Connect with us

Gorontalo Utara

Gorontalo Utara Mendapatkan Program Penyertifikatan Tanah 8 Ribu Persil

Published

on

GORUT – Kabupaten Gorontalo Utara mendapatkan program penyertifikatan tanah dengan kuota 8 ribu persil, dimana saat ini baru 5 ribu yang terealisasi, sehingga masih ada sisa 3 ribu persil lagi yang harus dimaksimalkan penyertifikatan tanahnya.

Untuk mempercepat penyertifikatan tersebut, Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin telah merencanakan persiapan agenda turun lapangan untuk mendukung program yang telah diagendakan oleh pemerintah pusat.

“Oleh karena itu, Pak Wartomo selaku Kepala BPN Gorontalo meminta dukungan pemerintah daerah. Dan saya sampaikan kita mengapresiasi itu. Dan insya Allah saya akan turun langsung ke lapangan untuk mempercepat 3 ribu persil tersebut,” kata Indra Yasin, usai menerima kunjungan kerja Kepala BPN Gorontalo, (20/8/2021).

Tentu jika 3 ribu persil tersebut dapat terpenuhi, pihaknya berharap akan ketambahan lahan yang telah bersertifikat di Gorut. “Dan itu yang kita berusaha capai, karena sekarang ini kemudahan pensertifikatan tanah sudah disiapkan oleh pemerintah,” Tambah Indra Yasin.

Menurut Indra dengan kemudahan yang diberikan, masyarakat tidak perlu lagi ragu menyampaikan data kepemilikan tanah mereka ke pihak BPN.

“Kalau data kepemilikannya sudah siap, ini tentu memudahkan petugas pertanahan untuk melakukan pensertifikatan,” Ungkapnya.

Diakuinya, memang ada kesulitan yang dialami di lapangan untuk pensertifikatan tanah ini. Yang pertama, tanah yang akan disertifikasi masih tanah warisan.

“Nah, kalau ahli warisnya sudah saling memberi tidak jadi persoalan, tapi kalau tidak, itu juga sulit untuk dilakukan. Misalnya, 5 kepemilikan, 4 sudah setuju dan 1 keberatan, maka belum boleh diproses untuk pensertifikatan tanah,” jelas Indra.

Yang kedua, ada kepemilikan, tapi pemiliknya berada di luar daerah. Tapi, ada juga tidak mau disertifikat tanahnya. Karena belum mendapatkan informasi yang akurat atau belum tahu betapa pentingnya sertifikat.

“Sehingga saya sudah sampaikan kepada Pak Kepala BPN untuk sama-sama turun dan lakukan sosialisasi tentang pentingnya sertifikat bagi kepemilikan sebidang tanah,” Ujarnya.

Gorontalo Utara

Bupati Pohuwato Terima Kunjungan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Gorontalo

Published

on

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, menerima kunjungan silaturahmi dari Kepala BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Gorontalo, Widhi Astri Aprillia Nia, yang didampingi oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pohuwato, Stephano Liwu, pada Kamis, 4 Juli 2024. Pertemuan berlangsung di ruang kerja Bupati dan membahas berbagai aspek kerjasama terkait program-program corporate social responsibility (CSR) serta peningkatan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan untuk mencapai Universal Coverage Jamsostek (UCJ) di Kabupaten Pohuwato.

Bupati Saipul A. Mbuinga menyambut baik kunjungan tersebut dan menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung program-program BPJS Ketenagakerjaan. “Kami selalu siap bersinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja di daerah kami. Program CSR dari BPJS Ketenagakerjaan sangat membantu dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik dan lebih aman,” kata Bupati Saipul.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Gorontalo, Widhi Astri Aprillia Nia, menjelaskan bahwa selain silaturahmi, pertemuan tersebut juga bertujuan untuk menyampaikan beberapa program kerja yang menjadi bagian dari BPJS Ketenagakerjaan. “Selain silaturahmi karena baru kali ini berkesempatan datang, tentu pertemuan kami juga ke Pak Bupati dalam rangka corporate social responsibility atau perlindungan BPJS Ketenagakerjaan di Pohuwato,” ungkapnya.

 

Widhi Astri Aprillia Nia juga menambahkan bahwa apa yang disampaikan oleh BPJS mendapat respons yang sangat positif dari Bupati. “Pak Bupati sangat mendukung program BPJS Ketenagakerjaan. Di dua tahun terakhir ini, yakni di 2023 dan 2024, ada peningkatan signifikan untuk coverage. Pak Bupati juga menyampaikan akan ada perhatian khusus terkait coverage Kabupaten Pohuwato yang masih di 44 persen. Karena ada beberapa potensi yang bisa menaikkan coverage. Tentunya ini salah satu bentuk komitmen Pak Bupati meningkatkan kesejahteraan pekerja yang ada di Pohuwato,” pungkasnya.

Pertemuan ini menandai langkah positif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan tenaga kerja di Kabupaten Pohuwato melalui program-program yang diinisiasi oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Continue Reading

Gorontalo Utara

Pemerintah Kota Gorontalo Dorong Efisiensi dan Transparansi Pengelolaan Aset Daerah melalui Bimtek Sistem Akuntansi Persediaan BMD

Published

on

KOTA GORONTALO – Pemerintah Kota Gorontalo menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan aset daerah. Hal ini dibuktikan melalui kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) tentang sistem akuntansi persediaan barang milik daerah (BMD) yang diselenggarakan oleh Badan Keuangan Kota Gorontalo pada Senin, (13/05/2024), di Ball Room Hotel Grand Q.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, yang menyatakan bahwa hal ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kota Gorontalo dalam pengelolaan aset daerah. Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah menjelaskan bahwa Bimtek tersebut merupakan langkah untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan aset daerah, serta untuk memperdalam pemahaman mengenai sistem informasi akuntansi persediaan barang milik daerah.

“Dengan pemahaman yang mendalam ini, diharapkan akan muncul inovasi baru dalam pengelolaan persediaan barang, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi efisiensi pengelolaan keuangan daerah,” katanya.

Sekretaris Daerah mengapresiasi penyelenggara, narasumber, dan peserta yang hadir dalam Bimtek ini, serta berharap agar acara ini dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan pelayanan publik dan pembangunan di Kota Gorontalo. Dengan demikian, kegiatan ini menjadi langkah konkret dalam meningkatkan tata kelola aset daerah secara lebih efisien dan transparan.

Continue Reading

Gorontalo Utara

Sinergi TP-PKK: Wakil Bupati Pohuwato Melaunching Program ‘Aku Hatinya PKK

Published

on

POHUWATO – Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, menggelar peluncuran program “Aku Hatinya PKK” tingkat Provinsi Gorontalo pada Selasa (07/05/2024) di Desa Palopo, Kecamatan Marisa.

Dalam acara peluncuran tersebut, Wabup Suharsi memberikan penghargaan atas inisiatif program “Aku Hatinya PKK”.

“Program ini merupakan bukti nyata dari kerjasama yang solid antara TP-PKK Kabupaten Pohuwato, Kecamatan, dan Desa,” ujarnya.

Wabup Suharsi menegaskan bahwa TP-PKK adalah sebuah organisasi yang dipimpin oleh perempuan-perempuan berkualitas dan memiliki peran penting dalam mendukung serta menggerakkan masyarakat di Kabupaten Pohuwato.

“Ini adalah hasil kerjasama yang baik antara TP-PKK di tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa. Alhamdulillah, kami sangat berbahagia bahwa program ini bisa terlaksana hari ini, dan kami berharap program ini mendapatkan apresiasi yang tinggi,” katanya.

Selain peluncuran program “Aku Hatinya PKK”, Wabup Suharsi juga meresmikan program “Inovasi SMS Cinta: Semarak Menanam Sendiri Cabe untuk Investasi Rumah Tangga”.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Suharsi juga turut serta dalam penanaman cabe dan melakukan peninjauan terhadap tanaman hortikultura di kebun TP-PKK Desa Palopo.

Beliau mengajak seluruh elemen masyarakat, terutama pemerintah dan TP-PKK Desa Palopo, untuk terus bekerja sama dalam mewujudkan cita-cita bersama.

“Saya berharap tanaman yang kita tanam hari ini dapat dirawat dengan baik, dipelihara, bahkan ditambah jumlahnya jika diperlukan. Tujuan kita bukan hanya meraih kesuksesan semata, tetapi juga memastikan keberlanjutan dari apa yang kita lakukan hari ini,” ujarnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Pokja PKK Provinsi Gorontalo, Ny. Silvana Bowta, Ketua TP-PKK Pohuwato, Selvi Mbuinga Monoarfa, Camat Marisa, Mohammad Huntoyungo, dan Kades Palopo, Agus Hulubangga.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler