Connect with us

kabupaten pohuwato

Antusias Warga Ikuti Vaksin Diapresiasi Bupati Saipul

Published

on

Warga saat Melakukan Vaksin

POHUWATO – Setelah di tetapkan sebagai Kecamatan terendah pelaksanaan Vaksin, Kecamatan Buntulia melakukan vaksinasi masal ke sejumlah warganya, kali ini Desa Sipatana di jadikan lokasi tempat pelaksanaan Vaksin.

Proses vaksinasi yang berlangsung di kantor Desa Sipatana yang di ikuti sejumlah masyarakat nampak berjalan lancar bahkan antusias warga untuk melaksanakan vaksinasi yang dilakukan oleh tenaga kesehatan puskesmas buntulia perlu diapresiasi.

Dihadapan masyarakat, Bupati Saipul Mbuinga menyemangati masyarakat serta menyatakan bahwa vaksin adalah membantu masyarakat terhindar dari virus corona. Karena dengan vaksin maka tubuh kita akan menjadi kebal serta ketika terpapar covid tidak berpengaruh besar pada diri kita sendiri.

“Bahkan bisa dikata tidak terlalu lama menderita covid-19 tersebut. Olehnya itu pemerintah berharap agar masyarakat melakukan vaksinasi, karena tidak mungkin pemerintah membunuh rakyatnya hanya karena vaksin ini,” Ungkapnya.

Berbagai informasi miring lewat media sosial khusunya diakui mematik keinginan dari masyarakat melakukan vaksin, akan tetapi itu tidaklah benar. Sebab vaksin ini tujuannya baik dan membantu.

“Ia, saya saja sudah dua kali di vaksin, pun demikian dengan forkopimda serta para pejabat sudah melakukan vaksin, dan kami hingga sekarang tetap sehat. Untuk itu mari bersama datang ke kantor desa melakukan vaksin demi untuk memutus penyebaran covid,” Ujar Bupati Saipul.

Advertorial

Pemerintah Kabupaten Pohuwato Pertahankan Opini WTP untuk Kesebelas Kalinya

Published

on

POHUWATO – Pemerintah Kabupaten Pohuwato kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2023. Prestasi ini menandai kesebelas kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2013 Kabupaten Pohuwato menerima opini tertinggi dalam audit keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, dan Plt. Ketua DPRD Pohuwato, Beny Nento, menerima LHP atas LKPD 2023 yang diserahkan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo, Ahmad Luthfi H. Rahmatullah, S.E., M.H., Ak., CA., CSFA, di Auditorium BPK pada Senin, 10 Juni 2024. Penyerahan LHP tersebut juga bersamaan dengan penyerahan kepada Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Boalemo, dan Kabupaten Gorontalo Utara, yang semuanya juga meraih opini WTP.

Bupati Saipul A. Mbuinga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo atas penilaian yang baik terhadap laporan keuangan Kabupaten Pohuwato. “Opini WTP dari BPK saat ini merupakan yang kesebelas secara berturut-turut sejak 2013. Keberhasilan ini tidak lepas dari sinergi dan kolaborasi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan di Kabupaten Pohuwato serta adanya bimbingan dan pembinaan dari pihak pemeriksa,” ungkapnya.

Bupati Saipul juga menekankan pentingnya kerja sama yang telah terbina selama ini dan berharap agar sinergi ini terus berlanjut di masa depan. “Kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo dan semua pihak yang telah memberikan pembinaan, kepercayaan, serta kerja sama dan sinergi yang telah terbina selama ini, diucapkan terima kasih. Insya Allah ini berkelanjutan serta terus kita tingkatkan di masa depan,” tambahnya.

Prestasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi Pemerintah Kabupaten Pohuwato untuk terus meningkatkan pengelolaan keuangan daerah di tahun-tahun mendatang.

Turut mendampingi Bupati Saipul Mbuinga dalam penyerahan LHP ini adalah Sekretaris Daerah, Iskandar Datau; Kepala Bapppeda, Irfan Saleh; Inspektur Daerah, Muslimin Nento; Sekretaris Dewan, Hamkawaty Mbuinga; dan Kepala BPKPD, Tety Alamri.

Keberhasilan meraih opini WTP untuk kesebelas kalinya ini menunjukkan komitmen Kabupaten Pohuwato dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah, yang diharapkan dapat terus mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Continue Reading

Advertorial

Bupati Pohuwato Menyambut Kedatangan Danrem 133/NW dengan Upacara Adat Mopotilolo

Published

on

POHUWATO – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, bersama jajaran pemerintah daerah, menyambut kedatangan Komandan Resor Militer (Danrem) 133 Nani Wartabone, Brigjen TNI Hari Pahlawantoro, beserta istri, Ny. Rini Hari Pahlawantoro, di Markas Kodim 1313 Pohuwato.

Kedatangan Danrem 133/NW disambut dengan upacara adat Gorontalo, Mopotilolo, sebagai bentuk penghormatan dan keakraban budaya lokal. Upacara Mopotilolo merupakan salah satu tradisi adat Gorontalo yang digunakan untuk menyambut pejabat negara yang baru pertama kali datang atau berkunjung ke daerah tersebut.

Bupati Saipul Mbuinga menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya atas kunjungan Danrem 133/NW ke Kabupaten Pohuwato.

“Kami sangat terhormat atas kunjungan Danrem 133/NW. Kehadiran beliau di sini merupakan simbol kerja sama yang erat antara pemerintah daerah dan TNI dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat Pohuwato,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Saipul juga menyampaikan bahwa Kabupaten Pohuwato merupakan daerah yang terletak di ujung barat Provinsi Gorontalo yang berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi Sulawesi Tengah. Kabupaten ini terdiri dari 13 kecamatan, 101 desa, dan 3 kelurahan, serta menempati hampir sepertiga luas wilayah Provinsi Gorontalo.

“Kabupaten Pohuwato memiliki peran strategis dalam menjaga perbatasan dan keamanan regional, serta berkontribusi signifikan terhadap perkembangan ekonomi dan sosial di Provinsi Gorontalo,” tambahnya.

Kunjungan Brigjen TNI Hari Pahlawantoro diharapkan dapat memperkuat sinergi antara TNI dan pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas dan memajukan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pohuwato.

Continue Reading

Gorontalo

PT. Loka Indah Lestari Dorong Perekonomian dan Pembangunan di Kabupaten Pohuwato

Published

on

POHUWATOPT. Loka Indah Lestari, perusahaan kelapa sawit yang beroperasi di Kabupaten Pohuwato, memberikan dampak positif terhadap perekonomian dan pembangunan daerah. Fauzan Abdi, Senior Manager Legal PT. Loka Indah Lestari, menegaskan bahwa perusahaan telah mematuhi semua peraturan pemerintah dan memenuhi berbagai bentuk perizinan yang diperlukan, termasuk Amdal.

“Terlalu berisiko untuk berinvestasi dengan nilai yang besar di suatu wilayah tanpa mematuhi aturan pemerintah dan memiliki semua perizinan yang diperlukan,” kata Fauzan.

Fauzan menjelaskan bahwa perusahaan telah mengantongi semua izin yang diperlukan untuk operasional, mulai dari izin prinsip hingga izin operasional. “Dalam proses berdirinya perusahaan, segala aspek terkait perizinan prinsip dan operasional seperti IMB, izin lokasi, UKL & UPL, Amdal, izin pelepasan kawasan hutan dari KemenLHK, izin pengalihan kawasan APL hingga menjadi HGU, serta izin perkebunan sudah kami penuhi,” jelasnya.

Selain izin prinsip dan operasional, PT. Loka Indah Lestari juga telah menyelesaikan perizinan lainnya seperti pembangunan dan pengelolaan limbah pabrik. “Perizinan pembangunan pabrik sudah dikaji dari awal dan menjadi satu izin terintegrasi antara kebun dan pabrik. Pengelolaan limbah cair kami tidak berpotensi merusak lingkungan karena diolah menjadi pupuk yang meningkatkan nutrisi tanaman,” tambahnya.

Menanggapi aspirasi yang disuarakan oleh mahasiswa mengenai masalah perizinan PT. LIL, Fauzan menilai hal itu sebagai bukti bahwa demokrasi berjalan dengan baik. “Aspirasi dari mahasiswa adalah bagian dari demokrasi yang baik. Namun, perlu adanya klarifikasi bahwa sangat berisiko bagi perusahaan untuk berinvestasi tanpa memiliki perizinan,” tandasnya.

Fauzan juga menegaskan bahwa PT. Loka Indah Lestari tidak hanya berinvestasi tetapi juga memikirkan kesejahteraan masyarakat. “Penyerapan tenaga kerja lokal mencapai 95 persen, menunjukkan komitmen kami dalam memberdayakan masyarakat lokal. Kami juga aktif dalam kegiatan sosial dan CSR yang tersinkronisasi dengan kegiatan Musrenbang di desa-desa sekitar wilayah kerja kami,” ujarnya.

Selain itu, Mohamad Yasir, Manager Legal PT. Loka Indah Lestari, menambahkan bahwa penggunaan logpond perusahaan juga sudah mendapat perizinan dari Kementerian Perhubungan. “Dalam operasional perusahaan, penggunaan jalan dan kontribusi pembangunan jembatan permanen sebagai akses perusahaan dan masyarakat dalam areal pinjam pakai kawasan hutan (IPPKH) pun sudah ada,” jelasnya.

Kegiatan CSR yang dilakukan oleh PT. Loka Indah Lestari mencakup berbagai bidang, termasuk keagamaan dan infrastruktur. “Kegiatan CSR kami meliputi safari Ramadhan, bantuan sarana dan prasarana tempat ibadah di Kecamatan Popayato dan Popayato Barat, serta perbaikan jalan, drainase, dan berbagai infrastruktur lainnya di desa-desa sekitar perusahaan,” tambah Yasir.

Dengan berbagai upaya tersebut, PT. Loka Indah Lestari berharap dapat terus berkontribusi positif terhadap perekonomian dan pembangunan di Kabupaten Pohuwato, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler