Connect with us

DPRD PROVINSI

Perjuangan Anggota DPRD Meyke Camaru dorong Bantuan Rp1,2 Juta bagi Pelaku UMKM di Gorontalo

Published

on

DEPROV – Meskipun hujan mengguyur, semangat ratusan warga di Kota Gorontalo tidak surut untuk berkumpul di halaman Gedung Belle Li Mbui. Pada hari itu, Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan berhasil menyalurkan bantuan kepada pelaku usaha kecil yang sangat dibutuhkan.

Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Meyke Camaru, menjadi sosok kunci di balik keberhasilan ini. Perjuangannya dalam mewujudkan bantuan usaha senilai Rp1,2 juta bagi 416 pelaku UMKM mencatat kisah inspiratif di tengah tantangan ekonomi yang dihadapi.

Meyke telah lama menjadi pendukung UMKM. Melalui program kerjanya (Pokir), ia secara konsisten mendorong masyarakat untuk memanfaatkan bantuan pemerintah. Dalam setiap kesempatan, baik melalui agenda reses maupun kegiatan lainnya, Meyke memberikan motivasi kepada warga untuk proaktif mengajukan permohonan bantuan, bahkan membantu mereka dalam membuat proposal.

“Saya selalu mendorong warga untuk memanfaatkan bantuan pemerintah ini, bahkan saya juga membantu mereka dalam menyusun proposal. Hal ini saya lakukan semata-mata untuk mendukung usaha mereka agar dapat bertahan di tengah situasi ekonomi yang sulit saat ini,” jelasnya pada Sabtu (09/12/2023).

Ketika bantuan disalurkan, wajah gembira dan haru terpancar di wajah para penerima. Mayoritas penerima bantuan adalah pemilik warung makan, penjual nasi kuning, dan pedagang lainnya. Bantuan yang berupa bahan pokok seperti beras, minyak goreng, dan gula pasir disalurkan dengan tepat sasaran.

Meyke berharap bahwa bantuan ini akan memberikan dampak positif bagi usaha para pelaku UMKM, terutama dalam menghadapi tantangan ekonomi setelah pandemi. Ia terus mengajak masyarakat untuk memanfaatkan bantuan tersebut sebagai modal untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan kesejahteraan.

“Banyak pelaku UMKM yang telah gulung tikar akibat dampak dari pandemi COVID-19. Pembatasan aktivitas masyarakat telah membuat banyak usaha harus ditutup. Oleh karena itu, setelah pandemi ini adalah saat yang tepat untuk bangkit kembali,” ungkap Meyke.

Baginya, bantuan ini bisa menjadi dorongan utama dalam memulihkan usaha dari keterpurukan. Srikandi dari Partai Golkar ini berharap bahwa upaya pemerintah ini dapat memberikan dampak yang sangat positif bagi pelaku usaha di bidang UMKM.

“Tambahan modal usaha ini bukan hanya sekadar bantuan, tetapi juga merupakan wujud kepedulian dan semangat untuk mendukung pertumbuhan UMKM serta ekonomi lokal,” tegasnya.

Advertorial

Silaturahmi Bersama DPRD: Penjagub Ismail Titip Beberapa Hal

Published

on

DEPROV – Penjagub Ismail Pakaya, didampingi Sekdaprov Gorontalo Sofian Ibrahim, mengadakan pertemuan silaturahmi dan rapat konsultasi dengan jajaran ketua dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo pada Minggu (28/04/2024) di RM Meranti, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango. Dalam kesempatan tersebut, Ismail menggunakan waktu untuk menitipkan beberapa hal kepada DPRD.

Pertama, Ismail membahas tentang sistem kesehatan yang sedang dibahas dalam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) oleh DPRD. Dia menginginkan agar penempatan tenaga kerja dokter spesialis di Provinsi Gorontalo dapat diatur dalam Perda tersebut.

Ismail memaparkan bahwa Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Gorontalo berharap agar tenaga kerja dokter spesialis dapat tersebar merata di setiap kabupaten. Saat ini, mayoritas dari 28 dokter spesialis yang ada hanya berpraktek di Kota Gorontalo, sementara daerah lain kekurangan tenaga tersebut.

Selain masalah sistem kesehatan, alokasi dana APBD 2025 juga menjadi perhatian Ismail. Dia mengusulkan agar di APBD 2025, terdapat anggaran untuk pengadaan gedung bagi OPD/dinas yang belum memiliki kantor sendiri.

Ismail menjelaskan bahwa pada tahun 2025, tidak ada alokasi anggaran untuk pembiayaan pemilihan kepala daerah (pilkada), sehingga alokasi dana lebih fleksibel. Permintaannya adalah agar fokus pada memenuhi kebutuhan kantor bagi OPD yang belum memiliki kantor, seperti Dinas Perhubungan, Dinas Pemberdayaan Perempuan, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Untuk lokasi kantor-kantor tersebut, Ismail menyarankan agar dibangun di area perkantoran pemerintah provinsi yang terletak di Tinelo Ayula, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango.

Continue Reading

Advertorial

Paris Jusuf Hadiri Legislatif & UMKM SULUTGO Expo XII di Minahasa

Published

on

DEPROV – Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Paris R.A Jusuf, menghadiri kegiatan Legislatif & UMKM SULUTGO Expo XII di God Bless Park, Tondano, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 24 April 2023. Dalam acara pembukaan, Paris diberi kesempatan untuk memberikan sambutan.

“Acara ini menjadi forum yang penting bagi para wakil rakyat untuk bersilaturahmi, sekaligus kesempatan bagi Anggota DPRD untuk menyampaikan program-program kerja mereka kepada masyarakat,” ucap Paris.

Bagi Paris, Legislatif Expo 2024 adalah ajang penting untuk menyosialisasikan tugas dan fungsi anggota dewan, serta memperluas pengetahuan wakil rakyat. Selama empat hari kegiatan tersebut, berbagai acara menarik diadakan, termasuk pentas seni budaya, kunjungan mahasiswa dan siswa SMA/SMK, workshop tugas fungsi dewan, lomba debat APBD antar universitas, dan lainnya.

Di antara rangkaian acara yang diselenggarakan adalah studi banding peserta di tempat wisata, lomba pidato politik, lomba catur, dan bimbingan teknis pertanggungjawaban pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 53 tahun 2023, tentang Perubahan Peraturan Presiden Nomor 33 tahun 2020 tentang Standar Harga Satuan Regional.

“Acara ini juga menjadi momentum bagi UMKM SulutGo XII untuk memamerkan produk-produk unggulan mereka dan meningkatkan kerjasama dengan pemerintah daerah serta masyarakat umum,” ujar Paris, menambahkan.

Kehadiran Paris Jusuf memberikan semangat tersendiri bagi acara ini, serta semakin memperkuat hubungan antara Gorontalo dan Sulawesi Utara, baik dalam bidang legislatif maupun perekonomian.

Continue Reading

Advertorial

Paris Jusuf Mengapresiasi Kedatangan Presiden Jokowi ke Gorontalo, Sorot Perhatian Pemerintah Pusat pada Pembangunan Strategis

Published

on

DEPROV – Paris R.A. Jusuf, Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, mengapresiasi kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Gorontalo pada hari Senin (22/04/2024). Dia menyatakan bahwa kedatangan Presiden selama dua hari ini merupakan penghargaan bagi pemerintah daerah.

Paris mengatakan bahwa kedatangan Presiden Jokowi ke Gorontalo bukanlah hal yang baru, bahkan ini sudah lebih dari sekali selama masa jabatannya sebagai Presiden. “Kami berterima kasih karena ini penghargaan luar biasa dari pemerintah pusat, khususnya Pak Jokowi selaku Presiden yang berkunjung ke Gorontalo. Kalau tidak keliru sudah tiga kali, ini penghargaan luar biasa,” ungkap Paris.

Menurut Paris, pemerintah pusat memberikan perhatian yang besar terhadap Gorontalo, meskipun kunjungan ini terjadi di akhir masa jabatan Presiden. Salah satu bentuk perhatian tersebut adalah dengan meninjau Waduk Bulango Ulu dan meresmikan Bandara Panua Pohuwato.

“Kedua proyek ini sangat strategis, dan ini atas kebijakan Pak Presiden. Makannya kita support, kita senang dan bangga, kita berharap pembangunan ini hasilnya bisa maksimal untuk kemajuan Gorontalo,” jelas Politisi Partai Golkar itu.

Paris juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten dan kota serta jajaran forkopimda yang telah mendukung semua pelaksanaan kegiatan kunjungan Presiden Joko Widodo selama di Gorontalo. “Terima kasih juga kepada pemerintah daerah bupati, wali kota, dan forkopimda yang telah mensupport semua kegiatan-kegiatan, titik-titik yang menjadi kunjungan Pak Presiden,” tandasnya.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler