Connect with us

Kota Gorontalo

Wali Kota Gorontalo Marten Taha Konsisten Ciptakan Herd Immunity

Published

on

Foto Istimewa

KOTA GORONTALO – Eksistensi pelaksanan vaksinasi oleh Pemerintah Kota Gorontalo, patut diacungi jempol. Pasalnya, sejak awal Pemerintah Pusat memberlakukan vaksinasi di Tanah Air pada awal tahun 2021 lalu, Pemerintah Kota Gorontalo menjadi Pemerintah Daerah satu-satunya di Provinsi Gorontalo yang paling siap melaksanakan vaksinasi.

Hal ini turut dibuktikan Pemerintah Kota Gorontalo, yang dipimpin Wali Kota Gorontalo Dua Periode Marten Taha dan jajarannya, secara berjenjang dan bertahap sampai dengan melahirkan program terobosan baru satu-satunya di Provinsi Gorontalo dalam percepatan vaksinasi, yakni program TPS (Tempat Penyuntikan Serentak) tersebar kelurahan dan kecamatan.

Program TPS tersebut masif dilaksanakan semua aparat baik dari tingkat bawah sampai atas, bahkan Marten menunjuk pimpinan OPD menjadi penanggung jawab kelurahan binaan agar program vaksinasi terkoordinir, dan termonitor secara update.

Selaku orang nomor satu di kota Gorontalo, Marten tidak hanya memerintah dibelakang meja. Namun semua kecamatan, lembaga pendidikan SD/SMP dan sejumlah tempat pelayanan publik pelaksanaan vaksinasi sudah kunjunginya.

Tak heran jumlah vaksinasi di kota Gorontalo meningkat drastis, hampir mencapai 100 persen untuk dosis pertama.

Hasilnya pun sangat memuaskan, dampaknya dirasakan masyarakat dalam hal ini tingkat imunitas tubuh masyarakat menjadi lebih kuat. Dan Pemerintah Kota Gorontalo sendiri menjadi daerah tertinggi dalam capaian vakasinasi di Provinsi Gorontalo.

Kesuksesan yang diraih Pemerintah Kota Gorontalo itu, tentu bukan hanya buah kerja parsial. Akan tetapi bagian dari sinergitas antara Pemerintah Kota Gorontalo, TNI, Kepolisian, Tokoh Masyarakat bahkan masyarakat itu sendiri yang andil melahirkan program vaksin door to door, yang bersinergi dengan aparat kelurahan.

Capaian-capaian itu dikatakan Juru Bicara Wali Kota Gorontalom Yudin Laliyo, saat menjelasakan konsistensi Walikota Gorontalo mendorong vaksinasi didaerah, (06/03/2022).

Bahwa, peran serta dan kepedulian Pemerintah Kota Gorontalo terhadap masyarakat sudah ada sejak awal pandemi ini masuk ke Gorontalo, bukan disaat vaksinasi ini diberlakukan oleh Pemerintah Pusat.

Sejak awal pandemi Covid-19 masuk ke Gorontalo berbagai upaya dilakukan Wali Kota Gorontalo melalui kebijakannya, demi hajat hidup orang banyak. Melalui pembagian paket sembako baik bagi masyarakat kurang mampu, juga mereka yang positif Covid-19.

Penyaluran bantuan kepada masyarakat kurang mampu ini terus dilakukan Pemerintah Kota Gorontalo melalui perangkat kerjanya, yang dianggarkan baik melalui APBN dan APBD Kota Gorontalo sendiri.

“Bahkan dalam pelaksanaan vaksinasi oleh Pemerintah Kota Gorontalo, ada pembagian paket sembako. Seperti yang pernah dilaksanakan oleh Baznas Kota Gorontalo, melaksanakan percepatan vaksinasi dengan target 1000 dosis di Lapangan Buladu. Dimana, bagi mereka yang sudah divaksin diberikan bantuan,” ujar Yudin.

Nah, berbicara soal tugas yang diemban Wali Kota Gorontalo atau pemimpin daerah tentu tidak mudah. Maka dari itu, semua tugas dan tanggungjawab diberikan kepada Wali Kota Gorontalo, dibagi habis kepada jajaran pejabatnya baik Wawali, Kadis, Kaban, Sekda, sampai tingkat kelurahan.

“Kota Gorontalo ini bagian dari Provinsi Gorontalo dan Nasional. Urusan yang ada di Kota Gorontalo tentang pemerintahan, tentu erat kaitannya dengan urusan di Provinsi juga tingkat Nasional ..,”

“Sehingga, sangat wajar jika kemudian seorang pimpinan daerah memandatkan sebuah tugas kepada Wawali, Sekda dan Kepala Dinas atau Kaban, sebagai pejabat berkompeten jika Walikota melaksanakan tugas diluar daerah,” terang Yudin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Gorontalo, Muhamad Kasim menjelaskan data capaian vaksinasi oleh Pemerintah Kota Gorontalo, sampai dengan Minggu (06/03/2022) sudah mencapai 269,143 dosis atau 168.63 persen.

Masing-masing dosis pertama 155,175 dosis dengan persentase 97.22 persen, dosis kedua 104,721 dosis dan persentase 65.61 persen dan terakhir dosis ketiga 9,247 dosis atau 5.79 persen.

Dan berdasarkan rekapan harian vaksiansi Covid-19 KPCPEN Provinsi Gorontalo Minggu (06/03/2022), Kota Gorontalo menduduki peringkat kedua dengan sasaran 159.606, dosis pertama 143, dosis kedua 360, dan dosis tiga 112 sehingga total 615.

“Sampai dengan saat ini, Pemerintah Kota Gorontalo baik itu Dinas Kesehatan Kota Gorontalo, Satgas Covid-19 bekerjasama dengan TNI/Polri, terus melaksanakan percepatan vaksinasi,” pungkasnya.

Advertorial

Pemilu 2024 di Kota Gorontalo: Peran Aktif Lembaga Pelaksana dan Masyarakat Sangat Penting

Published

on

KOTA GORONTALO – Penjabat Walikota Gorontalo, Ismail Madjid, menekankan bahwa sukses tidaknya pelaksanaan Pemilu 2024 di Kota Gorontalo sangat bergantung pada peran aktif seluruh unsur lembaga pelaksana dan masyarakat. Pernyataan ini disampaikan saat menghadiri Apel Akbar Gerakan E-Coklit menjelang Pilkada Serentak 2024 yang diadakan oleh KPU Kota Gorontalo di Lapangan Buladu, Senin (24/06/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Ismail Madjid menekankan pentingnya akurasi data pemilih sebagai kunci utama kelancaran dan keadilan proses pemilihan pada Pilkada Serentak 2024 nanti.

“Akurasi data pemilih adalah fondasi bagi kelancaran dan keadilan pemilu. Data yang tepat memastikan bahwa setiap suara dihitung dan dihargai,” ujar Ismail.

Ismail Madjid juga mengapresiasi langkah KPU Kota Gorontalo dalam menggelar Apel Akbar Gerakan E-Coklit. Menurutnya, ini merupakan persiapan luar biasa dari pihak KPU dalam menyambut Pilkada Serentak yang akan berlangsung pada 27 November mendatang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada KPU Kota Gorontalo dan memberikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan Apel Gerakan E-Coklit serentak ini. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa semua data pemilih tercatat dengan baik,” kata Ismail.

Ismail juga menekankan pentingnya peran dan tugas dari para pendata pemilih. Keberhasilan Pilkada sangat bergantung pada sejauh mana daftar pemilih siap untuk menggunakan hak pilihnya.

“Para pendata pemilih memiliki tugas yang krusial. Sukses dan tidaknya Pilkada bergantung pada kesiapan dan akurasi data pemilih yang akan menggunakan hak suaranya,” tambahnya.

Ismail berharap seluruh unsur lembaga pelaksana dan masyarakat dapat bekerja sama secara optimal untuk memastikan Pemilu 2024 berjalan lancar dan sukses.

“Kami berharap seluruh elemen masyarakat dan lembaga terkait dapat berkolaborasi untuk mewujudkan Pilkada yang demokratis, adil, dan bermartabat di Kota Gorontalo,” tutup Ismail.

Continue Reading

Advertorial

Pj Wali Kota Gorontalo Luncurkan Gorontalo Karnaval Karawo (GKK) 2024: Upaya Pelestarian Warisan Budaya

Published

on

KOTA GORONTALO – Pejabat Wali Kota Gorontalo, Ismail Madjid, resmi meluncurkan Gorontalo Karnaval Karawo (GKK) 2024 dalam sebuah acara yang penuh semarak di Halaman Gelora Olahraga Nani Wartabone, Kota Gorontalo. Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan warisan budaya khas Gorontalo, kain Karawo, yang telah menjadi simbol kebanggaan masyarakat setempat.

Karawo adalah kain hasil sulam tangan khas Provinsi Gorontalo yang memiliki keunikan dan nilai seni tinggi. Teknik sulam Karawo telah diwariskan dari generasi ke generasi dan menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas budaya Gorontalo. Dengan meluncurkan Gorontalo Karnaval Karawo, Pemerintah Kota Gorontalo berupaya memperkenalkan dan mempromosikan kerajinan ini ke kancah nasional dan internasional.

Acara peluncuran GKK 2024 juga dirangkaikan dengan pameran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta sosialisasi penggunaan aplikasi QRIS oleh Bank Indonesia perwakilan Provinsi Gorontalo. Kegiatan ini mendapat apresiasi tinggi dari Pejabat Wali Kota Gorontalo, Ismail Madjid, yang menekankan pentingnya mendukung dan mengembangkan keunggulan lokal.

“Karawo ini menjadi unggulan Gorontalo yang tidak hanya nasional tapi sudah Go Internasional jadi harus kita dukung,” ujar Ismail Madjid dalam sambutannya.

Ismail Madjid menyatakan bahwa Pemerintah Kota Gorontalo tidak hanya memberikan apresiasi, tetapi juga memfasilitasi kegiatan Gorontalo Karnaval Karawo. Selain itu, pemerintah berkomitmen untuk terus melakukan pembinaan terhadap pengerajin Karawo dan UMKM lainnya. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan daya saing produk-produk lokal Gorontalo.

Peluncuran Gorontalo Karnaval Karawo 2024 menandai komitmen kuat Pemerintah Kota Gorontalo dalam melestarikan dan mempromosikan warisan budaya daerah. Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk Bank Indonesia dan pelaku UMKM, diharapkan Karawo dapat semakin dikenal dan diapresiasi di tingkat nasional maupun internasional.

Continue Reading

Advertorial

Pj Wali Kota Gorontalo, Ismail Madjid, Pantau Lokasi Banjir di Kelurahan Bugis

Published

on

KOTA GORONTALO – Pj Wali Kota Gorontalo, Ismail Madjid, turun langsung memantau lokasi banjir di Kelurahan Bugis setelah luapan air Sungai Bone dengan cepat menggenangi wilayah tersebut. Luapan air ini juga mempengaruhi beberapa kelurahan lainnya, termasuk Kelurahan Botu, Kelurahan Talumolo, dan sebagian Kelurahan Ipilo.

Ismail Madjid menyatakan bahwa derasnya curah hujan yang tinggi telah menyebabkan volume air sungai meningkat pesat, sehingga air masuk ke pemukiman warga. “Derasnya curah hujan membuat volume air yang besar naik dengan cepat, mengakibatkan banjir yang sudah masuk ke pemukiman warga,” ujar Ismail, Kamis (20/06/2024).

Untuk menanggulangi dampak banjir, Ismail menjelaskan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk segera menyiapkan makanan siap saji serta alat-alat yang diperlukan untuk membersihkan sisa lumpur pasca banjir. “Langkah-langkah yang dilakukan sekarang adalah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk secepat mungkin menyiapkan makanan siap saji serta alat untuk membersihkan sisa lumpur pasca banjir,” tambahnya.

Ismail juga menyampaikan bahwa evakuasi dilakukan dengan sangat hati-hati untuk memastikan keselamatan warga dan petugas. “Dalam evakuasi ini, karena derasnya air, kita melakukan tindakan-tindakan yang aman bagi warga dan juga aman bagi para petugas,” kata Ismail.

Untuk mendukung penanganan darurat, telah disiapkan posko siaga yang dipusatkan di SDN 38 Kota Gorontalo. “Kami telah menyiapkan posko siaga di SDN 38 Kota Gorontalo untuk membantu masyarakat yang terdampak,” jelasnya.

Ismail Madjid juga mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur yang telah turun langsung meninjau kondisi masyarakat Kota Gorontalo yang terdampak banjir. “Kami berterima kasih kepada Pj Gubernur yang sudah turun langsung meninjau masyarakat Kota Gorontalo yang terdampak banjir,” pungkas Ismail.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler