Connect with us

Daerah

Jembatan Penghubung Desa Bumbulan- Kelurahan Pentadu Akan Diperbaiki

Published

on

Foto HUMAS

POHUWATO – Jembatan penghubung antara Desa Bumbulan dan Kelurahan Pentadu Kecamatan Paguat akan diperbaiki tahun depan. Kepastian tersebut sebagaimana peninjauan di lapangan yang dilakukan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, (20/12/2021).

Saipul Mbuinga mengatakan, jembatan yang direhab pemerintah sudah miring akibat salah satu tiang pancang bagian tengah sudah ambruk akibat derasnya air sungai, sehingga jembatan papan tersebut tidak bisa dilewati lagi oleh kendaraan.

Kondisi ini oleh Pemda Pohuwato akan ditindaklanjuti dengan akan membangun jembatan yang baru.

Bupati Saipul berharap dukungan dari masyarakat terutama yang berada di dua desa, diharapkan tidak ada kendala atas pembangunan jembatan.

“Kemudian kepada masyarakat dihimbau untuk bersabar sambil menunggu pekerjaan jembatan ini yang insyaallah awal tahun sudah ada pemenang tendernya,” Ungkapnya.

Kabid Bina Marga Risdiyanto Mokodompit, menjelaskan, pekerjaan jembatan bumbulan-pentadu telah teranggarkan pada 2020 tapi terkena refocusing dan teralokasi nanti di 2021 untuk pekerjaan tahun 2022.

“Jembatan akses warga bumbulan-pentadu sebesar Rp. 14,08 Milyar dengan bentang 50 meter lebar kurang lebih 8 meter sudah dengan bahu jalan,”

“Pelaksanaan pekerjaan rencana tender pada Januari 2022 sekaligus pembebasan lahan kuranga lebih 14 bidang tanah yang akan dibebaskan termasuk bangunan dan tanaman yang ada di lokasi tersebut,” Sambungnya.

Daerah

Bupati Pohuwato Terima LHP Dari BPK RI

Published

on

Penerimaan Laporan hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo || Foto HUMAS

POHUWATO – Pemerintah Kabupaten Pohuwato menerima laporan hasil pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Gorontalo atas belanja modal infrastruktur sejak awal Januari sampai dengan 30 November, tahun anggaran 2021.

Laporan hasil pemeriksaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Saipul Mbuinga bersama Ketua DPRD Pohuwato Nasir Giasi di gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Kantor Perwakilan Provinsi Gorontalo, Kamis (20/1/2022).

Kegiatan ini di ikuti oleh Bupati Pohuwato Saipul A. Mbuinga dan Ketua DPRD Nasir Giasi, yang didampingi Assisten Administrasi Umum Rusmiati Pakaya, Inspektur Daerah Mohamad Trizal Entengo, Kadis Perhubungan Yunus Mohamad, Kepala BKD Fitriani Lasantu dan Sekretaris Dinas PUPR Ir. Sadirun.

“Saya mewakili Pemerintah Daerah, mengucapkan terima kasih kepada pihak BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo yang telah menyerahkan LHP tahun anggaran 2021 Kabupaten Pohuwato, Tentu apa yang ada dalam laporan ini menjadi perhatian dan akan kami tindak lanjuti sehingga LHP TA 2021 ini sesuai dengan apa yang diharapkan,” Jelas Bupati Saipul Mbuinga.

Ia juga menambahkan Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato akan berupaya semaksimal mungkin agar semua laporan hasil pemeriksaan dari BPK tidak akan menemui kendala dan sesuai mekanisme yang ada.

“Kedepan dukungan dari semua Dinas atau OPD sangat diharapkan dalam rangka untuk mencapai pengelolaan keuangan yang baik di Pohuwato kedepannya,” Tutur Bupati.

Continue Reading

Daerah

Tak Ada Izin Operasi, Penambang Emas Dengilo Diminta Hentikan Aktivitas

Published

on

Ilustrasi Tambang Ilegal mjnews.id

GORONTALO – Meskipun telah ada edaran yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato berupa larangan untuk tidak melakukan aktivitas pertambangan di Kecamatan Dengilo Desa Karya Baru karena dinilai ilegal. Namun hingga saat ini, masih ada beberapa oknum yang coba tak mengindahkan imbauan tersebut.

Menurut Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga, Pemda Kabupaten Pohuwato telah mengeluarkan edaran beberapa bulan lalu, dimana aktivitas alat berat yang beroperasi di tambang Ilegal ditiadakan.

“Edaran tersebut sudah keluar 3 bulan kemarin, sampai dengan sekarang edaran tersebut masih berlaku, edaran itu untuk pelarangan aktifitas pertambangan ilegal yang beroperasi di wilayah Pohuwato,” Tegas Bupati Saipul Mbuinga.

Saipul menegaskan hingga saat ini belum ada pencabutan ataupun izin operasi yang diberikan oleh Pemda dan surat edaran tersebut masih berlaku dan harus dijadikan acuan oleh para penambang ilegal.

Rencananya, Bupati akan mengundang unsur Forkopimda Pohuwato untuk membahas permasalahan tambang Ilegal yang masih beraktifitas di Kecamatan Dengilo.

“Berdasarkan informasi ini maka saya akan mengadakan rapat kembali dengan Forkopimda terkait tambang ilegal tersebut,” Ujar Saipul.

Sementara itu saat di konfirmasi ke pihak Polres Pohuwato, Kapolres AKBP Joko Sulistiono, mengatakan pihaknya telah melakukan peninjauan lokasi tambang ilegal, namun pengerjaan ataupun aktivitas pertambangan ilegal yang menggunakan alat berat belum dijumpai.

“Tim saya kemarin sudah melakukan pengecekan di lokasi dan menurut informasi yang kami terima tidak ada di temukan pekerjaan pertambangan menggunakan alat berat tersebut,” Kata Kapolres Joko Sulistiono.

“Kalau masih ada aktifitas, kami akan melakukan pengecekan kembali, tinggal di sampaikan ke saya saja karena sesungguhnya pertambangan ilegal itu melanggar hukum,” Imbuh Joko.

Continue Reading

Advertorial

Pemda Gorut Targetkan Penerangan Jalan Bypass Selesai Sebelum Malam Tumbilotohe

Published

on

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin

GORUT – Pemaparan Review Desaign perencanaan pengadaan penerangan jalan umum oleh PT. Norosana Persada, dihadiri Bupati Indra Yasin, di Aula Tinepo Kantor Bupati. Menurutnya, pembangunan jaringan penerangan jalan akan dipasang di sepanjang jalan bypass.

“Hari ini kami membahas persiapan nanti pembangunan jaringan penerangan jalan yang nanti akan dipasang di sepanjang jalan bypass, yang sekarang ini mungkin belum selesai bangunannya tapi Insya Allah tahun ini selesai pembangunan jalannya. Kurang lebih itu 12 Kilometer,” Ungkap Indra Yasin.

Selain jalur bypass, ada beberapa jalur yang menjadi sasaran untuk dilakukan penerangan jalan salah satunya Jalan Nasional yang berada di depan Kantor Bupati Gorut.

“Jalan Nasional yang ada di depan Kantor Bupati kurang lebih 30 meter dari Bank SulutGo sampai Motinelo yang sekarang sudah ada medianya, itu sekarang kita pasang. Dan dari Pontolo sampai di Kodim, kemudian dari Polres Sementara, sampai di Rumah Sakit Zus, kemudian belok kiri di jalan menuju rumah sakit. Nah kurang lebih itu 15 ,8 KM,” Jelasnya.

Anggaran yang tersedia kata Indra kurang lebih 3 Miliar dari estimasi anggaran 5 Miliar, oleh sebab itu harapannya tahun ini penerangan jalan itu dapat terlaksana meskipun baru sebagian.

Ia menargetkan pada malam Tumbilotohe di bulan Ramadhan tahun ini sudah bisa dinyalakan atau paling lambat pada hari Ulang Tahun Kabupaten Gorontalo Utara.

“Nah mudah-mudahan ini sebagian sudah bisa terpasang tahun ini, karena belum teranggarkan seluruhnya. Nah, saya berharap lebih awal pembangunannya, saya targetkan kalau bukan April pada saat kita mau Ulang Tahun ini sudah bisa menyala, atau pada saat kita pasang lampu di Bulan Suci Ramadhan. Tentu itu target kita di tahun 2022,” Ujar Indra.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler