Connect with us

Gorontalo

Beberapa Hari Ke Depan Gorontalo Akan Alami Hujan Lebat Dan Angin Kencang

Published

on

Foto Ilustrasi cuca ekstrem || Foto independensi.com

GORONTALO – Akhir-akhir ini Provinsi Gorontalo mengalami cuaca ekstrem. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai hujan lebat yang disertai angin kencang untuk beberapa hari ke depan akibat Fenomena alam Siklon Tropis Surigae.

Berikutnya juga warga dan unsur pemerintahan diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak yang akan ditimbulkan oleh perubahan cuaca ekstrem ini berupa banjir dan tanah longsor.

Fenomena alam Siklon Tropis Surigae ternyata memberikan dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca khususnya di wilayah Gorontalo. Secara teknis, siklon tropis didefinisikan sebagai sistem tekanan rendah non-frontal yang berskala sinoptik yang tumbuh di atas perairan hangat dengan wilayah perlawanan’ konvektif.

Dan kecepatan angin maksimum setidaknya mencapai 34 knot pada lebih dari setengah wilayah yang melingkari pusatnya, serta bertahan setidaknya enam jam.

Seperti di informasikan oleh BMKG bahwa adanya Bibit Siklon Tropis 94 W sudah berubah menjadi Siklon Tropis SURIGAE di Samudera Pasifik sebelah utara Papua.

Gorontalo

Ruslan Latif, Nelayan Yang Terpilih Jadi Kades

Published

on

Ruslan Latif Bersama Istri || Foto Istimewa

GORONTALO – Sebanyak 86 Kepala Desa terpilih dilantik Bupati Gorontalo di Aula Gedung Kasmat Lahay Desa Kayubulan, Limboto. Salah satunya Ruslan Latif Warga Desa Luluo Kecamatan Biluhu yang mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk memimpin enam tahun ke depan.

Sebelumnya, Ruslan yang kesehariannya sebagai nelayan tak pernah berfikir untuk mencalonkan diri untuk menjadi kepala Desa, hal itu diakuinya dengan keterbatasan biaya dan latar belakang hanya seorang nelayan, mungkin di anggap sebagian orang tak patut untuk jadi pimpin. Terlebih dirinya berada di wilayah Sulawesi Utara tepatnya di Kota Bitung untuk mencari Nafkah.

Dirinya pernah ditawarkan beberapa pemuda Desa dan beberapa tokoh masyarakat untuk mencalonkan diri pada perhelatan Pilkades karena dinilai pantas, terlebih Paman Taki sapaan akrabnya di mata masyarakat adalah sosok yang santun dan murah senyum.

Namun usulan dari orang-orang tersebut sempat ditolak karena ia merasa tak akan mampu melawan petahana dan rekanya yang notabene telah memiliki banyak masa pendukung, ditambah lagi semasa kepemimpinan tak pernah membuat luka di masyarakat.

Lagi dan lagi tawaran dari pendukungnya terus mengalir, memaksa dirinya harus ikut berkompetisi pada Pilkades tahun ini. Mau apalagi akibat dorongan dan merasa terpanggil untuk melakukan pengabdian dan membangun Desa maka Ia memberanikan untuk masuk dalam bursa pencalonan.

Akhirnya pada tanggal 24 Maret 2021 Ruslan Latif berhasil mengalahkan para lawannya dengan perolehan suara terbanyak dan keluar sebagai pemenang setelah diputuskan oleh komisi pemilihan kepala Desa.

Continue Reading

Gorontalo

Hujan Deras Akibatkan Banjir Di Desa Haya-haya Dan Padengo

Published

on

Foto sore tadi Sejumlah rumah warga di Desa Haya Haya dan Padengo terendam air || Foto Ismail Azis (Warga)

GORONTALO – Hujan deras yang mengguyur kawasan Limboto Barat membuat aliran kali meluap ditambah sistem drainase yang buruk sehingga menyebabkan banjir hingga mencapai ketinggian 60 cm.

Pantauan barakati.id, Sejumlah rumah warga di Desa Haya Haya dan Padengo terendam air dan ruas jalan trans Limboto- Isimu ikut tergenang hingga menyebabkan kemacetan.

Hingga malam ini ketinggian air di dua Desa tersebut mulai surut namun masih ada beberapa rumah warga yang terendam.

Continue Reading

Gorontalo

Pemprov Gorontalo Cairkan Gaji 13 Dan THR

Published

on

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie || Foto Barakati.id (Arlank Pakaya)

GORONTALO – Gubernur Rusli Habibie instruksikan Kepala Badan Keuangan Provinsi Gorontalo untuk mencairkan gaji ke 13 dan tunjangan hari raya pegawai negeri sipil di lingkungan kerja pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Tadi saya perintahkan pada pak Kaban Keuangan untuk segera mencairkan THR. Kurang lebih jumlahnya ada Rp24 miliyar, termasuk teman-teman di DPRD. Selain THR juga gaji 13 akan dicairkan,” ungkap Rusli, (5/4/2021).

Pembayaran gaji para pegawai telah ditandatangani Gubernur dan akan diproses hari ini oleh badan keuangan provinsi.

Kepada Badan Keuangan Provinsi Gorontalo Daniel Ibrahim mengatakan, telah melakukan koordinasi dengan badan keuangan dan proses pembayaran THR, sebesar gaji pokok ditambah dengan tunjangan keluarga, tunjangan jabatan baik fungsional maupun struktural dan tunjangan umum lainnya yang diperkirakan total seluruhnya Rp24 miliar.

“Dan anggaranya sudah disiapkan oleh Pemprov Gorontalo dan akan langsung ditransfer ke rekening istri sesuai kebijakan pak gubernur,” ungkap Daniel.

Daniel menambahkan jika hari ini sudah masuk rekening, maka pemprov gorontalo termasuk yang tercepat dalam proses pencairan THR dan gaji-13.

“Jika kita lihat sepertinya memang provinsi Gorontalo yang pertama kalau ditingkat provinsi. Untuk tingkat Kabupaten/Kota pun yang ada di provinsi Gorontalo juga saya belum dengar jika sudah ada pembayaran,” tandasnya.

Continue Reading

Terpopuler