Connect with us

Kesehatan

Disemprot Disinfektan Jumat Besok, Pasar Sentral Tutup 2 Jam

Published

on

KOTA GORONTALO-Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Kota Gorontalo, Dinas Kesehatan Kota Gorontalo akan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Pasar Sentral. Penyemprotan ini rencananya akan dilakukan pada Jumat (27/3/2020) besok.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Gorontalo dr. Nur Albar, menyebutkan, pasar sentral akan ditutup selama penyemprotan berlangsung.

“Sekitar 2 jam ditutup agar proses penyemprotan berjalan dengan lancar,” kata Nur Albar.

Kadis Nur juga mengaku akan membangun koordinasi lintas sektor dalam pelaksanaan kegiatan penyemprotan disinfektan utamanya dinas perdagangan. Sebab pada Jumat besok itu, Dikes kata Nur berencana menggelar sosialisasi seputar penanganan covid19 kepada para pedagang pasar.

News

Pentingnya Edukasi Orang Tua Anak Penderita Autisme

Published

on

Image by Freepik

Autisme adalah kondisi neurologis yang memengaruhi cara seseorang berinteraksi dengan dunia sekitarnya. Anak-anak dengan autisme sering mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dan bergaul dengan orang lain. Oleh karena itu, orang tua yang memiliki anak dengan autisme perlu memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kondisi anak mereka agar dapat memberikan dukungan dan perawatan yang tepat.

Pentingnya edukasi orang tua dari anak autis sangatlah besar, karena orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam membantu anak mereka berkembang secara sosial dan emosional. Berikut adalah beberapa alasan mengapa edukasi orang tua sangat penting untuk anak dengan autisme:

  1. Meningkatkan pemahaman tentang kondisi anak Orang tua yang memiliki anak dengan autisme perlu memahami lebih dalam tentang kondisi anak mereka, seperti gejala dan cara mengelola kondisi tersebut. Dengan memiliki pemahaman yang lebih baik, orang tua dapat memberikan dukungan yang lebih efektif dan membantu anak mereka merasa lebih aman dan nyaman.
  2. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan anak Anak-anak dengan autisme sering mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, baik secara verbal maupun non-verbal. Orang tua yang telah diberikan edukasi dapat belajar cara-cara baru untuk berkomunikasi dengan anak mereka dan membantu anak mereka mengembangkan kemampuan komunikasi mereka.
  3. Meningkatkan kemampuan untuk mengelola perilaku anak Anak-anak dengan autisme seringkali mengalami perilaku yang sulit dikendalikan seperti melampiaskan kemarahan, kecemasan, atau frustrasi secara verbal atau fisik. Orang tua yang telah mendapatkan edukasi tentang kondisi anak mereka akan lebih siap dalam menghadapi perilaku tersebut dan dapat memberikan strategi yang lebih efektif dalam mengelola perilaku anak.
  4. Meningkatkan kemampuan untuk merencanakan masa depan anak Orang tua yang memiliki anak dengan autisme harus mempersiapkan anak mereka untuk masa depan yang lebih baik. Edukasi orang tua dapat membantu mereka untuk memahami apa yang perlu dilakukan untuk membantu anak mereka sukses di sekolah, mencapai kehidupan yang mandiri, dan mencapai tujuan masa depan mereka.
  5. Meningkatkan kemungkinan keberhasilan dalam pengobatan Anak-anak dengan autisme sering memerlukan terapi dan dukungan dari spesialis dalam mengelola kondisi mereka. Orang tua yang telah mendapatkan edukasi tentang kondisi anak mereka akan lebih mampu berpartisipasi dalam pengobatan dan perawatan anak mereka dengan lebih baik.

Dalam kesimpulan, edukasi orang tua sangat penting bagi anak-anak dengan autisme. Orang tua yang teredukasi dengan baik akan lebih mampu memberikan dukungan yang efektif dan membantu anak mereka untuk meraih potensi penuh mereka. Oleh karena itu, para orang tua harus mencari informasi dan sumber daya yang dapat membantu mereka memahami dan mengelola kondisi anak mereka dengan lebih baik.

Continue Reading

News

Inilah 7 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Kulit Wajah Kusam

Published

on

Sumber foto: https://pixabay.com/id/photos/musim-panas-liburan-losion-matahari-1599139/

Tips merawat wajah agar tidak kusam sudah banyak sekali bertebaran di Internet. Hal ini karena wajah kusam menjadi masalah yang lazim dialami oleh siapa pun. Kulit kusam seringkali membuat orang merasa kurang percaya diri. Penyebab muka kusam sangat beragam, tetapi ada beberapa faktor yang kerap menjadi pemicu, di antaranya adalah kulit wajah yang kering, kekurangan vitamin c, terpapar sinar UV tanpa adanya perlindungan, serta kurangnya eksfoliasi. Selain itu, ada faktor internal yang memicu kulit menjadi kusam, seperti pola makan tidak sehat, kurang minum air putih, dan kurang istirahat. Bahkan, sinar biru dari gawai yang sering kita gunakan juga bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kusam, loh!

7 Cara Ubah Kulit Kusam Jadi Lebih Glowing

Untuk mengubah kulit wajah yang kusam menjadi glowing dan sehat, Anda harus melakukan perawatan secara konsisten. Sebelum melakukan perawatan wajah, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui apa jenis kulit wajah. Hal ini perlu agar perawatan wajah yang Anda lakukan tepat sasaran dan memberikan hasil yang optimal.

Berikut ini adalah beberapa cara merawat wajah agar glowing dan sehat yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Istirahat yang Cukup

Tidak bisa dimungkiri, istirahat yang cukup memberikan dampak bagi tubuh, termasuk kesehatan kulit wajah Anda. Pastikan Anda tidur selama 7 hingga 8 jam per hari. Tahukah Anda, tidur yang cukup dapat membantu mengoptimalkan regenerasi kulit. Jika Anda hobi begadang dan kurang tidur, maka proses regenerasi sel kulit dan produksi kolagen akan terhambat. Hal ini menyebabkan kulit terlihat kusam. Oleh karena itu, berikan hak tubuh untuk beristirahat demi menjaga kesehatan tubuh dan kulit Anda.

2. Perhatikan Asupan Gizi

Ingin mendapatkan kulit wajah yang sehat dan glowing? Perhatikan asupan gizi yang Anda konsumsi. Anda bisa memulainya dengan banyak mengonsumsi sayur dan buah. Kedua bahan alami ini kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Selain itu, buah dan sayur juga memiliki kandungan vitamin C dan nutrisi penting lainnya yang dapat mencerahkan kulit hingga mencegah penuaan dini.

3. Rajin Membersihkan Muka dengan Sabun Wajah

Seharian beraktivitas di luar ruangan, bisa Anda bayangkan berapa banyak kotoran, kuman, dan debu yang menempel di wajah? Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkan wajah dengan menggunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk kulit muka.

Gunakan sabun wajah sesuai dengan jenis kulit dan pastikan Anda mencuci wajah minimal dua kali sehari. Jika dirasa kurang, Anda juga dapat menggunakan cleanser dan toner untuk membantu mengangkat debu dan kotoran yang menempel di wajah.Hal lain yang juga tak kalah penting untuk Anda lakukan adalah memilih sabun muka yang memiliki tekstur ringan, tidak merusak skin barrier, aman dan nyaman untuk kulit, serta sudah teruji secara klinis.

4. Cukupi Kebutuhan Air Putih

Minum air putih minimal delapan gelas sehari atau setara dua liter ternyata tidak hanya bagus untuk tubuh, tetapi juga menjaga kelembaban kulit muka Anda. Kekurangan air bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kusam dan kering. Jadi, penting untuk mencukupi kebutuhan air harian Anda. Mulai sekarang, jangan sampai terlewat untuk minum air putih, ya.

5. Gunakan Pelembab Sesuai Jenis Kulit

Selain mencuci wajah, menggunakan pelembab untuk kulit wajah pun harus dilakukan. Namun, Anda tidak bisa asal memilih pelembap, pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit agar hasilnya bisa maksimal. Kenali terlebih dahulu tipe kulit Anda. Jika kulit Anda termasuk tipe berminyak, gunakan pelembab wajah yang non komedogenik dan waterbase agar mudah meresap dan tidak menimbulkan kesan lebih berminyak. Anda yang memiliki kulit sensitif, gunakan pelembab yang hipoalergenik agar tidak memicu reaksi alergi pada kulit. Sedangkan Anda yang memiliki tipe kulit kering, gunakan pelembab yang mengandung asam hialuronat, gliserin, dimetikon dan lanolin.

6. Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Tahukah Anda, bahwa salah satu penyebab kulit kusam adalah tumpukan sel kulit mati di wajah. Sel kulit mati ini dapat diangkat dengan melakukan eksfoliasi. Tak perlu risau, karena Anda dapat melakukan eksfoliasi sendiri di rumah. Anda bisa melakukan eksfoliasi 2 hingga 3 kali seminggu. Eksfoliasi memiliki banyak manfaat, seperti untuk mengangkat sel kulit mati, mencegah pori-pori tersumbat, hingga mencerahkan kulit.

7. Pakai Sunscreen

Sunscreen adalah perawatan yang seringkali diabaikan dan dianggap remeh oleh sebagian orang. Padahal, penggunaan sunscreen adalah salah satu tips merawat wajah agar tidak kusam. Hal ini karena aktivitas sehari-hari Anda yang tentu tak lepas paparan sinar matahari. Menggunakan tabir surya harus selalu dilakukan meski sedang di dalam ruangan sekali pun, karena paparan sinar UV bisa menembus banyak celah. Jangan pernah abai  menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas di luar maupun di dalam ruangan. Ulangi kembali pemakaian sunscreen 3 jam sekali agar kulit selalu terlindung.

Salah satu sunscreen yang patut Anda coba adalah Sunscreen Somethinc yang memiliki banyak keunggulan. Formulanya yang ringan dan mampu melindungi kulit secara maksimal, tak lepas dari kandungan utamanya, yaitu Oryza Sativa (Rice) Brain Oil yang berasal dari hasil penggilingan kulit padi. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas, sehingga mampu memberi perlindungan terhadap kulit serta menghambat proses pigmentasi. Anda bisa mendapatkan sunscreen Somethinc di Blibli.com, marketplace terbesar, terpercaya, dan terlengkap di Indonesia.

Anda tidak bisa berharap mencerahkan wajah kusam dalam semalam. Semua itu ada usaha keras dan konsisten yang harus Anda lakukan. Ikuti tips merawat wajah agar tidak kusam di atas agar kulit muka Anda senantiasa sehat dan glowing. Selamat mencoba.

Continue Reading

News

Ini Lho 8 Cara Agar Tidur Kita Lebih Nyenyak

Published

on

Sumber foto: https://pixabay.com/photos/bed-bedroom-bedding-room-home-1575491/

Tidur nyenyak penting bagi yang mengalami gangguan beristirahat. Dalam satu hari, tubuh membutuhkan tidur yang cukup agar semua organ dapat istirahat secara total dan siap menjalankan fungsinya kembali.

Kualitas tidur yang kurang baik dapat mengganggu kesehatan, termasuk kerja otak dan pikiran. Mengapa sampai masalah ini terjadi?  Ternyata banyak faktor yang menjadi penyebab dan masing-masing orang berbeda.

8 Tips Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

Seharusnya malam hari merupakan waktu istirahat yang paling baik. Namun banyak yang mengalami insomnia, sering terbangun, mengigau dan justru memperburuk kondisi kesehatan. Mempersiapkan diri untuk dapat tidur dengan nyaman sangat penting. Beberapa tips agar tidur nyenyak berikut dapat Anda terapkan.

1. Tidur malam dan bangun dengan teratur

Cara tidur nyenyak dan bangun segar pertama adalah dengan memperhatikan jam. Usahakan untuk berangkat istirahat pada jam yang sama dan bangun di waktu sama pula. Alarm dapat membantu untuk bangun tepat waktu setiap pagi, termasuk ketika libur.

Hal ini dapat membuat ritme kerja organ tubuh tertib sehingga tidak harus bekerja keras. Dengan bangun pagi, Anda bisa menghirup udara yang segar. Kebutuhan oksigen pada otak akan terpenuhi. Badan pun akan menjadi semakin sehat.

Bangun pagi juga membuat Anda tidak tergesa-gesa melakukan kegiatan sepanjang hari sehingga begitu waktu istirahat malam, semua pekerjaan sudah terselesaikan. Anda tidak perlu tidur dengan memikirkan job atau kegiatan yang belum terselesaikan hari itu, jadi lebih tenang.

2. Usahakan tidur siang

Tidur siang menjadi hal yang istimewa bagi sebagian orang karena banyaknya pekerjaan. Sebenarnya Anda dapat memanfaatkan sedikit waktu yang ada untuk memenuhi kebutuhan ini. Cukup 20-30 menit saja dapat membuat badan fresh dan bisa bekerja secara lebih maksimal.

Tubuh mengalami puncak kelelahan dua kali, yaitu tengah hari dan tengah malam. Karena itu sebaiknya, beristirahat pada waktu tersebut. Tidur siang justru dapat meningkatkan kualitas istirahat malam karena tubuh dalam kondisi normal.

Selain itu, organ tubuh juga tidak dalam keadaan tegang yang menjadikannya rileks untuk cepat terlelap. Jadi, jangan sepelekan tidur siang meski hanya beberapa menit saja.

3. Jangan makan berat satu jam sebelum tidur

Ketika mengolah makanan dalam proses metabolisme, beberapa organ harus bekerja keras. Ini menyebabkan tidak mudah untuk beristirahat dengan nyenyak. Cara agar tidur cepat adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan berat satu jam sebelum beristirahat. Jika masih terasa lapar sebaiknya mengkonsumsi buah atau jus.

Makan berat sebelum tidur jaga berpotensi meningkatkan berat badan karena kalori yang ada hanya tersimpan, tanpa digunakan untuk beraktivitas. Organ tubuh pun tidak dapat beristirahat karena tetap harus bekerja mencerna bahan makanan tersebut.  Ini yang menyebabkan seseorang tidak dapat tidur dengan nyenyak.

4. Hindari kafein

Bukan hanya kopi, teh dan coklat mengandung senyawa kafein yang menstimulasi kerja otak karena bersifat adenosine receptor antagonist. Sedangkan tubuh membutuhkan adenosine untuk mendatangkan rasa kantuk sehingga dapat beristirahat.

Minum kopi, teh atau coklat dapat menyebabkan organ tubuh tetap siaga. Sebaiknya jangan mengkonsumsinya satu jam sebelum waktu istirahat agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

5. Ganti lampu dengan yang lebih redup

Manfaat tidur nyenyak sangat penting bagi tubuh. Karena itu, orang yang mengalami insomnia mudah terkena penyakit, dapat mengalami penuaan dini dan stres. Cahaya lampu merupakan salah satu pengganggu karena dapat memberi reaksi pada mata agar tetap terbuka.

6. Membersihkan diri sebelum tidur

Badan yang bersih dan segar bisa menjadikan tidur semakin berkualitas. Mandi atau mencuci tangan, kaki dan muka menggunakan sabun yang wangi juga bisa menjadikan tubuh lebih rileks sehingga kantuk cepat datang.

Mandi dengan air hangat selain dapat membersihkan semua kotoran juga dapat memperlancar peredaran darah. Setelah itu, segera keringkan badan dengan handuk dan kenakan pakaian yang nyaman. Dijamin, lebih mudah mendatangkan tidur yang berkualitas.

7. Berdoa

Pikiran yang tenang tanpa beban adalah salah satu cara agar dapat segera tidur. Banyaknya pekerjaan dan masalah menjadikan pikiran ke mana-mana. Berdoa dan mendekatkan diri pada Yang Kuasa merupakan cara untuk mengatasinya.

Jangan lupa untuk berdoa setiap hari, terutama menjelang tidur. Syukuri semua pencapaian hari ini dan memohon kelancaran untuk semua aktivitas hidup. Dengan berserah diri pada Tuhan, maka semua beban akan hilang dan dapat tidur lebih nyaman.

8. Gunakan perlengkapan tidur yang nyaman

Perlengkapan juga sangat berpengaruh pada kualitas tidur. Sprei, bantal dan sarung guling yang lembut seperti berbahan embos terasa lebih nyaman dan dapat menghadirkan tidur berkualitas.

Sarung guling dan bantal berbahan embos lembut, warnanya tahan lama, membuat kamar tidur terlihat lebih bersih dan indah. Apalagi bisa memilih banyak corak dan motif sesuai keinginan.

Anda bisa membeli sarung guling Emboss di Blibli, toko online yang menyediakan semua perlengkapan tidur berkualitas. Blibli menyediakan produk berkualitas dengan harga terjangkau.

Seller Blibli juga terpercaya dan hanya menjual produk asli dari brand ternama. Tersedia berbagai ukuran motif dan warna yang dapat mempercantik kamar dan menjadikan tidur lebih berkualitas. Mengoleksi beberapa item sekaligus tidak akan rugi karena semua keren dan pilihan terbaik.

Tips agar tidur nyenyak bisa menghadirkan istirahat yang nyaman dan berkualitas. Hal ini sangat penting bagi kesehatan tubuh. Lengkapi kebutuhan kamar dengan koleksi sarung guling embos dari Blibli yang nyaman, lembut dengan harga terjangkau.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler