Connect with us

Gorontalo

Tiga Kelompok Umur Akan Bertarung di Pilgub Gorontalo

Published

on

Foto Ilustrasi ayojakarta.com

GORONTALO – Rakyat Provinsi Gorontalo tidak lama lagi akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo. Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada untuk memilih Gubernur akan digelar pada tahun 2024 mendatang.

Sejumlah tokoh-tokoh besar Gorontalo mulai digadang-gadang untuk berkantor di Botu, Kantor Gubernur.

Diantara tokoh Gorontalo yang digadang-gadang tersebut, jika dirunut dari usia, ada yang kini telah berusia 68 tahun dan yang paling muda berusia 45 tahun.

Tokoh Gorontalo yang paling senior adalah Roem Kono, kini menjabat Duta Besar Indonesia untuk Bosnia yang saat ini berusia 68 tahun, Indra Yasin yang sementara menjabat Bupati Kabupaten Gorontalo berusia 67 tahun, Idris Rahim yang juga Wakil Gubernur Gorontalo kini berusia 67 tahun, Toni Uloli pengusaha dan politisi Partai Golkar telah berusia 62 tahun dan Marten Taha yang menjabat Wali Kota Gorontalo kini telah memasuki usia 62 tahun. Nama-nama tersebut adalah tokoh Gorontalo yang sedang digadang-gadang menjadi Calon Gubernur yang berusia diatas 60 tahun.

Pada usia 50 tahun ke atas ada nama-nama tokoh seperti Rahmat Gobel kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI yang berusia 59 tahun, Nelson Pomalingo yang menjabat Bupati Gorontalo berusia 59 tahun, Dany Pomanto yang baru terpilih sebagai Walikota Makassar dengan usia 57 tahun, Idah Syaidah yang juga istri Gubernur Rusli Habibi dan kini menjabat sebagai Anggota DPR RI telah berusia 57 tahun, Abdullah Gobel yang juga pengusaha dan dik dari Rahmat Gobel telah usia 54 tahun dan terakhir adalah Hamim Pou yang juga Ketua DPW Nasdem Gorontalo sekaligus Bupati Bone Bolango telah berusia 52 tahun.

Hal yang menarik ada pada tokoh-tokoh yang dianggap mumpuni baik dari kapasitas maupun kompetensi namun masih berusia dibawah 50 tahun seperti Syarif Mbuinga, mantan Bupati Pohuwato yang kini berusia 48 tahun, ada juga Elnino Mohi, anggota DPR RI yang berusia 47 tahun serta Eduart Wolok yang kini menjabat sebagai Rektor Universitas Negeri Gorontalo dengan usia 45 tahun.

Jika melihat data di atas, maka Pilkada Gubernur Provinsi Gorontalo pada tahun 2024 nanti, akan menjadi persaingan tiga generasi yaitu generasi yang berusia diatas 60 tahun, generasi yang berusia diatas 50 tahun dan generasi yang berada di bawah 50 tahun.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gorontalo

Bumdesa Bintang Utara Terima Bantuan Dari Menteri Desa PDTT

Published

on

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar didampingi Rektor Universitas Negeri Gorontalo Eduart Wolok saat tiba di Desa Deme II, Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo. Sabtu (12/7/21) || Foto : Barakati.id

Gorontalo Utara – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar menyerahkan bantuan dana untuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) Bintang Utara di Desa Deme II, Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara, sabtu 12 Juni 2021.

Bantuan dana senilai 75 juta rupiah itu diserahkan langsung Menteri Desa PDTT kepada kepala Desa Deme II Fiki Bumulo dan direktur Bumdesa Syamsudin Karim Ngou.

Mendes Abdul Halim Iskandar mengatakan, Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) merupakan titik tumpu dalam pengembangan dan peningkatan ekonomi masyarakat desa, terutama pemulihan di masa pandemi covid-19 saat ini.

“Jika di pusat punya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola aset dan usaha pemerintah, di Provinsi dan Kabupaten ada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) maka desa hari ini punya Bumdesa yang punya kekuatan hukum yang sama dalam mengelola dan memanfaatkan potensi dan sumberdaya alam yang ada di desa masing-masing dan ini membuat Bumbdesa setara dengan BUMN dan BUMD” ujar Menteri Halim Iskandar.

Menteri Desa juga menambahkan, dengan support langsung dari kementrian, Bumdesa diharapkan mampu melahirkan berbagai inovasi dalam menunjang upaya peningkatan kualitas usaha Bumdesa.

Kabupaten Gorontalo Utara sebagai pemilik garis pantai terpanjang di Provinsi Gorontalo, tentu memiliki sumberdaya alam dibidang pariwisata yang bisa dimaksimalkan pengelolaannya. Bumdesa diharapkan bisa menjadi motor penggerak pengelolaan tempat-tempat wisata yang bisa menaikan pendapatan desa. Pemanfaatan dana desa untuk pengelolaan pariwisata juga diharapkan bisa memperbaiki perekonomian masyarakat . Pungkas Menteri Halim Iskandar.

Direktur Bumdesa Bintang Utara, Syamsudin Karim Ngou mengucakan terima kasih kepada Menteri Desa PDTT yang telah datang langsung ke Desa Deme II untuk menyerahkan bantuan dana untuk bumdesa, bantuan ini dinilai sangat membantu Bumdesa untuk berkembang, terutama dalam pengelolaan pariwisata yang menjadi andalan di Desa Deme II.

“kami berterima kasih kepada Pak Menteri atas kunjungannya. Kehadiran menteri di desa ini menambah semangat kami untuk terus mengembangkan bumdesa terutama dalam pengelolaan pariwisata di pulau Dionumo” ujar Syamsudin.

Kunjungan Menteri Desa PDTT ke Desa Deme II didampingi Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Eduart Wolok dan disambut Bupati serta Forkopimda Kabupaten Gorontalo Utara. Desa Deme II merupakan salah satu desa binaan Universitas Negeri Gorontalo dalam pendampingan tata kelola desa.

Continue Reading

Gorontalo

Gempa Berkekuatan 5.7 SR Guncang Bolaang Uki Bolsel

Published

on

Sumber BMKG

Gempa bumi berkekuatan 5.7 Skala Richter terjadi di kawasan Bolaang Uki, Bolaang Mongondow Selatan, Sulut (11/6/2021).

Gempa dirasakan hingga di Gorontalo. Informasi yang disebar Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Gorontalo menyebutkan, pusat gempa berada di 0.06 LS , 124.40 BT, atau 66 Km Tenggara Bolaang Uki, Sulut.

Gempa yang terjadi pada pukul 10:23 Wita membuat sejumlah warga Kota Gorontalo berhamburan keluar rumah dan memastikan berada ditempat aman.

Berdasarkan informasi yang disampaikan BMKG, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Continue Reading

Gorontalo

Korban Tenggelam Di Sungai Bolango Belum Ditemukan

Published

on

Foto HUMAS Basarnas

GORONTALO – Satu warga Kecamatan Dungingi dikabarkan hilang saat memancing di sungai Bulango Desa Ilotidea Kabupaten Gorontalo.

Sebelumnya korban atas nama Ramli Lihawa (47) diketahui memiliki kebiasaan memancing di pagi hari dan akan kembali menjelang petang, namun hingga pukul 22.00 wita korban tak kunjung tiba dirumahnya.

Anaknya yang tersadar hal itu, langsung melakukan pencarian terhadap korban bersama keluarga yang dibantu oleh warga setempat. Proses pencarian yang dilakukan pun tak membuahkan hasil.

Hingga pagi tadi pihak keluarga korban masih melakukan pencarian, dan akhirnya pada pukul 09.00 pagi ditemukan beberapa barang yang dicurigai milik Ramli.

Selang beberapa saat sang anak melaporkan kejadian tersebut ke pihak Basarnas, dengan sigap pihak SAR segera bergegas ke lokasi korban hilang.

Menindak lanjuti laporan tersebut I Made Junetra selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo (BASARNAS GORONTALO) menurunkan 1 tim untuk menuju Lokasi kejadian dengan membawa Peralatan SAR air.

Hingga saat ini, Korban belum ditemukan dan Tim Masih melakukan pencarian bersama warga.

Continue Reading

Terpopuler