Connect with us

kabupaten pohuwato

Pemda Pohuwato Optimis Menang Penilaian Kinerja Pencegahan Stunting

Published

on

POHUWATO – Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato menargetkan dan optimis akan meraih kembali peringkat satu penilaian kinerja aksi konvergensi pencegahan stunting 2020 yang dilakukan oleh tim penilai dari tingkat Provinsi Gorontalo.

Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga mengungkapkan, komitmen Pemerintah Kabupaten Pohuwato dalam melaksanakan aksi konvergensi pencegahan stunting telah melahirkan dua peraturan Bupati.

Peraturan Bupati Nomor 31 Tahun 2019 tentang pelaksanaan aksi konvergensi pencegahan stunting melalui gerakan kolaborasi mengentaskan dan mencegah anak stunting (Gerbos Emas) dan peraturan Bupati Nomor 39 Tahun 2020 tentang peran desa dalam pencegahan stunting.

Diakuinya saat ini Pemda menargetkan penanganan stunting harus berada pada posisi nol, mengingat pada tahun 2019 kemarin Kabupaten Pohuwato pernah menjadi yang terbaik dan menjadi satu-satunya Kabupaten di wilayah Provinsi Gorontalo yang mengikuti penilaian hingga ke tingkat Nasional.

“Harapan saya semoga kita bisa mencapai tuntas tugas stunting tersebut bahkan samapi pada posisi zero,” Ungkap Saipul, (18/6/2021).

Turut pula menambahkan Asisten lll Pemda Juriyati Pakaya, Ia mengakui saat ini masih melakukan evaluasi pada beberapa langkah yang sudah disepakati pada format penilaian.

“Evaluasi kami dari ke 8 step tersebut, hanya ada di step 5 dan 8 masih membutuhkan perubahan sehingga kita bisa mencapai target zero. Sedangkan step 1 sampai 4 itu Alhamdulillah sudah mencapai target atau bisa di bilang sudah jauh lebih meningkat,” Ujarnya.

Gorontalo

Kejari Pohuwato dan BNK Bersinergi dalam Tes Urine Pegawai: Semua Hasil Negatif

Published

on

POHUWATO – Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Pohuwato bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Pohuwato melakukan tes urine kepada seluruh pegawai Kejari Pohuwato. Tes urine dilaksanakan di Kantor Kejari Pohuwato dan disaksikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Pohuwato, Endi Sulistiyo, SH.,MH, dan Kepala BNK Pohuwato, Yusuf Potale, pada Senin, 13 Mei 2024.

Kajari Pohuwato, Endi Sulistiyo, SH., MH, menjelaskan bahwa Kejari Pohuwato bersama BNK Pohuwato mengadakan tes urine terhadap seluruh pegawai Kejari Pohuwato, termasuk pegawai negeri dan pegawai honor, termasuk cleaning service (CS) yang berjumlah sekitar 58 orang. Hasilnya, semua pegawai tersebut dinyatakan negatif terhadap narkoba.

“Kami melaksanakan tes urine ini mengingat semakin banyaknya peredaran narkoba di Pohuwato, dan Alhamdulillah dari hasil tes urine, semuanya negatif,” ungkap Kajari.

Terkait tes urine tersebut, Kajari Pohuwato menyampaikan terima kasih kepada Kepala BNK beserta jajarannya atas kegiatan ini. “Tes urine ini dilaksanakan secara transparan, di mana hasilnya bisa dilihat langsung setelah tes urine dilakukan,” jelasnya.

Kepala BNK, Yusuf Potale, menyatakan bahwa hasil tes urine terhadap pegawai Kejari Pohuwato semuanya negatif dari jumlah 58 ASN, termasuk pejabat utama, ASN lainnya, serta pegawai honor dan CS. Hasilnya dipastikan dilihat langsung tanpa adanya yang ditutupi.

“Kami dari BNK mengucapkan terima kasih atas inisiatif dari Kepala Kejaksaan Negeri Pohuwato untuk meminta kami melaksanakan tes urine di lingkungan Kejari Pohuwato,” tambahnya. Dengan demikian, langkah ini merupakan upaya bersama dalam memastikan lingkungan kerja yang bebas dari pengaruh narkoba.

Continue Reading

Advertorial

Upaya Meningkatkan Ketahanan Pangan: Bupati Pohuwato Hadiri Gerakan Tanam Padi Gogo dan Panen Padi Sawah

Published

on

POHUWATO – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, bersama dengan sejumlah pejabat dan elemen masyarakat, menghadiri acara gerakan tanam padi gogo dan panen padi sawah di Desa Balayo, Kecamatan Patilanggio, pada Jumat, 10 Mei 2024. Kehadiran Kepala Pusat Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), Dandim 1313 Pohuwato, Kadis Pertanian Pohuwato, dan unsur Pemerintah Kecamatan Patilanggio turut memeriahkan acara tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Saipul menekankan pentingnya keterlibatan semua pihak dalam menjaga ketersediaan pangan di daerah. Dia menyoroti perlunya memperkuat sektor pertanian sebagai fondasi utama dalam menjaga ketahanan pangan daerah. Dengan melibatkan petani, petani pemula, TNI, dan masyarakat secara keseluruhan, diharapkan terciptanya sistem pertanian yang lebih tangguh dan mandiri.

Gerakan tanam padi gogo dan panen padi sawah merupakan bagian dari program Pemerintah Kabupaten Pohuwato untuk menghadapi tantangan ketahanan pangan dan inflasi. Melalui kegiatan ini, diharapkan produksi padi lokal dapat ditingkatkan, sehingga mengurangi ketergantungan pada impor bahan pangan.

Bupati Saipul juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran unsur kementerian pertanian dalam rangka pengembangan padi gogo dan panen padi sawah untuk meningkatkan ketahanan pangan dan mengendalikan inflasi di Pohuwato. Ia juga mengapresiasi upaya kadis dan jajaran yang terus melakukan terobosan dan inovasi.

Terpisah, Bupati Saipul Mbuinga juga menyinggung tentang pembangunan bendungan Randangan yang dimulai sejak 2016. Hingga kini, baru 400 Ha dari total luas 9 ribu hektar lahan padi sawah yang dapat diari. Namun, masih ada satu saluran pembuang yang perlu dibangun agar seluruh lahan bisa dimanfaatkan.

Kadis Pertanian, Kamri Alwi, menambahkan bahwa target tanam di lokasi tersebut khusus untuk padi ladang atau padi gogo sekitar 120 Ha. Target tanam padi sawah dan padi gogo pada bulan Mei 2024 adalah sebesar 1002 Ha, dan ia optimis bahwa target tersebut dapat tercapai bahkan melampaui ekspektasi.

Continue Reading

Gorontalo

Salahudin Pakaya dan Tim Siapkan Langkah Menuju Pilkada: Koordinasi Verifikasi Berkas Pendukung di KPU Pohuwato

Published

on

POHUWATO – Salahudin Pakaya melakukan koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato terkait verifikasi berkas pendukung pendaftaran sebagai bakal calon independen Bupati dan Wakil Bupati. Pada Jumat (09/05/2024), ia bersama timnya mengunjungi kantor KPU Kabupaten Pohuwato.

Dalam pertemuan tersebut, Salahudin Pakaya menyatakan kesiapannya untuk mendaftarkan diri sebagai calon Bupati Pohuwato dan berpasangan dengan Viky Prasetyo.

“Saya, sebagai putra Lemito, siap untuk membangun daerah ini dengan mencalonkan diri sebagai Bupati Pohuwato dan Wakil Bupati Pohuwato, dengan harapan mendapatkan dukungan dari masyarakat Kabupaten Pohuwato,” ungkapnya.

Salahudin Pakaya juga menyampaikan bahwa mereka sudah memiliki dukungan dari 20 ribu pendukung untuk pasangan calon independen Salahudin Pakaya dan Viky Prasetyo.

“Tim kami sudah melakukan proses pendaftaran dukungan secara bertahap di setiap kecamatan di Kabupaten Pohuwato,” lanjutnya.

Ketua KPU Pohuwato, Firman Ikhwan, mengkonfirmasi kedatangan Salahudin Pakaya untuk berkoordinasi terkait mekanisme pendaftaran pendukung.

“Ya, hari ini salah satu bakal calon independen Bupati, yaitu Salahudin Pakaya, datang ke kantor KPU untuk berkoordinasi mengenai mekanisme pendaftaran KTP pendukung Silon dan beberapa jadwal tahapan lainnya. Kami telah menjelaskan prosedur sesuai dengan aturan yang berlaku berdasarkan Undang-Undang,” tutup Firman.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler