Connect with us

Gorontalo

Satu Jam Terjebak Badai, 7 Nelayan Berhasil Diselamatkan BASARNAS

Published

on

Foto BASARNAS

GORONTALO- Kecelakaan kapal laut terjadi di Perairan Sulawesi, Kecamatan Monano, Kabupaten Gorontalo Utara, Minggu (18/10/2020). Kapal bagan yang ditumpangi 7 orang Nelayan tersebut diduga terhempas badai saat beroperasi dan tenggelam.

Sebelumnya Tim Siaga Komunikasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo menerima info dari Kapten KN SAR Samba di mana  telah terjadi kecelakaan kapal perahu bagan pada pukul 13.00 WITA. Saat itu diinformasikan telah terjadi badai yang mengakibatkan beberapa kapal nelayan terpaksa berlindung di pulau – pulau terdekat. Namun salah satu perahu tidak sempat berlindung sehingga terjebak ditengah badai. Bahkan 1 perahu katintin milik bagan tersebut hanyut. Melihat situasi dan kondisi cuaca yang semakin memburuk, Rano selaku pemilik bagan segera melaporkan kejadian kepada awak kapal dan diterima langsung oleh Kapten KN SAR Samba. Menerima laporan, pada pukul 14.10 WITA Tim BASARNAS Gorontalo segera menerjunkan 8 orang tim ke lokasi kejadian.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam 30 menit dengan ketinggian ombak 1 – 2 Meter Tim Sar akhirnya menemukan para korban dalam kondisi terombang ambing. Proses evakuasi sempat terhambat di karenakan para korban enggan untuk dievakuasi ke RIB.

Setelah melakukan negosiasi kurang lebih 30 menit akhirnya 7 orang korban sepakat untuk meminta Tim Basarnas memantau pergerakan bagan agar bisa sampai ke pelabuhan Kwandang.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan I Made Junetra S.H yang di korfirmasi terkait musibah ini membenarkan Hal Tersebut.

“Memang betul telah terjadi kondisi membahayakan manusia di perairan Laut Sulawesi bagian utara. Awalnya mereka enggan untuk di evakuasi ke RIB, oleh sebab itu tim segera melakukan negosiasi dengan para korban mengingat cuaca yang semakin memburuk,” ujar I Made Junetra.

Dirinya juga mengungkapkan, untuk sementara tim di lapangan serta 7 korban sudah dalam perjalanan ke dermaga kwandang dengan estimasi kurang lebih 3-4 jam untuk bisa tiba di lokasi pelabuhan di karenakan cuaca yang kurang bersahabat mengakibatkan tim tidak bisa memacu kecepatan. Dengan ditemukannya ke 7 korban maka operasi SAR dinyatakan ditutup.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gorontalo

KPU Kabgor Siap Gelar Debat Paslon Sesi Terakhir

Published

on

KABGOR-Seluruh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo nantinya akan bertarung gagasan pada debat publik 29 November 2020.

Kegiatan yang di selenggarakan Komisi Pemilihan Umum Kabgor itu akan digelar di Hotel Damhil Kota Gorontalo.

Masing-masing gagasan para cabup cawabup dipresentasikan kepada rakyat kabupaten Gorontalo dan masyarakat yang akan menilai langsung siapa figur yang akan menjadi pilihan mereka. Adapun tema debat kali ini di antaranya “keselarasan pembagunan, memperkokoh NKRI dan pencegahan COVID-19”.

Dan Untuk bisa menjangkau seluruh warga Kabupaten Gorontalo KPU juga menayangkan debat secara langsung melalui laman Facebook komisi pemilihan umum Kabupaten gorontalo – Kabupaten Gorontalo KPU.

Continue Reading

Gorontalo

Gorut Jadi Pusat Latihan SAR Tahun 2020

Published

on

Foto HUMAS

BASARNASGTO – Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo menggelar Latihan SAR daerah tahun 2020 di Kabupaten Gorontalo Utara, Rabu (26/11/2020). Latihan ini dalam rangka meningkatkan sinergitas Badan Nasional Pecarian dan Pertolongan (Basarnas) dengan potensi SAR dalam mewujudkan operasi SAR yang cepat, aman, dan terkoordinasi.

Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa daerah sangat berbangga karena Gorut menjadi salah satu daerah tempat latihan SAR.

“Saya sangat berterima kasih atas kegiatan latihan SAR yang di buat di gorontalo utara,” ucap Indra saat memeberikan sambutan di Gedung Germas Kantor Bupati.

Pada kesempatan itu, Indra menjeaskan pula tetang luas pesisir pantai dan jumlah penduduk yang tinggal di pesisir pantai. Sehingga dengan pelatihan dari SAR, menurut dia bisa mengantisipasi terjadinya kecelakaan di laut.
Ia pun berharap dengan latihan ini bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tetang bahaya di laut.  Dengan begitu masyarakat daerah pesisir dan nelayan bisa paham bagaimana mencegah agar tidak terjadinya hal-hal yang membahayakn mereka.

“Kami pemerintah daerah tentu sangat mendukungnya adanya kegiatan ini. Karena ini, menyangkut keselamatan orang banyak,” tutup Indra.
Kegiatan latihan SAR itu, akan berlangsung selama 3 hari. Dan simulasinya dimulai pada Sabtu 28 November 2020 nanti di pulau saronde.

Continue Reading

Gorontalo

Kharisma David Bobihoe Muncul Kembali Di Pasar Limboto

Published

on

GORONTALO-“3…3…3″ Sorak sorai pedagang saat pasangan Chamdi Tomy masuk ke pasar sentral limboto, antusias para pedagang untuk bertatap langsung dengan pasangan Nomor 3 terbayarkan. ” Debo So dapat lia Torang pe Calon, ganteng po..” Ujar Yuli saat berfoto dengan pasangan Chamdi Tomy.

“Masih kuat bro, masih boleh bajalan jao dengan masuk-masuk kedalam” Ujar Mohamad Adam ke teman-temannya yang sesama pedagang.

Sementara itu tiba-tiba ada Mamah-mamah datang menghampiri ke pasangan Chamdi Tomy, dengan merendahkan nada kalimat ia berucap “pak Chamdi liat liat kmari torang pedagang-pedagang Kecil wa.. Ti pak Mo liat di Foto dengan Senyum Macam Almarhum Pak David Bobihoe, semoga menang pak” Setelah mengungkapkan isi hatinya, mamah mamah itu berlalu untuk kembali ke lapak dagangannya.

Selama melakukan blusukan di pasar, Chamdi Tomy di arak dan di kawal warga, Kedatangan mereka telah dinanti-nantikan pasalnya ada beberapa keluhan yang ingin di suarakan oleh pedagang dimana mereka meminta kepada pasangan Chamdi Tomy untuk melihat langsung kondisi para pedagang tradisional, karena semenjak pandemik Covid-19 hingga saat ini pendapatan mereka menurun tidak seperti pada waktu-waktu sebelumnya.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler