Connect with us

Gorontalo

Jalan Sepanjang 8,9 KM Akan Dibangun PT MAP Mulai Dari Desa Hulawa Hingga Desa Teratai

Published

on

GORONTALO – PT. Mentari Alam Persada yang merupakan anak dari PT. Merdeka Chopper Gold Tbk. berencana akan membangun jalan pintas Sepanjang 8,9 kilometer dengan ruas selebar 10 meter di desa Hulawa, Kecamatan Buntulia, Kabupaten Pohuwato, (14/4/2022).

Pembangunan infrastruktur jalan ini, dilakukan untuk menunjang operasional dari proyek pertambangan emas atau Pani Gold Project yang dikelola bersama PT. Puncak Emas Tani Sejahtera (PETS), PT. Gorontalo Sejahtera Mining (GSM), PT. Pani Bersama Tambang (PBT).

Dengan menggunakan bahan dasar Makadam, Pembangunan jalan dengan total buka jalan 25 meter ini, dilengkapi dengan pembangunan drainase di sisi kanan dan kiri sepanjang 3 meter dengan lebar 9 meter.

Menurut penjelasan dari pihak Merdeka Mining Service (MMS) PT. MAP yang akan melakukan konstruksi jalan, proyek pembangunan akan dilakukan pada bulan Juni Tahun 2022 dan di perkirakan selesai pada bulan Juni Tahun 2023.

“Kami juga akan membangun jembatan dengan dimensi 7 × 105 meter yang mampu menahan beban hingga 150 ton dan lahan untuk pembangunan jalan pintas ini akan segera di bebaskan oleh pihak perusahaan dengan menjamin hak para pemilik lahan secara adil,” terang pihak MMS PT. MAP saat melakukan sosialisasi kepada pihak perwakilan masyarakat dan aparat di 3 desa yakni Taluduyunu, Taluduyunu Utara, dan Hulawa, (8/4/2022).

Di sela itu, Selaku Superintendent Community Affair PT. PETS, Sri Joko Yunanto pada sosialisasi perwakilan masyarakat dan aparat di 3 desa menyampaikan bahwa jalan tersebut dibangun karena pertimbangan faktor keselamatan dalam industri pertambangan sesuai peraturan.

“Agar pula masyarakat setempat tidak terganggu karena kedepan perusahaan akan menggunakan akses jalan baru ini untuk beroperasi. perusahaan juga akan menyediakan akses yang dijaga petugas guna memastikan keselamatan masyarakat setempat yang melintas,” ujar Sri Joko Yunanto

Di sisi lain, Ketua KUD, Idris Kadji yang merupakan mitra perusahaan meminta kepada masyarakat untuk mendukung maksud baik dari perusahaan

“Karena proyek pertambangan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pohuwato,” tuturnya.

Sementara itu, Perwakilan masyarakat dan aparat di 3 desa menyampaikan kepada pihak perusahaan agar lebih memperhatikan tenaga kerja lokal dari daerah mereka, memperbaiki akses jalan di desa yang ada, serta mendukung kegiatan masyarakat lainnya.

Sebagai informasi, Sepekan sebelumnya dari pihak perusahaan telah melakukan sosialisasi di dua Desa, Kecamatan Marisa yakni Teratai dan Bulangita yang terdampak pembangunan jalan pintas.

Pada sosialisasi tersebut, Camat Huntoyungo meminta dukungan dari semua pihak agar perusahaan dapat segera membangun jalan pintas yang akan mendatangkan banyak manfaat bagi Pohuwato secara keseluruhan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gorontalo

Banyak Hambatan, Proses Evakuasi Pendaki di Gunung Tilongkabila Berjalan Lancar

Published

on

GORONTALO – Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi dua pendaki gunung yang mengalami hipotermia dan penyakit asma di pegunungan Tilong Kabila Kabupaten Bone Bolango, belakangan kedua pendaki tersebut diketahui merupakan peserta pendidikan dasar yang dilakukan oleh Mapala Belantara Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.

Informasi yang berhasil dihimpun, sebanyak 15 mahasiswa mulai mendaki gunung Tilongkabila, mereka start pukul 04.00 Wita. Selanjutnya Jumat (24/6/2022) pukul 10.00 Wita salah satu anggota Dea Nanda Doke mengalami kelelahan.

Kerena salah satu peserta dari rombongan kelelahan maka seluruh anggota memutuskan untuk beristirahat sejenak pada ketinggian 701 Meter di atas permukaan laut (MDPL).

Namun kondisi peserta tersebut tak kunjung membaik, suhu tubuhnya turun drastis disertai batuk darah sehingga teman-temannya mencurigai adanya hipotermia. Tubuh Dea lemas dan tidak mampu lagi berjalan.

Dea dan kawan-kawan harus menghadapi medan terjal, ditambah lagi kondisi jalan yang becek akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Gorontalo. Pukul 21.00 Wita tim pendakian mengambil keputusan untuk beristirahat di pos 1 sembari menunggu tenaga korban kembali pulih.

Setelah ditangani Dea perlahan membaik, suhu tubuhnya kembali normal meskipun begitu, tenaganya belum pulih total.

“Kami diinformasikan oleh tim, bahwasanya ada kejadian membahayakan manusia salah satu orang diantaranya mengalami hipotermia, kami terima laporan kemarin tanggal 24 jam 09.00 Wita. Sudah ada kejadian tapi itu kami terus pantau mereka mengabarkan bahwa sudah aman tapi setiap sejam sekali kami tetap menanyakan keberadaan dari para pendaki itu, Jam 20.00 malam kembali memberikan laporan kepada kami di kantor SAR Gorontalo,” Kata I Made Junetra.

Lebih lanjut, I Made Junetra menambahkan Tim SAR pukul 21.00 tim SAR kembali menerima laporan dari tim pendakian bahwa mereka membutuhkan pertolongan SAR. Pukul 21.20 Wita tim SAR menuju kaki gunung Tilongkabila.

Dan langsung melakukan pencarian malam itu juga. Proses evakuasi mengalami banyak hambatan, selain medan terjal, dan kondisi tanah yang licin dan berair, tim SAR gabungan yang terdiri dari BASARNAS TNI-Polri, IEA, BPBD, RAPI, Mapala harus membuka jalur sendiri untuk bisa menjangkau para pendaki.

“Pukul 03.00 Tim SAR gabungan berhasil menjangkau para pendaki, kondisi korban yang mengalami hipotermia sudah perlahan membaik. Tapi ada masalah baru lagi, salah satu diantara mereka punya riwayat penyakit asma begitu Informasinya. Sehingga kami agak kesulitan mengevakuasi,” pungkasnya.

Sekitar pukul 18.30 Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi korban ke perkampungan dalam keadaan selamat dan dua diantaranya mendapat penanganan medis lanjutan di puskesmas Suwawa.

Continue Reading

Gorontalo

LBH WKP Berikan Konsultasi Hukum Gratis Kepada Sejumlah Warga Binaan

Published

on

GORONTALO – Jaringan pendamping advokasi hukum konsumen Wahana Keadilan, terhadap masyarakat yang membutuhkan perlindungan hukum melakukan sosialisasi di Lembaga Pemasyarakatan Pohuwato.

Stenly Nippy Selaku pengacara muda yang juga merupakan Direktur di LBH Wahana Keadilan menyampaikan kegiatan seperti ini sudah rutin di lakukan setiap setahun sekali, untuk menyosialisasikan pelayan hukum bagi pelaku yang sudah dalam masa tahanan lapas

“Alhandulilah ini kegiatan yang ke sekian kalinya kami lakukan fungsinya untuk menyadarkan para masyarakat LAPAS untuk bisa mengetahui akhir dari segala masalah mereka tidak habis di pengadilan melainkan masih ada upaya- upaya hukum yang masih bisa mereka tempuh,” Ujar Stenly.

Sementara itu, Sry Yuliyana Monoarfa selaku pendamping hukum perlindungan perempuan dan anak yang juga menambahkan kegiatan seperti ini merupakan aktivitas profesional dalam bentuk Non litigasi (baca: pelayanan hukum diluar proses pengadilan) .

“Selain dari menyosisalisasikan peran dan lembaga WKP. Kami pun mengintgrasikan pelayanan Konsultasi hukum gratis, kepada setiap warga binaan, dimana untuk kali ini kami memberikan 10 orang untuk pelayanan kasus yang mereka hadapi, baik masalah hukum yang mereka dapatkan,..”

“Tentu tugas kita memberikan pencerahan jangan sampai mereka salah menilai putusan hakim, jikalaupun ada yang kurang puas maka mereka bisa mengajukan banding dan kasasi, problematikanya adalah terkadang mereka tidak mendapatkan informasi putusan secara jelas,” Ujarnya.

Ana juga menambahkan, dengan kehadiran mereka di lapas tentunya bukan inovasi terbaru bagi seorang pengacara dalam memberikan pelayanan hukum, namun merupakan bentuk tanggung jawab dari profesi pengacara.

Ia pun menjelaskan, Kedatangan kali ini juga sekalian ingin menjenguk klien-klien yang telah dibela di pengadilan.

“Tentu kehadiran seorang pembela tidak cukup hadir diruang sidang namun patut pula bisa hadir dihadapan mereka diruang tahanan. Hal ini bagian pemulihan psikis dari klien yang berhadapan dengan hukum,” Ungkap Ana.

Selanjutnya, salah satu petugas tahanan lapas mengungkapkan, kehadiran teman teman LBH WKP bukan hanya kali ini tapi sejak 2018 sudah sering memberikan pelayanan hukum bagi masyarakat binaan.

“Kami pun sangat senang karena setiap teman teman LBH WKP, selalu mendapat respon positif dan antusias dari warga binaan dalam kegiatan konsultasi hukum gratis dan ini warna baru bagi para masyarakat lapas tersebut karena bukan hanya kegiatan kerohanian, olahraga,..”

“Namun pula ada kegiatan konsultasi hukum dimana setiap warga kami memiliki problematika masing masing, mungkin kami menilai LBH WKP satu satunya LBH yang tidak terakreditas tapi memiliki semangat tinggi didalam memberi pelayanan Konsultasi (gratis),” Tutupnya.

Continue Reading

Gorontalo

Dandim 1313/Pohuwato Membuka Turnamen Sepak Bola Piala Kasad, Liga Santri PSSI

Published

on

POHUWATO – Dalam upaya menjaring bakat para santri di cabang olahraga sepak bola, Kodim 1313/Pohuwato, menggelar Turnamen Sepak Bola Piala Kasad, Liga Santri PSSI Tahun 2022. Senin (20/6/2022). Berlangsung di Stadion Olahraga, Kabupaten Pohuwato, Liga Santri PSSI tersebut dibuka dengan resmi, Dandim 1313/Pohuwato, Letkol Inf. T. P. G. Malau, SE, M.Sc.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Askab PSSI Pohuwato, Nasir Giasi, S.Pd, M.Si. Ketua KONI Pohuwato, Beni Nento, S.Ei., M.Si., Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Pohuwato, Nursam Sidiki, S.Ag., Asisten II Ekbang, Dr. Ir. Fikry Adam, M.Si., MM.

Juga hadir, Sekertaris Dispora Pohuwato, Hais Ahmad serta Danramil Marisa, Kapten Inf Sutrisno, Danramil Paguat, Lettu Arm Asriadi, Danramil Popayati, Pelda Darajuddin,
Para Perwira Staf Kodim 1313/Pohuwato dan juga, Babinsa Jajaran Kodim 1313/Pohuwato.

Dandim 1313/Pohuwato, Letkol Inf. T. P. Malau, SE, M.Sc, menyampaikan, lewat kesempatan ini pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras menyelenggarakan kegiatan Turnamen Sepak Bola Piala Kasad, Liga Santri PSSI Tahun 2022.

“Melalui Kompetisi ini diharapkan mampu menciptakan kemanunggalan TNI dengan Rakyat sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Tanah Air Bangsa dan Negara dengan tetap berpedoman pada nilai-nilai religius keagamaan,” Ungkapnya.

“Seperti apa yang disampaikan Kasad, tujuan utama dari kegiatan ini, sebagai wadah pembinaan, kepada generasi muda, terutama dari santri yang ada di kabupaten ini. Harapanya nanti, adik-adik santri ada terpilih untuk maju dilevel nasional dan level internasional,”ujarnya.

Ia juga meminta kepada para Santri jangan merasa minder, meski berada di wilayah terujung di provinsi, bukan berarti para santri tidak memiliki peluang.

“Adik-adik jangan merasa minder, meski berada diwilayah ujung provinsi, bukan berarti adik-adik tidak memiliki peluang untuk berkipra diajang persepak bolaan ditanah air,”ungkap Dandim 1313/Pohuwato.

Terinformasi, ajang sepak bola liga santri piala kasad 2022 ini, terpusat di Lapangan Stadion Merdeka, Kabupaten Jombang, Wilayah Kodam V/Brawijaya dan akan berlangsung selama dua hari. Dan untuk Kabupaten Pohuwato, wilayah Kodim 1313/Pohuwato juga akan berlangsung selama dua hari.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler