Connect with us

Daerah

Diduga Ingkar Janji, PT. Lebuni Serobot Lahan Masyarakat Popayato

Published

on

Rapat dengar Pendarat DPRD Pohuwato

POHUWATO – Menindaklanjuti keluhan masyarakat petani Popayato atas penyerobotan lahan yang dilakukan oleh PT.Lebuni, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pohuwato menggelar rapat dengar pendapat, di ruang sidang, (18/5/2022).

Sebelumnya, telah terjadi kesepakatan antara masyarakat dengan pihak perusahaan beberapa tahun silam, dimana dari 250 hektare lahan, dibagi menjadi dua, 100 Ha milik perusahaan HGU oleh PT.Lebuni dan 150 Ha lagi menjadi milik masyarakat petani untuk ditanamani jagung.

Namun, semenjak kesepakatan tersebut dibuat pihak perusahaan dinilai memanfaatkan lahan yang harusnya ditanami jagung oleh masyarakat, dengan dalil telah menerima izin dari Pertanian dan Pertanahan kabupaten Pohuwato.

Saat dikonfirmasi hal tersebut, kepada Kelik Eko Wijayanto selaku perwakilan dinas pertanahan Kabupaten Pohuwato membeberkan bahwa hal itu tidaklah benar, bahkan pihaknya belum mengeluarkan ijin apapun kepada perusahaan.

“Itu tidak pernah terjadi dan kami belum pernah mengeluarkan ijin apapun kepada perusahaan.” Ujar Eko.

Hal senanda juga turut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian, Kamri Alwi, ia mengaku tidak ada izin yang di buat oleh Dinas Pertanian Kabupaten.

“Kami pun dalam ucapan yang sama perusahaan tersebut belum pernah mendaftarkan dan/atau mendapatkan Izin dari kami.” Tegas Kadis pertanian.

Sebagai putra daerah, Rizal Pasuma, yang juga menjabat sebagai ketua komisi II DPRD Kabupaten Pohuwato mengaku merasa kecewa dengan sikap perusahaan PT.Lebuni yang dinilai arogan dan terkesan ingkar dengan kesepakatan yang telah dibuat beberapa tahun silam.

Bahkan dirinya menyatakan rasa kekecewaan dan menolak untuk melakukan perpanjangan kerja sama dengan perusahaan tersebut.

“Saya asli Popayato dan saya tau perjanjian yang sempat terjadi waktu itu, terus terang hari ini saya merasa kecewa dengan sikap perusahaan kepada kami seolah Olah mempermainkan kami. Dan melalui RDP ini saya menolak dan tidak akan mau lagi menerima kontrak kerja dengan perusahaan PT.Lebuni ini,” Tegas Rizal.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertorial

Peringati Hari Bhayangkara Ke-76 Bupati Saipul Turut Ikut Memeriahkan

Published

on

POHUWATO – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga bersama Sekda, Iskandar Datau, Staf Ahli Bupati Bidang SDM, Rustam Meleng dan pimpinan OPD menghadiri kegiatan olah raga bersama di halaman Mapolres Pohuwato, Jum’at, (24/6/2022). Diketahui, olah raga berupa senam bersama itu dalam rangka memperingati hari bhayangkara ke-76.

Bupati Saipul menjelaskan bahwa kegiatan senam bersama yang dilaksanakan oleh jajaran polres Pohuwato pada saat ini tidak lain bahwa jajaran kepolisian tengah memperingati dan memeriahkan hari bhayangkara ke-76.

“Ia, kami dari pemerintah daerah bersama unsur forkopimda di undang untuk mengikuti kegiatan olah raga bersama,” Jelas Bupati.

Selaku pemerintah daerah, Bupati Saipul Mbuinga menyampaikan selamat kepada jajaran kepolisian khususnya polres Pohuwato dalam memeriahkan hari bhayangkara ke-76. “Dihari jadi ini bisa meningkatkan dan menambah semangat kepolisian di Pohuwato dalam melaksanakan tugas di bumi panua Pohuwato.

Selanjutnya, Bupati juga berharap hubungan baik antara kepolisian dan pemerintah daerah serta lembaga lainnya semakin baik dan solid, “karena dengan hubungan tersebut maka segala tugas dan tanggungjawab dapat terlaksana dengan baik pula. Demikian juga terhadap masyarakat pohuwato kiranya jajaran kepolisian tetap memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” Tandasnya.

Continue Reading

Advertorial

Rayakan Hari Jadi Ke 3 Kodim 1314 Gorut Gelar Olahraga Bersama

Published

on

Sekretaris Daerah Gorontalo Utara Bersama Dandim 1314 Gorut

GORUT – Sebagai bagian dari Forkopimda, Suleman mengatakan selama ini koordinasi Kodim 1314/Gorut selalu terjalin baik dengan unsur lainnya. Meski baru tiga tahun berdiri, Kodim 1314/Gorut sudah memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat salah satunya adalah kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

“Kita ketahui bersama bahwa Kodim 1314/Gorontalo Utara ini terbentuk pada tahun 2020, Alhamdulillah tadi sudah memasuki usia yang ketiga” ujar Sekda pada perayaan hari ulang tahun yang ke 3, Kodim 1314 Gorontalo Utara di acara olahraga bersama.

“TMMD itu adalah merupakan satu wujud kerjasama, satu wujud kebersamaan antara TNI dengan masyarakat dalam membangun fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat,” Sambung Sekda.

Ia juga menjelaskan Kodim 1314 Gorontalo Utara membangun bukan saja di tahun ini yakni di Desa Molingkapoto, namun tahun kemarin juga pernah dilaksanakan TMMD yang mengambil lokasi di Atinggola,”

“Oleh karena itu kami mengucapkan tadi dirgahayu Kodim 1314/Gorontalo Utara Semoga tetap jaya ke depan untuk bersinergi membangun Gorontalo Utara yang lebih baik,” tandasnya.

Continue Reading

Advertorial

Pemda Gorut Matangkan Persiapan Sambut Kedatangan Rombongan Pemkot Tarakan

Published

on

Sekretaris Daerah Saat Memimpin Rapat

GORUT – Pemerintah Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara berencana tanggal 27 Juni mendatang akan melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara. Menyambut hal tersebut, Sekretaris Daerah Suleman Lakoro, menggelar rapat koordinasi bersama beberapa unsur terkait, Kamis (23/6/2022).

Adapun unsur terkait tersebut diantaranya kepala dinas (kadis) Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Badan Bappeda, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kadis Koperindag, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Kabag Pemerintahan.

Suleman menerangkan kunjungan tersebut merupakan bagian dari tindak lanjut rencana kerjasama yang akan dirintis oleh kedua daerah. Dimana beberapa pekan lalu Sekda Gorut telah melakukan kunjungan ke Kota Tarakan untuk melihat langsung dan membicarakan prospek yang akan dikerjasamakan.

“Kami beberapa hari yang lalu telah mengadakan kunjungan ke daerah itu (kota Tarakan) untuk menjajaki kerjasama di bidang sapi potong yang selama ini memang pengiriman sapi potong ke wilayah Tarakan khususnya dan juga wilayah Balikpapan itu sudah terjalin sejak tahun 80-an namun itu hanya bersifat bisnis to bisnis. Sehingga banyak hal-hal bagi para pebisnis ini mengalami kendala baik dalam soal harga dan kendala lainnya, terutama kendala transportasi,..”

“Sehingga itu, kerjasama yang sudah terjalin beberapa puluh tahun kemarin ini, itu kami selaku pemerintah akan memfasilitasi dengan melakukan kerjasama antar pemerintah daerah, dalam hal ini G to G atau Government to Government,” jelas Suleman.

Suleman menginformasikan bahwa kebutuhan sapi di daerah Kalimantan Utara khususnya untuk daerah Tarakan itu 90 persen dipesan dari Gorontalo Utara, sehingga ini merupakan prospek yang baik buat Gorontalo Utara dalam rangka juga untuk meningkatkan pendapatan asli daerah ketika kerja sama ini sudah terjalin.

“Ini prospeknya sangat menjanjikan ke depan, dan ini sudah sempat dilihat juga oleh kami setelah kami mengunjungi daerah Tarakan. Insya Allah ini kita akan kerjasamakan dengan pemerintah supaya jaminan keberlangsungan usaha para pebisnis ini Insya Allah bisa berlangsung dengan baik,”

“Insyaallah sudah dijadwalkan tanggal 27 Juni itu pihak pemerintah kota Tarakan dalam hal ini Walikotanya akan melaksanakan kunjungan balasan ke wilayah provinsi Gorontalo juga dalam rangka untuk menandatangani MoU kerjasama tersebut,” ungkapnya.

Sebagai tuan rumah, Suleman berharap kedatangan mereka (rombongan dari Tarakan) dapat terlayani dengan baik sebagaimana pelayanan yang ia dapatkan bersama rombongan saat berada di kota Tarakan.

“Ini harapan saya dan insya Allah juga penandatanganan MoU ini bertepatan juga dengan hari pelantikan Bapak Thariq Modanggu selaku Bupati Gorontalo Utara definitif,”

“Dan kerja sama ini Insyaallah akan lebih mempererat lagi kerjasama atau hubungan antara kedua daerah Tarakan juga dengan Gorontalo Utara,” pungkasnya.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler