Connect with us

UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Gubernur Maluku Utara Siap Hadiri Regional Meeting Teluk Tomini

Published

on

Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba saat menerima Sulaman Karawo dari Rektor UNG Eduart Wolok

UNG – Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba akan menghadiri Regional Meeting Teluk Tomini yang digelar oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bekerja sama dengan Universitas Negeri Gorontalo yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 hingga 13 Juni 2021 mendatang.

Gubernur Maluku Utara mengatakan bahwa dirinya siap dan berkomitmen untuk mengembangkan potensi desa yang ada di Maluku Utara dan kawasan Teluk Tomini.

“Saya mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Rektor UNG yang jauh-jauh datang ke Sofifi, Ibu Kota Maluku Utara, dalam rangka mengundang saya secara langsung untuk menghadiri Kegiatan Regional Meeting yang akan diselenggarakan di UNG,..”

“Karena itu Insya Allah dengan melihat Semangat perguruan tinggi seperti ini, saya siap hadir dan bersepakat untuk mengembangkan potensi desa yang ada di Maluku Utara dan Teluk Tomini,” Ungkap Gubernur Maluku Utara pada pertemuan bersama Rektor UNG Eduart Wolok.

Pada Regional Meeting ini, rencananya 4 Gubernur, 26 Kepala Daerah se Kabupaten Teluk Tomini dan Maluku Utara akan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Pengembangan Kawasan pada Regional Meeting nanti.

Regional Meeting Teluk Tomini rencananya akan dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin dan akan dihadiri oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Dr. (Hc) Abdul Halim Iskandar, M.Pd., Ketua Badan Pemeriksaan Keuangan RI Dr. Agung Firman Sampurna, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, Wakil Ketua DPR RI Drs. H. Abdul Muhaimin Iskandar., M.Si, Menteri Bappenas Soeharso Monoarfa, Mendagri Tito Karnavian dan Menteri Investasi Bahlil.

Advertorial

UNG akan Gelar Seminar Nasional Evaluasi Pemilu dan Proyeksi Pilkada

Published

on

UNG – Seminar Nasional Evaluasi Pemilu Indonesia yang akan diselenggarakan oleh Universitas Negeri Gorontalo (UNG) bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya, KPU Provinsi Gorontalo, dan Bawaslu Provinsi Gorontalo akan menjadi momen penting untuk mengevaluasi dan memperkuat kualitas demokrasi di Indonesia.

Pesta demokrasi yang diselenggarakan setiap lima tahun harus senantiasa dievaluasi agar dapat lebih matang dan efektif. Dengan pemilihan kepala daerah yang akan digelar serentak di Provinsi Gorontalo dan seluruh kabupaten/kota pada bulan November mendatang, evaluasi tersebut menjadi semakin penting.

Seminar nasional tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan pada Selasa, 7 Mei 2024, pukul 09.30 WITA di Ruang Sidang Rektorat Lantai 4 Universitas Negeri Gorontalo. Salah satu pembicara utama dalam seminar ini adalah Clint Shoemake, M.A., Deputi Politik dan Ekonomi Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya, yang akan membagikan pengalaman Pemilu di Amerika Serikat.

Turut menjadi narasumber dalam seminar ini adalah Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Drs. Fadlianto Koem, S.Ag., M.Pd., Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo, Idris Usuli, S.Pd., M.AP., Sosiolog UNG, Dr. Funco Tanipu, S.T., M.A., dan Wakil Direktur Gorontalo Post, Dr. Femmy Kristina Udoki, M.Si.

Rektor Universitas Negeri Gorontalo, Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, ST., M.T., menjelaskan bahwa seminar ini adalah bagian dari komitmen UNG untuk terus mengawal proses demokrasi di Indonesia, khususnya di Provinsi Gorontalo. Seminar ini juga merupakan kelanjutan dari penandatanganan MoU antara UNG dengan KPU Provinsi Gorontalo dan Bawaslu Provinsi Gorontalo pada 9 Januari 2024.

Seminar Nasional Evaluasi Pemilu Indonesia ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga serta memperkuat sistem demokrasi di Indonesia, terutama di tingkat lokal seperti Provinsi Gorontalo.

Continue Reading

Advertorial

Rektor UNG Pantau Pelaksanaan UTBK

Published

on

UNG – Rektor Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T., M.T., beserta pimpinan universitas dan fakultas melakukan peninjauan langsung proses pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) tahun 2024 di Universitas Negeri Gorontalo.

Peninjauan dilakukan di dua titik pelaksanaan UTBK, yaitu di kampus utama UNG dan kampus UNG Bone Bolango. Rektor bahkan berinteraksi langsung dengan peserta ujian untuk memastikan tidak ada kendala fasilitas ujian yang dialami.

Hasil pemantauan menunjukkan bahwa seluruh proses pelaksanaan ujian berjalan lancar tanpa ada hambatan teknis. Peserta ujian juga memberikan tanggapan positif, menyatakan bahwa proses ujian berlangsung tanpa kendala.

“Alhamdulillah dari lokasi yang kami cek sejauh ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Mudah-mudahan lancarnya proses pelaksanaan ujian ini dapat berlangsung dari hari pertama hingga hari terakhir pelaksanaan UTBK-SNBT 2024 di UNG,” harap rektor.

Rektor menekankan pentingnya proses pemantauan untuk memastikan kesiapan perangkat pendukung ujian dan pelaksanaan ujian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Dengan proses pelaksanaan ujian yang baik, diharapkan peserta akan dapat memperoleh hasil yang terbaik dalam proses seleksi mahasiswa baru pada perguruan tinggi negeri yang diinginkan,” tutupnya.

Continue Reading

Advertorial

UTBK-SNBT Dimulai: 5.430 Peserta Bersaing untuk Masuk UNG

Published

on

UNG – UTBK-SNBT 2024 telah dimulai secara serentak di seluruh Indonesia, dan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menjadi salah satu pusat pelaksana UTBK di wilayah tersebut. Sebanyak 5.430 peserta dijadwalkan mengikuti ujian pada gelombang pertama.

Rektor UNG, Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T., M.T., menyampaikan bahwa pelaksanaan UTBK-SNBT di UNG akan berlangsung selama 7 hari, mulai dari tanggal 30 April hingga 2 – 7 Mei 2024. Ujian akan dilakukan dalam dua sesi, pagi dan siang, dengan jumlah peserta sebanyak 500 calon mahasiswa pada hari pertama.

“UNG telah menyiapkan lebih dari 500 perangkat komputer yang tersebar di 23 laboratorium sebagai tempat pelaksanaan UTBK,” ungkap rektor.

Seluruh perangkat komputer tersebut telah dilengkapi dengan fasilitas jaringan internet yang memadai. UNG juga telah memastikan kesiapan seluruh perangkat pendukung ujian, sehingga dapat melayani mahasiswa selama 7 hari ujian berlangsung.

“Kami berharap peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, untuk bersaing secara sehat dalam memperebutkan masuk ke program studi dan perguruan tinggi yang diinginkan,” harap rektor.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler