Connect with us

kabupaten pohuwato

Tembus 1000 Cuitan, tagar #PohuwatoCegahCorona viral di Medsos

Published

on

POHUWATO-Tagar #PohuwatoCegahCorona tiba-tiba viral di media sosial facebook.

Pantauan awak media ini, hingga kini lebih dari seribu cuitan di facebook dengan tagar #PohuwatoCegahCorona baik dalam unggahan status maupun komentar.

Siswanto s. Kaida Ps.Kasitipol (Bagian IT Polres Pohuwato) mengungkapkan bahwa viralnya tagar tersebut dapat berdampak baik bagi proses penyebaran pesan untuk pencegahan virus Corona melalui media sosial facebook. “Viralnya tagar ini berdampak akan berdampak positif bagi penyebaran informasi lewat media sosial facebook” Ujar Bang Apit saapan pria yang juga telah meraih pangkat Bripka itu.

AKBP Tedy Rayendra Porles Pohuwato saat dikonfirmasi mengenai viralnya tagar #PohuwatoCegahCorona mengakui jika hal ini merupakan gerakan yang juga di support oleh Porles Pohuwato. Tedy juga berharap agar masyarakat dapat memahami dan mematuhi seluruh penyampaian yang disampaikan oleh para relawan. “Kami Polres Pohuwato mendukung penuh sosialisasi pencegahan Covid 19 yg dilakukan young volunteer, mari patuhi dan sambil terus berdoa agar corona segera hilang di bumi panua kita”. Imbau Kapolres Pohuwato.

Hal senada pula diungkapkan Fauzan Azim selaku Koodinator Young Volunteer untuk pencegahan Covid-19 Pohuwato. “Facebook kami anggap media strategis saat ini, dibandingkan dengan baliho facebook tidak memiliki jangka temporal sehingga apa yang akan kita imbaukan kepada banyak orang bisa dijangkau terus menerus tanpa takut media penyampai pesannya rusak karena hujan atau panasnya cuaca”. tutur Fauzan
Tak hanya itu Fauzan juga berharap untuk seluruh elemen masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam gerakan edukasi yang dilaksanakan oleh generasi muda Pohuwato saat ini. “Harapan kami gerakan ini betul-betul dapat menjadi perhatian masyarakat dan dapat menjadi informasi yang mengubah perilaku masyarakat agar lebih ketat menjaga penyebaran virus Cirona di Pohuwato”. Imbuhnya.

Seperti yang telah diinformasikan media ini sebelumnya, pada hari Minggu11 Oktober 2020 bertempat di Pohon Cinta Marisa pukul 09.00 Wita Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga melepas 117 relawan Young Volunteer untuk bergerak dan mengedukasi masyarakat tentang pencegahan wabah Covid-19 di wilayah tugas masing-masing.

kabupaten pohuwato

117 Relawan Edukasi Pencegahan Covid-19 di Pohuwato Tuai Respon Masyarakat

Published

on

Relawan kecamatan Buntulia bersama masyarakat | Foto Istimewa

POHUWATO-Hari ini memasuki hari ke 3 pelaksanaan sosialisasi covid 19 di Kabupaten Pohuwato. Sebelumnya sejumlah 117 relawan telah diluncurkan dengan ceremonial resmi oleh Bupati Pohuwato pada minggu 11 Oktober 2020. Menurut pantauan awak media hingga saat ini seluruh relawan telah menyasar 80% wilayah tugas di 13 kecamatan se kabupaten Pohuwato.

Aksi relawan yang tergabung dalam nama Gerakan Young Volunteer ini mengaku menuai banyak tanggapan di masyarakat Pohuwato. Azhar Baidu yang bertugas sebagai Koordinator Young Volunteer Kecamatan Duhiadaa mengakui jika timnya mendapat respon tegas dari masyarakat. Salah satu masyarakat Desa Buntulia Selatan yang dijumpai saat itu meminta agar pemerintah melakukan inspeksi dadakan terkait penggunaan masker. “Kalau boleh disidak dan ditindak tegas saja agar menimbulkan efek jera kepada pelanggar”. Ujar Azhar meniru ucapan salah satu masyarakat yang mereka jumpai.

Beda halnya dengan kecamatan Paguat. Koordinator Kecamatan Paguat Rizky Djauhari menjelaskan jika timnya saat melakukan sosialisasi mendapatkan pengawalan dari anggota Polsek dan Koramil paguat. Melihat tim sosialisasi yang beberapa anggotanya berseragam Polisi dan Tentara membuat masyarakat sedikit panik dan segera memakai masker. “Masyarakat paguat yang kami temui di Pasar sebagian besar tidak menggunakan masker, mereka punya masker namun disimpan dalam kantong masing-masing, mereka mungkin belum terbiasa menggunakan masker,” ungkap Rizky.

Bupati Pohuwato H.Syarif Mbuinga dalam sambungan telfon saat dikonfirmasi menjelaskan jika pelibatan unsur anak muda pada penanganan Covid-19 Di Pohuwato adalah salah satu strategi pemerintah untuk lebih mengefektif dan mengevisienkan Gerakan edukasi pencegahan Covid-19. Terkait dengan aspirasi masyarakat yang berharap agar pelanggar diberikan sanksi tegas, Syarif menjawab jika dirinya akan segera berkoordinasi dengan forkopimda serta lembaga pemerintahan terkait untuk menindaki para pelanggar. “Sebelum ditindaki kami pemerintah pastikan akan ada teguran halus dulu kepada yang pelanggar, aturan yang dibuat memiliki tahapan sosialisasi terlebih dahulu, jika terus melanggar maka tentu akan ditindaki sesuai aturan yang berlaku,” terang Syarif.

Continue Reading

kabupaten pohuwato

KPU Pohuwato Resmi Tetapkan Nomor Urut Kandidat

Published

on

POHUWATO-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato melalui Rapat Pleno terbuka Rabu (24/9) resmi menetapkan nomor urut pasangan calon bupati/wakil bupati.

Ketua KPU Pohuwato Rinto W. Ali mengungkapkan, kegiatan itu merupakan bagian dari komitmen KPU yang secara berjenjang melakukan tahapan Pilkada 9 Desember 2020.

“Jadi hari ini secara resmi berdasarkan PKPU NO 5 kami melaksanakan kegiatan penetapan nomor urut melalui rapat pleno terbuka,” kata Rinto.

Selain itu, kata Rinto lagi, sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran KPU RI, di mana meminta kepada KPU daerah untuk mengkoordinasikan dengan pasangan calon dalam fakta integritas pencegahan COVID-19.

“alhamdulillah ini disetujui dan kami sudah finalisasi di rapat kemarin,” ujar Rinto.

Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan yang di lakukan KPU Pohuwato, pasangan Hamdi Alamri-Zairin TD mendapatkan nomor urut 1, pasangan Ibrahim Bouty dan Miswar Yunus nomor urut 2, pasangan Iwan Adam dan Zunaidi Hasan nomor urut 3, dan pasangan Saipul Mbuinga Suharsi Igrisa mendapatkan nomor urut 4.

Continue Reading

kabupaten pohuwato

Warga Pohuwato yang Hilang di Gunung Desa Tuluduyunu Ditemukan Selamat

Published

on

GORONTALO-Warga Pohuwato yang hilang di gunung Desa Taluduyunu, Kecamatan Buntulia akhirnya ditemukan. Korban Lince Hasan (42), ditemukan dalam keadaam selamat oleh Tim SAR Gabungan di area rawa – rawa tak jauh dari lokasi tempat ia melepas ternak. Pencarian Tim yang dibantu warga berlangsung selama dua jam.

Kepala Basarnas Provinsi Gorontalo, Djefri DT Mewo mengatakan setelah ditemukan korban langsung dievakuasi ke rumahnya.

“Korban lalu Tim SAR menuju rumahnya,” ujar Djefri Ahad (28/6).

Sebelumnya, Lince Hasan dikabarkan hilang saat menengok ternaknya di salah satu area pegunung di Desa Tuluduyunu. Namun, setelah berangkat pada Sabtu (27/6) sekitar pukul 16.00 Wita, Lince tak kunjung kembali pulang.

Pihak keluarga yang merasa panik karena sudah berusaha mencari tapi tidak juga menemukan, akhirnya melaporkan kejadian itu ke Tim SAR melalui BPBD Kabupaten Pohuwato. Mendapatkan aduan warga, Tim SAR gabungan yang dibantu warga sekitar pun melakukan pencarian yang dimulai usai magrib.

Continue Reading

Terpopuler