan internet dan media online adalah keniscayaan di masa depan. “Masa depan media online membutuhkan model bisnis yang sesuai, yang tidak hanya mampu menarik pemodal dan pemasang iklan tapi juga menguntungkan pembaca, sekaligus mampu menjaga independensi newsroom. Jika dapat terwujud, semuanya akan indah,” katanya.

Karena itu, di usia ke-4 ini, Sapto mendorong AMSI harus terus memperkuat diri. “AMSI harus terbuka dengan kolaborasi-kolaborasi untuk melakukan terobosan-terobosan menjawab keniscayaan tersebut. Dirgahayu ke-4 AMSI, terus maju memimpin jurnalisme masa depan,” katanya menambahkan.

Continue Reading

Gorontalo

BMKG Prediksi Gorontalo Terdampak Siklon Tropis Surigae

Published

on

Foto : Citra satelit Himawari terkait adanya Siklon Tropis Surigae (lingkaran merah) di wilayah perairan Samudera Pasifik utara Papua Barat pada Jumat (16/4). (BMKG)

JAKARTA – Berdasarkan citra satelit himawari terkait dengan siklon tropis surigae diperkirakan mengalami kenaikan intensitas dalam 24 jam ke depan dan terus bergerak mengarah ke barat laut.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika hingga Sabtu pukul 19.00 WIB, posisi siklon tropis tersebut masih akan berada di perairan Samudera Pasifik dan diperkirakan bergerak menuju sebelah utara Maluku Utara, atau pada 11.7 LU dan 129.7 BT, atau sekitar 1.040 kilometer sebelah utara timur laut Tahuna.

Siklon tropis ini diperkirakan akan bergerak dengan kecepatan 10 knot atau 19 kilometer per jam dengan kekuatan 95 knots atau 185 kilometer per jam dengan tekanan 935 hPa.

Akibat adanya pergerakan dan fenomena siklon tropis tersebut, maka BMKG memprediksi dampaknya dapat berupa potensi hujan lebat disertai petir serta angin kencang di sembilan wilayah meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Kemudian, gelombang air laut setinggi 1.25-2.5 meter berpeluang terjadi di Laut Sulawesi, Perairan Kep. Sangihe, Perairan Kep. Sitaro, Perairan Bitung – Likupang, Laut Maluku, Perairan Selatan Sulawesi Utara, Laut Halmahera, dan Perairan Biak hingga Jayapura.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengintruksikan kepada pemangku kebijakan di Kabupaten/Kota di wilayah masing-masing agar dapat melaksanakan upaya penguatan kesiapsiagaan menghadapi beberapa dampak dari siklon tropis tersebut.

Dalam hal ini, pemerintah di daerah diharapkan dapat melaksanakan amanah yang tertuang pada Surat Deputi Bidang Pencegahan BNPB nomor B27IBNPB/DIl/PK.03.02/04/2021 tanggal 13 April 2021 tentang Peringatan Dini dan Langkah-Langkah Kesiapsiagaan Menghadapi Potensi Bibit Siklon Tropis 94w yang berkembang menjadi Siklon Tropis Surigae.

Continue Reading

Kabupaten Gorontalo

Banyak Warga Berburu Takjil Buka Puasa

Published

on

Foto Barakati.id

KABGOR – Memasuki hari ke tiga Bulan Suci ramadhan, antusias para pedagang menggelar lapak dadakan di pinggiran jalan dengan menawarkan takjil berbuka puasa cukup menarik minat para pembeli. Mengapa tidak, karena warga hanya cukup melakukan transaksi tanpa perlu turun dari kendaraan bermotor.

Seperti yang terjadi di Limboto tepatnya di Bawah menara Keagungan hingga ke arah Shoping Center. Ada sejumlah pedagang takjil yang menjual beraneka ragam makanan dan minuman mulai dari yang tradisional hingga modern.

Menurut salah satu pedagang, Lince Potutu mengungkapkan, berbeda dari tahun sebelumnya, ramadhan kali ini membawa berkah bagi mereka pedagang takjil.

“Jika dahulu ada Covid 19 dan pembatasan sosial berskala besar, akibatnya ini berdampak di pemasukan kita selaku pedagang,” Ungkapnya (15/4/2021).

Dirinya juga optimistis bahwa tahun ini banyak masyarakat yang membeli dagangan berbuka puasa diluar. “Ahamdulillah mulai ramai dari pada tahun sebelumnya,” Sambungnya.

Continue Reading

Terpopuler