Connect with us

Advertorial

Indra Yasin Apresiasi Plt Camat Sumalata

Published

on

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin memberikan sambutan didampingi Kepala Dinas PMD dan Plt Camat Sumalat || Foto HUMAS

GORUT – Tingkatkan kinerja aparatur dalam pengelolaan keuangan desa, Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin mengapresiasi kegiatan workshop yang di selenggarakan oleh pemerintah Kecamatan Sumalata, di ballroom hotel Grand Q Kota Gorontalo, (18/2/2021).

Implementasi pengintegrasian sistem pengelolaan keuangan dan aset desa berbasis aplikasi siskeudes se-Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara tahun 2021, menjadi topik pembahasan kali ini.

Dalam sambutannya Indra Yasin mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini sangatlah penting bagi aparatur desa, Ia menilai pengelolaan keuangan dan aset selalu menjadi objek pemeriksaan setiap pemerintahan atau instansi yang punya kewenangan.

“Saya menyampaikan terima kasih banyak kepada pelaksana tugas camat di Sumalata yang melaksanakan kegiatan ini,” Kata Indra.

Dirinya menambahkan, nantinya sasaran pemeriksaan yang dilakukan oleh badan pemeriksa keuangan akan menyasar pengelolaan keuangan, terutama saat ini dana desa yang disalurkan ke tiap-tiap desa memiliki angka yang cukup banyak.

‘Pemanfaatan yang begitu banyak dengan berbagai program yang dilaksanakan Desa, itu selalu menjadi objek pemeriksaan,” Terang Indra.

Indra berharap workshop yang diselenggarakan tiga hari kedepan ini dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas aparatur desa, sehingga pengelolaan keuangan desa kedepan semakin baik.

“Kami berharap dengan pelatihan ini pengelolaan keuangan desa dari waktu ke waktu semakin baik dan dapat kita pertanggungjawabkan,” Tuturnya.

Kegiatan dihadiri oleh kepala dinas pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Camat Sumalata, dan seluruh kepala desa, sekretaris, bendahara, dan operator desa se-Kecamatan Sumalata.

Advertorial

Jalin Silaturahmi Bupati Pohuwato Kunjungi TPQ Al-Ikhwan

Published

on

Foto Humas

POHUWATO – Kunjungan Bupati Saipul A. Mbuinga ke Taman Pendidikan Al-qur’an Al-ikhwan, disambut langsung para santri dan majelis beserta Sekretaris Desa Pohuwato Timur, (6/5/2021). Hal ini dilakukan Bupati guna menjalin silaturahmi dengan pengurus komunitas pemuda madani (KPM).

Menurut Saipul, peran generasi muda sangatlah penting dalam menjaga nilai-nilai kita suci Al-Quran dan nantinya juga sebagai penerus yang akan melestarikan budaya semacam ini. Ia juga mengatakan pemerintah Pohuwato akan membantu pengembangan TPQ.

“Karena di tangan kita umat Islam Al-Quran ini di bumikan, dan generasi mudalah sebagai tonggak utama yang akan meneruskannya,” Ungkap Saipul.

Kata Saipul, jika dalam pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Quran banyak diminati warga, maka teknisnya bisa diatur sehingga tak menimbulkan kerumunan banyak orang.

Sementara itu Sekdes Pohuwato Timur Bayu Abdullah mengungkapkan, pada bulan suci ramadan pelaksanaan pengajian dikhususkan bagi orang dewasa yang belum mengerti dengan huruf Al-Quran, dan anak-anak pada hari-hari biasanya.

“Kemudian setiap jum’at ada program jum’at berbagi, termasuk bagi-bagi takjil, karena mengingat adanya edaran dari pemerintah maka kami tidak bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang mengundang masa,” Jelasnya.

Continue Reading

Advertorial

Ketua Dewan Dibuat Geram Pada Pelantikan Kades

Published

on

ketua DPRD, Aleg Ketua Komisi II, dan Kepala Desa Motilango Kecamatan Tibawa || Foto Barakati.id (Irvan Yasin)

DPRD KABGOR – Kepala Desa Motilango terpilih harus merasakan pahit, karena tak bisa bersama-sama ikut dalam pelantikan Kepala Desa serentak yang dilakukan oleh Bupati Gorontalo, di Gedung Kasmat Lahay, (6/5/2021).

Hal tersebut dikarenakan yang bersangkutan diberikan informasi oleh panitia pelaksana sesaat menjelang pelantikan, bahwa akan ada penundaan untuk pelantikan dirinya.

Sontak hal itu menuai kecaman dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gorontalo, dirinya mempertanyakan alasan panitia yang menunda pelantikan kepala Desa Motilango, menurutnya yang ditunda hanyalah Desa yang masih melakukan gugatan di PTTUN.

“Berdasarkan rekomendasi DPRD hanya ada dua Desa yang dilakukan penundaan, yaitu Desa Moahudu dan Desa Hutabohu karena masih melakukan gugatan ke PTTUN,” Tegas Syam T. Ase

Sambung Syam ini tidak berlaku bagi kepala Desa Motilango Kecamatan Tibawa, sebab yang bersangkutan telah menerima undangan secara tertulis untuk ikut dalam prosesi tersebut.

Dirinya meminta kepada pihak panitia pelantikan Pilkades untuk mempertanggungjawabkan hal ini, karena memberitahukan secara tiba-tiba kepada yang bersangkutan untuk tidak turut serta dalam pelantikan tersebut.

“Sistem pemerintahan seperti apa yang modelnya begini, tidak menghargai pihak yang dirugikan dalam hal ini kepala Desa Motilango. Panitia pelantikan harus mempertanggungjawabkan hal ini, jangan sampai langkah yang dilakukan oleh panitia memberikan efek terhadap Bupati,” Jelas Syam.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Gorontalo menyampaikan penundaan kepala Desa Mootilango Kecamatan Tibawa berdasarkan surat gugatan yang diterima oleh pemerintah, sehingga terjadi penundaan kepala Desa Motilango bersama dua Desa yang menjadi rekomendasi DPRD.

“Sesuai rekomendasi DPRD, bahwa bagi desa yang bermasalah atau proses gugatan diminta untuk penundaan pelantikan kepala Desa, sehingga hal ini dilakukan oleh pemerintah,” Tutur Nawir.

Continue Reading

Advertorial

Jelang Peniadaan Mudik Posko Perbatasan Dijaga Ketat

Published

on

Bupati Gorontalo Utara meninjau kesiapan di Posko penjagaan perbatasan, termasuk juga menjalin koordinasi dengan pos penjagaan yang berada di wilayah Bolmut Sulawesi Utara || Foto HUMAS

GORUT – Satu hari menjelang pemberlakuan peniadaan mudik, pada besok tanggal 6, Forkopimda Gorontalo Utara meninjau kesiapan di Posko penjagaan perbatasan, termasuk juga menjalin koordinasi dengan pos penjagaan yang berada di wilayah Bolmut Sulawesi Utara,” Hal tersebut Diungkapkan Bupati Indra Yasin, (5/5/2021).

Dari peninjauan tersebut Indra menjelaskan saat ini kesiapan posko penjagaan telah siap untuk digunakan, sehingga untuk besok hari seluruh petugas diminta untuk bisa menggunakannya.

“Alhamdulillah kita sudah lihat sudah ada kesiapan semua. Hanya memang masi ada pembenahan-pembenahan, dan mudah-mudahan besok pagi itu sudah kelihatan lebih bagus lagi. Dan mudah-mudahan tidak ada kendala apa-apa, ” Tutur Indra Yasin.

Sementara untuk para pelaku perjalanan yang akan melintasi Gorontalo Utara untuk ke wilayah yang lainnya tetap tidak diperbolehkan, sebab hal tersebut menjadi ketentuan aturan yang diberlakukan oleh pemerintah pusat.

“Tidak boleh, kita harus berhentikan,” Tegasnya.

Senada dengan hal itu Kapolres Gorontalo Utara mengatakan Seluruh pemudik baik ke Gorontalo maupun ke daerah lainnya itu tidak di perbolehkan.

“Tetap tidak boleh. Kemanapun tujuannya dalam rangka mudik sudah jelas di surat edaran kepala satgas COVID-19 nomor 13 tahun 2021, dalam rangka untuk mengantisipasi arus mudik tanggal 6 sampai 17 tidak diberlakukan atau ditiadakan mudik,”

“Kecuali logistik, petugas dengan surat tugas, keperluan mendesak seperti menghadiri kedukaan, kemudian mengunjungi orang sakit, tapi ada ketentuan-ketentuan lagi kepada mereka,” Ujarnya.

Continue Reading

Terpopuler