Connect with us

Advertorial

Bupati Pohuwato Terima Kunjungan Silaturahim Pengurus Muhammadiyah

Published

on

Bupati Saipul Mbuinga saat menyambut dengan hangat kedatangan Pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pohuwato, di Ruang rapat Kantor Bupati

POHUWATO – Bupati Saipul Mbuinga menyambut dengan hangat kedatangan Pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pohuwato, di Ruang rapat Kantor Bupati, (15/4/2021), dalam rangka silaturahim dan audiensi bersama.

Saipul Mbuinga mengungkapkan, maksud kedatangan pengurus Muhammadiyah sangat baik terutama dari presentasi programnya yang dijalankan kedepannya. Ditambah lagi hubungan kekeluargaan yang dijalin bersama, tentu ini akan menjadi harmonisasi.

“Olehnya silaturahmi ini sangat baik dengan harapan program-program muhammadiyah itu sendiri diharapkan bisa jalan demi kemajuan dan pengembangan program tersebut lebih khusus di dunia pendidikan,” Ujar Bupati Saipul.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhamadiyah Kabupaten Pohuwato Abdul Razak Husain mengatakan, kunjungan yang dilakukan untuk menjalin silaturahim juga memberitahukan kepengurusan yang baru sekalian memberikan SK kepengurusan.

“Ia, selain audiensi kami juga menyerahkan surat keputusan (SK) kepengurusan pimpinan daerah muhammadiyah kabupaten pohuwato periode 2015-2020 yang diterima bupati pohuwato,” Ungkapnya.

Advertorial

Bupati Pohuwato: Apel Korpri dan Harkitnas, Spirit Kebangkitan untuk Indonesia

Published

on

POHUWATO – upati Pohuwato Saipul A. Mbuinga menghadiri Apel Korpri yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-166 dan penyerahan Surat Keputusan (SK) PPPK. Acara ini berlangsung di halaman kantor sementara Bupati dan dihadiri oleh Sekda Iskandar Datau, perwakilan Forkopimda Pohuwato, para asisten, staf ahli Bupati, pimpinan OPD, serta ASN di lingkungan Pemda Pohuwato.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Saipul membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi. Beliau menyampaikan bahwa lebih dari seabad lalu, pada tanggal 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo yang menumbuhkan bibit cita-cita kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Oetomo ini kemudian menjadi simbol Hari Kebangkitan Nasional yang kita peringati setiap tahun.

Bupati Saipul menggarisbawahi bahwa cita-cita yang dirintis oleh Boedi Oetomo dilanjutkan oleh berbagai organisasi lainnya dan mencapai puncaknya pada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Ia juga mengingatkan bahwa sebelum adanya Boedi Oetomo, RA Kartini dari Jepara telah mengawali gagasan tentang kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan, dan kemajuan melalui tulisan-tulisannya yang tersebar ke seluruh dunia.

“Apa yang digagas Kartini telah jauh melampaui kisah hidupnya sendiri. Ia telah memberikan inspirasi penting bagi para kaum muda ‘embrio bangsa’ yang kemudian menjadi nyala berkobar yang kita kenal sebagai pergerakan kebangkitan nasional. Embrio Indonesia lahir dari keragaman pikiran para ‘kaum muda’ sebagai ‘embrio bangsa’,” ujar Bupati Saipul.

Bupati Saipul juga menegaskan bahwa di tangan kaum muda terdidik inilah cita-cita kemerdekaan dan kebebasan dirumuskan dan diperjuangkan. Dari mereka, semangat kebangkitan nasional lahir dan menjadi penanda zaman baru bagi Indonesia.

Acara ini ditutup dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) PPPK kepada pegawai yang baru diangkat, menandai komitmen Pemerintah Daerah Pohuwato dalam meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme ASN di lingkungan pemerintahan setempat.

Continue Reading

Advertorial

Adat Moloopu dan Sambutan Marten Taha untuk Pj. Gubernur Baru Gorontalo

Published

on

KOTA GORONTALO – Penjabat Gubernur Gorontalo, Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM, disambut dengan prosesi adat Moloopu pada Ahad (19/5/2024). Prosesi ini dihadiri oleh sejumlah pejabat di Provinsi Gorontalo, termasuk Wali Kota Gorontalo, Marten Taha.

Dalam sambutannya, Marten, yang juga merupakan Tauwa Lo Data, menyampaikan selamat bertugas kepada Rudy Salahuddin. Dia menegaskan bahwa Rudy telah dipercayakan oleh Presiden RI untuk melaksanakan berbagai aktivitas pembangunan serta melakukan pembinaan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita bersyukur kehadirat Allah SWT, bahwa pada hari ini, beliau sebagai penjabat gubernur telah diterima secara resmi kenegaraan dan juga diterima secara adat, yakni adat moloopu,” ucap Marten.

Moloopu adalah upacara penjemputan secara adat dari rumah kediaman pribadi ke rumah dinas (Yiladia). Upacara ini bukan hanya memenuhi tatanan adat, tetapi juga sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan dari masyarakat adat Uduluwo Lo U Limo Lopohalaa (lima negeri adat).

Pada kegiatan tersebut, Rudy menerima nasehat dan petuah dari para pemangku adat di lima wilayah adat Gorontalo, yang disebut Uduluwo Lilimo Lo Pohalaa. Petuah tersebut disampaikan dalam berbagai versi bahasa dan suku yang ada di Gorontalo.

Menurut Marten, inti dari petuah tersebut adalah pengingat kepada penjabat gubernur bahwa segala sesuatu yang ada di Provinsi Gorontalo berada di bawah kekuasaannya. Ini mencakup daratan, perairan seperti laut, danau, dan sungai, bahkan elemen seperti angin dan api.

“Angin pun di dalam genggaman bapak, api pun di dalam genggaman bapak, masyarakat di seluruh Provinsi Gorontalo itu di dalam genggaman bapak. Artinya bapak adalah penguasa di Provinsi Gorontalo, tetapi jangan turutkan nafsu atau jangan semena-mena berbuat, itulah intinya bapak dan ibu sekalian,” ungkap Marten.

Upacara Moloopu ini menandai penerimaan Rudy Salahuddin sebagai penjabat gubernur secara adat, menegaskan perannya sebagai pemimpin yang dihormati dan diingatkan untuk memerintah dengan bijaksana dan adil.

Continue Reading

Advertorial

Bupati Pohuwato Hadiri Pisah Sambut Pj. Gubernur Gorontalo: Ucapan Terima Kasih dan Harapan Baru

Published

on

POHUWATO – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, bersama Wakil Bupati, Suharsi Igirisa, menghadiri acara pisah sambut Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo yang dirangkaikan dengan acara ramah tamah di rumah jabatan gubernur, Minggu, (19/05/2024). Acara ini digelar untuk memberikan penghormatan kepada Pj. Gubernur yang lama, Ir. Ismail Pakaya, ME, serta menyambut kedatangan Pj. Gubernur yang baru, Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM.

Selaku Pemerintah Daerah, Bupati Saipul dan Wabup Suharsi mengucapkan terima kasih kepada Ir. Ismail Pakaya atas dedikasi dan kontribusinya selama menjabat sebagai Pj. Gubernur Gorontalo.

“Beliau telah banyak memberikan perubahan positif dan membawa Gorontalo semakin maju dalam berbagai sektor. Semoga kesuksesan selalu menyertai langkah beliau ke depannya,” ujar Bupati Saipul.

Selain itu, Bupati Saipul Mbuinga dan Wabup Suharsi Igirisa juga menyampaikan harapannya kepada Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM sebagai Pj. Gubernur yang baru.

“Kami berharap Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM dapat melanjutkan dan meningkatkan berbagai program yang telah berjalan, serta membawa inovasi-inovasi baru untuk kesejahteraan masyarakat Gorontalo,” tambahnya.

Acara pisah sambut ini berlangsung dengan khidmat dan dihadiri oleh berbagai tokoh penting, baik dari kalangan pemerintah daerah maupun masyarakat.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler