Connect with us

Advertorial

Suleman Lakoro Hadiri Peluncuran Program Domino Oleh BI Gorontalo

Published

on

GORUT – Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Suleman Lakoro menghadiri acara peluncuran program Digitalisasi To Bumi Hulonthalo (Domino) yang diselenggarakan Bank Indonesia Perwakilan Gorontalo, di Lapangan Citi Mall Gorontalo.

Kehadiran Sekda Gorut Ini sebagai salah satu bentuk bahwa pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo Utara (Pemkab Gorut), mendukung dan terus mendorong digitalisasi di daerah itu, salah satunya transaksi digital lewat QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

Suleman Lakoro mengaku, lewat program Domino tersebut, tentu diupayakan seluruh transaksi keuangan yang melibatkan UMKM hingga sumbangan ke tempat ibadah dapat dilakukan dengan transaksi digital.

“Kebiasaan transaksi digital ini juga bagian dari new normal di masa pandemi Covid-19 kemarin. Karena cara kita bertransaksi tidak harus manual, tapi bisa dilakukan secara non tunai dengan sistem digital,” tutur Suleman.

Berdasarkan riset yang telah dilakukan terhadap aktivitas transaksi keuangan di masa pandemi, sebanyak 25 persen responden mengaku kesulitan melakukan transaksi financial, antara lain takut bepergian ke bank atau ATM hingga berbelanja keperluan sehari-hari.

“Nah, dengan QRIS ini diharapkan seluruh transaksi keuangan di mana pun bisa dilakukan dengan sistem digital, tanpa harus bertransaksi langsung,” jelasnya.

Dan khusus di Gorontalo Utara, Suleman mengatakan, pemerintah daerah masih terus berupaya.

“Saat ini, yang kita dorong adalah para pelaku UMKM, termasuk juga sumbangan untuk tempat ibadah, seperti masjid dan gereja, kita dorong bertransaksi menggunakan QRIS,” imbuhnya.

“Nah, ini salah satu upaya pemerintah daerah dan alhamdulillah hari ini diupayakan Bank Indonesia melalui launching Program Domino. Insya Allah ke depan, semua transaksi sudah dilakukan secara non tunai dengan sistem digital,” pungkas Suleman.

Advertorial

Suharsi Igirisa Pimpin Upacara HUT Korpri ke-51

Published

on

POHUWATO – Pemerintah Kabupaten Pohuwato menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) yang ke-51, Selasa (29/11/2022) bertempat di lapangan upacara Kantor Bupati.

Wakil Bupati Suharsi Igirisa dalam sambutannya, menyampaikan ucapan selamat HUT ke-51 kepada KORPRI Pohuwato dan mengingatkan kepada seluruh ASN untuk menghindari problematika birokrasi di Sosial Media.

“Mari tegakan disiplin dan bangun sinergitas antar sesama, utamakan kolaborasi untuk mencapai tujuan bersama, dan hindari perpecahan/provokasi apalagi dikalangan sosial media,” ucap Wabup Suharsi saat memimpin upacara Korpri.

Suharsi berharap seluruh anggota KORPRI Pohuwato dapat menunjukan eksistensinya di segala bidang sesuai tupoksinya masing-masing.

Sementara itu, ketua KORPRI Pohuwato, Usman Bay menyampaikan bahwa tema yang diusung pada HUT Korpri yang ke-51 adalah “KORPRI Melayani, Berkontribusi Dan Berinovasi Untuk Negeri”.

“Tema yang diambil ini tentunya merupakan sebuah harapan dan pesan besar bagi KORPRI, terutama pasca pandemi dan ancaman resesi ekonomi global, KORPRI diharapkan harus tetap meningkatkan kinerja terpenting di bidang pelayanan publik serta memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa dan negara ini,” jelasnya.

Selain pelaksanaan upacara, Usman mengatakan bahwa KORPRI Pohuwato juga menyelenggarakan beberapa kegiatan sosial dalam momentum HUT Korpri Ke-51, salah satunya kegiatan donor darah.

“Donor darah merupakan salah satu kegiatan yang menurut saya penting untuk diselenggarakan, mengingat stok darah di lembaga kesehatan wilayah Pohuwato masih mengalami kekurangan,” pungkasnya.

Continue Reading

Advertorial

Gebyar UMKM Gorontalo City 2022, Para Pelaku Usaha Pasarkan Produknya

Published

on

Foto Istimewa

KOTA GORONTALO – Gebyar UMKM merupakan wadah bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan produk pemasaran. Demikian disampaikan Wali Kota Marten Taha pada Gebyar UMKM Gorontalo City 2022, yang berlangsung di rumah adat Dulohupa, (28/11/2022).

Menurutnya, Ini amanah yang diberikan oleh pemerintah untuk meningkatkan promosi dan daya saing produksi maupun silaturahim antar para pengusaha industri kecil menengah dan konsumen serta pebisnis ritel.

“Melalui gebyar UMKM yang dilaksanakan hari ini sampai dengan beberapa hari kedepan pemerintah kota Gorontalo mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya para pelaku UMKM untuk dapat berpartisipasi dan berperan serta ikut ambil bagian dalam menyukseskan gelaran UMKM yang dimaksud,”

Marten Taha menambahkan, pelaksanaan gebyar UMKM dapat dimaknai bahwa pemerintah kota Gorontalo tetap konsisten berkonsentrasi pada pemulihan ekonomi melalui berbagai kegiatan yang sifatnya katalisator.

“Antara lain pengembangan kapasitas dan kompetensi UMKM dalam berwirausaha baik secara online maupun offline dan akses permodalan melalui perbankan, LPDP,” Jelasnya.

Berikutnya sebagai ujung tombak dari perekonomian pada masyarakat UMKM tentunya lebih dipacu untuk membuka peluang baru melalui kegiatan yang bersifat non konvensional karena memiliki peluang dan penyerapan tenaga kerja yang lebih besar.

“Di kota Gorontalo tercatat UMKM berjumlah lebih dari 10.000 pengusaha dengan berbagai aktivitasnya,” Ujar Walikota.

Continue Reading

Advertorial

Dinas PMD Pohuwato Gelar Coaching Clinic Aplikasi Sistem dan Tata Kelola Keuangan Desa

Published

on

Kepala Dinas PMD, Muzna Giasi

POHUWATO – Pemerintah Kabupaten Pohuwato melalui Dinas PMD mendukung pelatihan untuk mendorong seluruh jajaran pemerintahan desa dalam menguasai Aplikasi Sistem dan tata Kelola Keuangan Desa (Siskaudes) online.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas PMD, Muzna Giasi usai menghadiri kegiatan Coaching Clinic Aplikasi Sistem dan Tata Kelola Keuangan Desa yang diselenggarakan oleh APDESI dan BKAD Pohuwato, Jumat (25/11/2022) bertempat di Hotel Amaris Kota Gorontalo.

Coaching Clinic Aplikasi Sistem dan Tata Kelola Keuangan Desa merupakan sebuah program pelatihan penggunaan aplikasi sistem keuangan dalam membantu pengelolaan keuangan dan aset Desa.

“InshaAllah kedepannya, kami berharap seluruh Aparatur Pemerintah Desa di wilayah Kabupaten Pohuwato dapat menguasai penerapan aplikasi sistem agar nantinya tidak ada lagi yang mengalami keterlambatan dan kekeliruan terhadap penyusunan anggaran Desa dan lebih tranparansi terkait pengelolaan Aset Desa,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua APDESI Kabupaten Pohuwato, Sirwan Mohi mengatakan bahwa kegiatan Coaching Clinic Aplikasi Sistem dan Tata Kelola Keuangan Desa rutin dilaksanakan 1 Tahun sekali menjelang pergantian Tahun.

“Kami berharap di kegiatan Coaching Clinic selanjutnya, Dinas PMD dapat terus bermitra, mendampingi, dan memberikan arahan kepada seluruh APDESI, khususnya Perangkat Desa yang ada di Kabupaten Pohuwato,” pungkasnya.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler