Connect with us

UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Kolaborasi UNG-UGM, 194 Mahasiswa Ikuti KKN di 3 Provinsi

Published

on

Pelepasan Mahasiswa KKN Kolaboratif UNG-UGM

UNG – Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif, mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo dan Universitas Gadjah Mada akan mengabdikan diri kepada masyarakat di daerah, dengan membawa tugas khusus untuk pengembangan kawasan teluk tomini.

Mahasiswa terpilih yang terdiri dari 143 mahasiswa UNG dan 51 mahasiswa UGM resmi dilepas oleh Wali Kota Gorontalo Marten Taha, didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Mohammad Amir Arham. Seluruhnya akan fokus melakukan pengabdian di wilayah teluk tomini meliputi Kabupaten Sangihe, Kabupaten Tojo Una-Una, Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Pohuwato.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Mohammad Amir Arham mengatakan, pengabdian bersama UGM merupakan KKN kolaborasi yang kedua kalinya dilaksanakan UNG. Program pengabdian ini merupakan KKN kolaboratif yang direkognisi menjadi 20 SKS mata kuliah.

“KKN ini sedapat mungkin bukan sekedar kolaborasi bersama dilokasi, namun juga dapat menjadi kesempatan untuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman antar mahasiswa. Sehingga ketika selesai KKN akan banyak bekal yang bisa didapatkan mahasiswa kedua Universitas,” ujar Amir.

Kehadiran mahasiswa di kawasan teluk tomini diharapkan dapat menjadi pemicu berbagai potensi yang dimiliki masyarakat di desa, untuk kemudian dapat lebih dikembangkan melalui kegiatan pengabdian dan penelitian dosen.

“Sehingga kita harapkan kedua daerah ini akan berkembang pesat dalam hal pembangunan melalui potensi desa dan masyarakat,” terangnya

Advertorial

UNG akan Gelar Seminar Nasional Evaluasi Pemilu dan Proyeksi Pilkada

Published

on

UNG – Seminar Nasional Evaluasi Pemilu Indonesia yang akan diselenggarakan oleh Universitas Negeri Gorontalo (UNG) bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya, KPU Provinsi Gorontalo, dan Bawaslu Provinsi Gorontalo akan menjadi momen penting untuk mengevaluasi dan memperkuat kualitas demokrasi di Indonesia.

Pesta demokrasi yang diselenggarakan setiap lima tahun harus senantiasa dievaluasi agar dapat lebih matang dan efektif. Dengan pemilihan kepala daerah yang akan digelar serentak di Provinsi Gorontalo dan seluruh kabupaten/kota pada bulan November mendatang, evaluasi tersebut menjadi semakin penting.

Seminar nasional tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan pada Selasa, 7 Mei 2024, pukul 09.30 WITA di Ruang Sidang Rektorat Lantai 4 Universitas Negeri Gorontalo. Salah satu pembicara utama dalam seminar ini adalah Clint Shoemake, M.A., Deputi Politik dan Ekonomi Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya, yang akan membagikan pengalaman Pemilu di Amerika Serikat.

Turut menjadi narasumber dalam seminar ini adalah Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Drs. Fadlianto Koem, S.Ag., M.Pd., Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo, Idris Usuli, S.Pd., M.AP., Sosiolog UNG, Dr. Funco Tanipu, S.T., M.A., dan Wakil Direktur Gorontalo Post, Dr. Femmy Kristina Udoki, M.Si.

Rektor Universitas Negeri Gorontalo, Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, ST., M.T., menjelaskan bahwa seminar ini adalah bagian dari komitmen UNG untuk terus mengawal proses demokrasi di Indonesia, khususnya di Provinsi Gorontalo. Seminar ini juga merupakan kelanjutan dari penandatanganan MoU antara UNG dengan KPU Provinsi Gorontalo dan Bawaslu Provinsi Gorontalo pada 9 Januari 2024.

Seminar Nasional Evaluasi Pemilu Indonesia ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga serta memperkuat sistem demokrasi di Indonesia, terutama di tingkat lokal seperti Provinsi Gorontalo.

Continue Reading

Advertorial

Rektor UNG Pantau Pelaksanaan UTBK

Published

on

UNG – Rektor Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T., M.T., beserta pimpinan universitas dan fakultas melakukan peninjauan langsung proses pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) tahun 2024 di Universitas Negeri Gorontalo.

Peninjauan dilakukan di dua titik pelaksanaan UTBK, yaitu di kampus utama UNG dan kampus UNG Bone Bolango. Rektor bahkan berinteraksi langsung dengan peserta ujian untuk memastikan tidak ada kendala fasilitas ujian yang dialami.

Hasil pemantauan menunjukkan bahwa seluruh proses pelaksanaan ujian berjalan lancar tanpa ada hambatan teknis. Peserta ujian juga memberikan tanggapan positif, menyatakan bahwa proses ujian berlangsung tanpa kendala.

“Alhamdulillah dari lokasi yang kami cek sejauh ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Mudah-mudahan lancarnya proses pelaksanaan ujian ini dapat berlangsung dari hari pertama hingga hari terakhir pelaksanaan UTBK-SNBT 2024 di UNG,” harap rektor.

Rektor menekankan pentingnya proses pemantauan untuk memastikan kesiapan perangkat pendukung ujian dan pelaksanaan ujian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Dengan proses pelaksanaan ujian yang baik, diharapkan peserta akan dapat memperoleh hasil yang terbaik dalam proses seleksi mahasiswa baru pada perguruan tinggi negeri yang diinginkan,” tutupnya.

Continue Reading

Advertorial

UTBK-SNBT Dimulai: 5.430 Peserta Bersaing untuk Masuk UNG

Published

on

UNG – UTBK-SNBT 2024 telah dimulai secara serentak di seluruh Indonesia, dan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menjadi salah satu pusat pelaksana UTBK di wilayah tersebut. Sebanyak 5.430 peserta dijadwalkan mengikuti ujian pada gelombang pertama.

Rektor UNG, Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T., M.T., menyampaikan bahwa pelaksanaan UTBK-SNBT di UNG akan berlangsung selama 7 hari, mulai dari tanggal 30 April hingga 2 – 7 Mei 2024. Ujian akan dilakukan dalam dua sesi, pagi dan siang, dengan jumlah peserta sebanyak 500 calon mahasiswa pada hari pertama.

“UNG telah menyiapkan lebih dari 500 perangkat komputer yang tersebar di 23 laboratorium sebagai tempat pelaksanaan UTBK,” ungkap rektor.

Seluruh perangkat komputer tersebut telah dilengkapi dengan fasilitas jaringan internet yang memadai. UNG juga telah memastikan kesiapan seluruh perangkat pendukung ujian, sehingga dapat melayani mahasiswa selama 7 hari ujian berlangsung.

“Kami berharap peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, untuk bersaing secara sehat dalam memperebutkan masuk ke program studi dan perguruan tinggi yang diinginkan,” harap rektor.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler