Connect with us

Advertorial

Pelaksanaan Muskomwil Apeksi Jadi Prospek Ekonomi Daerah

Published

on

Wali Kota Marten Taha Mengisi Acara Dialog Kesiapan Pelaksanaan Muskomwil Ix Apeksi || Foto Istimewa

KOTA GORONTALO – Kedatangan para Wali kota untuk menghadiri Muskomwil ke IX di Kota Gorontalo, disatu sisi bisa meningkatkan perekonomian Daerah, betapa tidak para walikota yang tergabung dalam Apeksi itu akan membawa peserta pendamping, semuanya akan mengunakan fasilitas selama berada di Gorontalo.

Tentu hal ini turut mempengaruhi prospek ekonomi masyarakat, seperti melonjaknya permintaan akomodasi dan transportasi, meningkatnya permintaan produksi UMKM serta mereka yang datang pasti akan menikmati kuliner di Kota Gorontalo.

“Saat ini kunjungan ke daerah sudah mulai diperbolehkan, namun tetap ditekankan protokol kesehatan secara ketat. Inilah momentum bagi Kota Gorontalo untuk mulai melakukan pemulihan ekonomi masyarakat,” Ungkap Walikota Gorontalo saat mengisi acara dialog kesiapan pelaksanaan Muskomwil IX Apeksi, bertempat di Rudis Wali kota, (8/4/21).

Pada kesempatan itu Marten meminta masyarakat untuk turut mendukung pelaksanaan agenda tiga tahunan tersebut. Ia menginginkan agar para tamu daerah disambut secara ramah dengan memberikan pelayanan yang maksimal.

Pelayanan yang maksimal akan memberikan kesan yang baik bagi pengunjung yang datang Kota Gorontalo, apalagi menurut Marten mereka adalah para kepala daerah yang membawa misi untuk kemajuan daerah khususnya ditingkat Kota.

“Kehadiran para Wali kota di daerah ini, akan memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi Gorontalo, selain memberikan multiplier effect, mereka juga akan merumuskan segala kepentingan rakyat untuk diusulkan menjadi program prioritas nasional,” jelas Marten.

Marten yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum 1 bidang pemerintahan dan otonomi itu mengungkapkan bahwa, agenda utama Muskomwil adalah pemilihan kepengurusan komwil VI yang baru.

Ditanya soal siapa yang dijagokan, Marten mengatakan semua punya peluang, namun dalam pencalonan ketua tentu ada syarat mutlak yang harus dipenuhi, intinya siapapun yang terpilih dirinya akan mendukung sepenuhnya guna keberlangsungan organisasi yang pernah Ia nakhodai pada 2015-2017 silam selaku ketua Komwil VI.

Advertorial

Giat Ifthor akbar bersama anak yatim Direspon Positif Bupati Pohuwato

Published

on

Foto HUMAS

POHUWATO – Bupati Saipul Mbuinga mengakui tergugah dengan kegiatan Ifthor akbar bersama anak yatim, sinergi lintas entitas se-kabupaten pohuwato yang digelar di pelataran Masjid moderen Munjalan Mubarokan Pohuwato, (6/5/2021).

Atas nama pemerintah daerah Saipul memberikan dukungan penuh, dan mengapresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan kemanusiaan tersebut.

“Lebih khusus perhatian dari organisasi ini, baik paskas maupun organisasi lainnya yang tergabung untuk menyentuh persoalan kemanusiaan lebih khusus para anak-anak yatim,” Kata Saipul.

Semoga hal ini menjadi amal dan menjadi bekal dari para penginisasi untuk kedepannya dalam rangka proses berkelanjutan.

Ia mengatakan, kegiatan ini bisa dikaitkan dengan program yang ada kaitannya dengan visi misi pemerintahan sekarang, tentang para penghafal al-qur’an satu desa satu hafiz.

“Bagi kami satu desa satu hafiz ini bisa melebihi apabila setiap kecamatan ada pembelajaran seperti ini,” Terangnya.

Continue Reading

Advertorial

Jalin Silaturahmi Bupati Pohuwato Kunjungi TPQ Al-Ikhwan

Published

on

Foto Humas

POHUWATO – Kunjungan Bupati Saipul A. Mbuinga ke Taman Pendidikan Al-qur’an Al-ikhwan, disambut langsung para santri dan majelis beserta Sekretaris Desa Pohuwato Timur, (6/5/2021). Hal ini dilakukan Bupati guna menjalin silaturahmi dengan pengurus komunitas pemuda madani (KPM).

Menurut Saipul, peran generasi muda sangatlah penting dalam menjaga nilai-nilai kita suci Al-Quran dan nantinya juga sebagai penerus yang akan melestarikan budaya semacam ini. Ia juga mengatakan pemerintah Pohuwato akan membantu pengembangan TPQ.

“Karena di tangan kita umat Islam Al-Quran ini di bumikan, dan generasi mudalah sebagai tonggak utama yang akan meneruskannya,” Ungkap Saipul.

Kata Saipul, jika dalam pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Quran banyak diminati warga, maka teknisnya bisa diatur sehingga tak menimbulkan kerumunan banyak orang.

Sementara itu Sekdes Pohuwato Timur Bayu Abdullah mengungkapkan, pada bulan suci ramadan pelaksanaan pengajian dikhususkan bagi orang dewasa yang belum mengerti dengan huruf Al-Quran, dan anak-anak pada hari-hari biasanya.

“Kemudian setiap jum’at ada program jum’at berbagi, termasuk bagi-bagi takjil, karena mengingat adanya edaran dari pemerintah maka kami tidak bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang mengundang masa,” Jelasnya.

Continue Reading

Advertorial

Ketua Dewan Dibuat Geram Pada Pelantikan Kades

Published

on

ketua DPRD, Aleg Ketua Komisi II, dan Kepala Desa Motilango Kecamatan Tibawa || Foto Barakati.id (Irvan Yasin)

DPRD KABGOR – Kepala Desa Motilango terpilih harus merasakan pahit, karena tak bisa bersama-sama ikut dalam pelantikan Kepala Desa serentak yang dilakukan oleh Bupati Gorontalo, di Gedung Kasmat Lahay, (6/5/2021).

Hal tersebut dikarenakan yang bersangkutan diberikan informasi oleh panitia pelaksana sesaat menjelang pelantikan, bahwa akan ada penundaan untuk pelantikan dirinya.

Sontak hal itu menuai kecaman dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gorontalo, dirinya mempertanyakan alasan panitia yang menunda pelantikan kepala Desa Motilango, menurutnya yang ditunda hanyalah Desa yang masih melakukan gugatan di PTTUN.

“Berdasarkan rekomendasi DPRD hanya ada dua Desa yang dilakukan penundaan, yaitu Desa Moahudu dan Desa Hutabohu karena masih melakukan gugatan ke PTTUN,” Tegas Syam T. Ase

Sambung Syam ini tidak berlaku bagi kepala Desa Motilango Kecamatan Tibawa, sebab yang bersangkutan telah menerima undangan secara tertulis untuk ikut dalam prosesi tersebut.

Dirinya meminta kepada pihak panitia pelantikan Pilkades untuk mempertanggungjawabkan hal ini, karena memberitahukan secara tiba-tiba kepada yang bersangkutan untuk tidak turut serta dalam pelantikan tersebut.

“Sistem pemerintahan seperti apa yang modelnya begini, tidak menghargai pihak yang dirugikan dalam hal ini kepala Desa Motilango. Panitia pelantikan harus mempertanggungjawabkan hal ini, jangan sampai langkah yang dilakukan oleh panitia memberikan efek terhadap Bupati,” Jelas Syam.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Gorontalo menyampaikan penundaan kepala Desa Mootilango Kecamatan Tibawa berdasarkan surat gugatan yang diterima oleh pemerintah, sehingga terjadi penundaan kepala Desa Motilango bersama dua Desa yang menjadi rekomendasi DPRD.

“Sesuai rekomendasi DPRD, bahwa bagi desa yang bermasalah atau proses gugatan diminta untuk penundaan pelantikan kepala Desa, sehingga hal ini dilakukan oleh pemerintah,” Tutur Nawir.

Continue Reading

Terpopuler