Connect with us

Bone Bolango

Gambar Not Balok Di Atas Sawah 1500 Meter Jadi Pemandangan Unik Di Desa Huntu Selatan

Published

on

GORONTALO-Perupa asal Gorontalo Iwan Yusuf, bersama warga Huntu Selatan, Kabupaten Bone Bolango menggelar pameran seni rupa dengan menghadirkan karya fenomenal berupa gambar menggunakan benih padi. Di atas sawah seluas 1500 meter persegi milik warga setempat, Iwan beserta kawan komunitas perupa Tupalo Gorontalo berhasil mendeformasi bentuk Not Balok (outsidenote) yang terlihat cukup menarik jika dipantau dari ketinggian lebih dari 10 meter.

Pameran ini diberi tema “Menghadap Bumi”, yang sengaja dipersembahkan kepada warga Huntu Selatan pasca Panen padi Maa Ledungga.

Pameran telah dibuka sejak tanggal 27 Desember 2019, yang rencananya akan berlagsung hingga 12 Januari 2020.

Menurut informasi, Pameran hanya dibuka gratis untuk umum pada hari pertama pembukaan, sementara pada hari-hari berikutnya para pengunjung akan dikenakan tiket masuk seharga Rp 5.000/Orang. Para pengunjung akan melihat secara langsung keindahan karya berbentuk not balok atau not khatulistiwa itu dari ketinggian 10 Meter dengan menaiki panggung yang telah disediakan penduduk.

Hasil penjualan tiket sepenuhnya akan didonasikan untuk biaya pameran seni rupa pasca panen padi Maa Ledungga di desa tersebut.

Menghadap bumi menjadi tema yang diangkat karena dianggap sebagai “titik nol” untuk kembali ke dasar. Selain itu pula sebagai gambaran keyakinan pentingnya menengok dan menandai hal-hal yang menjadi ide dasar untuk berkarya.

Karya Not Khatulistiwa sebagai kelanjutan atas jejak karya Land Art dan Site Spesific yang pernah dibuat Iwan Yusuf sebelumnya, di antaranya “Bayi Angsa”, “Urat Nadi” “Sumber Air Gemulo”, dan “Lahilote” di atas permukaan danau Limboto.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bone Bolango

Polres Bone Bolango Bubarkan Balap Liar di Tengah Corona

Published

on

BONEBOL-Sudah diimbau untuk tidak berkerumun, anak-anak remaja ini malah melakukan balap liar. Aksi yang dipusatkan di area jalan Gor Tapa dan center point Bone-Bolango pada Sabtu (25/04) pagi itu pun meresahkan warga sekitar.

Warga akhirnya melapor ke pihak berwajib. Satlantas Polres Bone Bolango yang dipimpin kasat, AKP I Made Parwita SH,SIK., pagi itu juga melakukan patroli dan membubarkan kerumunan anak muda tersebut.

“Patroli ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari laporan masyarakat yang merasakan ketidaknyamanan atas tingkah laku anak muda yang nongkrong dan melakukan aksi balap liar di Lokasi Center Point dan jalan Gor Tapa,” ungkap Kasat Lantas Polres Bone-Bolango usai patroli.

AKP I Made Parwita juga mengimbau kepada masayarakat utamanya kepada orang tua agar selalu mengawasi anak-anaknya agar tidak keluar rumah.

“Mengingat situasi sekarang ini diimbau kepada seluruh masyarakat khususnya kepada orang tua untuk mengawasi anak-anaknya, sama-sama kita patuhi yang dianjurkan oleh pemerintah untuk tidak berkeliaran ke luar rumah, agar memutus mata rantai wabah ini,” imbau kasat.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono, SIK juga telah mengimbau masyarakat Provinsi Gorontalo agar lebih peduli dengan upaya pencegahan penyebaran wabah Virus Covid-19 dengan tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan mendesak.

Continue Reading

Bone Bolango

Pelaku Pencurian HP di Suwawa Diringkus Tim Watawatanga Polres Bone Bolango

Published

on

BONEBOL-YP alias Juni (42), kini menyesali perbuatannya. Warga Kelurahan Heledulaa Utara, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo ini, diringkus petugas Resmob Watawatanga Tim Sat Reskrim Polres Bone Bolango, setelah sempat kabur usai melakukan pencurian sebuah Handphone milik warga.

Di hadapan petugas, YP akhirnya mengakui bahwa dirinyalah yang telah melakukan tindak pidana pencurian itu.

Kasat Reskrim Polres Bone Bolango IPTU Laode Arwansyah, SIK., mengungkapkan, YP ditangkap pada Minggu (15/3/2020) sekitar pukul 22.00 Wita. Pelaku sempat menghilang sekitar satu bulan lamanya.

Kasat menuturkan bahwa pelaku melancarkan aksi pencurian di Desa Boludawa, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, pada Minggu (16/3/2020) silam, di warung milik seorang warga. Saat itu pelaku mendatangi warung milik korban dengan berpura-pura untuk belanja. Sambil berlagak serius, pelaku pun memperhatikan handphone yang berada di dalam warung tersebut. Dan manakala anak korban hendak menanyakan harga barang kepada korban di dalam rumah, YP langsung mengambil handphone dan bergegas kabur.

“Setelah itu, korban melaporkan kepada kami. Dan dari hasil penyelidikan, tim mendapatkan informasi mengenai tempat pelaku bersembunyi, kemudian tim memancing agar pelaku dapat keluar dari tempat persembunyiannya yang berada di wilayah Kota Gorontalo, tidak lama kemudian pelaku keluar dari kosnya yang berada di Kelurahan Wongkaditi, Kota Gorontalo. Tim pun langsung menangkapnya yang sedang berdiri di poskamling,” kata Kasat.

YP kemudian diamankan petugas beserta barang bukti berupa 3 buah Handphone Android, 1 unit Laptop, 1 unit TV merk panasonic 21 inc warna hitam, dan 1 unit Sepeda Motor merk Honda Beat warna Hitam.

Continue Reading

Bone Bolango

Bupati Hamim Keluarkan Edaran Terkait “Work From Home” Bagi ASN

Published

on

BONEBOL-Menindaklanjuti edaran Menteri PAN-RB tentang penyesuaian kerja ASN dalam upaya pencegahan Covid19, Bupati Bone Bolango Hamim Pou menerbitkan surat edarannya, Senin (16/3/2020). Dalam edaran tersebut Hamim menginstruksikan sejumlah poin penting.

Di mana tiap-tiap Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta untuk memastikan ASN nya dalam keadaan sehat dan produktif saat menjalankan tugas. Bagi pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, serta pejabat pengawas tetap menjalankan tugas sebagaimana di kantor dengan memperhatikan protocol upaya pecegahan virus corona. Sementara untuk pejabat fungsional dan pelaksana, dianjurkan melaksanakan tugas di rumah sebagaimana di atur pimpinan OPD dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Dan bagi ASN yang ditugaskan di rumah (work from home), diminta untuk memperhatikan jenis pekerjaan pegawai, domisili pegawai, kondisi kesehatan pegawai, kondisi kesehatan keluarga pegawai, riwayat perjalanan keluar daerah pegawai selama 14 hari kalender terakhir, serta efektivitas pelaksanaan tugas dan pelayanan unit organisasi. Pemda juga dalam hal ini tetap memberikan tambahan penghasilan pegawai (TPP) meskipun menyelenggarakan tugas dan kerja-kerja di rumah.

Bukan cuma ASN, pemberlakuan work from home itu juga berlaku bagi para honorer. Ketentuan work home berlaku hingga 31 Maret 2020 dan akan dievaluasi lagi.

Dalam edaran itu juga bupati mengarahkan tiap-tiap pejabat administrator, pengawas, serta fungsional untuk melakukan koordinasi melalui media komunikasi, seperti Whatsapp, SMS, serta media komunikasi lainnya.

Ia juga meminta OPD yang melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat agar menerapkan kaidah standar pencegahan covid19. Untuk Pelaksanaan apel kerja yang digelar setiap Senin baik di kantor bupati maupun masing-masing dinas ditiadakan sementara waktu.

Selain itu, perjalanan dinas keluar daerah maupun luar negeri oleh masing-masing ASN ditunda. Hal ini utamanya di wilayah yang terdapat covid19. Bahkan aktivitas perjalanan di dalam daerah pun sementara waktu ini dibatasi kecuali kondisi urgen dan mendesak.

Bupati juga meminta untuk penundaan pertemuan maupun rapat langsung yang melibatkan banyak orang. Seperti workshop, Bimtek, sosialisasi dan sejenisnya. Namun untuk rapat-rapat khusus sebisa mungkin menyiapkan alat pengukur suhu.

Bupati juga menyarankan penerapan standar kebersihan ke masing-masing OPD sebagai langkah pencegahan. Dan khusus untuk Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa diminta segera menindak lanjuti surat edaran hingga ke tingkat desa.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler