Connect with us

News

Ini Lho 8 Cara Agar Tidur Kita Lebih Nyenyak

Published

on

Sumber foto: https://pixabay.com/photos/bed-bedroom-bedding-room-home-1575491/

Tidur nyenyak penting bagi yang mengalami gangguan beristirahat. Dalam satu hari, tubuh membutuhkan tidur yang cukup agar semua organ dapat istirahat secara total dan siap menjalankan fungsinya kembali.

Kualitas tidur yang kurang baik dapat mengganggu kesehatan, termasuk kerja otak dan pikiran. Mengapa sampai masalah ini terjadi?  Ternyata banyak faktor yang menjadi penyebab dan masing-masing orang berbeda.

8 Tips Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

Seharusnya malam hari merupakan waktu istirahat yang paling baik. Namun banyak yang mengalami insomnia, sering terbangun, mengigau dan justru memperburuk kondisi kesehatan. Mempersiapkan diri untuk dapat tidur dengan nyaman sangat penting. Beberapa tips agar tidur nyenyak berikut dapat Anda terapkan.

1. Tidur malam dan bangun dengan teratur

Cara tidur nyenyak dan bangun segar pertama adalah dengan memperhatikan jam. Usahakan untuk berangkat istirahat pada jam yang sama dan bangun di waktu sama pula. Alarm dapat membantu untuk bangun tepat waktu setiap pagi, termasuk ketika libur.

Hal ini dapat membuat ritme kerja organ tubuh tertib sehingga tidak harus bekerja keras. Dengan bangun pagi, Anda bisa menghirup udara yang segar. Kebutuhan oksigen pada otak akan terpenuhi. Badan pun akan menjadi semakin sehat.

Bangun pagi juga membuat Anda tidak tergesa-gesa melakukan kegiatan sepanjang hari sehingga begitu waktu istirahat malam, semua pekerjaan sudah terselesaikan. Anda tidak perlu tidur dengan memikirkan job atau kegiatan yang belum terselesaikan hari itu, jadi lebih tenang.

2. Usahakan tidur siang

Tidur siang menjadi hal yang istimewa bagi sebagian orang karena banyaknya pekerjaan. Sebenarnya Anda dapat memanfaatkan sedikit waktu yang ada untuk memenuhi kebutuhan ini. Cukup 20-30 menit saja dapat membuat badan fresh dan bisa bekerja secara lebih maksimal.

Tubuh mengalami puncak kelelahan dua kali, yaitu tengah hari dan tengah malam. Karena itu sebaiknya, beristirahat pada waktu tersebut. Tidur siang justru dapat meningkatkan kualitas istirahat malam karena tubuh dalam kondisi normal.

Selain itu, organ tubuh juga tidak dalam keadaan tegang yang menjadikannya rileks untuk cepat terlelap. Jadi, jangan sepelekan tidur siang meski hanya beberapa menit saja.

3. Jangan makan berat satu jam sebelum tidur

Ketika mengolah makanan dalam proses metabolisme, beberapa organ harus bekerja keras. Ini menyebabkan tidak mudah untuk beristirahat dengan nyenyak. Cara agar tidur cepat adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan berat satu jam sebelum beristirahat. Jika masih terasa lapar sebaiknya mengkonsumsi buah atau jus.

Makan berat sebelum tidur jaga berpotensi meningkatkan berat badan karena kalori yang ada hanya tersimpan, tanpa digunakan untuk beraktivitas. Organ tubuh pun tidak dapat beristirahat karena tetap harus bekerja mencerna bahan makanan tersebut.  Ini yang menyebabkan seseorang tidak dapat tidur dengan nyenyak.

4. Hindari kafein

Bukan hanya kopi, teh dan coklat mengandung senyawa kafein yang menstimulasi kerja otak karena bersifat adenosine receptor antagonist. Sedangkan tubuh membutuhkan adenosine untuk mendatangkan rasa kantuk sehingga dapat beristirahat.

Minum kopi, teh atau coklat dapat menyebabkan organ tubuh tetap siaga. Sebaiknya jangan mengkonsumsinya satu jam sebelum waktu istirahat agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

5. Ganti lampu dengan yang lebih redup

Manfaat tidur nyenyak sangat penting bagi tubuh. Karena itu, orang yang mengalami insomnia mudah terkena penyakit, dapat mengalami penuaan dini dan stres. Cahaya lampu merupakan salah satu pengganggu karena dapat memberi reaksi pada mata agar tetap terbuka.

6. Membersihkan diri sebelum tidur

Badan yang bersih dan segar bisa menjadikan tidur semakin berkualitas. Mandi atau mencuci tangan, kaki dan muka menggunakan sabun yang wangi juga bisa menjadikan tubuh lebih rileks sehingga kantuk cepat datang.

Mandi dengan air hangat selain dapat membersihkan semua kotoran juga dapat memperlancar peredaran darah. Setelah itu, segera keringkan badan dengan handuk dan kenakan pakaian yang nyaman. Dijamin, lebih mudah mendatangkan tidur yang berkualitas.

7. Berdoa

Pikiran yang tenang tanpa beban adalah salah satu cara agar dapat segera tidur. Banyaknya pekerjaan dan masalah menjadikan pikiran ke mana-mana. Berdoa dan mendekatkan diri pada Yang Kuasa merupakan cara untuk mengatasinya.

Jangan lupa untuk berdoa setiap hari, terutama menjelang tidur. Syukuri semua pencapaian hari ini dan memohon kelancaran untuk semua aktivitas hidup. Dengan berserah diri pada Tuhan, maka semua beban akan hilang dan dapat tidur lebih nyaman.

8. Gunakan perlengkapan tidur yang nyaman

Perlengkapan juga sangat berpengaruh pada kualitas tidur. Sprei, bantal dan sarung guling yang lembut seperti berbahan embos terasa lebih nyaman dan dapat menghadirkan tidur berkualitas.

Sarung guling dan bantal berbahan embos lembut, warnanya tahan lama, membuat kamar tidur terlihat lebih bersih dan indah. Apalagi bisa memilih banyak corak dan motif sesuai keinginan.

Anda bisa membeli sarung guling Emboss di Blibli, toko online yang menyediakan semua perlengkapan tidur berkualitas. Blibli menyediakan produk berkualitas dengan harga terjangkau.

Seller Blibli juga terpercaya dan hanya menjual produk asli dari brand ternama. Tersedia berbagai ukuran motif dan warna yang dapat mempercantik kamar dan menjadikan tidur lebih berkualitas. Mengoleksi beberapa item sekaligus tidak akan rugi karena semua keren dan pilihan terbaik.

Tips agar tidur nyenyak bisa menghadirkan istirahat yang nyaman dan berkualitas. Hal ini sangat penting bagi kesehatan tubuh. Lengkapi kebutuhan kamar dengan koleksi sarung guling embos dari Blibli yang nyaman, lembut dengan harga terjangkau.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gorontalo

Hanya Kaka RG yang Bisa Gebuk Elnino

Published

on

GORONTALO – Juru bicara GERINDRA Gorontalo, Wahidin Ishak tampak ciut ketika mendengar bahwa Rahmat Gobel akan turun sebagai cagub Gorontalo.

“Saya pastikan bahwa pak Rahmat Gobel tidak akan maju jadi cagub Gorontalo. Sehingga ketua Elnino menjadi tidak mendapatkan tandingan yang sekelas. Ketika RG tidak maju sebagai cagub Gorontalo maka ketua Elnino akan melaju sendiri tanpa tandingan yang berarti,” tutur Wahidin sambil membusungkan dada.

Dari hasil Pemilu 2024, yang bisa bisa mengalahkan Elnino hanya suara dari Rahmat Gobel. “RG kan takkan maju nih. Terus, hanya dia yang bisa gebuk Elnino. Tidak ada orang lain. Karena RG tidak maju, maka pasti ketua Elnino jadi Gubernur Gorontalo. Kan begitu hitungan rasionalnya,” tutup Wahidin.

Continue Reading

Gorontalo

Pimpinan Dewan GERINDRA Sudah Diusulkan Minggu Lalu

Published

on

Wahidin Ishak SH, jubir partai GERINDRA

GORONTALO – Partai GERINDRA mendapatkan satu wakil ketua dewan Pohuwato dan satu wakil ketua dewan privinsi Gorontalo. Menurut jubir partai GERINDRA, nama-nama yang menduduki pimpinan dewan tersebut sudah selesai diusulkan oleh partai GERINDRA pada minggu lalu.

“Apa yang antum tanyakan? Mengenai AKD dan pimpinan dewan sudah diusulkan minggu yang lalu oleh DPD. Terlambat antum taa, hehehe,” kata Wahidin Ishak SH, jubir partai GERINDRA.

Menurutnya, mekanisme Partai GERINDRA lebih cepat daripada partai umumnya. “Jadi, tidak usah dibicarakan lagi soal AKD dan pimpinan dewan, karena sudah selesai diusulkan minggu lalu oleh DPD GERINDRA,” kata Wahidin Ishak.

Spill dong pak nama-nama pimpinan dan AKD, hehe. “Nama-nama… nanti saja.. kalau SK dari DPP sudah di tangan saya. Ok? Kita juga sedang menunggu SK-nya,” jawab Wahidin sambil tersenyum.

Continue Reading

Gorontalo

Kejari Pohuwato dan BNK Bersinergi dalam Tes Urine Pegawai: Semua Hasil Negatif

Published

on

POHUWATO – Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Pohuwato bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Pohuwato melakukan tes urine kepada seluruh pegawai Kejari Pohuwato. Tes urine dilaksanakan di Kantor Kejari Pohuwato dan disaksikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Pohuwato, Endi Sulistiyo, SH.,MH, dan Kepala BNK Pohuwato, Yusuf Potale, pada Senin, 13 Mei 2024.

Kajari Pohuwato, Endi Sulistiyo, SH., MH, menjelaskan bahwa Kejari Pohuwato bersama BNK Pohuwato mengadakan tes urine terhadap seluruh pegawai Kejari Pohuwato, termasuk pegawai negeri dan pegawai honor, termasuk cleaning service (CS) yang berjumlah sekitar 58 orang. Hasilnya, semua pegawai tersebut dinyatakan negatif terhadap narkoba.

“Kami melaksanakan tes urine ini mengingat semakin banyaknya peredaran narkoba di Pohuwato, dan Alhamdulillah dari hasil tes urine, semuanya negatif,” ungkap Kajari.

Terkait tes urine tersebut, Kajari Pohuwato menyampaikan terima kasih kepada Kepala BNK beserta jajarannya atas kegiatan ini. “Tes urine ini dilaksanakan secara transparan, di mana hasilnya bisa dilihat langsung setelah tes urine dilakukan,” jelasnya.

Kepala BNK, Yusuf Potale, menyatakan bahwa hasil tes urine terhadap pegawai Kejari Pohuwato semuanya negatif dari jumlah 58 ASN, termasuk pejabat utama, ASN lainnya, serta pegawai honor dan CS. Hasilnya dipastikan dilihat langsung tanpa adanya yang ditutupi.

“Kami dari BNK mengucapkan terima kasih atas inisiatif dari Kepala Kejaksaan Negeri Pohuwato untuk meminta kami melaksanakan tes urine di lingkungan Kejari Pohuwato,” tambahnya. Dengan demikian, langkah ini merupakan upaya bersama dalam memastikan lingkungan kerja yang bebas dari pengaruh narkoba.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler