Connect with us

kabupaten pohuwato

Hadiri Perayaan Ketupat, Wabup Suharsi Disambut Dengan Kesenian Tradisional

Published

on

POHUWATO – Perayaan lebaran ketupat yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Tunas Jaya, Kecamatan Popayato Barat di hadiri Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa.

Kedatangan Suharsi disambut dengan kesenian tradisional kuda lumping ‘Turonggo Yakso’ yang merupakan tarian tradisional yang sering digunakan saat penyambutan tamu oleh suku Jawa Tondano.

Wakil Bupati Suharsi Igirisa menyampaikan terima kasih atas sambutan yang meriah, juga sangat bersyukur bisa di undang dalam gelaran kegiatan warga, khususnya di Desa Tunas Jaya, dan bisa menjalin silaturahmi dan bertegur sapa dengan masyarakat yang ada disini.

“Terlebih pada perayaan ketupat ini dihadirkan kesenian tradisional kuda lumping,” ungkapnya.

Kebudayaan seperti ini menurut Suharsi, wajib untuk dijaga bahkan dilestarikan sehingga ke depan budaya ini masih terus terjaga.

“Ya, apalagi di moment perayaan lebaran ketupat seperti ini yang dimana ini merupakan budaya dari suku Jawa Tondano yang dilaksanakan seminggu usai idul fitri,”

“Kami sangat mengapresiasi terutama kepada pemerintah desa yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan mengundang komunitas seni dari daerah tetangga Sulteng. Meski kita beda suku akan tetapi rasa persahabatan dan kekeluargaan tetap terjaga. Saya harap ini dapat terus di tingkatkan,” tandasnya.

Advertorial

Bupati Pohuwato Undang Menteri Pertanian Hadiri Panen Raya dan Tinjau Bendung Randangan

Published

on

POHUWATO – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, mengundang Menteri Pertanian, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P, untuk melihat langsung lahan pertanian padi sawah di Kabupaten Pohuwato, khususnya di Kecamatan Randangan, serta menghadiri acara panen raya padi sawah yang akan diadakan pada minggu keempat bulan Mei di Desa Padengo, Kecamatan Duhiadaa.

Undangan tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Saipul, didampingi Kadis Pertanian Pohuwato, Kamri Alwi, di ruang kerja Menteri Pertanian RI pada Jumat, 17 Mei 2024. Dalam undangannya, Bupati Saipul menekankan bahwa panen raya ini merupakan wujud syukur atas hasil panen dan sebagai bentuk apresiasi kepada para petani yang telah bekerja keras mengelola pertanian di daerah tersebut.

“Kami berharap kehadiran Bapak Menteri dapat memberikan semangat dan motivasi lebih kepada para petani di Pohuwato, serta memberikan dukungan langsung terhadap program-program peningkatan hasil pertanian di daerah kami,” ujar Saipul.

Selain itu, Bupati Saipul juga menyampaikan permasalahan belum optimalnya Bendung Randangan karena belum memiliki saluran pembuang. Bendung yang dibangun pada 2016 tersebut, nantinya bisa mengairi kurang lebih 9.000 hektare lahan, namun saat ini baru sekitar 400 hektare yang bisa ditanami menggunakan saluran alami.

“Ia, kalau sudah dibangun saluran pembuang, maka potensi lahan yang 8 ribu sekian itu bisa termanfaatkan. Kemudian juga ada 6 ribu sekian hektare untuk perluasan daerah tanam, itu bisa dipompanisasi bersama TNI dalam rangka percepatan penambahan areal tanam. Hanya saja permasalahannya pada saluran pembuang yang belum terbangun,” jelas Bupati Saipul.

Bupati berharap agar permasalahan Bendung Randangan bisa mendapat perhatian dari Kementerian Pertanian dan bisa dilakukan peninjauan langsung, mengingat kewenangan pemerintah pusat meliputi sekitar 8.096,8 hektare di Randangan. Ia juga mengundang Menteri Pertanian untuk menghadiri panen raya padi sawah di areal 1.200 hektare lahan padi sawah di Kecamatan Duhiadaa pada akhir Mei.

Menteri Pertanian, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P, mengungkapkan rasa bangganya atas keberhasilan para petani Pohuwato dan menegaskan komitmen pemerintah pusat untuk terus mendukung daerah-daerah dengan potensi besar di sektor pertanian.

“Kami berterima kasih atas undangan dari Kabupaten Pohuwato. Semoga saja pada panen raya itu kami bisa hadir, sehingga bisa melihat langsung hasil pertanian khususnya di sektor padi sawah yang ada di Kabupaten Pohuwato. Terkait bendung Randangan, kami akan segera berkoordinasi dengan Menteri PUPR,” ungkapnya.

Continue Reading

Gorontalo

Kejari Pohuwato dan BNK Bersinergi dalam Tes Urine Pegawai: Semua Hasil Negatif

Published

on

POHUWATO – Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Pohuwato bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Pohuwato melakukan tes urine kepada seluruh pegawai Kejari Pohuwato. Tes urine dilaksanakan di Kantor Kejari Pohuwato dan disaksikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Pohuwato, Endi Sulistiyo, SH.,MH, dan Kepala BNK Pohuwato, Yusuf Potale, pada Senin, 13 Mei 2024.

Kajari Pohuwato, Endi Sulistiyo, SH., MH, menjelaskan bahwa Kejari Pohuwato bersama BNK Pohuwato mengadakan tes urine terhadap seluruh pegawai Kejari Pohuwato, termasuk pegawai negeri dan pegawai honor, termasuk cleaning service (CS) yang berjumlah sekitar 58 orang. Hasilnya, semua pegawai tersebut dinyatakan negatif terhadap narkoba.

“Kami melaksanakan tes urine ini mengingat semakin banyaknya peredaran narkoba di Pohuwato, dan Alhamdulillah dari hasil tes urine, semuanya negatif,” ungkap Kajari.

Terkait tes urine tersebut, Kajari Pohuwato menyampaikan terima kasih kepada Kepala BNK beserta jajarannya atas kegiatan ini. “Tes urine ini dilaksanakan secara transparan, di mana hasilnya bisa dilihat langsung setelah tes urine dilakukan,” jelasnya.

Kepala BNK, Yusuf Potale, menyatakan bahwa hasil tes urine terhadap pegawai Kejari Pohuwato semuanya negatif dari jumlah 58 ASN, termasuk pejabat utama, ASN lainnya, serta pegawai honor dan CS. Hasilnya dipastikan dilihat langsung tanpa adanya yang ditutupi.

“Kami dari BNK mengucapkan terima kasih atas inisiatif dari Kepala Kejaksaan Negeri Pohuwato untuk meminta kami melaksanakan tes urine di lingkungan Kejari Pohuwato,” tambahnya. Dengan demikian, langkah ini merupakan upaya bersama dalam memastikan lingkungan kerja yang bebas dari pengaruh narkoba.

Continue Reading

Advertorial

Upaya Meningkatkan Ketahanan Pangan: Bupati Pohuwato Hadiri Gerakan Tanam Padi Gogo dan Panen Padi Sawah

Published

on

POHUWATO – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, bersama dengan sejumlah pejabat dan elemen masyarakat, menghadiri acara gerakan tanam padi gogo dan panen padi sawah di Desa Balayo, Kecamatan Patilanggio, pada Jumat, 10 Mei 2024. Kehadiran Kepala Pusat Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), Dandim 1313 Pohuwato, Kadis Pertanian Pohuwato, dan unsur Pemerintah Kecamatan Patilanggio turut memeriahkan acara tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Saipul menekankan pentingnya keterlibatan semua pihak dalam menjaga ketersediaan pangan di daerah. Dia menyoroti perlunya memperkuat sektor pertanian sebagai fondasi utama dalam menjaga ketahanan pangan daerah. Dengan melibatkan petani, petani pemula, TNI, dan masyarakat secara keseluruhan, diharapkan terciptanya sistem pertanian yang lebih tangguh dan mandiri.

Gerakan tanam padi gogo dan panen padi sawah merupakan bagian dari program Pemerintah Kabupaten Pohuwato untuk menghadapi tantangan ketahanan pangan dan inflasi. Melalui kegiatan ini, diharapkan produksi padi lokal dapat ditingkatkan, sehingga mengurangi ketergantungan pada impor bahan pangan.

Bupati Saipul juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran unsur kementerian pertanian dalam rangka pengembangan padi gogo dan panen padi sawah untuk meningkatkan ketahanan pangan dan mengendalikan inflasi di Pohuwato. Ia juga mengapresiasi upaya kadis dan jajaran yang terus melakukan terobosan dan inovasi.

Terpisah, Bupati Saipul Mbuinga juga menyinggung tentang pembangunan bendungan Randangan yang dimulai sejak 2016. Hingga kini, baru 400 Ha dari total luas 9 ribu hektar lahan padi sawah yang dapat diari. Namun, masih ada satu saluran pembuang yang perlu dibangun agar seluruh lahan bisa dimanfaatkan.

Kadis Pertanian, Kamri Alwi, menambahkan bahwa target tanam di lokasi tersebut khusus untuk padi ladang atau padi gogo sekitar 120 Ha. Target tanam padi sawah dan padi gogo pada bulan Mei 2024 adalah sebesar 1002 Ha, dan ia optimis bahwa target tersebut dapat tercapai bahkan melampaui ekspektasi.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler