Connect with us

Cek Fakta

(KELIRU) Hilangnya Perlengkapan Pemungutan Suara di Kabupaten Paniai Berisi C1-KWK

Published

on

Screensut Kotak Suarat Dibongkar Masa di Kabupaten Paniai, Papua Tengah

Barakati.id – Telah viral rekaman video di media sosial Tiktok yang diunggah berdurasi 29 menit, dalam akun Yagaibi K @kayamenaftali, Selasa (13/2/2024) memperlihatkan sejumlah warga di Kampung Pendis, Distrik Yagai, Kabupaten Paniai, membongkar dan merusak kotak suara yang berisi perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang ada dalam kotak suara.
Sumber:
https://www.tiktok.com/@kayamenaftali/video/7334653756946025734?_r=1&_t=8jqHnSq0wlz

Dalam rekaman video tersebut menyebutkan mereka mencari model hasil C KWK1 pada kotak surat suara yang kosong.

Jubi.id melaporkan pada Senin (12/2/2024), telah viral sebuah video rekaman yang menunjukkan warga di Distrik Yagai, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, membongkar kotak suara Pemilu 2024. Dalam rekaman video itu disampaikan masyarakat marah karena tidak menemukan formulir hasl moedel C1 KWK yang berhologram untuk mencatat hasil pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Mereka menilai formulir C1 KWK berhologram itu telah dicuri, sehingga mereka membongkar semua kotak suara untuk distrik itu.

Distrik Kebo, Kabupaten Paniai, sejumlah kotak suara dibakar. Pembakaran itu diduga juga dipicu kemarahan masyarakat yang tidak menemukan formulir model hasil C1 KWK berhologram di dalam kotak suara. Distrik Paniai Barat, Kabupaten Paniai, warga mengembalikan kotak suara yang belum digunakan ke KPU Paniai, diduga karena alasan yang sama.

Hasil Analisa

Berdasarkan hasil koalisi cek fakta Barakati.id, Formulir hasil model C1-KWK (disebut CKWK1) adalah penyebutan dalam pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah.
Hal ini sebagaimana dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Pasal 5 (1) Formulir yang digunakan dalam pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS, terdiri dari formulir:
a. Hasil model C-KWK berhologram sebagai Berita Acara Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS;
b. Hasil model C1-KWK berhologram sebagai Sertifikat Hasil dan Rincian Penghitungan Perolehan Suara di TPS;
c. Model C1.Plano-KWK berhologram merupakan Catatan Hasil Penghitungan Perolehan Suara di TPS.

Adapun perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara pemilihan umum (Pemilu) 2024 setelah melalui proses di KPU Kabupaten/Kota, selanjutnya didistribusikan di kecamatan (sebutan lain distrik), desa/kelurahan atau kampung dan Tempat Pemungutan Suara, antara lain berupa Model C Hasil.

Mengutip Jubi.id Selasa (13/2/2024), Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Tengah, Jeniver Darling Tabuni, mengatakan, informasi tentang pencurian formulir untuk mencatat hasil pemungutan suara Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 di Kabupaten Paniai dipicu kesalahah pahaman atas perubahan formulir C1 KWK berhologram dalam Pemilu 2024 sudah diganti dengan formulir C Hasil tanpa hologram namun dilengkapi barcode.

Menurut Jeniver Darling Tabuni setiap kotak suara yang didistribusikan di Kabupaten Paniai telah lengkap, dan telah berisi formulir C Hasil untuk mencatat hasil pemungutan suara di setiap TPS.

“Jadi tidak ada yang kurang di dalam kotak suara itu. Kami sudah melakukan pengecekan saat sebelum dikirim ke daerah,” katanya seperti dikutip dari Jubi.id

Komisioner KPU Papua Tengah, Oktovianus Takimai menjelaskan bahwa sejak Senin pihaknya mendistribusikan logistik dari Kantor KPU Paniai di Madi, Ibu Kota Kabupaten Paniai, menuju setiap Distrik untuk distribusi logistik berjalan dengan baik.

Akan tetapi, kata Takimai, Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) belum mendapatkan informasi utuh yang harus disampaikan kepada warga terkait rincian kelengkapan logistik Pemilu 2024 di setiap TPS. Akibatnya, terjadi kesalah pahaman terkait ada tidaknya formulir C1 KWK berhologram dalam kotak suara, sehingga warga marah.

Dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Perlengkapan Pemungutan Suara, pasal 340 (1) menyebutkan KPU bertanggung jawab dalam merencanakan menetapkan standar serta kebutuhan pengadaan pendistribusian perlengkapan pemungutan suara.

Pasal 341, perlengkapan pemungutan suara sebagaimana dimaksud ddam Pasal 340 terdiri atas: a. kotak suara; b. surat suara; c. tinta; d. bilik pemungutan suara; e. segel; f. alat untuk mencoblos pilihan; dan g. tempat pemungutan suara. (2) Selain perlengkapan pemungutan suara sebagaimana dimaksud pada ayat (1), diperlukan dukungan perlengkapan lainnya untuk menjaga keamanan, kerahasiaan, dan kelancaran pelaksanaan pemungutan suara dan penghihrngan suara.

Kotak suara digunakan untuk menyimpan perlengkapan pemungutan suara dan dukungan perlengkapan. Dukungan perlengkapan di antaranya, sampul kertas, tanda pengenal, karet pengikat surat suara, lem/perekat, kantong plastik, bolpoin, gembok, spidol, formulir untuk berita acara, alat bantu tuna Netra, dan lainnya.

Dalam peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 24 Tahun 2023 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 14 Tahun 2023 tentang Perlengkapan Pemungutan Suara, Dukungan Perlengkapan Lainnya, dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainnya Dalam Pemilihan Umum, pasal 4 (1) Kotak suara digunakan untuk menyimpan Perlengkapan Pemungutan Suara dan Dukungan Perlengkapan Lainnya. (2) Kotak suara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) disediakan sesuai dengan jenis Pemilu yang diselenggarakan di TPS dan TPSLN. (3) Kotak suara pada TPS yang menyelenggarakan 5 (lima) jenis Pemilu, disediakan 5 (lima) kotak suara yang digunakan untuk Pemilu: a. Presiden dan Wakil Presiden; b. anggota DPR; c. anggota DPD; d. anggota DPRD provinsi; dan e. anggota DPRD kabupaten/kota.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Dalam Pemilihan Umum, pasal 8 (1) menyebutkan ketua KPPS memastikan perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya, dan perlengkapan pemungutan suara lainnya sudah diterima oleh KPPS, dari PPS paling lambat 1 (satu) Hari sebelum Hari dan tanggal pemungutan suara. (2) Ketentuan mengenai perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya, dan perlengkapan pemungutan suara lainnya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan sesuai dengan Peraturan KPU yang mengatur mengenai perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara, dukungan perlengkapan lainnya, serta perlengkapan pemungutan suara lainnya.

Pada pasal 50 ayat (1) sebelum rapat penghitungan suara di TPS, anggota KPPS mengatur sarana dan prasarana yang diperlukan dalam penghitungan suara. (2) Sarana dan prasarana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi: a. pengaturan tempat rapat penghitungan suara di TPS, termasuk pangaturan papan atau tempat untuk memasang formulir:
1. Model C.HASIL-PPWP
2. Model C.HASIL-DPR;
3. Model C.HASIL-DPD;
4. Model C.HASIL-DPRD-PROV, Model C.HASIL DPRA, Model C.HASIL-DPRP, Model C.HASIL DPRPB, Model C.HASIL-DPRPT, Model C.HASILDPRPS, Model C.HASIL-DPRPP, atau Model C.HASIL-DPRPBD; dan
5. Model C.HASIL-DPRD-KAB/KOTA atau Model C.HASIL-DPRK;

Selanjutnya, untuk keperluan penghitungan suara terdapat sejumlah formulir, seperti: 1) Model C.HASIL-PPWP; 2) Model C.HASIL-DPR; 3) Model C.HASIL-DPD; 4) Model C.HASIL-DPRD-PROV, Model C.HASIL DPRA, Model C.HASIL-DPRP, Model C.HASIL DPRPB, Model C.HASIL-DPRPT, Model C.HASIL DPRPS, Model C.HASIL-DPRPP, atau Model C.HASIL-DPRPBD; dan 5. Model C.HASIL-DPRD-KAB/KOTA atau Model C.HASIL-DPRK,

Kesimpulan

Berdasarkan hasil cek fakta Barakati.id, bahwa Model C1-KWK (dalam rekaman video disebut C-KWK1) adalah formulir yang digunakan pada pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Narasi yang digunakan dengan menyebutkan C-KWK1 sebagai perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara di Kabupaten Paniai adalah Keliru.

Dalam pemilu 2024 formulir yang digunakan adalah Model C Hasil, bukan model C1-KWK. Distribusi perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara, serta dukungan perlengkapan lainnya di Kabupaten Paniai telah lengkap, termasuk formulir C Hasil di setiap TPS.

Rujukan

Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 18 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 24 Tahun 2023 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 14 Tahun 2023 tentang Perlengkapan Pemungutan Suara, Dukungan Perlengkapan Lainnya, dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainnya dalam Pemilihan Umum.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 14 Tahun 2023 tentang Perlengkapan Pemungutan Suara, Dukungan Perlengkapan Lainnya, dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainnya dalam Pemilihan Umum.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Dalam Pemilihan Umum

KPU Papua Tengah bantah isu pencurian formulir hasil Pemilu di Paniai.
https://jubi.id/tanah-papua/2024/kpu-papua-tengah-bantah-isu-pencurian-formulir-hasil-pemilu-di-paniai/

News

Cek Fakta – Viral Video Indocafe Coffeemix 3 In 1 Saset Mengandung Obat Berbahaya

Published

on

Screenshot Video Menunjukan Indocafe Coffeemix 3 In 1 Mengandung Obat Berbahaya

Barakati.id – Telah viral video Indocafe Coffeemix 3 In 1 saset mengandung obat berbahaya di media sosial Whatsapp yang mengklaim minuman kopi saset di Indonesia sangat berbahaya yang bertujuan untuk mengurangi jumlah penduduk.

Dalam video tersebut menampilkan dua piring yang berisi serbuk berwarna hitam dan terdapat Sebagian berwarna merah.

Klaim dalam video terdapat orang mengambil kemasan yang bertuliskan Indocafe 3 In 1 Coffeemix masih utuh (baru), kemudian bubuk yang berisi disalah satu piring disalin (dibuang) untuk diisi Kembali dengan bubuk yang baru dibuka tesebut.

Narasi suara dalam video sebagai berikut :

“kopi yang baru dari Indocafe mau dibuka sekarang, ini baru ok sekarang kita buka, dibuang dulu ok, kita buka lihat masih ada obatnya lagi atau nggak yang merah-merah. Oh May God.”

Benarkah klaim video Indocafe Coffeemix mengandung obat berbahaya?

Hasil Analisa

Berdasarkan hasil Analisa barakati.id, menelusuri klaim video kopi Indocafe tersebut dilaporkan dari situs resmi yang mengarah pada akun Instagram resmi Indocafe @indocafeid yang mengunggah informasi terkait video yang beredar.

Dalam pengumumannya melalui kantor Advokat M. Kamaluddin SH & Associates sebagai kuasa hukum PT. Sari Incofood Corporation menyatakan bahwa video yang mengklaim kopi saset Indocafe mengandung obat berhaya merupakan narasi yang salah.

Sehubungan dengan video yang sedang beredar di media sosial saat ini perihal produk kami yaitu Indocafe Coffeemix yang mengandung Drugs, maka dengan ini kami membantah dengan sekeras-kerasnya hal tersebut adalah tidak benar dan merupakan pemberitaan yang bohong, salah satu poin pernyataan dalam pengumuman melalui kantor Advokat.

Sumber : https://www.indocafe.co.id/assets/images/2023/Pengumuman-Slide-2023.jpg

Dilansir dari cek fakta Liputan6.com bahwa video tersebut pernah muncul sejak November 2023 tahun lalu dan dilakukan cek fakta pada 28 November 2023 yang berisi narasi kopi Indocafe mengandung Drugs. dan telah diklarifikasi melalui akun Instagram resmi Indocafeid

Sumber : https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5466040/cek-fakta-klarifikasi-kopi-indocafe-mengandung-drugs?page=4

Kemudian juga telah dilansir dari cek fakta Tempo.co bahwa video yang beredar adalah narasi yang salah dan keliru dan pernah muncul pada bulan November 2023. Namun kini kembali beredar di Indonesia dengan tambahan narasi tujuan penyebaran kopi tersebut untuk mengurangi jumlah penduduk, pada hal klaim tersebut keliru.

Sumber : https://cekfakta.tempo.co/fakta/2667/menyesatkan-video-dengan-klaim-kopi-saset-mengandung-obat-berbahaya-untuk-kurangi-jumlah-penduduk

Hal yang serupa juga telah dilansir dan diklarifikasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kominfo), bahwa video yang beredar dimedia sosial Facebook dan aplikasi percakapan WhatsApp yang mengklaim minuman kopi saset di Indonesia mengandung obat berbahaya yang bertujuan untuk mengurangi jumlah penduduk.

Faktanya klaim dalam unggahan video tersebut adalah tidak benar. Lebih lanjut pihaknya menegaskan bahwa produk tersebut diproduksi dengan pengawasan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan nomor registrasi MD 667002017010.

Sumber : https://www.kominfo.go.id/content/detail/54028/hoaks-kopi-saset-di-indonesia-mengandung-obat-berbahaya-untuk-mengurangi-jumlah-penduduk/0/laporan_isu_hoaks

Kesimpulan

Hasil Analisa barakati.id menyimpulkan bahwa narasi yang mengatakan Indocafe Coffeemix 3 In 1 mengandung obat berbahaya untuk mengurangi jumlah penduduk adalah Keliru dan Menyesatkan.

Rujukan

https://www.instagram.com/p/C0EILKSLg9Z/

https://id.openfoodfacts.org/produk/9311931024036/coffeemix-3-in-1-indocafe

https://www.indocafe.co.id/assets/images/2023/Pengumuman-Slide-2023.jpg

https://www.instagram.com/indocafeid/

Continue Reading

Cek Fakta

Cek Fakta – Viral Sebuah Video Aksi Bagi-bagi Sedekah saat Sholat Tarawih di Salah satu Masjid Malang

Published

on

Screenshot Video Viral Aksi Bagi-bagi Uang saat Sholat Tarawih

Barakati.id – Video berdurasi 50 detik yang diunggah oleh akun X viral di media sosial Tiktok maupun Instagram.

Dalam unggahannya mendapat 260k menyukai, 12,6k komentar, 16,4k favorit, dan 47,3k dibagikan.

Narasi yang dibangun “Terlihat seorang pria berkeliling membagi pecahan uang 50 ribu kepada setiap jamaah sholat tarawih dari anak kecil hingga orang dewasa. Suasana tarawihpun tampak begitu ramai hingga membludak ke halaman masjid saking banyaknya jamaah yang sholat tarawih, diketahui lokasi tersebut di Masjid Jami Al-Ilyas Sayap Mas Kabupaten Malang Jawa Timur,” ujar perekam video

Video tersebut dibubuhi kalimat sebagai berikut:

Viral Sholat Tarawih di Malang dapat THR Rp50 Ribu Per Hari

Kemudian ditambahkan dibagian bawah ada keterangan UNDANGAN UNTUK UMUM dan terdapat rincian nominal yang diberikan kepada jamaah seperti berikut:

Taraweh = 50.000 x 30 hari =1.500.000
Subuh =20.000 x 26 hari =520.000
Subuh Jum’at =50.000 x 4 hari =200.000
Total 2.220.000

Benarkah sholat tarawih di Malang bagi-bagi THR ?

Hasil Analisa

Berdasarkan hasil Analisa barakati.id, video tersebut dilakukan pencarian melalui tools Invid Verification dan Google Lens untuk melihat lokasi kejadian dalam video tersebut.

Hasil pencariannya bahwa video tersebut telah dirilis oleh media Tribunnews.com dan Viva.co.id, dan beberapa media lainnya.

Dikutip dari Tribunnews.com video H. Sulaiman Malang yang beredar pertama kali diposting oleh akun Tiktok @arema4 pada tanggal 20 Maret 2024.

Dalam keterangan video yang beredar ia juga membagikan uang bukan hanya 50 ribu tetapi ada juga 20 ribu setiap Jemaah sholat subuh.

“#h .sulaiman#bagi -bagi uang setiap hari pada seluruh jama’ah yg hadir dimasjidnya#,” demikian caption pada video tersebut, dikutipTribun-Timur.com, Minggu (24/3/2024).

Sumber : https://www.tribunnews.com/regional/2024/03/25/pantas-haji-sulaiman-asal-malang-bagikan-rp-50-ribu-ke-jemaah-tarawih-ini-sumber-kekayaannya?page=2.

Aksi bagi-bagi uang tersebut merupakan sedekah yang diberikan oleh seorang pengusaha yang dilakukan setiap hari sepanjang bulan suci Ramadhan.

Menurut penelusuran Surya.co.id Pengusaha H. Sulaiman merupakan pemilik CV. Sayap Mas Nusantara yang merupakan pabrik rokok yang berlokasi di Desa Sukosari Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang Jawa Timur.

Sumber : https://surabaya.tribunnews.com/search?q=cv+sayap+mas+nusantara&cx=partner-pub-3732a7959c2d64b5c&cof=FORID%3A10&ie=UTF-8&siteurl=www.tribunnews.com#gsc.tab=0&gsc.q=pemilik%20cv%20sayap%20mas%20nusantara&gsc.sort=

Kesimpulan
Berdasarkan hasil Analisa bahwa video viral di media sosial tentang aksi bagi-bagi uang kepada jamaah sholat tarawih dan sholat subuh dilakukan sepanjang bulan suci Ramadhan oleh pengusaha H. Sulaiman Malang adalah Benar

Rujukan

https://www.titok.com/@ft______23/video/7348916395947658501?_r=1&_t=8kvEexHunou

chrome-extension://mhccpoafgdgbhnjfhkcmgknndkeenfhe/popup.html#/app/tools/keyframes

https://surabaya.tribunnews.com/search?q=cv+sayap+mas+nusantara&cx=partner-pub-3732a7959c2d64b5c&cof=FORID%3A10&ie=UTF-8&siteurl=www.tribunnews.com#gsc.tab=0&gsc.q=pemilik%20cv%20sayap%20mas%20nusantara&gsc.sort=

https://www.tribunnews.com/regional/2024/03/25/pantas-haji-sulaiman-asal-malang-bagikan-rp-50-ribu-ke-jemaah-tarawih-ini-sumber-kekayaannya

https://www.viva.co.id/trending/1698986-dermawan-orang-kaya-di-malang-bagi-bagi-uang-rp50-ribu-tiap-hari-usai-tarawih?page=2

Continue Reading

Cek Fakta

Cek Fakta – (KELIRU) Telah Viral Video Ucapan Prabowo Kepada Anis Baswedan Terpilih Menjadi Presiden Republi Indonesia

Published

on

screenshot saat Prabowo Ucapkan Selamat Kepasa Anis Menang dan Presiden RI dalak akun X Tiktok

Barakati.id – Viral dimedia sosial video ucapan Prabowo kepada Anis Baswedan terpilih sebagai presiden yang diunggah oleh akun X Tiktok berdurasi 02 menit 20 detik.

Dalam unggahan tersebut Prabowo menyampaikan hasil perolehan suara yang diperoleh sebesar 57% dan lawannya 42% berdasarkan perhitungan KPU

“Saya mendapat kehormatan untuk mengucapkan selamat kepada saudara Anis Rasid Baswedan, terima kasih kepada KPUD, berterima kasih kepada semua aparat Kepolisian, TNI, Prajurit semua”, ucap Prabowo saat konferensi pers

Kemudian video yang dibagikan dibubuhi teks sebagai berikut :
PASLON 01 PEMENANG PILPRES 2024 – 2029
ALHAMDULILLAH BERKAT KEADILAN SEMUA RAKYAT ANIES MENANG & PRESIDEN RI

Terdapat juga teks dibawahnya “Prabowo Ucapkan Selamat Kepada Bpk Anies Baswedan 4 Maret 2024” dan diagram lingkaran sebagai bentuk perhitungan cepat (Quick Count).

Hasil Analisa

Berdasarkan hasil Analisa cek fakta Barakati.id, menelusuri video tersebut dengan teknik reverse image search menggunakan Google Lens.

Hasilnya, klip itu merupakan potongan video Youtube oleh media CNN Indonesia pada 19 April 2017 yang bertempat dirumah Kertanegara, Jakarta bersama tim pemenangan Anis – Sandi.

Dalam tanyangnya Prabowo mengucapkan selamat kepada pasangan Anis – Sandi yang berhasil memenangi kompetisi Pilgub DKI Jakarta.

“Ketua Umum Partai Garindra Prabowo Subianto mengucapkan selamat kepada Anies Baswedan dan Sandi yang berhasil memenangi kompetisi Pilgub DKI. Menurut Prabowo, keunggulan Anies Baswedan -Sandiaga Uno di Pilgub DKI adalah kemenangan seluruh rakyat Jakarta. Pada kesempatan ini Anies-Sandi juga mengucapkan terima kasihnya kepada para pendukung yang terlibat,” ucap Prabowo saat konferensi pers

Pada pemberitaan konferensi pers tersebut Prabowo selain mengucapkan selamat kepada Anis – Sandi, Prabowo menyebut juga tokoh-tokoh nasional dan beberapa ketua partai pengusung seperti Presiden PKS, Ketua Umum PAN, Ketua Umum Perindo, Sekjen Gerindra. Kemudian tokoh nasional yang disebut yaitu pak Amin Rais, pak Aburijal Bakrie, pak Erwin Aksa yang disebut sebagai generasi muda, pak Mardani, Fadlizon, dan seluruh pengurus partai pengusung.

Kemudian lajutan dalam potongan video tersebut diambil dari tayangan media Kompas.TV disaat momen Anis Cium Tangan Surya Paloh pada 19 Oktober 2023 dan dihadiri oleh Muhaimin Iskandar, tiba di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem, Menteng Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023), pukul 07.20 WIB.

Dalam tayangan video tersebut dibubuhi teks sebagai berikut:
PASLON 01 MENANG PILPRES 2024 – 2029
Kemudian ditambahkan teks tertulis tanggal 4 Maret 2024.

Kesimpulan

Berdasarkan Analisa cek fakta Barakati.id, bahwa video tersebut dikolaborasikan antara tayangan video Youtube dari media CNN Indonesia dari durasi 00.00 sampai 01.15 detik yang mejelaskan tentang hasil pemenangan Anis – Sandi dalam kompetisi Pilgub DKI Jakarta. Kemudian ditambahkan video selanjutnya diambil dari tayangan Youtube media Kompas.TV dari durasi 01.16 detik sampai 02.20 detik.

Dalam unggahan akun X Tiktok putrabangsawan69 mendapat 25,3k yang menyukai, 3028 menjadikan favorit, dan 8499 dibagikan, konten yang diunggah bernarasi ucapan selamat Prabowo kepada Anis tersebut Keliru dan Meyesatkan.

Rujukan

@putrabangsawan69

♬ bunyi asal – 69 – 69

https://lens.google.com/search?ep=cntpubb&hl=id-ID&re=df&s=4&p=AbrfA8rSRsn4ptgpKKWD5_aH58ZZ3UEMMt0GbztoR_MBRCDG4QDb4RceNXl9hagFyQ2rk_pJXLj6R2R1jpxmrlMUKi0mFe7hMDSORuG96f63H1RiEnPycvYMg16e9ViRE_AqJe8SAlWlvmr0CgZBo_qUFsVCVCkQxK7Nw3TKfHOuFSX2Hqphr0aARm3oMavAutSwr0RhERpRI7Rpl9vLSAcBAP3…

Continue Reading

Facebook

Terpopuler