Connect with us

News

Japesda Gelar Lokakarya Libatkan Nelayan dan Masyarakat Pesisir

Published

on

Foto Istimewa

BABGGAI – Dorong kerja sama pengelolaan sumber daya laut yang berkelanjutan dalam hal ini perikanan gurita, Jaring Advokasi Pengelolaan Sumberdaya Alam (Japesda) bersama mitra Yayasan Pesisir Lestari mengadakan kegiatan lokakarya dengan melibatkan para masyarakat nelayan pesisir dan pemerintah, di Desa Uwedikan, Kecamatan Luwuk Timur, Kabupaten Banggai, (18/2/2021).

Menurut Direktur Japesda Nurain Lapolo, informasi yang diterima oleh masyarakat nelayan pesisir mengenai gurita sangatlah minim. Diketahui, saat ini gurita memiliki nilai ekonomis dengan harga jual yang tinggi.

“Setiap hari, kami melakukan pendataan mulai dari jumlah tangkapan nelayan, bobot hingga jenis kelamin gurita. Data-data ini kemudian kami kembalikan ke nelayan, dan didistribusikan ke pemerintah,” Kata Nurain.

Ia juga menambahkan, Semua data dan informasi yang dihimpun Japesda dikembalikan kepada nelayan, agar para pelaku bisa menentukan dan memutuskan sendiri bagaimana pengelolaan perikanan yang berkelanjutan, agar tetap bisa dinikmati anak cucu mereka kelak.

Sementara Itu, Rahman Dako menjelaskan, kerja dan tujuan utama Japesda, yakni soal pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan yang berbasis konservasi dan pengembangan masyarakat.

“Bagaimana sumber daya alam bisa lestari, secara bersamaan tidak terpinggirkan dan mendapatkan manfaat dari sumber daya alam itu sendiri. Inilah yang menjadi prinsip utama kami di Japesda,” terangnya.

Senada dengan hal itu, mitra Japesda perwakilan Yayasan Pesisir Lestari, Rayhan Dudayev menerangkan soal pendekatan YPL yang menjadikan konservasi itu menjadi masuk akal dan tidak meminggirkan masyarakat.

“Kita mau masyarakat itu menjadi garda terdepan dalam pengelolaan sumber daya. Harapannya, dengan model yang kita lakukan, konservasi ini akan mendapatkan insentif ekonomi kepada masyarakat,” kata Rayhan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gorontalo

96 Personel Sat Brimob Polda Kembali Ke Gorontalo

Published

on

Foto Istimewa ll Wakapolda Gorontalo Menyambut Kedatangan Sat Brimob usai melaksanakan tugas pengamanan di Papua

GORONTALO – Sebanyak 96 personil Sat Brimob Polda Gorontalo yang telah usai melaksanakan tugas BKO Papua Satgas Pam Rah Wan 2020-2021, kedatangan mereka disambut dengan upacara yang dipimpin oleh Wakil Kepala Kepolisian Daerah Gorontalo Brigjen Pol. Drs. Pudji Prasetijanto Hadi, M.H, di halaman Polda Gorontalo, (24/2/2021).

Wakapolda Gorontalo dalam sambutanya mengungkapkan, selamat datang kepada Sat Brimob yang telah kembali dari tugas, dan selamat berkumpul kembali dengan keluarga di rumah maupun dengan sesama rekan kerja di kesatuan.

“kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perhatian pimpinan kepada personil yang telah melaksanakan pengabdiannya dalam menjalankan tugas negara untuk memelihara kamtibmas di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia” kata Wakapolda.

Selanjutnya Wakapolda memberikan apresiasi kepada personel yang telah melaksanakan tugas BKO di Papua san mampu menjaga nama baik Polri di tempat penugasan.

“Saya berharap keberhasilan ini dapat di pertahankan dan terus di tingkatkan pada pelaksanaan tugas kedepan . Dan kiranya keberhasilan ini dapat di contoh oleh seluruh Personel Polda Gorontalo Yang nantinya Di tunjuk untuk melaksanakan Tugas BKO Di Luar wilayah Polda Gorontalo” Tutup Wakapolda Gorontalo

Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono, SIK mengatakan bahwa personel Brimob yang disambut kedatangannya oleh Wakapolda Gorontalo merupakan personel Brimob yang usai menjalankan tugas BKO Papua.

“ 96 personel yang disambut oleh Bapak Wakapolda Gorontalo siang tadi merupakan personel Brimob yang usai menjalankan tugas BKO Papua dalam rangka pengamanan wilayah Polsek Rawan di Kabupaten Puncak Dan Puncak Jaya Provinsi Papua,”

“Syukur alhamdulillaah mereka dapat menjalankan amanah dengan sangat baik, dan kembali dengan sehat serta selamat sehingga bisa kembali berkumpul dengan keluarga,” Kata Wahyu.

Continue Reading

Gorontalo

5 Unit Mobil Damkar Padamkan Api di Mc Donald’s

Published

on

GORONTALO – Sedikitnya 5 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar gedung Mc Donald’s di Kelurahan Limba B, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo, (24/2/2021).

Koordinator Lapangan sekaligus analis kebakaran kota Gorontalo, Muhamad Lutfi mengatakan, 12 petugas pemadam kebakaran kota Gorontalo dan 3 unit mobil di kerahkan untuk memadamkan api.

“Sisanya, 1 unit mobil dari Provinsi, dan satunya lagi dari damkar kabupaten Bone Bolango, dan dibantu oleh BPBD dan pihak TNI/Polri” Katanya.

Sementara itu, Kapolsek Kota Selatan IPTU Heru Setiawan Widada Mengungkapkan, saat ini penyebab kebakaran masih dilakukan penyidikan oleh pihak kepolisian. Dugaan sementara api berasal dari tumpukan kardus yang berada di lantai dua.

“Kebakaran terjadi pada pukul 14.10 wita, Api titik awalnya di lantai dua gedung yang menyimpan kumpulan barang bekas atau gudang, dan menyambar ke plafon gedung dan AC beserta tabung gas,” Ungkap Kapolsek ke wartawan.

Selanjutnya, tak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut dan untuk totoal kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran masih dilakukan penyidikan oleh pihak kepolisian.

Continue Reading

Gorontalo

Flashnews ll Tempat Makan Mc Donald’s Gorontalo Terbakar

Published

on

GORONTALO – Kebakaran kembali terjadi di salah satu tempat makan yang berlokasi di Kelurahan Limba B, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo. Sedikitnya lima unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.

Informasi yang dirangkum, kebakaran terjadi pada pukul 14.00, sumber api di duga berasal dari gedung lantai dua.

Dan saat ini belum diketahui penyebab pasti kebakaran. Saat ini petugas damkar sementara memadamkan api.

Continue Reading

Terpopuler