Connect with us

kabupaten pohuwato

Bupati Saipul Mbuinga Terus Perjuangkan Pengaspalan Jalan Di Wilayah Pohuwato

Published

on

POHUWATO – Ruas jalan Duhiadaa-Patilanggio, akses menuju bandara Pohuwato dan akses Taluditi-Marisa IV Kabupaten Pohuwato dan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara, menjadi pembahasan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga dengan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN), Dinas PUPR Provinsi Gorontalo dan Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo.

Bupati Saipul menjelaskan, pengerjaan ruas jalan Duhiadaa-Patilanggio akan dilakukan pada tahun depan, hal ini dikarenakan jalan tersebut menjadi akses terdekat untuk wilayah di bagian barat Pohuwato maupun untuk ke Bandara Pohuwato itu sendiri.

Sementara, untuk jalan menuju bandara dari Desa Imbodu, Kecamatan Randangan jadi prioritas dari pemerintah provinsi. Karena akses ini nantinya pada 2024 akan sibuk dengan kenderaan yang akan masuk keluar bandara, karena awal tahun 2024 rencana bandara Pohuwato akan beroperasi.

Diakui Bupati Saipul bahwa jalan Desa Imbodu sudah teraspal namun belum sampai di mana bandara pohuwato itu di bangun, sehingga jalan yang tersisa dan belum teraspal ini turut dibahas pada pertemuan dengan pihak yang menangani pekerjaan jalan itu,

“Ia, kami bertemu pihak yang memang benar-benar itu tugas mereka. Dinas PU sebagai pemelihara sementara konstruksi/pekerjaan ada di Balai Jalan. Olehnya pertemuan ini benar-benar dimanfaatkan untuk memperjuangkan ruas jalan yang menjadi kebutuhan utama bagi daerah dan masyarakat pohuwato yang Alhamdulillah dua ruas jalan itu dikerjakan pada 2023 mendatang,” Jelasnya.

Selain itu, akses menghubungkan dua daerah sempat di bahas pula, yakni jalan tembus dari Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato ke Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara. Meski diketahui belum menjadi prioritas tahun depan akan tetapi di tahun mendatang menjadi perhatian pemerintah.

“Dimana warga pohuwato yang mau ke Gorut atau ke Buol, Sulteng sudah dekat, demikian pula sebaliknya yang mau ke pohuwato atau ke Kabupaten Parimo terasa dekat perjalanan daratnya karena akses yang diperpendek,” Ulasnya.

“Akses penghubung kurang lebih 60 KM lagi, karena kedua daerah sudah ada jalan di wilayah masing-masing seperti di Taluditi maupun di Tolinggula itu sendiri. Tersisa 60 KM ini sempat dibahas pula pada pertemuan kami (Bupati Pohuwato) dengan Bupati Gorut belum lama ini. Baik pemda gorut maupun pohuwato telah sepakat untuk pembukaan jalan tembus dua daerah tersebut,” ungkap Saipul.

Advertorial

Bupati Pohuwato: Apel Korpri dan Harkitnas, Spirit Kebangkitan untuk Indonesia

Published

on

POHUWATO – upati Pohuwato Saipul A. Mbuinga menghadiri Apel Korpri yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-166 dan penyerahan Surat Keputusan (SK) PPPK. Acara ini berlangsung di halaman kantor sementara Bupati dan dihadiri oleh Sekda Iskandar Datau, perwakilan Forkopimda Pohuwato, para asisten, staf ahli Bupati, pimpinan OPD, serta ASN di lingkungan Pemda Pohuwato.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Saipul membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi. Beliau menyampaikan bahwa lebih dari seabad lalu, pada tanggal 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo yang menumbuhkan bibit cita-cita kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Oetomo ini kemudian menjadi simbol Hari Kebangkitan Nasional yang kita peringati setiap tahun.

Bupati Saipul menggarisbawahi bahwa cita-cita yang dirintis oleh Boedi Oetomo dilanjutkan oleh berbagai organisasi lainnya dan mencapai puncaknya pada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Ia juga mengingatkan bahwa sebelum adanya Boedi Oetomo, RA Kartini dari Jepara telah mengawali gagasan tentang kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan, dan kemajuan melalui tulisan-tulisannya yang tersebar ke seluruh dunia.

“Apa yang digagas Kartini telah jauh melampaui kisah hidupnya sendiri. Ia telah memberikan inspirasi penting bagi para kaum muda ‘embrio bangsa’ yang kemudian menjadi nyala berkobar yang kita kenal sebagai pergerakan kebangkitan nasional. Embrio Indonesia lahir dari keragaman pikiran para ‘kaum muda’ sebagai ‘embrio bangsa’,” ujar Bupati Saipul.

Bupati Saipul juga menegaskan bahwa di tangan kaum muda terdidik inilah cita-cita kemerdekaan dan kebebasan dirumuskan dan diperjuangkan. Dari mereka, semangat kebangkitan nasional lahir dan menjadi penanda zaman baru bagi Indonesia.

Acara ini ditutup dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) PPPK kepada pegawai yang baru diangkat, menandai komitmen Pemerintah Daerah Pohuwato dalam meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme ASN di lingkungan pemerintahan setempat.

Continue Reading

Advertorial

Bupati Pohuwato Hadiri Pisah Sambut Pj. Gubernur Gorontalo: Ucapan Terima Kasih dan Harapan Baru

Published

on

POHUWATO – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, bersama Wakil Bupati, Suharsi Igirisa, menghadiri acara pisah sambut Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo yang dirangkaikan dengan acara ramah tamah di rumah jabatan gubernur, Minggu, (19/05/2024). Acara ini digelar untuk memberikan penghormatan kepada Pj. Gubernur yang lama, Ir. Ismail Pakaya, ME, serta menyambut kedatangan Pj. Gubernur yang baru, Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM.

Selaku Pemerintah Daerah, Bupati Saipul dan Wabup Suharsi mengucapkan terima kasih kepada Ir. Ismail Pakaya atas dedikasi dan kontribusinya selama menjabat sebagai Pj. Gubernur Gorontalo.

“Beliau telah banyak memberikan perubahan positif dan membawa Gorontalo semakin maju dalam berbagai sektor. Semoga kesuksesan selalu menyertai langkah beliau ke depannya,” ujar Bupati Saipul.

Selain itu, Bupati Saipul Mbuinga dan Wabup Suharsi Igirisa juga menyampaikan harapannya kepada Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM sebagai Pj. Gubernur yang baru.

“Kami berharap Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM dapat melanjutkan dan meningkatkan berbagai program yang telah berjalan, serta membawa inovasi-inovasi baru untuk kesejahteraan masyarakat Gorontalo,” tambahnya.

Acara pisah sambut ini berlangsung dengan khidmat dan dihadiri oleh berbagai tokoh penting, baik dari kalangan pemerintah daerah maupun masyarakat.

Continue Reading

Advertorial

Pelepasan 77 Jemaah Calon Haji Kabupaten Pohuwato oleh Bupati Saipul A. Mbuinga

Published

on

POHUWATO – Sebanyak 77 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Pohuwato secara resmi dilepas oleh Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, untuk menuju Mess Haji Gorontalo dan bergabung dengan kelompok terbang (kloter) 12 Provinsi Gorontalo pada musim haji tahun 2024. Acara pelepasan berlangsung di Masjid Agung Baiturrahim dan dihadiri oleh Ketua DPRD Nasir Giasi, yang juga bertindak sebagai pendamping haji daerah (PHD), Sekda Iskandar Datau, perwakilan Forkopimda Pohuwato, para asisten, pimpinan OPD, unsur Kemenag Pohuwato, serta ratusan keluarga dari JCH Pohuwato, pada Minggu (19/05/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Saipul mengungkapkan kebahagiaannya atas peningkatan jumlah jemaah calon haji tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Tahun 2024 ini sebanyak 77 JCH asal Kabupaten Pohuwato tergabung pada kloter 12 beroleh panggilan untuk menunaikan ibadah rukun Islam yang kelima ke tanah suci Makkah al-Mukarramah dan Madinah al-Munawwarah. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah jemaah calon haji tahun 2023 yang lalu hanya sebanyak 68 orang, maka tahun ini Alhamdulillah mengalami peningkatan,” ungkapnya.

Bupati Saipul berpesan kepada para jemaah agar memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk beribadah demi meraih keutamaan dan pahala ibadah haji serta memperoleh predikat haji yang mabrur. “Olehnya kami berpesan kepada para jemaah agar kesempatan yang baik ini dapat digunakan semaksimal mungkin untuk beribadah meraih keutamaan dan pahala ibadah haji demi untuk memperoleh predikat haji yang mabrur,” lanjutnya.

Pada musim haji tahun 2024, pemerintah daerah melalui panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Kabupaten Pohuwato mempercayakan Nasir Giasi sebagai petugas haji daerah (PHD) untuk mendampingi para jemaah haji. Mulai dari pemberangkatan di Embarkasi Haji Antara Gorontalo hingga pelaksanaan prosesi haji di tanah suci dan pemulangan ke tanah air.

“Doa serta harapan kita semua agar beliau (Nasir Giasi) beserta seluruh para jemaah diberikan kesehatan dan kekuatan dalam melaksanakan tugas serta ibadah. Semoga semua rangkaian perjalanan ibadah haji ini dapat berjalan lancar tanpa ada hambatan sedikit pun. Untuk itu sangat dibutuhkan kerja sama serta kekompakan dari semua jemaah,” ucap Saipul.

Bupati Saipul Mbuinga juga menitipkan harapan agar para jemaah haji mendoakan daerah dan masyarakat Kabupaten Pohuwato agar menjadi daerah yang makmur, sejahtera, dan dijauhkan dari segala macam mara bahaya atau bencana. “Semoga Allah memberikan perlindungan dan kemudahan serta kelancaran pada seluruh JCH Pohuwato,” harapnya.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler