Connect with us

UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Tindak Lanjut Kerja Sama FH UNG Gelar Diskusi Hukum

Published

on

Foto Istimewa

UNG – Fakultas Hukum UNG menggelar Diskusi Hukum yang dilaksanakan secara virtual dan luring berupa Dialog Hukum dan Peradilan, dengan tema jalin sinergitas pengembangan kelembagaan bekerja sama dengan Pengadilan Negeri Gorontalo.

Dekan Fenty Puluhulawa mengungkapkan, dialog hukum merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama antara FH dengan PN Gorontalo. Menurutnya Diskusi ini sangatlah menarik karena sebagai wadah silaturahmi antar lembaga juga sebagai sarana untuk menambah informasi dan pengetahuan hukum yang terus berkembang.

“Diharapkan kedepan diskusi seperti ini akan dilaksanakan secara rutin setiap bulannya,” ujar Fenty.

Sementara itu Ketua PN Gorontalo Prayitno Iman Santosa, berharap tindak lanjut kerja sama keduanya akan bermuara pada penguatan kelembagaan baik itu FH maupun PN Gorontalo. Melalui acara ini kata Prayitno, akan ada sinergitas untuk saling berkembangan baik itu kalangan akademisi dan praktisi yang bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman.

“Harapannya melalui acara ini akan ada sinergitas untuk saling berkembangan baik itu kalangan akademisi dan praktisi yang bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman dari masing-masing,” harap Prayitno.

Materi dalam diskusi ini adalah mengenai Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik Dalam Perspektif Hukum Pidana yang disampaikan oleh Irwanto, SH yang merupakan Hakim di Pengadilan Negeri Gorontalo.

Kemudian materi mengenai Hoaks dan Perlindungan Data Pribadi di Masa Pandemi COVID-19 oleh Jufryanto Puluhulawa yang merupakan Dosen Fakultas Hukum Universitas Negeri Gorontalo serta materi ketiga adalah Sistem Peradilan Anak yang dipaparkan oleh Rafika Nur Wakil Direktur 1 Pasca Sarjana Universitas Ichsan Gorontalo.

Advertorial

UNG akan Gelar Seminar Nasional Evaluasi Pemilu dan Proyeksi Pilkada

Published

on

UNG – Seminar Nasional Evaluasi Pemilu Indonesia yang akan diselenggarakan oleh Universitas Negeri Gorontalo (UNG) bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya, KPU Provinsi Gorontalo, dan Bawaslu Provinsi Gorontalo akan menjadi momen penting untuk mengevaluasi dan memperkuat kualitas demokrasi di Indonesia.

Pesta demokrasi yang diselenggarakan setiap lima tahun harus senantiasa dievaluasi agar dapat lebih matang dan efektif. Dengan pemilihan kepala daerah yang akan digelar serentak di Provinsi Gorontalo dan seluruh kabupaten/kota pada bulan November mendatang, evaluasi tersebut menjadi semakin penting.

Seminar nasional tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan pada Selasa, 7 Mei 2024, pukul 09.30 WITA di Ruang Sidang Rektorat Lantai 4 Universitas Negeri Gorontalo. Salah satu pembicara utama dalam seminar ini adalah Clint Shoemake, M.A., Deputi Politik dan Ekonomi Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya, yang akan membagikan pengalaman Pemilu di Amerika Serikat.

Turut menjadi narasumber dalam seminar ini adalah Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Drs. Fadlianto Koem, S.Ag., M.Pd., Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo, Idris Usuli, S.Pd., M.AP., Sosiolog UNG, Dr. Funco Tanipu, S.T., M.A., dan Wakil Direktur Gorontalo Post, Dr. Femmy Kristina Udoki, M.Si.

Rektor Universitas Negeri Gorontalo, Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, ST., M.T., menjelaskan bahwa seminar ini adalah bagian dari komitmen UNG untuk terus mengawal proses demokrasi di Indonesia, khususnya di Provinsi Gorontalo. Seminar ini juga merupakan kelanjutan dari penandatanganan MoU antara UNG dengan KPU Provinsi Gorontalo dan Bawaslu Provinsi Gorontalo pada 9 Januari 2024.

Seminar Nasional Evaluasi Pemilu Indonesia ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga serta memperkuat sistem demokrasi di Indonesia, terutama di tingkat lokal seperti Provinsi Gorontalo.

Continue Reading

Advertorial

Rektor UNG Pantau Pelaksanaan UTBK

Published

on

UNG – Rektor Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T., M.T., beserta pimpinan universitas dan fakultas melakukan peninjauan langsung proses pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) tahun 2024 di Universitas Negeri Gorontalo.

Peninjauan dilakukan di dua titik pelaksanaan UTBK, yaitu di kampus utama UNG dan kampus UNG Bone Bolango. Rektor bahkan berinteraksi langsung dengan peserta ujian untuk memastikan tidak ada kendala fasilitas ujian yang dialami.

Hasil pemantauan menunjukkan bahwa seluruh proses pelaksanaan ujian berjalan lancar tanpa ada hambatan teknis. Peserta ujian juga memberikan tanggapan positif, menyatakan bahwa proses ujian berlangsung tanpa kendala.

“Alhamdulillah dari lokasi yang kami cek sejauh ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Mudah-mudahan lancarnya proses pelaksanaan ujian ini dapat berlangsung dari hari pertama hingga hari terakhir pelaksanaan UTBK-SNBT 2024 di UNG,” harap rektor.

Rektor menekankan pentingnya proses pemantauan untuk memastikan kesiapan perangkat pendukung ujian dan pelaksanaan ujian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Dengan proses pelaksanaan ujian yang baik, diharapkan peserta akan dapat memperoleh hasil yang terbaik dalam proses seleksi mahasiswa baru pada perguruan tinggi negeri yang diinginkan,” tutupnya.

Continue Reading

Advertorial

UTBK-SNBT Dimulai: 5.430 Peserta Bersaing untuk Masuk UNG

Published

on

UNG – UTBK-SNBT 2024 telah dimulai secara serentak di seluruh Indonesia, dan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menjadi salah satu pusat pelaksana UTBK di wilayah tersebut. Sebanyak 5.430 peserta dijadwalkan mengikuti ujian pada gelombang pertama.

Rektor UNG, Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T., M.T., menyampaikan bahwa pelaksanaan UTBK-SNBT di UNG akan berlangsung selama 7 hari, mulai dari tanggal 30 April hingga 2 – 7 Mei 2024. Ujian akan dilakukan dalam dua sesi, pagi dan siang, dengan jumlah peserta sebanyak 500 calon mahasiswa pada hari pertama.

“UNG telah menyiapkan lebih dari 500 perangkat komputer yang tersebar di 23 laboratorium sebagai tempat pelaksanaan UTBK,” ungkap rektor.

Seluruh perangkat komputer tersebut telah dilengkapi dengan fasilitas jaringan internet yang memadai. UNG juga telah memastikan kesiapan seluruh perangkat pendukung ujian, sehingga dapat melayani mahasiswa selama 7 hari ujian berlangsung.

“Kami berharap peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, untuk bersaing secara sehat dalam memperebutkan masuk ke program studi dan perguruan tinggi yang diinginkan,” harap rektor.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler