Connect with us

kabupaten pohuwato

Tak Saling Terima Dua Kelompok Pemuda Tawuran

Published

on

Aparat saat melakukan Mediasi antara Dua Kelompok Tauran || Foto Barakati.id

POHUWATO – Kedua kelompok remaja saling tawuran dari Desa Pohuwato Timur dan Desa Hulawa terlibat tauran, penyebabnya terjadi ketersinggungan antara kedua belah pihak yang berawal dari status di media sosial Facebook dan juga telah dipengaruhi minuman keras beralkohol.

Sebelumnya, telah terjadi perkelahian antar dua pemuda yang mengakibatkan keduanya mengalami luka di bagian wajah dan punggung. Para pemuda dari masing-masing desa yang mengetahui peristiwa tersebut langsung terlibat tawuran kampung.

Saat di konfirmasi, Kepala Desa Pohuwato Timur Risky Ismail membenarkan kejadian tersebut, menurutnya kedua pihak ini saling ketersinggungan dan tak saling terima terlebih sudah dibawah pengaruh alkohol, ia juga menambahkan salah keluarga dari pemuda itu melaporkan bahwa anaknya di keroyok oleh pemuda dari Pohuwato Timur.

“Setelah di selidiki oleh pihak desa pemicu keributan tersebut berawal dari ketersinggungan antara kedua belah pihak yang berawal dari status di Facebook dan juga minuman keras alkohol,” Ungkap Kades.

“Menurut pernyataan keluarga korban ke saya bahwa korban di keroyok oleh 40 ramaja yang ada di Pohuwato Timur dan setelah itu saya langsung bergegas ke desa tersebut untuk mencari aparat desa,..”

“Dan remaja-remaja yang bersangkutan bersyukurlah mereka di temukan setelah di interogasi keluarga korban dan pelaku telah menyepakati penyelesaian masalah dengan secara kekeluargaan tanpa melalui jalur hukum,” Ujar Riski ismail beliau saat di wawancarai, (22/7/2021).

Ia juga menyampaikan akan menyurati kepada kepala Desa Hulawa untuk memusyawarahkan hal ini agar bisa mendapatkan titik terang dan kejadian serupa tak akan terulang lagi.

“Harapannya saya kami juga bisa di libatkan dalam musyawarah tersebut agar mendapat jalan yang terbaik,” Tuturnya.

Advertorial

BWSS II Gelar Audiensi Dengan Bupati Pohuwato

Published

on

POHUWATO – Pihak Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) II dalam hal ini Kepala Seksi Operasi dan Pemeliharaan (OP), Haris Djafar melakukan audensi dengan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, (23/9/2022). Pertemuan yang berlangsung di rumah jabatan bupati itu membahas kelanjutan pembangunan dari bendung Randangan.

Bupati Saipul menyambut baik niat dari BWSS II untuk irigasi Randangan. Karena dengan berbadan hukum kelompok P3A tersebut sebagaimana disampaikan pihak BWSS bisa memudahkan atau bisa menerima program dari dinas terutama dinas PU dan dinas pertanian.

Olehnya apa yang menjadi kendala dalam pengurusan badan usaha tersebut kiranya bisa dipercepat, sehingga apa yang diharapkan bersama cepat tercapai.

Diakui pula bahwa irigasi randangan terutama untuk saluran primer memang masih belum bisa dimanfaatkan karena masih adanya kendala di lapangan. Untuk itu bagaimana hal ini bisa dipercepat.

“Insyaallah kendala tersebut bisa selesai dan saluran irigasi randangan bisa segera termanfaatkan,” Harap Bupati Saipul Mbuinga.

Sebelumnya, Kepala Seksi OP, BWSS II, Haris Djafar menjelaskan bahwa maksud menemui pemerintah daerah selain silaturahmi juga menyampaikan kelembagaan daerah irigiasi randangan. Karena menurutnya ada beberapa kelompok P3A yang ada di bendung randangan.

Dikatakannya, P3A dan kelompok-kelompok yang ada di irigasi randangan itu nantinya akan berbadan hukum, sehingga program-program apa saja yang diturunkan di irigasi randangan itu bisa diterima baik dari dinas PU dan dinas pertanian.

“Terima kasih banyak kami sudah diterima oleh pak bupati, semoga apa yang diharapkan cepat terlaksana,” Ucapnya.

Continue Reading

kabupaten pohuwato

Meriahkan HUT Ke 57 Smp 1 Marisa Gelar Jalan Sehat

Published

on

POHUWATO – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 57, SMP Negeri 1 Marisa menggelar jalan sehat bersama siswa dan para alumni lintas angkatan, serta keluarga besar staf dewan guru.

Kepala sekolah SMPN 1 Marisa Syahrir Panu mengatakan kegiatan jalan sehat ini menempuh jarak sepanjang kurang lebih 1 km. dimulai dari halaman kantor bupati, kemudian melewati lampu merah persimpangan blok plan, dan berakhir di SMPN 1 Marisa.

“Ada banyak door prize yang alumni sediakan dan memberikan bantuan uang tunai 2.500.000 perangkatan, seng 100, semen 150 bantal dan juga alumni menyumbangkan 1 toilet. Kami mengucapkan terima kasih kontribusi kepada alumni, yang telah mengsukseskan acara ini. Kami berharap, acara ini berlangsung meriah,” ujar syahrir.

Jalan sehat ini dihadiri ketua DPRD pohuwato Nasir Giasi, dan Kadis pendidika Ikbar.A.I Salam. Kadis BKPPD Supratman Nento, guru-guru, siswa dan Alumni SMPN 1 Marisa.

Kepada generasi muda, Syahrir Pana berpesan, harus belajar sejarah agar dapat menjadi lebih maju. “Dengan memahami sejarah, termasuk sejarah sekolah SMPN 1Marisa, kita banyak belajar hal-hal positif seperti persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya

Continue Reading

Gorontalo

Disnakertrans Pohuwato Diminta Kontrol Investor Dalam Rekrutmen Karyawan

Published

on

(LPKP-Galak), Ismail Hippy

GORONTALO – Ketua Lembaga Pengawas Kinerja Pemerintah (LPKP-Galak), Ismail Hippy meminta Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) mengawasi para pihak investor dalam hal perekrutan tenaga kerja. Menurutnya, tenaga kerja lokal harus menjadi prioritas oleh pihak investor dalam perekrutan.

“Selaku tokoh dari masyarakat, saya banyak sekali mendengar terkait keluhan dari pihak masyarakat yang sangat susah untuk mendapatkan lapangan pekerjaan di kalangan investor atau perusahaan yang masuk di wilayah ini,” Ungkap Ismail, (23/9/2022).

Dirinya menegaskan, seharusnya pihak Disnaketrans mampu melaksanakan tugasnya dalam mengawasi setiap Investor/perusahaan dalam hal melakukan perekrutan ketenagakerjaan.

“Olehnya, Saya meminta kepada pihak Disnakertrans agar dapat memperhatikan Investor-investor atau perusahaan yang datang ke daerah kita agar dapat melakukan perekrutan tenaga kerja lokal yang harus berdomisili atau memiliki indentitas asli Pohuwato. jangan ada yang dari luar karena dapat memicu konflik masyarakat jika hal ini tidak diawasi dengan baik,” tegasnya.

Ismail juga sempat mempertanyakan terkait tempat penunjang kualitas SDM Lokal milik Disnakertrans. “Kemarin pas saya pergi ke Disnakertrans, tempat diselenggarakannya Pelatihan Kerja itu tak terpelihara/terealisasi dengan baik, apakah ini yang menjadi kendala dari mereka?,” Tukasnya.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler