Connect with us

Advertorial

UNG Jalin Kemitraan Dengan Kanwil Kemenag

Published

on

Foto Istimewa ll penandatanganan nota kesepahaman di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Gorontalo,

UNG – Dalam rangka antisipasi potensi radikalisme di kalangan pelajar, Universitas Negeri Gorontalo dan Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Gorontalo sepakat bekerjasama dalam pengembangan kurikulum yang moderat dan anti radikalisme. Hal ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Gorontalo, (18/2/2021).

Alasan kedua lembaga ini jalin kemitraan, terkait data Badan Nasional Penanggulangan Terorisme yang menyebut Gorontalo berada pada peringkat lima besar daerah yang berpotensi berkembangnya radikalisme.

Rektor Universitas Negeri Gorontalo Eduart Wolok mengatakan, bahwa pada semua tingkatan lembaga pendidikan baik itu sekolah maupun perguruan tinggi tidak boleh berkembang virus radikalisme, sehingga sangat dibutuhkan kolaborasi dan sinergitas antar lembaga agar bisa menguatkan persaudaraan, dan toleransi dapat dijalankan.

“UNG sementara mengembangkan model Desa Pancasila sebagai model pengelolaan keberagaman dan reproduksi nilai Pancasila dikalangan desa, Agenda ini adalah praktik pembumian nilai-nilai Pancasila di unit terkecil,”

“Kami berharap agar kerjasama ini bisa lebih menambah kekuatan untuk menangkal radikalisme. Apalagi ada data survey Alvara yang menyebut sekitar 23 % pelajar yang terpapar paham radikal,” Jelas Eduart.

Berikutnya Eduart mengatakan model Desa Pancasila akan dikembangkan dan disisipkan pada muatan kurikulum yang diberdayakan.

“Anak didik kita memiliki bekal untuk dapat melihat Indonesia yang Bineka Tunggal Ika sebagai satu kesatuan tanpa perlu menghilangkan jati diri kita,” terangnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertorial

Anas Jusuf Minta OPD Dan Camat Paparkan Program

Published

on

BOALEMO – Menindaklanjuti edaran dari Menteri Keuangan Republik Indonesia No.SE.2 / PK / 2021 tentang penyesuaian penggunaan Anggaran transfer ke daerah tahun 2021. Dimana setiap daerah dibebankan 8% dari Dana Alokasi Umum.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Boalemo Anas Yusuf melakukan pertemuan dengan para pimpinan dan sekretaris OPD serta camat se-kabupaten Boalemo, di rumah jabatan Bupati, (27/2/2022).

Dirinya mengharapkan agar tiap-tiap OPD dapat memaparkan program apa saja yang nantinya akan di refocusing, sebab penganggaran refocusing akan diarahkan ketiga sektor, oleh Pemerintah Pusat yaitu kesehatan, ekonomi dan bantuan sosial.

“sehingga itu di harapkan kepada seluruh pimpinan OPD dan Para camat agar dapat menyelesaikan refocusing anggaran ini, sesuai dengan prosedur yang ada,” Ungkap Anas.

Continue Reading

Advertorial

Tiga Kepala Daerah Terpilih Dilantik Gubernur Rusli Habibie.

Published

on

Gubernur Usai melantik kepala daerah || Foto Salman

GORONTALO – Tiga pasangan Bupati dan Wakil Bupati yang memenangkan kontestasi pada perhelatan pemilihan kepala daerah dilantik Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berdasarkan SK Mendagri Nomor 131.75-375 Tahun 2021, di pelataran rumah dinas gubernur, (26/2/2020).

“Pada hari ini Jumat, 26 Februari 2021. Saya Gubernur Gorontalo atas nama Presiden Republik Indonesia dengan ini resmi melantik. Saya percaya bahwa saudara-saudari akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” ungkap Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Rusli Habibie meminta kepada para kepala daerah yang telah dilantik untuk bisa menjalin keharmonisan dengan unsur Forkopimda dan tetap menjunjung tinggi nilai persaudaraan.

Diketahui ketiga pasangan bupati dan wakil bupati yang dilantik diantaranya, Nelson Pomalingo – Hendra Hemeto untuk kabupaten Gorontalo, Hamim Pou – Merlan Uloli Kabupaten Bone-Bolango dan Syaiful Mbuinga – Suharsi Igirisa untuk kabupaten Pohuwato.

Continue Reading

Advertorial

Bupati Gorut Terima Kunker Kepala Pengadilan Agama Gorontalo

Published

on

Bupati Gorut saat Foto Bersama Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo || Foto HUMAS

GORUT – Pemerintah kabupaten Gorontalo Utara merespon dan mendukung pembangunan pengadilan agama, hal ini diungkapkan Bupati Indra Yasin saat menerima kunjungan kerja kepala pengadilan tinggi agama Gorontalo, (26/2/2020).

Menurut Indra Yasin, pemda Gorontalo Utara telah menyiapkan lahan untuk lokasi pembangunan kantor tersebut, namun masih terkendala dengan beberapa hal untuk memenuhi permintaan dari Kepala pengadilan.

“Kita sudah siapkan sekarang sebetulnya sudah cukup, sudah 7000 meter sekian, Hanya memang menurut pengadilan tinggi agama Gorontalo, mereka minta untuk supaya di sejajarkan tanahnya, karena di depannya kecil baru dibelakangnya besar, Mereka mengatakan kalau boleh itu disamakan sehingga kelihatan simetris begitu” Ungkap Bupati Indra.

Untuk memenuhi hal itu, pemerintah Gorontalo Utara kata Indra, masih akan melakukan pembicaraan kemnali dengan pihak pemilik tanah, sehingga proses pembangunannya bisa secepatnya terlaksana.

“Mudah-mudahan mereka iyakan. Sehingga tahun ini sudah boleh dibangun kantor pengadilan agama Gorontalo Utara, dengan demikian pelayanan ke masyarakat, misalnya di bidang ke Agamaan itu sudah bisa dilaksanakan di sini, sudah lebih mudah dan tentu masyarakat juga akan diperpendek jangkauan untuk menerima pelayanan” Jelas Indra.

Continue Reading

Terpopuler