Connect with us

News

Inilah Cara Merawat Mobil MPV Agar Usianya Panjang

Published

on

https://pixabay.com/id/photos/microfiber-handuk-kain-merah-mobil-3789848/

Memperhatikan cara merawat mobil MPV, baik Alphard atau lainnya dengan jeli sangat penting dilakukan agar usia mobil lebih panjang. Meskipun merawat sebuah mobil sebenarnya tidak terlalu rumit. Sebab, akan disayangkan jika mobil kelas premium ini tidak bisa bekerja secara maksimal.

Dalam merawat mobil jenis MPV ini, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Mulai dari mesin, kelistrikan, ban, bahan bakar, hingga lampu. Pastikan semua bagian itu normal dan harus diservis secara rutin minimal sebulan sekali.

Perawatan mobil MPV baik kelas standar maupun premium, sebenarnya tidak jauh berbeda. Bahkan untuk semua mobil sekalipun, Anda harus benar-benar memberikan perawatan khusus, agar tetap awet dan nyaman digunakan.

Jangan Biarkan Mobil MPV Gampang Rusak, Lakukan Ini Untuk Merawatnya

Secara spesifik, MPV tentunya memiliki kualitas yang sangat baik dalam segala hal. Mulai dari mesin yang handal, kenyamanan, desain yang mewah, hingga kelengkapan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Namun, meski memiliki banyak kelebihan, perawatan juga harus dilakukan secara rutin.

Nah, bagaimana cara merawat mobil MPV agar tetap awet dan selalu nyaman? Simak caranya berikut!

1.    Mengganti Oli Secara Berkala

Penggantian oli harus menjadi hal utama yang diperhatikan, karena memiliki pengaruh besar terhadap mesin. Terlambat sedikit saja untuk mengganti oli, maka dapat berakibat fatal, mesin bisa aus hingga terbakar. Apalagi MPV memiliki kapasitas mesin yang besar.

Untuk ganti oli rutin ini bisa dilakukan selama sebulan sekali. Jika mobil tidak terlalu banyak digunakan, bisa diganti setiap dua atau tiga bulan sekali. Tentunya hal ini tergantung dari pemakaiannya.

Selain itu, Anda harus jeli dalam memilih produk oli yang berkualitas. Jangan salah pilih oli, hingga membuat mobil Anda menjadi lebih cepat rusak. Minimal, pilih oli standar yang digunakan untuk mobil Alphard.

2.    Selalu Cek Akinya

Aki mobil, khususnya untuk Alphard pastinya memiliki ketahanan yang sangat baik. Hanya saja, hal itu jangan sampai membuat Anda melupakannya.

Pengecekan aki ini sebenarnya menjadi standar yang harus dilakukan. Sebaik apapun kualitas dari sebuah mobil, cek aki berkala ini menjadi hal yang wajib dilakukan.

Jika memang terjadi masalah pada aki, segera bawa ke bengkel mobil langganan Anda. Pastikan bahwa aki mobil tersebut kembali normal.

3.    Selalu Bersihkan Mobil, Baik Interior Maupun Eksterior

Kenyamanan sebuah mobil tentunya juga dipengaruhi oleh faktor kebersihan. Apalagi Alphard yang seharusnya memiliki desain mewah dan elegan. Terdapat kotoran sedikit saja, pasti membuat mobil kelas ini tampak tidak sedap dipandang.

Pembersihan mobil harus dilakukan secara rutin. Jika dirasa kotor, harus segera dibersihkan, apalagi setelah melakukan perjalanan jauh. Menunda dalam membersihkan kotoran pada mobil, akan membuat bekas kotoran yang sulit dihilangkan.

Bersihkan interior mobil dengan vacuum cleaner, sapu kecil, hingga lap basah jika diperlukan. Tergantung dari jenis kotoran yang menempel pada mobil.

Sedangkan untuk bagian eksterior, Anda bisa mencucinya sendiri atau bisa menggunakan jasa cuci mobil di tempat yang profesional. Tetap pastikan, jangan sampai setelah dicuci ada goresan yang tertinggal.

4.    Jangan Lupa Panaskan Mobil

Memanaskan mobil juga bagian dari perawatan mesin yang harus dilakukan. Kondisi mesin yang sudah panas, bisa siap digunakan dengan kinerja yang optimal.

Berbeda jika Anda membawa mobil tanpa dipanasi terlebih dahulu. Beban mesin menjadi sangat besar, karena belum siap membawa beban. Meski mesin Toyota Alphard sangatlah handal, kebiasaan buruk membawa mobil tanpa dipanasi lebih dulu, akan membuat mesin cepat rusak.

Untuk memanaskannya juga tidak sulit, Anda cukup menghidupkan mesin selama 5 menit saja. Waktu tersebut sudah cukup membuat mesin siap digunakan. Tetapi jangan sampai mobil dipanasi terlalu lama, karena akan membuat bahan bakar terkuras.

Dalam memanaskan mobil ini juga perlu dilakukan meski Anda tidak akan bepergian. Mobil yang jarang digunakan juga dapat membuat mesin cepat mengalami kerusakan.

5.    Merawat Ban Dengan Baik

Merawat ban juga harus dilakukan, karena sangat berpengaruh pada kenyamanan pengendara. Pastikan bahwa tekanan ban yang digunakan sesuai standar. Apalagi mobil MPV merupakan kendaraan dengan ukuran yang besar.

Pastikan tidak ada kerikil yang nyangkut di ban. Kerikil ini akan mengikis ban, dan membuatnya mudah pecah. Ban yang sudah gundul, juga harus segera diganti. Sehingga Anda bisa benar-benar memastikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Gunakan Spare part yang Original dalam Perawatan MPV

Dalam setiap perawatan tersebut, pastikan Anda memilih spare part original. Spare part yang asli pasti akan membuat mobil tetap awet dan memiliki usia lebih panjang. Jangan lupa untuk membeli spare part di tempat terpercaya, salah satunya di Blibli.

Di Blibli Anda akan menemukan banyak kemudahan dalam mencari berbagai spare part Toyota Alphard. Bahkan Blibli selalu memberikan promo dalam bentuk diskon, cashback, hingga gratis ongkir. Dengan banyaknya promo yang disediakan, memudahkan Anda untuk menemukan produk dengan kualitas terbaik dan harga spare part murah.

Tidak hanya itu, di Blibli Anda akan mudah melakukan segala bentuk transaksi. Mulai dari transaksi pembayaran, hingga pengiriman akan dijamin secara aman. Karena Blibli selalu memberikan perlindungan terbaik, dan sudah menjadi marketplace terpercaya. Jika Anda membutuhkan spare part dengan kualitas terbaik, mulai dari oli, aki, ban, dan lainnya, temukan di Blibli sekarang juga.

Mulailah merawat mobil Anda dengan menggunakan spare part terbaik dengan membelinya di Blibli. Anda bisa mulai menerapkan cara merawat mobil MPV Toyota Alphard dan berbagai jenis mobil lainnya agar usianya panjang.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gorontalo

Dugaan Kepanikan ESDM dan Kejanggalan Izin PT Gorontalo Minerals, Ini Buktinya!

Published

on

Bone Bolango – Sebuah surat dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang baru-baru ini diungkap dalam rapat Panitia Khusus (Pansus) DPRD Provinsi Gorontalo, menimbulkan polemik baru dalam kasus pertambangan PT Gorontalo Minerals (PT GM).

Surat yang terbit 21 Agustus 2014, dengan nomor 1131/31.02/DBM/2014, ditandatangani oleh Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral saat itu, Edi Prasodjo, dan menyatakan bahwa dokumen studi kelayakan PT GM diterima secara teknis dan ekonomis.

Namun, munculnya surat ini justru mengundang lebih banyak pertanyaan, karena beberapa kejanggalan serius ditemukan dalam distribusi dan substansi dokumen tersebut.

Dalam surat tersebut, disebutkan bahwa tembusan dikirim ke beberapa instansi, termasuk Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Gorontalo, serta Kepala Dinas Kehutanan, Pertambangan, dan Energi Kabupaten Bone Bolango.

Namun dalam rapat Pansus yang digelar pekan lalu, perwakilan Dinas ESDM Provinsi Gorontalo menyatakan tidak pernah menerima surat tersebut.

“Kami tidak pernah menerima surat itu sebelumnya. Baru pertama kali kami melihat dokumen ini dalam forum Pansus,” ujar salah satu pejabat Dinas ESDM Provinsi Gorontalo, seperti yang dicatat dalam notulensi resmi rapat.

Padahal, surat ini menjadi syarat utama bagi PT GM untuk melangkah ke tahap produksi dalam wilayah konsesi seluas 36.070 hektare di Proyek Sungai Mak, Bone Bolango.

Pengacara Rongki Ali Gobel, menilai temuan ini bukan hal sepele. Ia menyebut ada indikasi kuat terjadinya maladministrasi yang sistemik, yang berpotensi menggugurkan keabsahan operasional tambang.

“Bagaimana mungkin surat yang katanya menjadi dasar izin produksi, tidak pernah diterima oleh Pemda? Ini bukan sekadar kelalaian, ini bisa jadi pintu masuk untuk memeriksa ulang seluruh legalitas perusahaan,” kata Rongki Ali Gobel dalam keterangannya, Kamis 17 Juli 2025.

Tak hanya soal distribusi, sebelumnya ada juga temuan tentang dokumen yang menyebutkan proyek PT GM berada di Sungai Mak, Provinsi Kalimantan Selatan padahal faktanya, operasional tambang berada di Kecamatan Suwawa Timur dan Kec, Bulawa, kec, Bone Raya, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

“Ini sangat fatal. Jika lokasi dalam surat saja salah, maka seharusnya seluruh proses evaluasi tekno-ekonomi pun dipertanyakan. Evaluasi dilakukan untuk wilayah yang mana? Kalimantan atau Gorontalo?” tegas Rongki.

Yang juga menjadi sorotan adalah waktu kemunculan surat ini. Dokumen ini baru muncul ke permukaan setelah DPRD dan publik menyoroti keabsahan dokumen perizinan PT GM.

Muncul dugaan bahwa surat tersebut baru didistribusikan atau bahkan disiapkan ulang untuk merespons tekanan dari lembaga pengawasan.

“Kami melihat ada indikasi kepanikan. Ketika Pansus mulai menggali, tiba-tiba dokumen muncul. Tapi isinya pun bermasalah,” imbuh Rongki.

Rongki Ali Gobel mendesak agar DPRD, Ombudsman, dan Komisi Informasi segera membuka seluruh dokumen perizinan PT Gorontalo Minerals ke publik, termasuk dokumen AMDAL, studi kelayakan, dan surat-surat dari kementerian terkait.

Ia juga mengajak masyarakat sipil untuk mendorong moratorium aktivitas tambang PT GM, sambil menunggu hasil audit legal dan administratif.

“ini menyangkut kedaulatan daerah. Ketika izin tambang dibangun di atas surat yang tidak jelas, maka negara harus hadir untuk menghentikannya,” pungkasnya.

Continue Reading

Gorontalo

Tambang Emas, Luka di Tanah Bone Bolango

Published

on

Oleh Penulis : Lion Hidjun (Aktivis Forum Perjuangan Rakyat Bone Bolango)

Gorontalo — Di balik kehijauan bukit dan tenangnya aliran sungai yang selama ini menjadi sumber kehidupan masyarakat, luka besar tengah menganga di jantung Bone Bolango.

Luka itu bernama tambang emas.

Kehadiran PT Gorontalo Minerals (PT GM), perusahaan tambang yang digadang-gadang akan menjadi berkah bagi daerah, justru berubah menjadi sumber konflik yang tak kunjung padam.

Janji manis tentang kesejahteraan, lapangan kerja, dan kemajuan daerah yang sejak 17 tahun lalu digaungkan, kini justru menjelma menjadi mimpi buruk yang terus menghantui warga.

Sementara izin konsesi tambang seluas 24.995 hektare mencengkram tanah-tanah adat, akses masyarakat atas sumber daya alam yang selama ini diwariskan secara turun-temurun, perlahan dikunci rapat.

Teriakan Penolakan dari Kampung ke Kampung

Gelombang perlawanan mulai muncul dari kampung-kampung. Suara rakyat menuntut satu hal: kembalikan tanah ini ke rakyat.

Lion Hidjun (Aktivis Forum Perjuangan Rakyat Bone Bolango)

20 Agustus 2013: Ribuan penambang tradisional yang tergabung dalam Forum Penambang Mandiri Bone Bolango mengepung kantor PT GM. Pagar dan pos satpam dirobohkan.

Mereka marah, karena wilayah garapan mereka disita dan peralatan ditahan..

20 Juli 2023: Warga Desa Alo menggelar forum dialog terbuka. PT GM datang, tapi hanya mengirim perwakilan menengah. Warga merasa dilecehkan. Suasana memanas, dialog gagal.

3 Agustus 2023: Demonstrasi warga di Suwawa Timur pecah menjadi kericuhan. Pagar kantor kembali roboh.

Bentrok warga dengan aparat tak bisa dihindari. Korban berjatuhan di dua kubu..

28 Januari 2025: Warga Desa Alo memblokade jalur tambang dengan bambu dan kayu, menuntut ganti rugi atas lahan yang diklaim diambil tanpa musyawarah.

PT GM menyatakan telah membayar lahan tersebut, namun warga menolak klaim itu.

16 Februari 2025: Di Desa Mootawa, warga mengusir alat berat PT GM dari lahan yang masih dalam proses sengketa hukum.

Aparat pun membenarkan bahwa lahan tersebut belum bisa dioperasikan.

14 Mei 2025: Ratusan penambang rakyat dari berbagai kecamatan mengepung Gedung DPRD Provinsi Gorontalo. Mereka menuntut penghentian aktivitas PT GM dan percepatan penetapan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR).

Ini bukan lagi konflik lokal, tapi telah menjalar ke pusat kekuasaan daerah.

Pemerintah Daerah Mulai Bergerak karena ditekan rakyat…

3 Juni 2025: Gubernur Gorontalo mengeluarkan rekomendasi penghentian aktivitas PT GM, merujuk pada Keppres No. 41 Tahun 2004 yang diperbarui melalui Keppres No. 3 Tahun 2023, di mana PT GM tidak termasuk dalam 13 perusahaan yang diizinkan beroperasi di kawasan hutan lindung.

7 Juli 2025: Gubernur Gusnar Ismail bersama Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango menemui manajemen PT GM di Bakrie Tower, Jakarta.

Mereka menyampaikan kekhawatiran bahwa gesekan antara rakyat dan perusahaan bisa memicu konflik horizontal yang lebih luas.

Tanah Warisan Leluhur Bukan Milik Pemodal

Ironi konflik ini terletak pada kesenjangan antara narasi pembangunan dan realitas di lapangan.

PT GM memang menjanjikan investasi dan kesejahteraan. Namun siapa yang benar-benar merasakan manfaatnya?

Mayoritas pekerja berasal dari luar daerah. Warga lokal hanya kebagian remah bantuan sosial dan program CSR yang tak sepadan dengan kerusakan yang ditinggalkan. Bahkan, hutan dan sungai tempat mereka mencari hidup kini terancam rusak permanen.

Pertanyaannya sederhana namun menyakitkan: Untuk siapa sebenarnya tambang ini?

Rakyat Bone Bolango sadar, mereka hanya menjadi korban dari proyek ambisius yang lebih mementingkan grafik pertumbuhan ekonomi ketimbang keselamatan generasi mendatang.

Konflik antara PT Gorontalo Minerals dan warga Bone Bolango bukan sekadar perselisihan lahan. Ia adalah potret klasik pertarungan antara kapital dan kehidupan.

Di satu sisi, negara dan investor bicara soal investasi dan pertumbuhan.
Di sisi lain, rakyat berbicara tentang air, tanah, dan masa depan anak-anak mereka.

Jika suara rakyat terus dikecilkan, sejarah akan mencatat bahwa tambang ini tak pernah membawa emas bagi Bone Bolango, hanya luka, air mata, dan kemarahan yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Satu suara, Kembalikan ke Rakyat, Bone Bolango Berdaulat…

Continue Reading

Gorontalo

Warisan Budaya Terabaikan, Tim Langga Gorontalo Kesulitan Dana Menuju Ajang Nasional

Published

on

Gorontalo – Tim bela diri Langga Gorontalo menghadapi tantangan serius dalam upaya mereka mewakili daerah di ajang nasional yang akan digelar di Nusa Tenggara Barat (NTB). Meskipun telah mempersiapkan diri secara matang dari segi teknik dan mental, keterbatasan anggaran menjadi hambatan utama bagi keberangkatan mereka.

Pelatih Langga Gorontalo, Akbar Putra Hadju, mengungkapkan bahwa kebutuhan dana operasional seperti biaya perjalanan, akomodasi, dan perlengkapan masih belum sepenuhnya terpenuhi.

“Kami sudah menyiapkan strategi dan mental bertanding, tapi dana operasional masih menjadi kendala utama. Di sisi lain, Gorontalo saat ini justru disibukkan hanya soal persoalan logo Half Marathon. Padahal Langga adalah ikon bela diri Gorontalo yang patut kita apresiasi dan dukung hingga ke level nasional,” ujar Akbar.

Keikutsertaan dalam iven nasional di NTB tersebut sangat penting, bukan hanya untuk pengembangan kemampuan atlet, tetapi juga sebagai ajang promosi budaya dan jati diri Gorontalo melalui seni bela diri tradisional Langga.

Sementara itu, salah satu atlet Langga Gorontalo, Rahmat Unggo, menyatakan bahwa dirinya bersama rekan-rekan telah berlatih keras demi mewakili Gorontalo. Namun, semangat tersebut harus tertahan karena belum adanya kepastian dukungan dana.

“Saya dan teman-teman di Langga Gorontalo sangat semangat untuk ikut iven di NTB. Kami sudah latihan keras dan ingin sekali menunjukkan kemampuan terbaik. Kami juga sudah memasukkan proposal ke Gubernur dan Bupati Bone Bolango, tapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda pasti. Ini sangat memiriskan, apalagi Langga adalah warisan leluhur,” ungkap Rahmat.

Rahmat menambahkan bahwa biaya perjalanan dan akomodasi cukup tinggi, sehingga tanpa dukungan dari pemerintah atau sponsor, peluang mereka untuk tampil menjadi sangat kecil.

“Kami ingin mengharumkan nama Gorontalo dan berharap kendala biaya ini bisa segera teratasi. Kami masih menaruh harapan besar pada pemerintah dan para dermawan yang peduli akan seni bela diri dan budaya daerah,” ujarnya penuh harap.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler