Connect with us

Gorontalo

31 Warga Gorontalo Terlantar di Pelabuhan Ternate Minta Gubernur Fasilitasi Kepulangan

Published

on

situasi saat penumpang di ruang tunggu Pelabuhan Ahmad Yani Ternate,

GORONTALO-Sudah empat hari lamanya para penumpang ini terlantar di ruang tunggu Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Maluku Utara. Di antara mereka, sedikitnya terdapat 31 orang warga Gorontalo yang terdiri dari orang dewasa dan satu balita.

Mereka ingin mudik namun terjebak di pelabuhan karena belum mendapat izin untuk memasuki Wilayah Manado oleh Pemerintah Daerah Sulut. Kapal yang rencana ditumpangi yakni KM Permata Obi Rute Ternate-Manado belum diizinkan untuk masuk.

Seperti yang di lansir malutsatu.com, para penumpang yang terdiri dari warga Sulawesi Utara dan Gorontalo sebelumnya juga terkatung katung di pelabuhan Fery Bastiong. Dan sejak Sabtu (9/5/2020), mereka berada di terminal pelabuhan Ahmad Yani Ternate hingga Selasa (12/5) ini. Mereka berjumlah sekitar 72 orang.

Direktur LSM Rorano Maluku Utara, Asghar Saleh sebelumnya telah mendesak Pemprov Sulut untuk mencarikan solusi pemulangan warga Sulut dan Gorontalo tersebut. Kondisi para penumpang kata Asghar sangat memprihatinkan karena harus tidur di pelabuhan, selain tak punya rumah, mereka juga kehabisan uang karena tak lagi dapat bekerja dan berdagang.

“Jalan satu-satunya mereka ingin kembali ke kampung halaman, dari pada hidup terkatung-katung di Ternate. Mereka merupaka warga Sulut dan Gorontalo yang berada di beberapa daerah di Maluku Utara,” kata mantan Ketua Komisi III DPRD Kota Ternate itu.

Asghar Saleh juga meminta Gubernur Maluku Utara, KH Abdul Gani Kasuba melakukan koordinasi dengan Gubernur Sulut mencari solusi jalan keluar agar puluhan warga yang terkatung-katung dapat segera pulang. Padahal mereka semua kata Asggar telah memenuhi prosedur kesehatan, seperti Rapid Test dan hasilnya Non Reaktif.

“Mereka mengaku ingin pulang, tapi kapal yang mau mengangkut mereka tidak bisa ke Bitung, karena katanya sudah ditolak untuk masuk Bitung. Ini perlu dicarikan solusinya seperti apa,” kata Asghar Saleh.

Sementara itu, melalui vidio yang dibuat dan diedarkan, para warga Gorontalo secara khusus meminta agar Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dapat memfasilitasi kepulangan mereka.

“Kami minta ke pak gubernur untuk kami pulang ke kampung halaman sendiri (Gorontalo), sudah 4 hari 4 malam kita di sini (kapal) bapak gubernur,” pinta Karman salah satu penumpang.

“Saya ada kedukaan di Ternate, baru ini ke Ternate, cuma sekarang su mau balik ke Gorontalo, jadi saya minta tolong pak Gubernur, kami mau pulang,” sambung satu warga yang disahuti penumpang lainnya.

Gorontalo

Harta Tomy Ishak Cuma Rp. 110 Juta

Published

on

Tomy Ishak | Foto Istimewa

KABGOR-Laporan harta kekayaan masing-masing calon kepala daerah Pilkada Kabupaten Gorontalo telah dikantongi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dari keempat calon yang melaporkan hartanya, Tomy Ishak yang paling rendah.

Wakil dari Chamdi Mayang ini memiliki kekayaan hanya sebesar Rp. 110.000.000. Angka ini tentunya berbanding terbalik dengan kekayaan calon-calon lainnya yang mencapai hingga miliaran rupiah.

Sebelumnya, penghitungan harta kekayaan dari keempat pasangan cabup/cawabup Kabgor masing-masing Dicky Gobel memiliki total kekayaan Rp 11.347.461.307, disusul olehHendra Hemeto yang berjumlah Rp 8.750.604.358 dan Daryatno Gobel dengan total harta kekayaan yang dilaporkan berjumlah Rp 1.351.414.734.

Laporan kekayaannya ini dicantumkan dalam halaman website elhkpn.kpk.go.id.

Continue Reading

Gorontalo

Hadir Diwisuda Kendarai Sepeda, Mahasiswa UNG ini Sita Perhatian warga Kampus

Published

on

Yandri Mahmud, mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknik.

UNG-Ada hal menarik dalam acara wisuda yang digelar di kampus Universitas Negeri Gorontalo secara drive thru, pada Sabtu (26/9/2020) kemarin. Itu ditandai dengan penampilan salah satu peserta wisuda yang berbeda dari lainnya.

Adalah Yandri Mahmud, mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknik. Dengan mengendarai sepeda, Yandri tampil cukup unik dan sangat sederhana.

Penampilan Yandri tentunya menyita perhatian warga kampus yang hadir karena berbeda dari wisudawan yang lainnya. Jika biasanya mahasiswa datang didampingi orang tua dan mengendarai kendaraan bermotor, namun tidak bagi Yandri dirinya hanya datang sendiri dengan mengendarai sepeda.

” Karena sudah banyak mahasiswa yang diwisuda menggunakan mobil, motor jadi saya ingin berbeda dari yang lain” kata Yandri saat di wawacarai oleh awak Media.

Dituturkannya lagi bahwa, aksi yang ia lakukan itu juga merupakan momen bahagia untuk dirinya dan keluarganya, sehingga untuk menikmati prosesi di wisuda dirinya ingin benar-benar berbeda.

Pelaksanaan wisuda drive thru kali ini Juga mengacu pada protokol kesehatan penanganan COVID-19 dimana setiap peserta dan simpatisan wajib jaga jarak dan menggunakan masker.

Continue Reading

Gorontalo

Pilkada Kabgor, Paslon Chamdy-Tomy Dapat Nomor Urut 3

Published

on

KABGOR-Pasangan calon bupati/wakil bupati Kabupaten Gorontalo Chamdy Mayang-Tomy Ishak mendapatkan nomor urut 3 dalam pengundian yang dilakukan Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Gorontalo, Rabu (24/9). Pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati tersebut dilakukan melalui rapat pleno terbuka yang digelar sesuai protokol kesehatan penanganan Covid 19.

Selain pasangan Chamdy-Tomy, tiga pasangan calon lainnya juga mendapatkan nomor urut, di antaranya omor Tony Yunus dan Dariyanto Gobel nomor 1, Nelson Pomalingo-Hendra Hemeto nomor urut 2, dan yang terakhir Nomor urut 4 pasangan Calon Rustam Akili dan Dicky Gobel.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler