Connect with us

kabupaten pohuwato

103 Pelaku UMKM Terima Modal Usaha Dari Pemda Pohuwato

Published

on

Bupati Pohuwato, Saipul A Mbuinga SAAT SAMBUTAN || Foto HUMAS

POHUWATO – Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato kembali menyerahkan bantuan modal usaha kepada 103 pelaku usaha mikro kecil menengah. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan stimulus kepada para pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya, Kamis, (16/6/2022).

Adapun jenis bantuan yang diserahterimakan tersebut masing-masing bahan-bahan untuk kios, bahan-bahan kue, bahan-bahan penjual makanan serta bantuan bahan-bahan meubel berupa tenda dan kursi yang saat ini sementara dalam proses.

Bupati Pohuwato, Saipul A Mbuinga dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada rekan-rekan Anggota DPRD yang telah berinisiatif memasukkan pokok-pokok pikiran (Pokir) terkait pengembangan usaha masyarakat khususnya usaha kecil menengah.

“Sebagai bukti, rekan-rekan Anggota DPRD ini sudah banyak membuahkan pikirannya bagaimana cara untuk percepatan pengembangan ekonomi rakyat kita yang terjun dalam usaha. Alhamdulillah ini adalah sebagai wujud dari berkat pembahasan itu. Dan mereka menyampaikan kepada saya agar program ini perlu untuk kita perhatikan”, kata Bupati Saipul.

Sebagai user dan sebagai pengambil kebijakan, kata Bupati Saipul, kenapa tidak pokok-pokok pikiran dari rekan-rekan Anggota DPRD tidak bisa kita wujudkan. Dan ini menurutnya, adalah wujud dari apa yang telah dilahirkan dari rekan-rekan DPRD.

Terakhir, kepada Dinas Perindagkop dan UKM, Bupati Saipul A Mbuinga tak lupa menyampaikan terima kasih, karena telah banyak memikirkan kepentingan masyarakat dalam hal pengembangan ekonomi bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah.

“Dengan adanya bantuan ini diharapkan nantinya pelaku usaha ini dapat memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan tersebut. Insyaallah di tahun-tahun berikutnya jika ekonomi kita membaik dan APBN Fiskal nasional kita akan membaik, tentunya ini akan berpengaruh juga pada APBD kita dan kelompok usaha ini akan menjadi perhatian kami bersama”, pungkas Bupati Saipul Mbuinga.

Gorontalo

LSM LABRAK Gelar Musyawarah Besar dan Pemilihan Kepengurusan Baru Periode 2024 – 2025

Published

on

POHUWATO – LSM LABRAK menyelenggarakan Musyawarah Besar (Mubes) sekaligus Pemilihan Kepengurusan Baru untuk periode 2024 – 2025 dengan tema “Memperkuat Solidaritas Antar Kader LABRAK Dalam Menjalankan Visi Dan Misi Organisasi”. Acara ini berlangsung di Sekretariat Distrik Randangan, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan lagu Mars LABRAK. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Presiden LABRAK periode 2023, Sri Susanti Yunus, yang menyampaikan apresiasi atas kehadiran para peserta dan pentingnya musyawarah ini untuk menentukan arah organisasi ke depan.

Musyawarah ini dibuka secara resmi oleh Dewan Pendiri LSM LABRAK, Sonni Samoe, yang dalam sambutannya memberikan evaluasi terhadap kinerja pengurus periode 2022 – 2023 dan harapannya untuk kepengurusan yang baru.

Agenda Musyawarah Besar

  1. Sidang Pleno 1: Pembahasan dan pengesahan agenda musyawarah.
  2. Sidang Pleno 2: Pembahasan tata tertib musyawarah dan diskusi mengenai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.
  3. Sidang Pleno 3: Pembahasan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) kepengurusan periode 2022 – 2023.

Setelah sesi ISHOMA (Istirahat, Sholat, dan Makan), kegiatan dilanjutkan dengan presentasi visi dan misi dari calon Presiden LABRAK periode 2024 – 2025, yaitu Rifky A. Samoe, Try Jayudi, dan Irwan Hanggu.

Pemilihan Presiden

Pemilihan Presiden LABRAK periode 2024 – 2025 dilakukan melalui pemungutan suara dengan kertas suara yang telah disiapkan oleh panitia musyawarah. Hak memilih hanya diberikan kepada peserta yang hadir pada musyawarah tersebut.

Hasil akhir pemungutan suara menunjukkan Rifky A. Samoe sebagai pemenang dengan perolehan suara sebesar 70%. Try Jayudi Laginda diputuskan menjadi Sekretaris Jenderal periode 2024 – 2025.

Harapan Kepengurusan Baru

Dengan terpilihnya Rifky A. Samoe sebagai Presiden LABRAK yang baru, diharapkan organisasi dapat semakin memperkuat solidaritas antar kader dan menjalankan visi dan misi dengan lebih efektif. Kepemimpinan baru ini diharapkan dapat membawa LSM LABRAK menuju pencapaian yang lebih baik dalam berbagai program dan kegiatan yang akan datang.

Continue Reading

Advertorial

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Sambut Kunjungan Silaturahmi Kajari Pohuwato yang Baru

Published

on

POHUWATO – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, bersama Sekretaris Daerah Iskandar Datau, Asisten Pemkesra Arman Mohamad, Asisten Administrasi Umum Mahyudin Ahmad, serta para pimpinan OPD dan Kepala Bagian menerima kunjungan silaturahmi dari Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pohuwato, Dr. Arjuna Meghanada Wiritanaya, S.H., M.H. Pertemuan yang berlangsung dalam suasana hangat dan penuh kekeluargaan ini diadakan di ruang kerja Bupati Pohuwato.

Kajari Pohuwato, Dr. Arjuna Meghanada Wiritanaya, menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari tugasnya sebagai Kajari yang baru seminggu bertugas di Kabupaten Pohuwato. Selain untuk menjalin silaturahmi, kunjungan ini juga bertujuan mempererat hubungan kerja sama antara Kejaksaan Negeri dan Pemerintah Kabupaten Pohuwato.

Bupati Saipul Mbuinga menyambut baik kunjungan tersebut dan mengapresiasi langkah Kajari Pohuwato dalam menjalin komunikasi yang harmonis dengan pemerintah daerah. “Kunjungan Pak Kajari tidak lain untuk menjalin silaturahmi, terutama sebagai Kajari yang baru di Pohuwato. Kami menyambut baik dan sangat mengapresiasi upaya ini,” ujar Bupati Saipul usai pertemuan.

Selain itu, Bupati Saipul juga menegaskan bahwa pemerintah daerah sangat mendukung upaya Kejaksaan dalam menegakkan hukum serta memastikan pelayanan publik yang optimal bagi masyarakat. Dalam pertemuan tersebut, keduanya bersepakat untuk terus menjalin komunikasi yang intensif dan meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang, terutama dalam upaya penegakan hukum dan peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Pohuwato.

Pertemuan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik dalam mempererat hubungan antara kedua institusi demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Pohuwato.

Continue Reading

Advertorial

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Kunjungi Keluarga Korban Tenggelam di Sungai Bukit Tingki

Published

on

POHUWATO – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, mengunjungi keluarga almarhum Yunus Ismail (53) yang meninggal dunia akibat tenggelam di Sungai Bukit Tingki, Kecamatan Popayato, pada Selasa, 18 Juni lalu. Dalam kunjungan yang didampingi oleh Camat Popayato, Zulkifli Buludawa, Bupati Saipul disambut oleh istri almarhum, Yanti Akuba (45), di kediaman mereka di Dusun Suka Maju, Desa Bukit Tingki.

Menurut kronologis kejadian, almarhum Yunus Ismail bersama dua cucunya, Fandli Samindi (13) dan Ramsi Samindi (6), pamit untuk memindahkan sapi di seberang sungai. Sayangnya, Yunus Ismail dan Ramsi Samindi tidak bisa diselamatkan karena derasnya arus sungai, sementara Fandli berhasil selamat. Hingga kini, pencarian terhadap Ramsi Samindi masih berlangsung dengan bantuan tim Basarnas dan BPD yang berada di lokasi.

Bupati Saipul Mbuinga ikut serta dalam pencarian bersama tim Basarnas Pohuwato hingga ke muara sungai. Keluarga serta ayah dan saudara dari Ramsi juga turut menyisir sungai, namun belum berhasil menemukan anak tersebut.

Dalam kunjungannya, Bupati Saipul memberikan dukungan moral kepada Yanti Akuba yang tengah berduka setelah kehilangan suami dan cucunya, serta belum lama kehilangan anak pertamanya, ibu dari cucu mereka, yang belum mencapai 100 hari sejak meninggal dunia. “Ini adalah cobaan yang sangat berat. Insya Allah, semuanya bisa dihadapi dengan tabah dan sabar. Tetaplah berdoa kepada Allah agar diberikan kekuatan dan keberkahan,” ungkap Bupati.

Bupati Saipul juga mengingatkan seluruh warga, terutama mereka yang bertani atau bercocok tanam di seberang sungai, untuk selalu meningkatkan kewaspadaan saat menyeberang sungai. “Jika kondisi tidak memungkinkan, jangan memaksakan diri untuk menyeberang karena risiko yang dihadapi sangat besar. Mari kita jadikan pelajaran dari kejadian ini. Walau ajal seseorang sudah ditentukan, ikhtiar harus tetap diutamakan. Jangan memaksa menyeberang sungai saat arus deras karena akibatnya bisa fatal,” pesan Bupati Saipul Mbuinga.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler