Connect with us

Advertorial

Indra Yasin Imbau Warganya Tak Lakukan Mudik

Published

on

Bupati Gorontalo Utara (Dr. H. Indra Yasin., S.H., M.H) || Foto HUMAS

GORUT – Upaya pemerintah dalam menekan angka penyebaran virus corona terus dilakukan, salah satunya dengan dikeluarkan surat edaran dari kementerian yang memberlakukan pelarangan mudik bagi masyarakat Indonesia mulai tanggal 6 hingga 17 Mei.

Menyikapi hal tersebut Bupati Indra Yasin turut memberikan masukan kepada warganya agar bisa memahami dan mengikuti anjuran daru pemerintah, sebab menurutnya ini merupakan tindakan yang dirasa pantas untuk menjaga keselamatan warga dari virus Corona.

“Kepada masyarakat saya berharap cukup mengerti dan memahami anjuran pemerintah, ini untuk keselamatan diri sendiri keluarga dan masyarakat yang ada di sekitar kita” Ungkap Bupati Indra Yasin,(24/4/2021) saat meninjau lokasi perbatasan Atinggola-Bolmut bersama Forkopimda.

Dirinya juga mengimbau kepads masyarakat agar bekerja sama dalam menyosialisasikan edaran yang telah disepakati unsur Forkopimda untuk tidak melakukan mudik menjelang hari raya Idul Fitri.

“Kami mengajak dari tanggal 6 sampai 17 itu tidak melakukan mudik lagi, khususnya keluarga kita dari Manado ke Gorontalo, Sulawesi Tengah maupun Dari Ternate. Untuk sekarang kita lakukan dulu melalui kontak telpon dengan keluarga, karena ini juga demi keselamatan kita semua,” Tutup Indra Yasin.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertorial

Pemda Kabgor Diminta Perhatikan Nasib Para Petani

Published

on

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Gorontalo Jarwadi Mamu || Foto Istimewa

DPRD KABGOR – Anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Jarwadi Mamu, mendorong pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk memperhatikan nasib para petani terutama pada tanaman padi yang sering diserang hama penggerek batang sehingga berpengaruh pada hasil panen.

Menurut ketua Fraksi Nasdem di situasi yang sekarang ini, terlebih pandemi Covid 19 membuat nasib para petani yang menggantungkan hidupnya dari hasil panen tersebut sangatlah memprihatinkan. Maka Jarwadi menekan ke Pemerintah Daerah untuk sesegera mungkin menyikapi persoalan ini.

Ia pun menjelaskan, akibat dari serangan hama ini bisa mempengaruhi stadium pertumbuhan tanaman padi, selanjutnya serangan penggerek batang padi pada stadium vegetatif juga tidak dapat dikompensasi menjadi pembentukan anakan baru.

Dirinya menyampaikan serangan pada stadium generatif menyebabkan mulai tampak putih dan hampa atau disebut beluk (whiteheads), dan kerugian hasil yang diakibatkan setiap persen gejala berkisar 1 sampai 3% atau rata-rata 1,2%.

“Jadi hama penggerek batang itu sudah mulai melanda petani yang ada di Gorontalo,” Terang Jarwadi

Sebagai ketua Gapoktan atau gabungan kelompok tani Jarwadi Mamu menambahkan, apa bila tanaman padi sudah diserang hama penggerek batang dengan demikian hasil panen para petani tidak memiliki isi di dalamnya.

“Khususnya untuk paritas 4,2 semua hasil produksi para petani diatas 50% gagal. Sehingga saya berharap kepada pemerintah daerah agar memperhatikan para petani yang gagal panen akibat hama tersebut,” Tutup Jarwadi.

Continue Reading

Advertorial

Wabup Thariq Modanggu Tutup Rangkaian Bimtek SPIP

Published

on

GORUT – Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), sebuah bentuk kegiatan pengawasan dan pengendalian secara internal yang menjadi ranah dari inspektorat. Dengan begitu sistem ini tidak bisa terpisah dari peran seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka pengendalian.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Gorontalo Utara (Wabup Gorut), Thariq Modanggu usai menutup rangkaian Bimtek SPIP terintegrasi yang dilaksanakan Inspektorat Gorut kerja sama dengan BPKP Perwakilan Gorontalo, Selasa (3/8/2021) di Aula Hotel Grand’Q Kota Gorontalo.

Ia menyebut SPIP sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Semakin baik sistem pengendalian internal, maka pasti akan semakin baik pula capaian-capaian dan nilai-nilai termasuk nilai naturitas SPIP,” ujarnya.

Oleh sebab itu, ia mengatakan, bimbingan teknis SPIP tersebut sangat penting untuk memperbaiki nilai maturitas SPIP Gorontalo Utara yang masih tergolong rendah di Provinsi Gorontalo.

“Oleh karena itu saya meminta dan bahkan memerintahkan kepada masing-masing OPD untuk membuat perencanaan terhadap hasil bimtek tadi, supaya bimtek ini jangan hanya berlalu begitu saja, semua OPD harus membuat perencanaan terkait dengan SPIP, lebih-lebih poin-poin yang terkait dengan itu di OPD masing-masing,” pungkasnya.

Continue Reading

Advertorial

SPIP Sangat Penting Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Published

on

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin

GORUT – Bupati Indra Yasin membuka kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, di Aula Hotel Grand’Q Kota Gorontalo, (2/8/2021).

Acara yang diselenggarakan oleh Inspektorat Gorontalo Utara bekerja sama dengan BPKP Provinsi Gorontalo tersebut, turut diikuti seluruh Kepala Dinas/Badan, Kepala Bagian, Camat dan Pengawas Intern Pemerintah Se-Kabupaten Gorontalo Utara.

Bupati Gorut Indra Yasin selaku kepala daerah menyebutkan bahwa SPIP sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, peran seorang pimpinan OPD sangat diperlukan di dalam mengendalikan jalannya sistim tersebut.

“Oleh sebab itu, pimpinan OPD atau organisasi perangkat daerah mempunyai peranan penting untuk mengendalikan secara internal kedalam. Dan oleh sebab itu harus ada pengawasan yang melekat kepada bawahannya,” Kata Indra.

Ia menjelaskan ada beberapa hal yang perlu dikendalikan atau diawasi oleh seorang pimpinan OPD, diantaranya pengendalian atau pengawasan keuangan dinas/badan, dan aset-aset yang dikelola oleh dinas badan yang merupakan kekayaan daerah.

“Laporan keuangan, itu sangat penting, karena masalah keuangan itu sangat sensitif. Oleh sebab itu dalam hal pengelolaannya, baik pengeluaran maupun penerimaan itu harus detail, dan harus ada datanya,”

“Kemudian kedua aset-aset yang ada di setiap dinas badan, itu harus terdata dengan baik, karena kalau tidak terdata, itu salah satu celah mengenai kekayaan daerah. Karena aset itu masuk kekayaan daerah. Oleh sebab itu dia harus tercatat dengan baik dan terpelihara oleh setiap dinas badan,” Jelas Indra.

Lebih dari itu, Indra mengatakan kepada seluruh pegawai dilingkungan pemerintah Gorut untuk selalu mentaati aturan, terus membangun komunikasi baik kepada bawahan maupun atasan terutama kepada pimpinan daerah.

“Dan selalu berkoordinasi dan berkomunikasi tidak saja kebawah dan keatas, tapi juga kepada pimpinan daerah.
Itu yang kita harapkan,” Kata Indra Yasin.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler